GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun

Angkatan VIII - Waktu dan tempat akan ditentukan kemudian
Pelatihan ini murni kita sharing/berbagi ilmu
tidak ada pesan sponsor penjualan produk seperti pupuk, obat2an, bibit, benih dll.



Bagi pemesan benih pepaya dari saya khususnya jenis pepaya california dan Hawaii yang dibudidayakan seputar Jawa Barat. (Depok, Bekasi, Karawang, Tangerang, Bogor, Subang, Indramayu) bila sulit memasarkan, saya siap bantu. Juga untuk pemesan dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung saya siap memasarkan bila permintaan terus meningkat.

Sep 25 2007

Takut Berwirausaha

Published by at 9:54 am under Education,Entrepreneurship

Jangan pernah berhenti berusaha dan jangan menyerah karena gagal, serta berani melangkah.

Di Bali: Gudang Buah & SayuranKalimat atau kata-kata diatas ini yang selalu ada dibenak saya. Pertanyaannya kenapa selalu diingat? Jawabannya sederhana, karena kalimat atau kata-kata tersebut belum lama saya dapatkan dan simpulkan dari perjalanan hidup saya yang saat ini telah menginjak usia 50 tahun dan ini perlu untuk diingat.

Pertanyaan berikutnya kenapa baru ditemukan dan perlu diingat-ingat? juga sederhana jawabnya. Kebutuhan finansial. Diusia yang telah menginjak 50 tahun belum banyak persiapan untuk menghadapi pensiun dari Pegawai Negiri Sipil (PNS), 2 (dua) putra dan 1 (satu) putri yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar. Apa yang saya dapat lakukan disaat putra/putri saya akan memasuki Sekolah Menengah juga Perguruan Tinggi? Sebagai orang tua tentunya mengharapkan memberikan pendidikan kepada anak-anaknya yang layak, disaat yang sama saya telah pensiun dan yang hampir dipastikan uang pensiun PNS kurang lebih Rp 1.500.000,- perbulan. Saat ini saja untuk masuk perguruan tinggi tidak kurang dari Rp 10 jutaan lebih.

Sebenarnya kehawatiran tersebut diatas sudah sejak lama, semenjak putra pertama lahir. Untuk dapat menanggulanginya terpikir dibenak saya adalah harus melakukan sesuatu dengan meninggalkan status PNS atau mencari tambahan finansial disamping bekerja sebagai PNS. Akan tetapi lagi-lagi hanya sebagai keinginan tidak pernah diwujudkan sampai menjelang pensiun. Padahal contoh-contoh orang yang melakukan kegiatan usaha disamping sebagai PNS cukup banyak, namun lagi-lagi tidak memiliki keberanian.

Timbul keberanian. “Barang kali karena sudah kepepet baru timbul keberanian”‘. Ternyata, benar bahwa untuk melakukan kegiatan atau berwirausaha dibutuhkan keberanian disamping faktor-faktor lain yang telah diperhitungkan. Dari sejak dulu selalu dihitung-hitung kalau kita menjalankan usaha ini atau bisnis itu hampir dipastikan akan untung, pasti menghasilakan profit yang cukup besar. Bahkan masalah dana terkadang tidak menjadi hambatan. Saya yakin orang-orang pun banyak yang sering menghitung-hitung akan menjalankan usaha ini itu dsb. setelah dihitung-hitungnya ini pasti untung. Tapi apa yang terjadi, itu hanya ada di dalam benak saja, mereka dan bahkan saya pun tidak mau merealisasikan hitung-hitungannya itu, setelah berjalan sekian lama atau melihat orang-orang menjalankan usaha yang pernah kita dihitung-hitungnya dahulu baru mengatakan “tuh benarkan kalau dulu jadi menjalankan usaha itu kita sekarang sudah tidak seperti begini” kata-kata ini sepertinya tidak asing sering kita dengar ditelinga kita.

Apa yang terjadi setelah timbul keberanian dan melakukan langkah pertama kali mamasuki dunia wirausaha, ternyata ingin cepat berkembang, ingin cepat menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi. Tidak ada rasa takut akan rugi atau bangkut, padahal sebelumnya sering dihantui kalau berbisnis bagaimana kalau nanti rugi dan lain sebagainya tidak pernah berpikir bagaimana nanti kalau untung, yang ada bagaimana kalau rugi. Ternyata lagi-lagi hanya masalah takut atau tidak berani melangkah. Untung rugi dalam usaha itu lumrah sepanjang telah diperhitungkan dan diantisipasi jauh sebelumnya.

Hal ini dialami oleh saya, kurang lebih sekitar 6 (enam) tahun lalu baru berani melangkah ke dunia wirausaha. Meskipun belum mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan, akan tetapi kegiatan usaha yang dijalankan cukup menyenangkan. Usaha-usaha yang pernah dan sedang saya jalankan adalah:

  1. ABComputer. Jasa bimbingan penyusunan Skrisi, Jasa pengetikan komputer, rental komputer, design grafis dan setting Adobe Photoshop, Pagemaker, dll. Beralamat di Pasar Pramuka, Jl. Pramuka Matraman, Jakarta Pusat. dan Gedung Kenari, Pasar Kenari lt. 1, Jakarta Pusat.
  2. UD. Bali Prima dan UD Prima Agro. Usaha bergerak dibidang suplai buah-buahan dan sayura-sayuran ke berbagai hotel berbintang, kapal pesiar, katering dll di Bali.
  3. Prima Food. Usaha perdagangan khusus beras premium di Bali.
  4. Prima Farm. Perkebunan khusus Pepaya jenis Thailand atau lebih dikenal dengan pepaya bangkok di Banyuwangi, Jawa Timur, kini telah mencapai 2o ha kebun pepaya ditagetkan akhir tahun 2008 Insya Allah 100 ha atau berkisar 125.000 pohon. Tahap selanjutnya penanaman Melon dan Semangka yang sudah sangat dikenal bahwa semangka terbaik adalah dari Banyuwangi, Jawa Timur.
  5. Prima Fruit. Perdagangan buah-buahan di Bekasi. (masih rencana, diperkirakan Oktober/Nopember 2007 akan mulai dibuka) Direncanakan membuka gerai-gerai/toko-toko buah di Jakarta.

Usaha-usaha yang pernah dijalankan:

  1. Distribusi beberapa majalah dan tabloit ibukota untuk luar Jawa dan beberapa negara tetangga (kerjasama).
  2. Ekspor bibit ikan bandeng (nener) ke Negara Philipina (dilakukan sendiri).
  3. Ekspor furnitur ke Eropa (kerjasama)

Jakarta, 25 September 2007


32 responses so far

32 Responses to “Takut Berwirausaha”

  1. Aguson 07 Oct 2007 at 12:46 am

    Saya pun merasakan seperti yang saudara tulis, namun hingga kini masih belum berani melangkah. Telah banyak masukan baik dengan membaca buku-buku tentang motifasi maupun saran teman-teman. Mungkin suatu saat akan tergugah jika dorongan kuat sekali karena faktor kebutuhan utama sangat terdesak.

  2. wawanon 12 Aug 2008 at 12:54 pm

    Pak Amir memang hebat!

      Apanya yang hebat, masih perlu kerja keras.
      Segera pulang ke Jember langsung buka lahan Pa, disana ada rekan saya juga tanam pepaya cukup luas lk 60-80 ha
  3. anoon 29 Aug 2008 at 9:32 pm

    salam kenal, apa saya bisa membeli getah pepayanya? kalo iya berapa harga per KG nya.
    Salam kenal kembali.

      Salam kenal kembali, saya akan mampir ke Blog Pak Ano.
      Untuk sementara saya belum berencana untuk penyadapan getahnya.
      Insya Allah akhir tahun ini saya berencana tanam yang khusus diambil getahnya.
  4. yuriawanon 25 Sep 2008 at 2:14 pm

    Salam kenal pak,

    saya yuriawan, seorang petani dari buleleng yang baru memulai budidaya jamur tiram.saya mengalami kesulitan dalam pemasaran.Mohon bapak berkenan memberi saran .terimakasih

    wasallam’

    yuriawan

      Ada no HP yang dapat dihubungi,
      staf saya di Bali agar mudah menghubungi bapak.
      Atau hub staf saya di Bali di Contact Info pada http://www.agroprima.com/
  5. ifahon 07 Jan 2009 at 1:10 pm

    Saya mahaiswa, usia 22 tahun
    saya setuju dengan langkah yg bpk tempuh, sehingga tidak hanya bercita-cita menjadi “orang gajian seumur hidup”alias hidup hanya mengandalkan uang pensiunanatau gaji PNS. Karena dengan berwirausaha menuntuk orang untuk berfikir kreatif.

  6. ifahon 07 Jan 2009 at 1:13 pm

    Saya mahaiswa, usia 22 tahun
    saya setuju dengan langkah yg bpk tempuh, sehingga tidak hanya bercita-cita menjadi “orang gajian seumur hidup”alias hidup hanya mengandalkan uang pensiunanatau gaji PNS. Karena dengan berwirausaha menuntuk orang untuk berfikir kreatif.
    Saya sudah mencoba usaha kecil2an dengan memelihara ikan lele tapi koq hasilnya kurang begitu memuaskan, lalu langkah apa yang harus saya lakukan agar dapt mengembangkan usaha saya, saya ini tipe orang mudah bosan?

      Sdr. Ifah, koq bisa sama dengan saya ya….
      Saya pun pernah mengembangkan lele, bukan saja kurang memuaskan seperti saudara tapi lebih dari itu.
      Dari berbagai usaha yang pernah saya jalani dibutuhkan keuletan dan kesabaran, dulu saya melihat orang sisi suksesnya, ternyata untuk mencapai itu saya tidak tau kalau mereka mengalami hambatan tantangan yang tidak sedikit dengan menderita kerugian yang cukup besar, baik sisi waktu juga uang.
      Sdr. Ifah, Saya pun tidak sedikit menderita kerugian dalam berusaha, salah satu contoh: pernah saya alami 1 truk (6 ton) saya kirim pepaya dari Banyuwangi ke Jakarta tidak sepeserpun saya terima uang, diperkirakan kerugian lk. 12jt. Belum lagi kerugian2 di bidang2 lain seperti produksi/tanaman yang rusak, kendala cuaca/alam dll.
      Sdr. Ifah, bila sudah terjun ke dunia usaha sudah dipastikan akan dihadapkan dengan tantangan, hanya bagaimana kita memanage tantangan. Anda perlu kesabaran dan keuletan serta pantang menyerah, ga ada usaha yang ujug2 berhasil atau besar.
  7. Farison 03 Feb 2009 at 9:23 pm

    Pak mengapa berhenti ekspor nener ke philipina? kapan berhentinya?

      Ekpor nener ke Philipina sementara kami hentikan karena berbagai kendala, suatu saat akan kami lanjutkan kembali bila kendala bisa diatasi yaitu tenaga dan waktu, mengingat permintaan cukup besar bukan saja Philipina tapi juga Jepang, Taiwan, dll. begitu juga terhadap ikan krapu cukup besar permintaannya.
      Bila bapak berminat berwirausaha dibidang ini kami siap bantu. Salah satu pembenihan benih nener mungkin terbaik dan terbesar di asia adalah dari Bali, konsumen terbesar salah satunya adalah Philipina dan kebetulan Philipina alamnya tida mendukung untuk pembenihan nener.
  8. Farison 04 Feb 2009 at 8:34 pm

    Terimakasih pak atas jawabannya, posisi saya ada di Bali, status saya pengirim nener untuk lokal saat ini hanya mengirim ke daerah Indramayu dan Pangkep, alhadulillah status pengirim itu masih melekat ke diri saya walaupun tidak sebanyak 3-4 tahun lalu, tidak hanya di nener tapi juga krapu, pa. Tidak etis saya crita disini faktor2 penyebab merosotnya omset saya he.he.. tapi alhamdulillah saya menikmati status saat ini dan berusaha belajar untuk meningkat kemampuan diri, bagaimana saya bisa kontek bapak agar bisa berbagi pengalaman lebih bersahabat dan detail.

      Pa Faris bisa hubungi saya di email: amir@agroprima.com atau primaagro@yahoo.co.id
      Mengingat pa Faris dan saya sudah sedikit banyak mengetahui seluk-beluk nener dan krapu, tidak ada salahnya mari kita sama2 coba mencari peluang lagi, karena saya berkeinginan kembali menggeluti perdagangan nener, kebetulan saya sekarang lebih banyak berada di Jakarta dan pa Faris di Bali.
      (di Bali di daerah mana, apa di Groggak? pa Faris bisa hubungi pa Nur Cholik, apa sudah kenal dgn dia?).
  9. aditya rahman hakimon 01 May 2009 at 6:21 am

    sebelumnya saya ucapkan salam kenal.
    saya masih berumur 21 tahun, tapi saya ingin berwirausaha dalam bisnis nener. kalo boleh saya tahu, bagaimana ya pak bila kita ingin ekspor nener ke fhilipina?saya kurang tau caranya mendapatkan tujuan ekspor di sana. mudah2n usaha bapak semakin besar, dan saya bisa mengikuti jejak bapak sebagai pengusaha.
    terima kasih.

      Salam kenal juga Sdr. Aditya Rahman Hakim,
      Pemikiran yang bagus sejak dini sudah memiliki keinginan untuk berwirausaha ketimbang jadi orang gajian yang membatasi keleluasaan kita bergerak karena terikat waktu dan tanggung jawab.
      Saat ini saya sudah tidak mengekspor nener lagi ke Philipina karena sekarang saya lebih banyak beraktivitas di Jakarta. Sedangkan nener yang saya ekspor adalah dari Bali disamping kualitasnya baik dan juga nener dari Bali yang diperbolehkan untuk di ekspor, meskipun di Bali saya sampai saat ini masih menjalankan usaha lain yakni sebagai pemasok buah dan sayur baik lokal maupun impor ke berbagai hotel dll. Karena untuk mengekspor nener saya harus “tongkrongin”/lakukan langsung saya sendiri untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan.
      Untuk dapat mengekspor Anda harus memiliki badan usaha dan yang lebih penting harus mendapatkan ijin/kuota dari Dinas/Departemen terkait. Kalau Anda sudah mendapatkan kepastian pembelinya tapi tidak memiliki kuota Anda bisa bekerjasama dengan eksportir yang telah memiliki kuota.
  10. imanon 04 Sep 2009 at 7:24 am

    Halo Pak saya Iman, Salam Kenal.. BAGUS banget pak Pepaya nya… sebenarnya saya juga ingin tuh Berwira usaha… namun kendalanya banyak mulai dari mental dan dana….. ngomong2…beli bibit pepaya nya di mana ya pak… kebetulan saya ada lahan kosong nih dipekarangan rumah +/- 28 m2… jadi pengen ikut nanam nih… makasih info nya..

      Salam kenal pa Iman,
      Biasanya benih dijual di toko2 tanaman, bila menginginkan kami pun bisa menyediakan untuk bapak, namun harus kami siapkan terlebih dahulu karena kami harus memilih dari buah yang memang khusus untuk dijadikan benih.
  11. fachrion 10 Oct 2009 at 4:05 pm

    saya fachri berasal dari aceh,,, untuk sekarang saya sedang ingin membangun home industri nata de coco berupa minuman ringan dalam kemasan,, namun kendala saya belum tau apakah harus memasarkannya hanya untuk pasar lokal saja atau akan melakukan distribusi pemasaran untuk diluar aceh,,,berhubung kendala modal and link juga,,,
    dan selanjutnya saya juga bercita-cita untuk berbisnis dibidang agro,, misalnya nener bandeng karena saya berasal dari keluarga petambak bandeng juga,,, hehe
    pak mohon info untuk ekspor nata de coco and apakah untuk memulai bisnis distribusi nener bandeng tanpa modal,,, apkah ada produsen yang bisa diajak kerja sama,,,,???
    terima kasih atas jawabannya pak,,,
    semoga bapak berkenan menjawab kendala wirausaha saya ini,,,,
    wassalam….Salam kenal pa Fachri di Aceh,

      salam sukses and salam kenal sebelumnya untuk bapak!!
      Mengenai menjajagi ekspor nata de coco coba Anda cari di internet dan coba buat Blog untuk memperkenalkan produk2 yang Anda hasilkan. Mengenai nener apakah Anda menghasilkan nener atau petambak bandeng? Kalau membutuhkan nener dengan kualitas yang baik kami akan usahakan atau akan kami kenalkan produsen nener di Bali karena beberapa tahun yang lalu kami pernah mengekspor nener ke Philipina. Kami tidak melakukan ekspor lagi karena sekarang lebih sering berada di Jakarta.
      Wassalam,
  12. usmanon 30 Nov 2009 at 8:30 am

    perkenalkan nama saya usman pemuda berusia 20 tahun …. yang pengen banget berwirausaha, artikel bapak ini sangat memotivasi saya, saya berharap bapak dapat membantu saya dalam meraih cita-cita sebagai seorang wirusaha.

      Kalau ingin tau api itu rasanya panas cobalah dekat2 dengan api atau sentuh. Kalau ingin meraih cita-cita sebagai seorang wirausaha, Anda jangan jauh-jauh dari dunia wirausaha. Cari pergaulan sebanyak2nya dengan orang2 yang berwirausaha, bertemanlah dengan orang2 yang menjalankan usaha, mudah2an Anda akan tertular seperti mereka
  13. Paneon 18 Jan 2010 at 10:13 am

    Ass Wr, Wb P Amir Hamzah
    Selamat atas keberhasilan bapak dalam melakukan Turn Arround profesi, dari PNS menjadi Enterpreneur salut…….. dan makin mendrong niat saya untuk keluar dari profesi sebagai karyawan yang selama ini.
    Insya Allah tahun ajaran baru nanti, saya bersama anak2 akan pindah ke Medan dari Jakarta yang telah saya tinggal 20Thn dengan segala keruwetannya, saya sdh membeli lahan di medan 15 Ha, dan telah saya tanami sawit sebagian, sabagian lagi saya merencanakan tanaman pepaya bangkok, tapi dimana saya dapat memperoleh bibitnya p Amir, barang kali p Amir jualan Bibit juga saya kepingin beli………..
    Wassalam
    Pardomuan Pane

      Walaikum salam, pa Pane
      Sebenarnya saya tidak khusus membuat benih untuk dijual, saya gunakan untuk sendiri, namun bila pa Pane membutuhkan saya bisa buatkan melalui staf saya. Sebagaimana rekan2 diinternet yang banyak memesan kepada saya, saya mohon waktu untuk membuatnya lk. 1-2 minggu.
  14. denion 26 Jan 2010 at 12:02 pm

    assalamualaikum wr wb,
    bpk amir hamzah yg terhormat sy mau tanya, sy ingin sekalii berwirausaha di budidaya pepaya ini tapi saya khawatir di pemasarannya. saya di Pandeglang, setelah saya tanya2 ke seorang tengkulak. katanya kalau di pandeglang Pepaya kurang diminati. mungkin yang konsumen berat pepaya adl orang kota…ja apa harus dipasarkan ke kota ya pak? atw klw bapak pnya kenalan pengepul di daerah pandeglang,n serang sy inginn tanya2 ke mereka tentang prospek pepaya. atau bapak bersedia mjd pembeli pepaya?

      Salam kenal pa Deni.
      Insa Allah saya siap membeli hasil produksi bapak sepanjang kualitas dan harga sama2 kita sepakati.

  15. widodoon 30 Jan 2010 at 2:20 pm

    salam kenal ya pak
    saya telah membaca tulisan Bpk. rasanya saya ingin wirausaha bidang perkebunan,kebetulan sy ada lahan di Madiun cuma ngak begitu luas ya kl ditanami pepaya sekitar 25 pohon cukup. kebetulan sy sekarang lg kerja di Jkt.tepatnya di Cengkareng.bagaimana carannya untuk memperoleh bibit dari Bpk?
    tak lupa saya ucapkan terimakasih untuk tulisan Bpk. yang membuat saya bersemangat sebab selama ini sy keja swasta (trading) mesin. yng selalu dikejar kejar penjualan.rasanya cukup stres juga. syukur2 dari usaha ini saya bisa sedikit menambah income keluarga saya di desa.
    sekali lagi sy ucapkan terimakasih

      Salam kenal kembali pa Widodo,
      Benih bisa saya sediakan berapapun banyaknya, namun saya harus membuatnya terlebih dahulu lk 1-2 minggu. Yang dibutuhkan benih pepaya jenis apa?

  16. donnyon 02 Mar 2010 at 11:13 pm

    salam kenal pak…
    saya berkeinginan menanam pepaya,untuk itu saya minta info cara pemesanan bibit pepaya bangkok dan calipornia dari bapak..
    lokasi saya di depok
    terimakasih

      Pa Dony untuk mendapatkan benih/bibit pepaya baik jenis pepaya bangkok, california, redlady, hawaii saya bisa sediakan, silahkan hubungi saya setiap saat di HP 08128558258 atau 021-32072944

  17. Mithoson 07 Mar 2010 at 12:57 pm

    Salam kenal Pak
    Saya adalah seorang pengusaha nener alam dan saya berencana untuk dapat mengekspor nener saya, saya tertarik dengan artikel bapak, saya mohon bantuannya untuk dapat diberikan sedikit dari daftar perusahaan2 importir nener di philipina dan taiwan, mohon bantuannya
    hormat saya…
    mythboss28@yahoo.com

      Salam kenal kembali pa Mithos,
      Saya terakhir kirim/ekspor nener ke Philipina tahun 2003. Ada Peraturan Pemerintah saya lupa nomornya tentang ketentuan mengekspor nener dari daerah mana saja yang membudidayakan nener yang boleh diekspor dan eksportir harus memperoleh kuota. Untuk mengetahui importir nener di Philipina dan negara2 lainnya Bapak bisa menghubungi Atase Perdagangan kita di negara tujuan ekspor, biasanya mereka tahu dan merekomentasikan eksportir mana saja yang bisa kita kerjasamakan. Karena mereka tahu ada juga eksportir2 yang nakal di negara tujuan.

  18. Aanon 02 Jun 2010 at 11:08 pm

    Saya beberapa minggu ini telah mentiapkan lahan untuk mananam pepaya, tapi saya sangat terkejut. saat saya mencarai benih pepaya yang stok di daerah kami ( jogja ) tidak ada, dan harus pesan nunggu waktu.. padahal lahan sudah siap tanam. dimana saya dapatkan bibit pepaya dengan jenis-ienisnya, dan berapa harganya??

  19. M hasanon 23 Jan 2011 at 12:30 am

    Luar biasa pak.,. keberanian yang mendatangkan aliran kekayaaan. saat kita gagal memang hampir saja kita menghentikan langkah dan berputar haluan. tapi karena kita telah melangkah menuju cita cita mulia,maka kita bangkit lagi dan tetap bergerak dengan penuh percaya diri. sukses ya pak amir

  20. rakzteron 19 Mar 2011 at 6:37 pm

    Ternyata benar, memulai usaha itu harus dengan KEBERANIAN.
    artikel yang bagus gan….
    😀

      Terima kasih, tunggu tayangan saya di TransTV, mudah2an tayang minggu 3 April 2011 pkl. 12:00-12:30
  21. juprion 27 Apr 2011 at 9:43 am

    saya terharu membaca artikel Bpk, saya skrg dalam posisi setengahnya mgkn gagal, saya ber umur 42 swasta, saya putra 1 mau masuk SMA. bbrapa kali saya usaha gagal. terakhir ini saya cb jamur tiram gagal modal pun tdk kembali. saya ada lahan 2 Ha, saya buka tanam jati sdh berumur 6 th gagal kerdil, saya ganti karet tp perawatannya biaya tinggi, shgg sya serahkan kepd org lain, nah dilahan ini lah saya mau coba budidaya pepaya. Harapan saya mgkn disini usaha saya. mhn dorongan semangat dan ilmunya dari Bapak. trims.

      Salam kenal pa Jupri, Berusaha itu cuma ada 2 kemungkinan berhasil atau gagal. Oleh karena itu bersiap2lah menghadapinya. Disini yang saya tampilkan sisi keberhasilan saya, dibalik ini banyak kegagalan demi kegagalan yang saya hadapi. Jadi pesan saya dan ini yang selalu saya coba pegang adalah: “Jangan pernah berhenti berusaha dan jangan pernah menyerah karena gagal, serta berani melangkah” Salam sukses.
  22. mameton 04 Jun 2011 at 9:56 am

    makasih pak atas artikelnya, hebat!
    sangat menginspirasi saya yang termasuk pengusahaha gatot alias gagal total.
    paling tidak bisa membangun semangat dan keberanian saya kembali buat tidak takut kembali berwirausaha.

      Sama2 pa Mamet: “Jangan pernah berhenti berusaha dan Jangan pernah menyerah karena gagal, lberani melangkah” Salam sukses
  23. hasanudinon 08 Jun 2011 at 9:32 pm

    salam kenal pak,
    malam ini saya tidak sengaja membaca artikel2 bapak dan terus membaca isi blog bapak…, tapi belum selesai semua saya baca.
    saya kebetulan sama dengan bapak sebagai PNS di ditjen Pajak, saya sedang ditugaskan di kota palembang.
    kemarin ketika saya pulang ke majalengka jawa barat saya melihat banyak lahan tidur milik keluarga dan kerabat yang terbengkalai dan saya tergugah untuk memanfaatkannya agar bisa memberikan nilai tambah.
    saya dan kakak saya kemudian berencana menanam buah pepaya dan pisang, tapi masih ragu untuk pemasarannya. ketika saya membaca blog bapak saya semakin berani untuk melangkah.
    untuk sementara saya ingin belajar dulu merawat pepaya mulai dari pembibitan sampai panen di pekarangan rumah dinas saya yang cukup luas (+/_ 500 m2) di palembang.
    oleh karena itu saya mengharapkan dukungan bapak untuk mendapatkan bibit pepaya california, untuk wilayah kota palembang dimana, siapa dan berapa nomor kontak person yang bisa saya hubungi.
    atas bantuan dan perhatian bapak Amir saya ucapkan terima kasih.
    salam sukses
    Hasan

      Salam kenal pa Hasan,
      Di Palembang tidak ada distributor benih dari saya. Benih semua di supplai dari saya di Jakarta. Bila menginginkan benih silahkan tinggalkan pesan SMS di 08128 558 258.
  24. Bayuon 06 Jul 2011 at 1:31 am

    Assalammualikum. Salam kenal pak, saya seorang mahasiswa. alhmdulliah sy telah mencoba beberapa usaha walaupun blm menghasilkan profit. saat ini sy sedang belajar budidaya jamur tiram dan ingin menjadikannya usaha sy berikutnya. sy berwirausaha karena ingin meringankan beban orang tua sy utk membiayai kuliah kedepannya sy ingin memiliki usaha seperti bapak yang dapat menyerap tenaga krj. saat ini keberanian sy masih maju mundur keberanian saya untk berwirausaha jamur tiram karena dari info2 yg sy dengar hrg beli bandar dipasaran hanya dapat sampai BEP sj (sesuai dengan kemampuan skala usaha yg sy rencanakan). dengan segala hormat saya mohon masukan atau saran atau info pengepul jamur di kota bogor untuk rencana usaha jamur tiram sy. sebelumnya sy ucapkn banyak terimakasih atas masukan dan sarannya. saya bersyukur dapat menemukan blog bapak. smoga Alloh swt membalas segala kebaikan dari ilmu/pengalaman2 yang bapak share kpada kami yang awam dalam dunia usaha.

      Walaikumsalam Bayu,
      Saya cukup bangga Anda sudah mau memulai berwirausaha di usia yang masih sangat muda, ini harapan saya kepada kaum muda memulailah belajar berwirausaha. Banyak orang setelah seusia saya (menjelang pensiun bahkan setelah masuk pensiun) baru memulai wirausaha, dari pengalaman pribadi tidak ada usaha yang langsung berhasil, pasti mengalami perjuangan yang cukup berat. Kaum mudalah yang biasanya cukup kuat menghadapi tantangan2 ketimbang sudah berusia lanjut yang biasanya banyak pertimbangan2. Untuk memulai wirausaha diawali dengan keberanian, kalau keberaniannya setengah2 diperkirakan hasilnya pun setengah2, juga keberanian yang masih maju mundur diyakini hasilnya pun maju mundur. Saran, janganlah berangkat dengan ragu2, setengah2, atau maju mundur. Pergilah dengan tekad yang bulat, nantinya didepan akan ditemukan hambatan, tantangan, kendala dll. itulah seni bagaimana kita bisa menembus itu, itulah mainan yang harus kita geluti setiap hari dan cintai bukan kita takuti atau hindari, inilah yang saya alami.
      Ttg. pengepul atau bandar jamur di kota Bogor akan saya coba cari tau karena saya tidak menggeluti komoditi jamur.
  25. Bayuon 06 Jul 2011 at 6:45 pm

    Terimakasih banyak pak atas masukannya. Senang sekali pesan sy bisa terbalas oleh seorang pengusaha sukses seperti bapak. Wassalamulaikum.

  26. Ifanon 04 Aug 2011 at 1:12 am

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    bagaimana dengan ternak ikan BAWAL pak ??
    apakah prospeknya memungkinkan di daerah saya Probolinggo ?? trima kasih

      Selama ditekuni dengan baik, saya yakin akan menjadi prospek yang sangat bagus, apapun kegiatannya.
  27. Bu Bramon 14 Aug 2011 at 7:31 pm

    Salam kenal pak Amir. Saya baru berencana untuk menanam pepaya Bangkok didaerah Cibitung, Cikarang, Bekasi Timur dan ada 2 pertanyaan pak :
    1. Dimana saya bisa memasarkan hasil panennya nanti. Mohon diberikan no. telp dari pembeli pak.
    2. Berapa jarak antara tiap pohon spy tetap efisien krn ada yang bilang 2X2m tapi ada jg yg bilang 2.5X2.5 m. Kalo bisa 2X2 m kan bisa lebih banyak pohonnya pak. Rencananya saya mau tanam di lahan seluas 1 ha.
    3. Berapa no. hp pak Amir. Bisa dihubungi sekitar jam berapa pak.

    Terima kasih.

    Salam,
    Bu Bram

    Mohon jawabannya pak

  28. febrinaldyon 18 Aug 2011 at 1:01 pm

    Dear pak Amir,

    Saya tinggal di daerah batam,
    yang mau saya tanyakan bagaimana saya bisa mendapatkan bibit pepaya jingga?
    sebelumnya saya sudah coba pembibitan pepaya california. tp gagal 100 %.
    Bisa kah bapak membantu saya.?
    ini no HP say 0812700xxxx
    Berapakah no Hp bapak yg bisa saya hubungi..??

    regard’s

    Febri

  29. Mudjahidon 27 Sep 2011 at 1:19 pm

    Assalamu alaikum wr.wb.
    Semoga pa Amir dan keluarga senantiasa sehat wal afiat.
    Saya tertarik untuk mulai membudidayakan pepaya.
    Tetapi ingin melangkah dengan perencanaan sebaik mungkin.
    Untuk tujuan menimba ilmu dari petani pepaya yang sudah berpengalaman, apakah pa Amir bersedia menerima kami untuk magang dan belajar mengelola kebun pepaya yang berada disekitar Jakarta?
    Jika ada biaya yang harus kami sediakan untuk itu, mohon diberitahu.
    Kami serius dalam memulai kehidupan sebagai petani, khususnya petani pepaya. Kami sadar bukan hanya kerja keras yang dibutuhkan, tetapi juga tekun belajar, tuma’ninah dan tawakal merupakan kunci keberhasilan untuk usaha apa saja.
    Terima kasih.
    Hormat kami,
    Mudjahid
    (mukim di Gorontalo)

      Yth, pa Mudjahid di Gorontalo,
      Saya sangat senang bpk tertarik dlm budidaya pepaya. Saran saya silahkan belajar dengan rekan2 yang memesan benih dari saya yang kebetulan satu daerah dengan bpk. atau cukup dekat dengan domisili bapak, bisa dilihat dalam daftar para pemesan benih dari saya, ini untuk efisienya, ketimbang bpk harus ke Jawa Barat.
      Bila berminat silahkan tinggalkan pesan SMS di 08128 558 258.
      Salam sukses.
  30. Didit SMon 02 Mar 2012 at 9:49 pm

    Assalamu’alaikum.Wr.Wb
    Semoga rahmat dn hidayah Allah SWT selalu tercurah kepada Bpk Amir sekeluarga
    Salam kenal pak,saya Didit di prambanan.
    Setelah membaca tulisan bapak,saya teringat akan keputusan yg telah saya buat.Saya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan saya mulai januari 2012.Sudah saya niat dan tekadkan untuk bermain di dunia akuakultur. Sekarang ini saya bersama rekan menyewa kolam dan diisi dengan ikan nila. Selama proses budidaya ini, banyak waktu luangnya. Terbersit untuk memanfaatkan tanggul kolam yg belum digunakan secara optimal. Saya ada niatan akan aya tanami dengan pepaya california. Dimana di wailayah jogjakarta dan sekitarnya sudah mulai ramai akan permintaan buahnya. Belum lagi, daunnya bisa saya manfaatkan untuk pembuatan pakan ikan.
    Terus terang, saya sangat buta akan dunia pertanian, bisa dikatakan, baru tahu cangkul ya beberapa minggu ini :)
    Setelah membaca tulisan bapak dlm blog ini, makin menguatkan tekad saya untuk serius dan fokus dalam dunia agribisnis. Dengan segala hormat, saya mohon saran ataupun masukan dari bapak, khususnya mengenai budidaya pepaya ini :)
    Insyaa ALLAH akan saya mulai bulan maret 2012, oleh karena itu, saya mohon infonya untuk harga benih pepaya california dan ongkir ke prambanan klaten. Ini no contact saya Didit SM (08587635xxxx)
    Terima kasih

    Salam Hormat,
    Didit S. Munandar

      Saya telah jawab melalui SMS
  31. Abdul Karim Halimon 21 Feb 2013 at 7:54 am

    Assalamu’alaikum War. Wab.
    Saya Abdul Karim Halim ( 52 tahun). Staf Pengajar di Prodi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Univeritas Ibn Khaldun Bogor. Saat ini Insya Allah sedaang Uji Coba Pengembangan Model Kursus Wirausaha Perdesaan ( Disertasi saya di Prodi PLS UPI Bandung) salah satu Kursus yang terpilih adalah Usaha Budi Daya Pepaya kalifornia, Uji coba baru akan dilakukan dalm waktu dekat ini ( saat ini sdg persiapan lahan) di Sanggar Kegiatan Belajar Kab. Bogor di Cibinong. Bila memungkinkan saya ingin mengikuti latihan budi daya Pepaya ini dalam waktu dekat untuk mengejar target wak tu, syukur-syukur bapak mengijinkan untuk tanggal 3 Maret 2013, tentu saya sangat bersyukur dan berterima kasih. Saya mohon ijin juga untuk berkunjung ke Kebon di Ranca Bungur dalam waktu dekat (hari minggu ini). sebab tidak terlalu jauh dr rumah di Bukit Mekar Wangi Tanah Sareal Kota Bogor. Ini no kontak saya ; 0812 944 xxxx atau 0857 777 xxxx. Terima kasih atas bantuan bapak dan silaturrahmi ini, semoga Allah membalas amal ibadah bapak dengan pahala yang setimpal.

      Yth, Bp. Abdul Karim Halim,
      Untuk pelatihan perdana tgl 3 Maret sudah melebihi target, maka saya mohon maaf tidak bisa saya ikutkan. Bila menginginkan pada pelatihan bulan berikutnya yg direncanakan tgl. 7 April 2013. Sengaja saya tidak memberi kesempatan peserta terlalu banyak karena khawatir pelatihannya kurang efektif mengingat langsung di lapangan dan langsung praktek dan ini karena masih perdana tentu banyak kekurangan2 disana sini yg nantinya akan diefaluasi dan disempurnakan pada pelatihan2 berikutnya.
      Wassalam.
  32. helmi suhendraon 07 Jul 2015 at 12:49 pm

    assalamualaikum

    pak amir hamzah, saya helmi dari cianjur tertarik untuk mengikuti pelatihan yang bapak adakan. soalnya saya ada rencana untuk pembibitan pepaya calina dengan luas lahan +/- 1134m2 daerah cianjur.

    mohon diinfokan ke no 082120029969, jika ada pelatihan lagi.

    trim’s

    Helmi

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.


9 JURUS SUKSES BERTANAM PEPAYA CALIFORNIA


DAFTAR PEMBUDIDAYA PEPAYA DI SELURUH INDONESIA
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DIPEKARANGAN RUMAH
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DI LAHAN PERKEBUNAN
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California

Proses Pembuatan Bibit Pepaya California, Pepaya Thailand/Bangkok dan Pepaya Hawaii Sebanyak 5.000 Polybag lebih pesanan Pa Rusduan untuk ditanam/dikirim ke Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung
Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
Saya Bisa…
Yakin Anda pun Pasti Bisa
Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
Banyak SMS maupun email saya terima dari rekan2 khususnya yang baru memulai atau mencoba membudidayakan pepaya akan kegagalannya saat penyemaian atau membuat bibit/pembibitan. Dari SMS yang saya terima ada yang mencapai hanya 50% Continue Reading..... Terima kasih saya ucapkan kepada Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Indonesian Entrepreneur Society serta TRUBUS atas kepercayaannya pada saya untuk menyampaikan materi pada acara “Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Menghadapi Masa Pensiun” di lingkungan Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal, Continue Reading..... “Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan” ini adalah judul cover “Majalah Duit!” edisi spesial ulang tahun ke-5. No. 5/VI/MEI 2011. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Majalah Duit! telah mewawancarai dan dimuat dalam kolom LIPUTAN UTAMA, Continue Reading..... Saya sangat mengapresiasi program “Bosan Jadi Pegawai” yang ditayangkan oleh stasiun televisi TransTV pada hari Minggu pukul 12:00 s/d 12:30 WIB, tanggal 27  Maret 2011 menampilkan kegiatan saya untuk memaparkan budidaya pepaya california dalam episode “Cantik Pepayanya Menggiurkan Rasa dan Untungnya Continue Reading.....
Wawancara dengan Tabloid "Kontan" Kompas Gramedia
Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Tabloid KONTAN Kompas Gramedia telah mewawancarai saya dan kepeduliannya untuk memasyarakatkan buah-buahan tropis kita khususnya pepaya. Memang tidak disangsikan lagi manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Sehingga perlu didorong untuk dibudidayakan.. . Continue Reading »

Cukup banyak yang menggunakan benih dari saya, oleh karena itu timbul gagasan sangat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi pembudidaya pepaya yang mendapatkan benih dari saya. Dibawah ini dicantumkan nama dan alamat/daerah pemesan serta nomor yang dapat dihubungi, namun tidak dicantumkan lengkap dengan alasan privasi. Continue Reading »

Pada dasarnya budidaya pepaya sangat mudah, tebarkan biji pepaya dipekarangan dalam beberapa minggu sudah terlihat tunas atau pohon pepaya kecil, selanjutnya rutin disiram, dalam waktu 4-5 bulan akan keluar kembang atau bakal buah dan 5 bulan kemudian buah sudah dapat di panen, mudah kan. Continue Reading » Suatu kehormatan yang tinggi sekali saya diundang untuk live talkshow bersama-sama direktur Indonesian Entrepreneur Society (IES) Bapak Bambang Suharno di stasiun Radio Pelita Kasih (RPK FM) Jakarta pada pagi hari tadi (Jumat 30 Juli 2010, pkl.  07:00-08:00 wib). . Continue Reading »
Membuat Bibit Pepaya
Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
Terima kasih kepada semua yang telah mempercayai saya dengan memanfaatkan benih yang saya hasilkan baik jenis pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii, maupun pepaya redlady. selengkapnya ......

Meski semakin banyak jenis dan ragam buah impor, pepaya tetap populer di Indonesia. Selain murah, zat gizi yang dikandungnya pun lengkap. Biji, daun, batang, dan akarnya sangat bermanafaat sebagai obat. Pada tahun 1992, The Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington AS meneliti manfaat kesehatan dari 40 jenis buah. selengkapnya .......

Terima kasih saya ucapkan kepada Indonesian Entrepreneur Society, bapak Bambang  Suharno selaku Direktur Indonesian Entrepreneur Society, telah memberikan kepercayaan pada saya untuk mentraining dan menjadi mentor kepada para entrepreneur dan calon entrepreneur. selengkapnya...» Telah banyak berbagai benih pepaya baik pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii maupun red lady yang memesan kepada saya, terima kasih atas kepercayaannya kepada sahabat-sahabat di Aceh, Medan, Palembang, hingga papua. selengkapnya.......
Pemilihan Lokasi untuk Budidaya Pepaya
Bibit dan Benih Pepaya Unggul
Tabloid Nasari news Edisi No. 15 Tahun 2, Juni 2009
Wawancara dengan "Koran Jakarta" (03/12/2008)
Lokasi Lahan Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membudidayakan pepaya, penentuan lokasi perlu dilakukan dengan cermat, tidak saja lokasi itu harus baik dalam aspek membudidayakan pepaya tapi lokasi juga harus baik dalam aspek keamanan terutama dari tangan-tangan jahil selengkapnya ...........
Bibit dan Benih Pepaya Kesuksesan berbudidaya pepaya salah satunya diawali dengan memiliki benih yang baik, namun dalam prakteknya ternyata tidak saja cukup memiliki benih yang baik atau benih unggul, Perlu penanganan yang baik sehingga akan menghasilkan buah pepaya unggul. selengkapnya .......... Tabloid Nasari newsSekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada "Tabloid nasari news" atas kepeduliannya mengangkat profil beserta aktifitas saya di bidang agribisnis. Mudah-mudahan dapat memberikan motivasi bagi saya agar lebih giat lagi dalam menekuni dunia agribisnis meskipun diusia yang saat ini (1 Juni 2009)  genap berusia 53 tahun. selengkapnya ....... Koran JakartaBeberapa media seperti Kompas Cetak kami berikan apresiasi yang tinggi dengan banyak memuat berita tentang dunia pertanian kita terutama nasib para petani. Juga kami berikan apresiasi kepada "Koran Jakarta" yang mewawancarai saya. selengkapnya ..........

Recent Posts:

  1. Kerjasama dengan Polda Banten Memberdayakan Nelayan Membudidayakan Pepaya California
  2. 9 Jurus Sukses Bertanam Pepaya California
  3. Terima Kasih Majalah elshinta
  4. Penyebaran Benih Pepaya
  5. Liputan ANTV: Budidaya Pepaya California di Kebun Binaan Milik Pa Yungki di Ciseeng Parung Bogor
  6. Kumpulan SMS Seputar Pertanyaan Budidaya Pepaya
  7. Memberikan Pembekalan Kewirausahaan Khususnya Budidaya Pepaya California Kepada PNS/KORPRI Pemprov Kalimantan Tengah
  8. SWA: “Mencetak Banyak Miliarder, Membangun Ketahanan Pangan”
  9. Keberhasilan Dit Pol Air Polda Banten Membina Nelayan Membudidayakan Pepaya California
  10. Pelatihan Budidaya Pepaya
  11. Buku Pertama Ku
  12. GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun
  13. Pemula Yang Berhasil
  14. Dua Jempol untuk Polisi Perairan Polda Banten
  15. Mengunjungi Kebun Pepaya Milik Pa Anton dan beberapa petani pepaya di Gianyar – Bali.
  16. si KRIBO (kritis dan heboh) dan Artis Dini nyasar ke kebun pepaya saya (akan tayang tgl. 28/09/2012 di MNCTV)
  17. Tunggu Tanggal Tayangnya di MNCTV (Lintas Pagi)
  18. Kunjungan Putri Indonesia ke Kebun Pepaya California Saya
  19. Bibit Siap Tanam untuk Memenuhi Keinginan Masyarakat Jakarta
  20. Program Unggulan Green Radio 89,2fm (Buah Lokal vs Buah Impor)
  21. Terima Kasih Kepada Majalah Ide Bisnis Kompas Gramedia (Analisa Usaha Pepaya)
  22. Kiranya Patut Ditiru Keberhasilan Pa Kasmari Membudidayakan Pepaya California
  23. Untuk Pemula yang Ingin Menggeluti di Agribisnis Pepaya
  24. Memenuhi Undangan Bapak Bupati Kebumen, Jawa Tengah
  25. Waspadai Menghadapi Awal Musim Penghujan Tahun Ini
  26. Pemberian Cuma2 Benih Pepaya California dan Orange Lady kepada SDN Wiyung I Surabaya
  27. Betik Bekal Pensiun (Majalah Trubus; 503 – Oktober 2011/XLII) liputan Majalah Trubus
  28. Konsultasi Langsung Selama Bazaar (18-19/08/2011)
  29. Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
  30. Saya Bisa… Yakin Anda pun Pasti Bisa
  31. Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
  32. Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
  33. Petani Pepaya Jadi Aktor Dadakan (saksikan tayangannya di TransTV 27-Mrt’11 pkl 12:00-12:30 wib)
  34. Mungkin Bermanfaat untuk Anda: Wawancara saya dengan Tabloid Kontan
  35. Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
  36. Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
  37. Kunjungan ke Kebun Pepaya California Milik Pak Kusnadi
  38. Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
  39. Membuat Bibit Pepaya
  40. Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
  41. Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
  42. Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
  43. Mengapa Sebaiknya Pilih Buah Lokal dari Impor
  44. Bentuk Buah Antara
  45. Pemilihan Lokasi
  46. Menanam Pepaya California Dipekarangan Rumah (I)
  47. Bibit dan Benih Pepaya
  48. Terima Kasih Tabloid “nasari news”
  49. Oleh-oleh dari mengikuti Seminar “Langkah Jitu Memulai Bisnis dari NOL”
  50. Mengelola Usaha Jarak Jauh
  51. Pemupukan Tanaman Pepaya (II)
  52. Pemupukan Tanaman Pepaya (I)
  53. Syarat Ideal Tumbuh Tanaman Pepaya
  54. Membuat Benih Sendiri
  55. Parpol Bingung petani Tidak Bingung
  56. Turun, Minat ke Fakultas Pertanian
  57. Jadi Petani
  58. Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur Melalui Juice
  59. Jus buah vs Soft Drink
  60. Panen Buah2an di Kota Jakarta
  61. Perhatian Media Cetak terhadap Petani Luar Biasa
  62. Mudahnya Berkebun Pepaya
  63. Menjadi Angan2
  64. Menghianati Agrikultur
  65. Suara Petani
  66. Definition of Agribusiness
  67. Papaya, Papaw, Paw Paw, Mamao
  68. Hari Pangan Sedunia dan Kemandirian Petani
  69. Dari mimpi dan keprihatinan sampai dengan bangkitnya semangat Baru
  70. Antisipasi Usaha Agribisnis di Era Global
  71. Minat Studi Pertanian Menurun?
  72. Manajemen Agribisnis
  73. Impian? ya….. tinggal Impian
  74. forum AGRO
  75. Lowongan Pekerjaan
  76. STABILO
  77. Pensiun? Kenapa Takut
  78. Benarkah buah lokal kurang diminati?
  79. Orang Bodoh yang Beruntung
  80. Ramuan Anti DBD
  81. Nutrisi Buah Pepaya
  82. Manfaat Getah Pepaya
  83. Pepaya Sebagai Obat Kanker, Jerawat dan Telapak Kaki pecah2
  84. Pepaya Sebagai Obat
  85. Berkebun Pepaya
  86. Pemanfaatan Pepaya
  87. Papaya – Pepaya – Kates – Gedang
  88. Takut Berwirausaha
  89. Keluarga Ku
  90. Selamat Datang!

Pertanyaan2 Anda dan jawaban saya seputar budidaya pepaya:




bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Visitor Sejak 01 Agustus 2009
free counters
Jasa komputer, pengetikan, setting, percetakan dll. Prima Electric: Perbaiki segala peralatan elektronik. Fresh Fruit Tropical. UD Prima Agro