GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun

Angkatan VIII - Waktu dan tempat akan ditentukan kemudian
Pelatihan ini murni kita sharing/berbagi ilmu
tidak ada pesan sponsor penjualan produk seperti pupuk, obat2an, bibit, benih dll.



Bagi pemesan benih pepaya dari saya khususnya jenis pepaya california dan Hawaii yang dibudidayakan seputar Jawa Barat. (Depok, Bekasi, Karawang, Tangerang, Bogor, Subang, Indramayu) bila sulit memasarkan, saya siap bantu. Juga untuk pemesan dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung saya siap memasarkan bila permintaan terus meningkat.

Feb 22 2008

Pepaya Sebagai Obat Kanker, Jerawat dan Telapak Kaki pecah2

Published by at 7:27 am under Health

Buah pepaya selama ini hanya dikenal sebagai buah pencuci mulut. Namun kini, hasil penelitian membuktikan lain. Dari akar hingga daun pepaya memberikan manfaat yang sangat besar bagi manusia. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi juga sebagai bahan dasar kosmetik, dan mampu melawan kanker.

Sebenarnya, pepaya bukan tanaman asli Indonesia. Pepaya merupakan tanaman dari famili caricaceae yang berasal dari Amerika Tengah. Tanaman ini banyak tumbuh di Meksiko dan Costa Rica. Tanaman tersebut bisa tumbuh subur di daerah tropis maupun sub tropis. Baahkan, tanaman buah ini bisa tumbuh dan berkembang di daerah-daerah basah dan kering, dataran rendah maupun dataran tinggi, seeperti daerah pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1000 meter dari permukaan laut.

Tinggi tanaman ini bisa mencapai 8-10 meter, tergantung dari besar kecilnya kadar air dan unsur hara dalam tanah. Di Indonesia, sentra pengembangan pepaya terdapat di hampir seluruh Pulau Jawa, Sumatra Selatan, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

1. Kandungan Pepaya

Buah pepaya mengandung berbagai nutrisi yang berguna bagi tubuh. Seperti aneka vitamin, betakaroten, protein, lemak dan berbagai enzim dan senyawa yang sangat berguna bagi tubuh manusia. “Tetapi menurut saya, yang paling banyak terdapat dalam pepaya adalah vitamin A dan betakaroten. Fungsi betakaroten adalah sebagai antioksidan,” jelas Bambang S. Djokolelono, seorang herbalis dan holistic instruktur yang memiliki sebuah klinik pengobatan di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Senyawa paling terkenal yang terkandung dalam pepaya adalah papain. Senyawa ini terkenal karena fungsinya sebagai proteolitik atau enzim pemecah protein. Papain sekarang sudah banyak dipergunakan dalam industri, sebagai bahan obat-obatan, kosmetik dan tekstil. Buah pepaya merupakan penghasil papain terbanyak, yakni sekitar 400 milk clotting units (MCU) gram. Beda dengan bagian batang dan daun pepaya yang hanya menghasilkan 200 MCU/gram.

Ada tiga macam papain yang diproduksi pepaya. Papain kasar (crude papain), papain bersih (refined papain) dan papain murni (pure papain). Untuk mendapatkan papain terbaik, pihak Botanical Derivatives Catalogue Amerika Serikat telah menetapkan standar mutu papain. Jika papain yang dihasilkan sebuah perusahaan atau negara tidak memenuhi standar yang ditntukan, dianggap tidak layak untuk memasuki pasaran Amerika dan Eropa. Hanya saja, tidak ada kejelasan bagaimana caranya menentukan standar mutu papain yang ingin dicapai.

2. Manfaat Pepaya

Sebagai seseorang yang telah menggeluti dunia herbal sejak tahun 2002, Bambang mengakui, di balik rasa enaknya, pepaya mempunyai berbagai manfaat. “Para ibu rumah tangga mungkin sudah tahu salah stu manfaat getah buah pepaya. Ternyata, getah yang berasal dri buah pepaya bisa digunakan untuk mempercepat proses pelunakan daging. Sementara buah pepaya matang, sangat berguna untuk memperlancar proses pencernaan,” jelasnya.

Menurut Bambang, masalah pecernaan sangat penting. Kalau hal ini tidak segera diatasi, maka akan menjalar ke bagian tubuh yang lain. Itu sebabnya, di China dikembangkan pola pengobatan tradisional yang menggunakan pepaya sebagai bahan dasar obat-obatan. Terutama untuk mengatasi gangguan pencernaan, herbalis ini menganjurkan untuk meminum ramuan yang terbuat dari pepaya.

Caranya, ambil buah pepaya dengan ukuran tertentu. Gunakan buah pepaya yang masih memiliki kulit dan biji lantas diblender hingga diperoleh cairan halus. Kemudian saring airnya dan minum sebanyak 200 cc setiap tiga hari. Bagi yang mengalami kesulitan pencernaan, ramuan ini diyakini mampu memperlancar proses pencernaan hanya dalam beberapa hari.

Ternyata, buah pepaya tidak hanya digunakan untuk mmemperlancar proses pencernaan. Pada tahun 1997, Yayasan Kanker International mengumumkan bahwa kandungan Vitamin C dan karoten dalam buah pepaya, mampu mencegah kanker. Selain itu, buah pepaya juga dapat dimanfaatkan melawan kanker kolon, kanker pankreas, kanker kantung kemih dan kanker payudara, selain mampu mengurangi radikal bebas yang menjadi biang kanker.

Pepaya tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan. Saat ini kandungan papain dalam pepaya sudah dikembangkan untuk bahan kecantikan. Papain menjadi bahan dasar pembuatan krim dan pembersih muka. Karena papain dipercaya mampu melarutkan sel-sel mati yang melekat pad kulit terlepas. Seperti noda dan flek pada kulit. Papain juga digunakan sebagai bahan pembuat pasta gigi, karena fungsinya yang dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang melekat di gigi

Pepaya juga dapat digunakan sebagai bahan dasar obat jerawat. Caranya, ambil daun pepaya yang sudah tua kemudian dijemur hingga kering lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu ditambahkan satu setengah sendok air sebelum dioleskan pada bagian wajah yang ditumbuhi jerawat.

Kalau daun pepaya mampu mengatasi jerawat, getah pepaya sangat mujarab untuk mengobati telapak kaki yang pecah. Caranya, sering-seringlah mengoleskan getah pepaya pada telapak kaki yang pecah sampai sembuh.

Dikutip dari: forum.indogamers.us

18 responses so far

18 Responses to “Pepaya Sebagai Obat Kanker, Jerawat dan Telapak Kaki pecah2”

  1. Silvyon 25 Mar 2008 at 5:06 pm

    Manfaat pepaya juga saya rasakan saat menggunakan hand&body lotion RDL Papaya selama kurang lebih dua tahun ini.

    Wanginya benar-benar tahan lama dan terasa lembut di kulit, saya cocok banget dengan produk yg satu ini, buatan Indonesia lagi, PT.Sparindo Mustika :)

  2. Silvyon 29 Apr 2008 at 8:13 am

    Ini foto RDL Hand & Body Lotion-nya, Pak :
    Saya kurang tahu kalo di Jakarta ada ato engganya, saya beli di Borma-Bandung :)

  3. Sunayah Dahlanon 05 Jun 2008 at 2:00 pm

    Ada engga di jeddah kalau ada toko mana yang memjual RDL Hand & Body Lotion

      Akan saya cari infonya ada engganya di Jeddah
  4. panduon 22 Feb 2009 at 10:35 am

    saya sangat tertarik dengan papain….
    kalau boleh tahu dimanakah produsen papain yang masih aktif khususnya di pulau jawa…
    trimaksih.

      Pertama, Salam kenal pa Pandu.
      Kedua, mohon maaf, karena pepaya yang kami budidayakan khusus buah untuk konsumsi, sehingga produsen maupun pasar dari papain kami tidak mengetahui dengan pasti. Bila kami telah memenuhi pangsa pasar buah pepaya kami berencana menanam pepaya khusus untuk di sadap getahnya.
  5. airishon 24 Feb 2009 at 9:28 am

    pak…
    pepaya pa juga memberikan efek yang significant untuk menyembuhkan kanker paru2..?
    slain tu penggunaan pepaya juga memberi efek gatal kan pada getahnya…?

    cz, disamping rumah saya dulu ditumbuhi pohon pepaya…
    waktu saya mengupas kulitnya, saya memerlukan perlindungan ekstra pada tangan saya.. karena gatal akibat getah pepaya itu berdampak lama pada tangan saya…

    ohya, penduduk disekitar rmh saya, memiliki sutu metode untuk menghaluskan kulit dengan getah pepaya.. terutama pada saat dekat2 idul fitri…
    hehehe…:D

    maksudna biar tangan2 mereka tu pada rasa alus waktu jabat tangan…
    huahahaha…:D

      Salam kenal Airish,
      Getah pepaya tidak menimbulkan efek yang berbahaya pada tangan, gatal2 hanya sesaat. Oleh karena itu saat panen biasanya saya melakukan pemetikan menggunakan sarung tangan.
      Getah pepaya mengandung enzim papain, getah pepaya yang telah diolah banyak manfaatnya seperti Airish katakan untuk menghaluskan tangan, banyak bahan-bahan kosmetik mengandung papain. Jadi Airish tidak perlu beli kosmetik mahal-mahal untuk menghaluskan tangan, pake aja getah pepaya.
      BTW Airish domisilinya dimana? terima kasih infonya.
  6. niaon 03 Mar 2009 at 8:43 pm

    kalau boleh tau bisa gak biji kates dibuat sampo?zat apa yang berperan didalamnya

      Saya belum meneliti sejauh mana kandungan dari biji pepaya, apakah bisa dibuat sampo. Namun getah pepaya/papain banyak digunakan untuk bahan2 kosmetik, kami menduga papain ditambahkan ke dalam sampo untuk melembutkan rambut karena sifat papainnya. Sudah ada dipasaran bahan2 kosmetik terbuat dari papaya bisa di klik disini seperti RDL. Juga secara sederhana biji pepaya bisa menghitamkan rambut.
  7. endrakon 12 Sep 2009 at 4:28 am

    saya akan coba tips2 d atas. kbetulan kaki saya pecah2 parah bget

  8. aqilaon 16 Dec 2009 at 4:59 pm

    ngga nyangka dari buah pepaya ada banyak mamfaat!

  9. yunion 22 Jul 2010 at 3:38 pm

    katanya kalau sulit BAB makan pepaya bisa jadi lancar

      Betul sekali bu Yuni, ga percaya! coba deh
  10. rastion 17 Nov 2010 at 12:59 pm

    supaya buah pepayanya manjur, labih baik makan pepaya mengkal atw yang udah matang.

      Bisa yg pepaya matang bisa yg pepaya mengkal bisa juga pepaya yg masih mentah. Sesuaikan dengan kebutuhan dan anjuran digunakan untuk apa pepaya dikonsumsi.
  11. alingon 22 Feb 2011 at 6:08 am

    Pepaya bs digunakan untuk tumor nggak pak..?? klo bs mhon resepnya, dan brpa gram konsumsi per harinya..??? mtur tengkyu..

      Maaf pa Aling, saya tidak punya referensi tentang hal itu, secepatnya akan saya cari tahu.
  12. iloneon 28 Mar 2011 at 5:49 pm

    boleh numpang tanya ga??? kalau untuk kanker otak bisa tidak ya??? kalau bisa caranya dimakan biasa aja atau gimana ya???

      Maaf saya tidak bisa menjawab pertanyaan ini.
  13. http://herbal100persen.com/on 26 Apr 2011 at 3:23 pm

    Bags sekali artikelnya pak…. memang sebaiknya kembali ke herbal pak… karena obat modern terbukti banyak dampak negativnya.

  14. yunion 16 May 2011 at 11:40 pm

    saya suka sekali dg artikel bpk. bagi yg kesulitan bab kan baik sekali untuk mengkonsumsi pepaya. kalo boleh nanya bagaimana dengan yg pencernaannya sudah normal atau pada yang babnya terlalu mudah. apakah pepaya ini ngga bikin diare….?

  15. merryon 19 Aug 2011 at 4:35 pm

    saya akan coba resep artikel di atas ..
    apa benar daun pepaya bisa menghilangkan jerawat.berapa kli s-hari dan apa sudah ada buktinya…..?

  16. hetty indrianion 29 Aug 2012 at 10:26 pm

    kemarin saya dah cba ntuk telapak kaki saya yg pecah2, tpi cman 1x sich. ekh, ternyata sampai sembuh ya….
    ok la akan ku cba……….

  17. cv rahmat alam semestaon 18 Sep 2012 at 4:27 pm

    informasinya bagus gan,kunjungi juga web saya mengenai fungsi untuk penyakit hiv/aids
    http://www.sahabatenterpreneur.com
    Nurkholis 0813 2545 1343
    Heri Setiawan 0819 0444 8453
    Rajib Ismawan 0857 2748 4786

  18. Anton 02 Jan 2013 at 2:08 pm

    thanks for info

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.


9 JURUS SUKSES BERTANAM PEPAYA CALIFORNIA


DAFTAR PEMBUDIDAYA PEPAYA DI SELURUH INDONESIA
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DIPEKARANGAN RUMAH
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DI LAHAN PERKEBUNAN
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California

Proses Pembuatan Bibit Pepaya California, Pepaya Thailand/Bangkok dan Pepaya Hawaii Sebanyak 5.000 Polybag lebih pesanan Pa Rusduan untuk ditanam/dikirim ke Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung
Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
Saya Bisa…
Yakin Anda pun Pasti Bisa
Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
Banyak SMS maupun email saya terima dari rekan2 khususnya yang baru memulai atau mencoba membudidayakan pepaya akan kegagalannya saat penyemaian atau membuat bibit/pembibitan. Dari SMS yang saya terima ada yang mencapai hanya 50% Continue Reading..... Terima kasih saya ucapkan kepada Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Indonesian Entrepreneur Society serta TRUBUS atas kepercayaannya pada saya untuk menyampaikan materi pada acara “Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Menghadapi Masa Pensiun” di lingkungan Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal, Continue Reading..... “Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan” ini adalah judul cover “Majalah Duit!” edisi spesial ulang tahun ke-5. No. 5/VI/MEI 2011. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Majalah Duit! telah mewawancarai dan dimuat dalam kolom LIPUTAN UTAMA, Continue Reading..... Saya sangat mengapresiasi program “Bosan Jadi Pegawai” yang ditayangkan oleh stasiun televisi TransTV pada hari Minggu pukul 12:00 s/d 12:30 WIB, tanggal 27  Maret 2011 menampilkan kegiatan saya untuk memaparkan budidaya pepaya california dalam episode “Cantik Pepayanya Menggiurkan Rasa dan Untungnya Continue Reading.....
Wawancara dengan Tabloid "Kontan" Kompas Gramedia
Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Tabloid KONTAN Kompas Gramedia telah mewawancarai saya dan kepeduliannya untuk memasyarakatkan buah-buahan tropis kita khususnya pepaya. Memang tidak disangsikan lagi manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Sehingga perlu didorong untuk dibudidayakan.. . Continue Reading »

Cukup banyak yang menggunakan benih dari saya, oleh karena itu timbul gagasan sangat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi pembudidaya pepaya yang mendapatkan benih dari saya. Dibawah ini dicantumkan nama dan alamat/daerah pemesan serta nomor yang dapat dihubungi, namun tidak dicantumkan lengkap dengan alasan privasi. Continue Reading »

Pada dasarnya budidaya pepaya sangat mudah, tebarkan biji pepaya dipekarangan dalam beberapa minggu sudah terlihat tunas atau pohon pepaya kecil, selanjutnya rutin disiram, dalam waktu 4-5 bulan akan keluar kembang atau bakal buah dan 5 bulan kemudian buah sudah dapat di panen, mudah kan. Continue Reading » Suatu kehormatan yang tinggi sekali saya diundang untuk live talkshow bersama-sama direktur Indonesian Entrepreneur Society (IES) Bapak Bambang Suharno di stasiun Radio Pelita Kasih (RPK FM) Jakarta pada pagi hari tadi (Jumat 30 Juli 2010, pkl.  07:00-08:00 wib). . Continue Reading »
Membuat Bibit Pepaya
Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
Terima kasih kepada semua yang telah mempercayai saya dengan memanfaatkan benih yang saya hasilkan baik jenis pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii, maupun pepaya redlady. selengkapnya ......

Meski semakin banyak jenis dan ragam buah impor, pepaya tetap populer di Indonesia. Selain murah, zat gizi yang dikandungnya pun lengkap. Biji, daun, batang, dan akarnya sangat bermanafaat sebagai obat. Pada tahun 1992, The Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington AS meneliti manfaat kesehatan dari 40 jenis buah. selengkapnya .......

Terima kasih saya ucapkan kepada Indonesian Entrepreneur Society, bapak Bambang  Suharno selaku Direktur Indonesian Entrepreneur Society, telah memberikan kepercayaan pada saya untuk mentraining dan menjadi mentor kepada para entrepreneur dan calon entrepreneur. selengkapnya...» Telah banyak berbagai benih pepaya baik pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii maupun red lady yang memesan kepada saya, terima kasih atas kepercayaannya kepada sahabat-sahabat di Aceh, Medan, Palembang, hingga papua. selengkapnya.......
Pemilihan Lokasi untuk Budidaya Pepaya
Bibit dan Benih Pepaya Unggul
Tabloid Nasari news Edisi No. 15 Tahun 2, Juni 2009
Wawancara dengan "Koran Jakarta" (03/12/2008)
Lokasi Lahan Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membudidayakan pepaya, penentuan lokasi perlu dilakukan dengan cermat, tidak saja lokasi itu harus baik dalam aspek membudidayakan pepaya tapi lokasi juga harus baik dalam aspek keamanan terutama dari tangan-tangan jahil selengkapnya ...........
Bibit dan Benih Pepaya Kesuksesan berbudidaya pepaya salah satunya diawali dengan memiliki benih yang baik, namun dalam prakteknya ternyata tidak saja cukup memiliki benih yang baik atau benih unggul, Perlu penanganan yang baik sehingga akan menghasilkan buah pepaya unggul. selengkapnya .......... Tabloid Nasari newsSekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada "Tabloid nasari news" atas kepeduliannya mengangkat profil beserta aktifitas saya di bidang agribisnis. Mudah-mudahan dapat memberikan motivasi bagi saya agar lebih giat lagi dalam menekuni dunia agribisnis meskipun diusia yang saat ini (1 Juni 2009)  genap berusia 53 tahun. selengkapnya ....... Koran JakartaBeberapa media seperti Kompas Cetak kami berikan apresiasi yang tinggi dengan banyak memuat berita tentang dunia pertanian kita terutama nasib para petani. Juga kami berikan apresiasi kepada "Koran Jakarta" yang mewawancarai saya. selengkapnya ..........

Recent Posts:

  1. Kerjasama dengan Polda Banten Memberdayakan Nelayan Membudidayakan Pepaya California
  2. 9 Jurus Sukses Bertanam Pepaya California
  3. Terima Kasih Majalah elshinta
  4. Penyebaran Benih Pepaya
  5. Liputan ANTV: Budidaya Pepaya California di Kebun Binaan Milik Pa Yungki di Ciseeng Parung Bogor
  6. Kumpulan SMS Seputar Pertanyaan Budidaya Pepaya
  7. Memberikan Pembekalan Kewirausahaan Khususnya Budidaya Pepaya California Kepada PNS/KORPRI Pemprov Kalimantan Tengah
  8. SWA: “Mencetak Banyak Miliarder, Membangun Ketahanan Pangan”
  9. Keberhasilan Dit Pol Air Polda Banten Membina Nelayan Membudidayakan Pepaya California
  10. Pelatihan Budidaya Pepaya
  11. Buku Pertama Ku
  12. GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun
  13. Pemula Yang Berhasil
  14. Dua Jempol untuk Polisi Perairan Polda Banten
  15. Mengunjungi Kebun Pepaya Milik Pa Anton dan beberapa petani pepaya di Gianyar – Bali.
  16. si KRIBO (kritis dan heboh) dan Artis Dini nyasar ke kebun pepaya saya (akan tayang tgl. 28/09/2012 di MNCTV)
  17. Tunggu Tanggal Tayangnya di MNCTV (Lintas Pagi)
  18. Kunjungan Putri Indonesia ke Kebun Pepaya California Saya
  19. Bibit Siap Tanam untuk Memenuhi Keinginan Masyarakat Jakarta
  20. Program Unggulan Green Radio 89,2fm (Buah Lokal vs Buah Impor)
  21. Terima Kasih Kepada Majalah Ide Bisnis Kompas Gramedia (Analisa Usaha Pepaya)
  22. Kiranya Patut Ditiru Keberhasilan Pa Kasmari Membudidayakan Pepaya California
  23. Untuk Pemula yang Ingin Menggeluti di Agribisnis Pepaya
  24. Memenuhi Undangan Bapak Bupati Kebumen, Jawa Tengah
  25. Waspadai Menghadapi Awal Musim Penghujan Tahun Ini
  26. Pemberian Cuma2 Benih Pepaya California dan Orange Lady kepada SDN Wiyung I Surabaya
  27. Betik Bekal Pensiun (Majalah Trubus; 503 – Oktober 2011/XLII) liputan Majalah Trubus
  28. Konsultasi Langsung Selama Bazaar (18-19/08/2011)
  29. Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
  30. Saya Bisa… Yakin Anda pun Pasti Bisa
  31. Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
  32. Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
  33. Petani Pepaya Jadi Aktor Dadakan (saksikan tayangannya di TransTV 27-Mrt’11 pkl 12:00-12:30 wib)
  34. Mungkin Bermanfaat untuk Anda: Wawancara saya dengan Tabloid Kontan
  35. Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
  36. Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
  37. Kunjungan ke Kebun Pepaya California Milik Pak Kusnadi
  38. Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
  39. Membuat Bibit Pepaya
  40. Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
  41. Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
  42. Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
  43. Mengapa Sebaiknya Pilih Buah Lokal dari Impor
  44. Bentuk Buah Antara
  45. Pemilihan Lokasi
  46. Menanam Pepaya California Dipekarangan Rumah (I)
  47. Bibit dan Benih Pepaya
  48. Terima Kasih Tabloid “nasari news”
  49. Oleh-oleh dari mengikuti Seminar “Langkah Jitu Memulai Bisnis dari NOL”
  50. Mengelola Usaha Jarak Jauh
  51. Pemupukan Tanaman Pepaya (II)
  52. Pemupukan Tanaman Pepaya (I)
  53. Syarat Ideal Tumbuh Tanaman Pepaya
  54. Membuat Benih Sendiri
  55. Parpol Bingung petani Tidak Bingung
  56. Turun, Minat ke Fakultas Pertanian
  57. Jadi Petani
  58. Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur Melalui Juice
  59. Jus buah vs Soft Drink
  60. Panen Buah2an di Kota Jakarta
  61. Perhatian Media Cetak terhadap Petani Luar Biasa
  62. Mudahnya Berkebun Pepaya
  63. Menjadi Angan2
  64. Menghianati Agrikultur
  65. Suara Petani
  66. Definition of Agribusiness
  67. Papaya, Papaw, Paw Paw, Mamao
  68. Hari Pangan Sedunia dan Kemandirian Petani
  69. Dari mimpi dan keprihatinan sampai dengan bangkitnya semangat Baru
  70. Antisipasi Usaha Agribisnis di Era Global
  71. Minat Studi Pertanian Menurun?
  72. Manajemen Agribisnis
  73. Impian? ya….. tinggal Impian
  74. forum AGRO
  75. Lowongan Pekerjaan
  76. STABILO
  77. Pensiun? Kenapa Takut
  78. Benarkah buah lokal kurang diminati?
  79. Orang Bodoh yang Beruntung
  80. Ramuan Anti DBD
  81. Nutrisi Buah Pepaya
  82. Manfaat Getah Pepaya
  83. Pepaya Sebagai Obat Kanker, Jerawat dan Telapak Kaki pecah2
  84. Pepaya Sebagai Obat
  85. Berkebun Pepaya
  86. Pemanfaatan Pepaya
  87. Papaya – Pepaya – Kates – Gedang
  88. Takut Berwirausaha
  89. Keluarga Ku
  90. Selamat Datang!

Pertanyaan2 Anda dan jawaban saya seputar budidaya pepaya:




bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Visitor Sejak 01 Agustus 2009
free counters
Jasa komputer, pengetikan, setting, percetakan dll. Prima Electric: Perbaiki segala peralatan elektronik. Fresh Fruit Tropical. UD Prima Agro