GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun

Angkatan VIII - Waktu dan tempat akan ditentukan kemudian
Pelatihan ini murni kita sharing/berbagi ilmu
tidak ada pesan sponsor penjualan produk seperti pupuk, obat2an, bibit, benih dll.



Bagi pemesan benih pepaya dari saya khususnya jenis pepaya california dan Hawaii yang dibudidayakan seputar Jawa Barat. (Depok, Bekasi, Karawang, Tangerang, Bogor, Subang, Indramayu) bila sulit memasarkan, saya siap bantu. Juga untuk pemesan dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung saya siap memasarkan bila permintaan terus meningkat.

Oct 04 2010

Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya

Published by at 1:37 pm under About Papaya,Education

Pepaya IPB4Pada dasarnya budidaya pepaya sangat mudah, tebarkan biji pepaya dipekarangan dalam beberapa minggu sudah terlihat tunas atau pohon pepaya kecil, selanjutnya rutin disiram namun akarnya jangan terlalu lama terendam air, dalam waktu 4-5 bulan akan keluar kembang atau bakal buah dan 5 bulan kemudian buah sudah dapat di panen, mudah kan. Akan tetapi hasilnya mungkin tidak optimal juga buahnya mungkin kurang baik dan sedikit.

Oleh karena itu untuk membudidayakan dalam skala usaha agar mendapatkan hasil yang maksimal harus mendapatkan perhatian khusus mulai dari pembuatan bibit, penentuan lahan yang cocok dan perawatan, keamanan serta pemetikan/panen, dan pasca panen dan yang tidak kalah pentingnya adalah distribusi dan pemasaran.

Pembuatan bibit. Bibit yang baik dengan berbagai varietas kini sudah dapat dibeli karena banyak diperdagangkan, tinggal kita memilih varietas apa yang akan kita tanam. Namun selama kami bercocok tanam pepaya belum pernah menggunakan bibit yang diperoleh dengan membeli di pasaran, kami membuat sendiri dari buah pepaya yang dipilih khusus untuk bibit. Cara pembuatan bibit akan kami tulis tersendiri pada tulisan berikutnya.

Pemilihan lahan. Pada umumnya dihampir seluruh wilayah tanah air kita sangat cocok untuk ditanami pepaya karena pepaya sangat cocok diiklim tropis dan sub tropis asalkan tidak lebih dari 1.000 dpl dan bukan di lahan sawah karena akar pepaya rentang terhadap genangan air.

Pemeliharaan. Sangat mudah memelihara tanaman pepaya, tanaman harus sering disiram terutrama pada musim kemarau tetapi perlu diingat jangan sampai akarnya tergenang air. Pemupukan dilakukan dengan pupuk kimia dan pupuk kandang.

Bersambung …………. [Membuat Bibit Sendiri]

123 responses so far

123 Responses to “Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya”

  1. bocahbancaron 27 Jan 2009 at 8:12 am

    Iya Pak, di tempat saya ajah tidak ditanam udah tumbuh sendiri dan subur berbuah bagus pula…
    keren kan,….
    Salam Bocahbancar..

      Salam kenal bocahbancar,
      Gampangkan tanam pepaya!
  2. Danielon 13 Feb 2009 at 10:57 pm

    Pak Amir Hamzah yth,
    saya juga sudah masuk usia pensiun, domisili di Pekanbaru, Riau, ingin menanyakan mengenai berkebun pepaya California dan Hawaii, dimana bisa membeli bibitnya, bagaimana mengenai analisa usahanya.
    kalau bisa tolong di email ke danielpkb@yahoo.com.
    atas bantuannya banyak terima kasih.
    Salam
    Daniel

      Yth. Bapak Daniel di Pakanbaru,
      Saya sangat senang sekali Bapak berminat usaha di bidang pertanian, khususnya budidaya pepaya. Rasanya pas bila bapak membudidayakan pepaya di Pakanbaru, kalau tidak salah banyak pepaya California atau Hawaii dari kita atau diekspor ke negara tetangga, sedangkan bapak berada di sangat dekat dengan negara tetangga.

      Namun saya belum mengetahui apakah di daerah Bapak cocok untuk ditanami pepaya jenis tersebut.
      Mengenai bibit saya kira tidak masalah, bisa kami usahakan atau bisa kami bantu. Bibit yang bagus banyak tersedia untuk jenis California dan Hawaii.

      Mengenai analisis usaha mungkin setiap daerah pasti akan berbeda2, Baik biaya investasi, biaya variable, biaya tetap, misalnya terhadap upah buruh, sewa lahan, transportasi begitu pula harga jual dll.. Namun dari pengalaman kami secara garis besarnya dengan panen pertama dan kedua atau lk satu tahun investasi sudah hampir kembali.

      Sedangkan untuk budidaya pepaya tidak membutuhkan investasi yang sangat besar, untuk mengawali bisa bapak tanam lk. 3 ha.

  3. fathion 18 Feb 2009 at 9:34 pm

    pak Amir Hamzah saya kepingin mengetahui lebih banyak analisis usaha budidaya pepaya california/hawaii. saya domisili di semarang tolong dijelaskan trimaksaih sblmnya.

      Salam kenal pak Fathi,
      Segera akan kami kirimkan analisis usaha budidaya pepaya melalui email bapak.
  4. Dika Andion 01 Mar 2009 at 8:16 pm

    Bapak Amir Yth. Saya sangat tertarik dengan budidaya pepaya, kebetulan di daerah saya masih banyak lahan yang belum termanfaatkan. bolehkah saya minta analisa usaha perkebunan pepaya pak? tlg kirim melalui email kami, terimakasih.

      Salam kenal pa Dika Andi,
      Kalau boleh tahu rencana budidaya pepaya di daerah mana. dan
      segera akan kami kirim analisa usaha perkebunan pepaya.melalui email bapak.
  5. joenon 16 Mar 2009 at 7:49 pm

    Bpk Amir Yth. saya sangat tertarik dengan budidaya pepaya california dan hawaii. Dimana saya bisa mendapatkan bibitnya? Dan bagaimana cara tanam pepaya yang baek? Terima kasih.

      Wah, Saya gembira sekali nih… Sdr. Joen akan terjun di dunia pertanian khususnya budidaya pepaya.
      Perihal bibit secara khusus kami tidak membuat untuk di jual, kami gunakan untuk sendiri, mamun untuk membantu teman2 yang ingin mencoba budidaya pepaya kami akan usahakan. Hanya mungkin kami kenakan biaya tenaga kerja staf kami yang membuatnya.
      Perihal cara tanam yang baek…. Wah jelasinnya gimana ya… Kudu berapa halaman saya tulis. Tapi Sdr Joen bisa baca tulisan2 yang telah saya muat disini dan tulisan2 yang akan saya muat berikutnya.
      Sebenarnya ga susah kok. Sebagai gambaran “Coba bayangkan seorang petani di desa/kampung dengan pendidikan ….. dia bisa, kok Anda atau kita dengan sumber informasi yang tak terbatas, masa ga bisa sih“. Dulu sebelum terjun saya pun terpikir seperti itu, dengan modal nol besar ttg budidaya.
      Salam sukses
  6. purwokoon 18 Mar 2009 at 7:57 pm

    salam kenal dr sy ngawi jatim, terima kasih byk ut bpk Amir atas infonya sptr pepaya, sy ada rencana membuka lahan kbn pepaya california walau kecil2an, bila suatu saat sy mengalami kendala ijinkan sy ut meminta saran dr p.Amir, sementara ini sy msh menekuni bid melon sbg petani + penebas.
    sukses selalu buat p. Amir

      Salam kenal kembali pa Purwoko,
      Kita bisa bertukar pengalaman dan saya bisa belajar banyak juga dari pa Purwoko tentang melon, karena saya pun ada rencana ingin membudidayakan buah melon dll. Namun saat ini masih konsentrasi di pepaya karena saya masih merasa belum sepenuhnya menguasai seluk-beluk pepaya mulai dari pembibitan hingga pemasaran.
      Sukses selalu juga untuk pa Purwoko.
  7. Yufieon 22 Mar 2009 at 7:42 am

    Ass pak Amir, salam kenal dari saya, sy pingin berbagai cerita dulu ama pak Amir, kebetulan sy ada tanah di daerah Cikampek (daerah dg kondisi udara panas, apalagi kalau musim kemarau kadang tanahnya retak2) kurang lebih luasnya 1,4 Ha, & sebagian lahan sdh ditanami pohon mangga, krn yg cocok spertinya pohon mangga, walaupun sy pernah mencoba pohon salak biasa & pondoh, tetapi gagal, mgkn krn kondisi tanahnya. Pak Amir, saya sangat tertarik dengan budidaya pepaya california ini, krn mengingat ada sebagian lahan yg msh kosong. apakha dgn kondisi udara & tanah sperti itu, cocok utk ditanami pepaya? Dimana saya bisa mendapatkan bibitnya? Dan bagaimana cara tanam pepaya yang baek? Terima kasih.
    Salam kenal kembali Pa Yufie.

      Maaf telat merespon, ga apa-apa kan.
      Pada dasarnya cocok di daerah bapak di tanam pepaya, namun melihat kondisi tanah di daerah babak, dalam pemeliharaan harus sedikit eksta hati2 mengingat tanaman pepaya harus sering disiran dikala musim kemarau, akar pepaya jangan sampai kekurangan air namun jangan pula terendam/tergenang air. Dimusim kemarau harus tersedia air, bapak harus menyediakan pompa air dan membuat sumur bila jauh dari sungai. Sebenarnya bukan pada musim kemarau saja pepaya harus disiran, bila tanah sudah terlihat kering harus segera disiram.
      Perihal bibit, sebenarnya saya tidak menjual bibit hanya untuk gunakan sendiri namun bila bapak menginginkan bisa saya upayakan.
      Bagaiman tanam pepaya yang baik? kalau bapak sudah terbiasa berkebun, tanam pepaya itu merawatnya tidak sulit.
      Terima kasih.
  8. sofyanon 14 Apr 2009 at 6:09 am

    pak mohon saya minta pengetahuan tentang bertani pepaya saya pemuda pengen jadi petani saja di kampung dan dimana sya bisa mendapatkan bibit pepaya apa saja lah yang cocok di daerah saya Ngawi jawa timur

      Sdr. Sofyan salam kenal,
      Saya berkeyakinan Anda pasti berhasil jadi petani asalkan dijalankan sungguh-sungguh, bahkan jauh berhasil dari pada saya. Karena apa? Pertama Anda masih muda, Kedua wilayah Anda cocok untuk pertanian.
      Anda boleh juga bertani pepaya, atau bertani sesuaikan dengan para petani di sekitar Anda, Anda tidak usah canggung/malu berguru dan bertanya dengan petani di sekitar Anda, Kenapa harus berbudidaya disamakan dengan petani setempat, karena mudah berkomunikasi dengan petani karena dekat, mudah mendapatkan pasar dll.
      Tapi, kalau tertarik dengan budidaya pepaya saya akan coba bantu semampu saya, Anda bisa baca tulisan2 saya tentang pepaya atau bertanya. Perihal bibit sebenarnya buat sendiri pun bisa, tapi kalau masih ragu bisa saya sediakan berbagai macam bibit. Namun saran saya coba budidayakan dulu pepaya Bangkok/Thailand karena pasarnya agak mudah, sampai saat ini pun saya masih kekurangan pasukan untuk pelanggan saya di Jakarta dsk. Kalau berhasil akan saya bantu jadi pemasok saya ke Jakarta atau Bali.
      Salam sukses,
      Amir Hamzah
  9. Edy Marlonon 24 Apr 2009 at 8:23 am

    Bapak Amir yth, salam kenal. Saya seorang karyawan perkebunan di medan sumatera utara dan mempunyai pekarangan rumah yang lumayan luas, saya ingin mencoba bertanam pepaya california karena tidak begitu repot menurut pantauan saya dibanding tanaman cabai merah maupun mentimun, yang ingin saya tanyakan bagaimana cara bercocok tanam pepaya yang benar, karena apabila berhasil saya berkeinginan melanjutkan usaha ini dalam skala luas. Perlu bapak ketahui untuk dimedan pepaya jinggo sekarang kurang diminati karena terlalu besar, sehingga pepaya california bisa punya tempat untuk masyarakat medan. Kalau bisa Juklak dan Juknis di kirim ke email saya pak. Pak bisakah saya memperoleh benih pepaya california F1 dari bapak, karena kalau bibit otomatis ongkos kirim terlalu mahal samapi ke medan, dan kalau bisa pak berapa harga benihnya per butir. Terima kasih. Horas
    Yth. Pak. Edy Marlon

      Kalau bapak sudah terbiasa bercocok tanam, maka untuk membudidayakan pepaya tidak akan mendapatkan kesulitan, apapun jenis pepayanya perlakuan membudidayakannya tetap sama. Untuk juklak dan juknis bisa bapak baca dari tulisan-tulisan yang telah saya muat di sini, sambil saya terus menambah dan memperbaharuinya.
      Perihal bibit pun sebenarnya bisa buat sendiri, namun pada awalnya biasanya para petani mencari/membeli bibit yang baik, selanjutnya membuat sendiri hasil tanamannya yang nantinya khusus untuk dijadikan bibit. Untuk diketahui saya tidak secara khusus menjual bibit, namun bila bapak membutuhkan saya akan upayakan, kami hanya minta biaya tenaga kerja yang membuatnya sebesar Rp 60.000,-/lk 250 butir plus Ongkos kirim lk. Rp 5.000.
  10. zefri fahmion 28 Apr 2009 at 4:59 pm

    salam kenal pak amir.
    saya juga sedang tertarik dengan tananam pepaya, berawal dari bibit pepaya yang diberi teman 2 batang dan sekarang sedang berbuah, namun saya sudah berupaya untuk menanam bijinya kembali namun sampai sekarang belum ada yang berbuah, saya baru tahu cara pembibitan pepaya dari mail bapak ini, namun saya ingin untuk berkunjung kekebun pepaya bapak boleh saya minta alamat nya? trima kasaih oh ya saya dari bukittinggi sumatera barat.

      Salam kenal juga pa Zefri Fahmi,
      Umur pohon pepayanya sudah berapa bulan? sudah keluar bunganya? sabar dan rajin2 di rawat, kalau pohon pepaya sempurna pasti akan berbuah.
      Dengan senang sekali kalau pa Zefri mau berkunjung ke kebun saya ada di Banyuwangi, Jawa Timur, (di seputar Rogojampi, Sempu, Genteng).
  11. aminulatifon 15 May 2009 at 3:45 pm

    Yth. Pak Amir
    di Jakarta/Banyuwangi
    Assalamualaikum ww

    saya tertarik dengan usaha yang telah Bapak lakoni sebelum pensiun sebagai PNS, khususnya kebun Pepaya.
    Pak Amir, saya ingin berkunjung ke kebun Bapak, syukur-syukur saya bisa bertemu langsung dengan Bapak. Kalau boleh tahu, dimana lokasi kebun Bapak?

    Wassalam,
    aminulatif, Palembang

      Walaikumsalam, Yth. Bp. Aminulatif
      Salam kenal, Saya sangat senang bapak berencana berkunjung ke perkebunan saya. Untuyk diketahui perkebunan saya berlokasi di Banyuwangi, Jawa Timur, tersebar dibeberapa desa/kecamatan, seperti Rogojampi, Genteng, Sempu.
      Sedangkan saya sehari-hari berdomisili di Jakarta.
      Saya tunggu kehadirannya.
      Wassalam,
      Amir Hamzah
  12. darmanon 27 May 2009 at 3:16 pm

    Salam kenal pak, saya darman dari riau,
    Rasanya enak lihat website ini rame ilmunya, khusus tentang pepaya.
    Saya sendiri bukan petani, hanya suka tanaman dan invest di tanaman ini juga, kalau dibaca belum ada yang bahas tentang penyakit pepaya.
    Karena dulu saya ada invest dipepaya di daerah bogor dan gagal total karena penyakit, hampir semua tanaman pepaya di satu daerah tersebut rusak semua, sedangkan obatnya sampai sekarang belum benar-benar ada yang pas. nama penyakitnya saya lupa sich?? Mungkin bapak bisa bantu jelaskan penyakit yg perlu diwaspadai untuk tanaman ini, karena untuk skala usaha ini sangat merugikan… Terimakasih Yaaa…..

      Salam kenal kembali pa Darman,
      Memang benar ada kawan saya cukup merugi tanam pepaya karena diserang hama, beliau tanamannya di sekitar daerah Bogor juga sama seperti pa Darman, namun alhamdullilah saya telah berjalan 4th lebih tanam di daerah Banyuwangi dsk. belum terkena hama yang cukup merugikan. Hama-hama atau penyakit yang saya temukan seperti karat daun, daun mengering ini biasanya akibat pergantian musim. Ini saya tanggulangi dengan perawatan yang intensif seperti pada musim kering saya tidak pernah telat selalu disiram. Ada juga hama ulat bumi ini menyebabkan batang busuk karena akar diserang. Ini pun dapat segera ditanggulangi dengan diinsek dengan diatenon.
      Ada yang cukup berbahaya (menurut para petani, karena saya belum pernah diserang) yaitu cacar buah yang katanya namanya penyakit bunupas ini bisa menghancurkan seluruh tanaman, ini sama seperti menyerang tanaman cabe. menurut para petani tidak ada obatnya hanya ditanggulangi dengan dikompres yaitu disiran dengan air biasa saja.
      Terima kasih sarannya, nanti akan saya tulis hama atau penyakit yang biasa menyerang tanaman pepaya, saya belum tulis karena alhamdullilah sampai saat ini belum terserang hama atau penyakit yang cukup berat.
  13. deddion 29 May 2009 at 11:26 am

    ass. bpk Amir hamzah, salam kenal dari saya deddi purwandito dati sumbar, saya sangat tertarik sekali tentang budidaya pepaya california. apakah didaerah saya kabupaten pasaman barat dengan ketinggian tempat lk 200 m dpl. cocok dibudidayakan pepaya california tersebut, saya mohon informasi bibit dan mohon analisa usaha pepaya california ini pak hamzah. sebelumnya saya ucapkan terima kasih alamat email saya dpdhito@yahoo.com.wsl

      Salam kenal kembali pa Deddi Purwandito di Sumbar,
      Untuk ketinggian saya kira cocok untuk ditanami pepaya, namun dari struktur tanah kami belum bisa memastikan apakah cocok. Untuk bibit dan analisa usaha bisa kami bantu. Karena saya selama ini tidak membuat bibit khusus untuk di jual, maka bila ada yang memesan bisa segera saya siapkan.
  14. rinaon 01 Jun 2009 at 5:13 pm

    yth pa amir…
    Pa saya rina mahasiswa yang sedang mengambil penelitian tentang pepaya california…Bapak tau g, pepaya california itu sebenernya dari hasil varietas apa sih? ditunggu sekali jawabannya pa…terimakasih banyak.
    Yth, sdri. Rina,

      Maaf saya khawatir salah menjelaskan, saya sarankan Anda bisa langsung mengunjungi situs PUSAT KAJIAN BUAH-BUAHAN TROPIS, LP2M – IPB, dengan alamat: rusnasbuah.or.id
  15. Toni Jamaluddinon 02 Jun 2009 at 7:41 pm

    Ass. Bapak Amir hamzah, salam kenal dari saya Toni Jamaluddin dari Lhokseumawe, Aceh, saya sangat tertarik sekali tentang budidaya pepaya california. apakah didaerah saya cocok dibudidayakan pepaya california tersebut, saya mohon informasi tentang derajat kemanisan dari pepaya california. Jenis pepaya manakah yang banyak dibutuhkan pasar (california, hawaii, madu, IPB dll). Mohon analisa usaha budidaya pepaya. Pak bisakah saya memperoleh benih pepaya california F1 dari bapak, karena kalau bibit otomatis ongkos kirim terlalu mahal sampai ke Lhokseumawe dan kalau bisa pak berapa harga benihnya per butir. sebelumnya saya ucapkan terima kasih. wsl.

      Wassalamualaikum, Salam kenal pa Toni Jamaluddin.
      Sekarang orang banyak tertarik ingin membudidayakan pepaya California mengingat bentuk yang tidak sebesar pepaya Thailand dan derajat kemanisannya cukup tinggi dibanding pepaya Thailand. Namun untuk menjawab pertanyaan Pa Toni, mana yang banyak dibutuhkan pasar apakah pepaya California, Hawaii, Madu atau IPB. Ini harus dilakukan analisa pasar oleh pa Toni, akan dipasarkan ke mana hasil produksinya, apakah akan di ekspor ke Singapure, Malaysia atau ke daerah Aceh dsk atau Medan. Dari daerah tujuan tersebut jenis pepaya apa yang paling banyak disukai konsumen. Nah… setelah mengetahui jenis yang disukai, maka mulailah membudidayakan jenis yang disukainya. Saya khawatir bila salah memilih jenis pepaya yang akan dibudidayakan. Mengenai analisis usaha pada kesempatan pertama akan saya kirimkan, Adapun benih pepaya bisa kami upayakan membuatkan dari berbagai jenis pepaya.
      Wassalam,
      Amir Hamzah
  16. wahyu purwokoon 20 Jul 2009 at 5:47 pm

    Ass. Wr Wb
    Bpk Amir Yth, saya benar2 sebagai pemula yang baru ingin terjun ke dunia pertanian khususnya untuk jenis buah2an, dan kebetulan saya menjumpai web ini dan saya baca dan tertarik untuk mempelajarinya.
    Mungkin Bpk bisa tolong saya untuk mengirimkan via email tentang analisa usaha pepaya jenis california atau lainnya kepada saya untuk dapat saya pelajari lebih dalam, dan saya akan terus membaca tulisan/ulasan Bapak disini. Kalau boleh tahu alamat Bapak di Jakarta dimana, kebetulan saya berdomisili di Jakarta Timur, mungkin sewaktu2 saya bisa berkunjung ke rumah Bapak bila Bapak berkenan.
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    Wassalam,
    wahyu purwoko

      Salam kenal pa Wahyu Purwoko
      Segera akan saya balas melalui email.
      Wass,
      Amir Hamzah
  17. a rahmanon 25 Jul 2009 at 4:17 pm

    assalam.
    mohon penjelasan untuk jenis2 pepaya yang memiliki nilai jual ekonomis dan bagaimana mendapatkan bibit yang baik
    trims.

      Semua jenis pepaya memiliki nilai jual ekonomis, namun setiap jenis pepaya memiliki segmen pasarnya masing2. Bibit atau benih sebenarnya sangat mudah untuk membuat sendiri, juga banyak yang telah siap dipasaran, harganya pun relatif murah.
      Wassalam,
      AMIR HAMZAH
  18. winata wijotoon 26 Jul 2009 at 12:35 am

    pak Amir Hamzah yth. salam kenal, saya tertarik dgn usaha pepaya ini dan ingin sekali mempelajari, untuk daerah yg dekat laut /bakau apakah cocok untuk kebun pepaya california, bolehkah email saya tentang analisa usaha ini lebih detail dan dimana saya bisa dapat bibitnya. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
    salam sejahtera
    winata wijoto

      Salam kenal kembali pa Winata Wijoto.
      Untuk ketinggian tanah cukup memenuhi syarat namun karena dekat pinggir laut, mungkin di seputaran bakau perlu diketahui unsur tanahnya seperti PH apakah memenuhi persyaratan. Bibit atau benih mudah didapat sebenarnya bapak pun bisa membuatnya seperti petunjuk pembuatan bibit yang saya tulis pada blog ini, atau bila pa Winata W. membutuhkan yang telah siap, saya dapat mengupayakannya.
      Salam,
      Amir Hamzah
  19. Kiatma Dwi SEon 31 Jul 2009 at 9:51 pm

    Yth. Bapak Amir Hamzah

    Salam kenal Pak dari Saya Kiatma Dwi SE.
    Saya Mohon uluran tangan dari Bapak untuk membantu kami dari daerah riau agar dapat memperoleh bibit pepaya hawai dan california walaupun dalam bentuk bijian untuk disemai. Karena didaerah saya sangat langka saat ini untuk memperoleh bibit tersebut.
    Tanpa mengurangi rasa hormat saya, mengenai financiil penyediaan bibit tersebut agar dapat Bapak konfirmasikan ke email saya wiek_lovely@yahoo.co.id.
    Atas bantuan dari Bapak sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.
    Hormat saya.
    Kiatma Dwi SE

      Salam kenal, Pa Kiatma Dwi, SE
      Segera akan kami akan jawab melalui email saudara.
      Hormat kami,
      Amir Hamzah
  20. hartoon 01 Aug 2009 at 9:29 pm

    pak saya mau tanya tempat membeli bibit/biji pepaya bangkok yang unggulan dimana……?
    merknya apa….?
    bagaimana proses penanaman biji dan pemindahan biji ke sawah….?

      Yth, Pa Harto, salam kenal,
      Untuk mendapatkan bibit dan benih bisa dicari di toko-toko tanam-tanaman biasanya menjual benih. Namun bila pa Harto menginginkan kami pun bisa menyediakan, akan tetapi harus pesan sebelumnya karena kami tidak khusus membuat benih untuk dijual.
      Umumnya benih ditanam di dalam polibag, setelah berusia 1-2 bulan baru dipindahkan ke kebun dan ini dilakukan dengan hati-hati jangan sampai akarnya rusak ini akan mengakibatkan pohon akan mati.
  21. Budi Ariyantoon 31 Aug 2009 at 12:34 pm

    Kepada Yth,
    Bapak Amir
    Assalamu’alaikum pak, saya sangat tertarik untuk mendapatkan benih pepaya california dan hawai kira-kira kalo dari pepaya yang dijual pedangang atau supermaket masih memungkinkan tidak untuk di buat bibit kalaupun bisa bagaimana kualitas bibitnya …trims

      Walaikum salam, pa Budi Ariyanto.
      Biji dari buah pepaya yang dibeli di supermarket untuk dijadikan benih masih memungkinkan, namun untuk mendapatkan buah yang baik kemungkinannya sangat-sangat kecil sekali, karena buah pepaya tersebut dipetik umumnya belum masak betul, bahkan ada yang dipaksa masak dengan menggunakan obat2an sehingga ini berpengaruh terhadap bijinya yang belum siap untuk dijadikan benih.

      Ya…. kalau mencoba untuk dipekarangan rumah boleh lah…. Tapi untuk skala besar/perkebunan tidak saya sarankan.

  22. m.edo bayumarendraon 15 Sep 2009 at 2:38 pm

    salam pak,
    nama saya edo bayu, saya bekerja di Astra dealer motor,.. saya tertarik dengan buah pepaya,.. saya mau tanya tentang cara bertanam buah pepaya dan cara mendapatkan bibitnya yg bagus,.. trus kalau kita tanam pepaya dng biji yg ada di pasar atau supermaket itu bagus tidak,.. lalu pak,.. berapa luas tanah yg harus di pakai untk menanam pepaya karena saya ada tanah 1 hektar, dan kondisi tanahnya rawa tinggi dan di pinggir sungai,… itu saja pertanyaan dari saya,. atas jawabannya nanti saya ucapkan terima kasih.

      Salam juga sdr. edo bayu.
      Saya tidak merekomendasikan membuat benih dari buah pepaya yang Anda beli dari supermarket atau pasar. Umumnya pepaya yang ada di pasar atau supermarket tidak masak di pohon atau tingkat kematangannya belum sumpurna dan belum tentu dari pohon yang baik, sehingga bila dipaksakan untuk dibuat benih biasanya hasilnya kurang baik. Biasanya benih dibuat dari pohon yang benar2 di tanam khusus untuk dijadikan benih, pohonnya tumbuh sempurna, tidak pernah terkena penyakit dll.
      Mengenai persyaratan lahan yang baik bisa dibaca dari tulisan2 saya di blog ini. Untuk 1 ha lahan bisa di tanam sekitar 1.300 pohon sampai 2.000 pohon tergantung jenis pepayanya. Untuk jenis bangkok antar tanaman berjarak 2,5m – 3m sedangkan california bisa anda tanam dengan jarak 2m.
  23. budimanon 21 Sep 2009 at 8:16 am

    Dear pak amir,
    Saya ada tanah 2 Ha di Sekitar medan, saya ingin mencoba bercocok tanam pepaya, tlg kirimkan analisa usaha ke email saya.
    Terimakasih pak

  24. Iwanon 26 Sep 2009 at 10:40 pm

    Salam kenal pak Amir,
    Saya juga berminat buat budidaya pepaya di daerah saya di pulau Bangka. Minta kiriman email-nya pak, tentang analisa biaya dan penyedia bibit pepaya. Ditunggu ya pak, trims..

  25. Adamon 01 Oct 2009 at 10:19 am

    Salam kenal pak Amir, saya adam di lampung tengah. saya ingin membudidayakan pepaya hawaii atau california, dimanakah saya bisa mendapatkan kedua bibit tersebut dan bagaimana teknik budidayanya? jika berkenan mohon jawaban di kirim kealamat qccmd@ggpc.co.id. terima kasih atas perhatianya.
    Salam kenal kembali pa Adam

      Mengenai bibit Hawaii dan California bisa saya buatkan, namun harus menunggu beberapa minggu karena tidak memiliki persediaan yang banyak mengingat saya tidak khusus membuat benih untuk di jual belikan. Perihal teknik membudidayakan tidak terlalu sulit Anda bisa baca tulisan2 saya atau membeli buku2 ttg budidaya di toko2 buku.
  26. dwi wahyu ningsihon 02 Oct 2009 at 10:36 am

    dear, Pak Amir hamzah
    pak yang saya ingin yanyakan dapatkah budidaya tanaman pepaya di lakukan dengan cara perbanyakan secara vegetatif (stek) atau lainnya.Tlg kirimkan jawabanya, saya di tunggu ke email saya. Terima kasih.

  27. enderamurtion 09 Oct 2009 at 7:30 pm

    pak bagaimana cara merawat pepaya dari mulai nanam sampai dengan berbuah, seperti membuat lubang, habis itu lubangnya diapakan setiap diberi pupuk?

      Cara perawatan pohon pepaya. Yang utama adalah harus rajin disiram jangan sampai kekurangan air, setiap bulan diberikan pupuk NPK dan pupuk kandang secukupnya, paling tidak 3 bulan sekali, dan jangan lupa perhatikan apakah terserang hama, bila terserang segera diberantas. Untuk jelasnya bisa dibaca2 tulisan di blog ini yang hampir seluruhnya berkaitan dengan budidaya pepaya, saya sudah tulis mulai dari cara pembuatan benih pepaya yang baik sampai penanaman pepaya dan perawatannya.
  28. Tonny SPon 27 Oct 2009 at 12:34 pm

    Pak Amir Hamzah..
    Saya juga mau belajar budidaya pepaya california, mohon agar sudi mengirimkan analisa usaha/biaya dari budidaya yang Bapak punya lewat email. Untuk bahan referensi saya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    Salam
    Tonny Sp

  29. mochamad ayubion 08 Nov 2009 at 7:15 pm

    Pak Amir Hamzah..
    Saya juga mau belajar budidaya pepaya california, mohon agar sudi mengirimkan analisa usaha/biaya dari budidaya yang Bapak punya lewat email. Untuk bahan referensi saya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    Salam

  30. irwanon 20 Nov 2009 at 9:20 pm

    pak amir mau tanya perbedaan pepaya california dengan pepaya bangkok sy punya lahan 1000 meter daerah ciawi bogor apakah cocok utk tanaman pepaya california kalau bisa sy mnt analisi budidaya pepaya california.

      Besar dan bentuk yang membedakan antara pepaya bangkok dan pepaya california, pepaya bangkok umumnya lebih besar, segi rasa/kemanisannya sulit membedakannya. Juga dalam penanamannya, umumnya pepaya bangkok ditanam dengan jarak antara pohon yakni berkisar 3m x 3m sedangkan pepaya california biasanya ditanam dengan jarak antar pohon yakni berkisar 2m x 2m. Maka pa Irwan bisa hitung berapa banyak pepaya bisa ditanam untuk tanah seluas 1.000m2 untuk Pepaya Bangkok dan Pepaya California. Serta pangsa pasar pepaya bangkok lebih banyak kita temukan di pasar tradisional dan pasar modern, sedangkan pepaya california sulit ditemukan di pasar tradisional dan banyak kita jumpai di pasar-pasar modern/swalayan.
      Usaha pepaya umumnya setelah akhir panen I (1 tahun) modal sudah kembali dari hasil panen I dan tahun berikutnya (tahun II, III dan IV) biasanya hanya dibutuhkan biaya perawatan spt pupuk dll. Lengkapnya kami sedang susun, karena setiap daerah mempunyai karakteristik atau kebiasaan yang berbeda.
  31. Ade Ridwanon 23 Nov 2009 at 10:04 pm

    Pak, saya tertarik tolong informasi lebih lanjut. Saya tertrik untuk memulai usaha pemanfaatan getah pepaya ini. Balasan Email bapak sangat saya harapkan. Terutama pada aspek persiapan, modal awal, tahap penyadapan hingga proses kimianya hingga menjadi serbuk papain yang bernilai ekonomi tinggi. Kemudian alat-alat apa saja yang harus dipersiapkan.

  32. wan aguson 02 Dec 2009 at 12:38 pm

    pak sy sangat tertarik dengan usaha budidaya pepaya.. bahkan saya dah cari banyak info ttg pepaya, baru mendapatkan blog bapak.
    ada beberapa yang saya tanyakan
    1. syarat hidup pohon pepaya bagaimana?
    2. saran apa yang terbaik untuk menanam pepaya sbg pemula? maksudnya jenis pepaya apa?
    3. bisa ga dibantu buatkan analisa usaha bisnis pepaya?
    4. bagaimana pemasaranya sekarang kl saya mulai dari usaha pepaya bangkok?apa mmg anda bersedia membantu untuk memasarkan?
    mohon jwbnya bisa dikirim ke email saya wans77@yahoo.co.id
    terima kasih pak…

  33. Helenon 27 Dec 2009 at 1:51 pm

    siang pak.
    pak, ada alamat yang bisa dihubungi?
    atau alamat email nya bapak.
    karena bapak saya (petani) juga menanam pepaya california dan beliau ingin tau lebih banyak lagi ilmu dari bapak.
    trima kasih sebelumnya pak.

  34. nurkholison 04 Feb 2010 at 2:43 pm

    Pak amir, saya punya lahan 2 ha… saya berminat bertanam pepaya california, bisa gak pak klo saya pesan bibitnya sekalian buku pedomannya…
    Musin penghujan diLampung biasanya Oktober/Nopember, kapan harus tanam?

      Untuk benih bisa saya buatkan, sedangkan pedoman bisa baca2 artikel saya di blog ini sambil menunggu saya berencana menerbitkan buku tentang budidaya pepaya.

  35. novalon 22 Feb 2010 at 2:31 pm

    yth, pak amir hamzah
    pak mohon saran, apakah daerah sentul bogor, cocok utk nanam pepaya bangkok, karena sy punya tanah 500 m. sekalian minta no tlp/hp bpk.

      Dilihat secara umum (khususnya ketinggian lahan) daerah sentul sangat cocok untuk tanam pepaya.

  36. yunyun sitsaon 23 Feb 2010 at 12:55 pm

    saya mau menanam pohon pepaya didepan rumah untuk mengenal lebih dekat karakter pohon dan buah pepaya, pohon ini berasal dari transgenik pepaya lokal dengan jenis genetik lain, kemudian bila pada turunannya pada biji yang ada apakaah bisa melakukan pengipukan atau sifat asli dari gen kawinan akan terpisah atau menjadi alibium yang memiliki sifat yang memiliki karakter yang ada, ini memerlukan perhatian saya untuk kemudian tdk tergantung ke benih lanjutan dalam budidaya masal cukup dengan pemuliaan benih sendiri.

  37. robbyon 20 Apr 2010 at 2:14 pm

    pak Amir Hamzah saya kepingin mengetahui lebih banyak Tentang analisis usaha budidaya pepaya california/hawaii Ini. saya domisili di Jember Minta tolong dijelaskan Terima Kasih sebelumnya….. Sukses Selalu Untuk Bapak.

      Jember adalah salah satu produsen besar perpaya bangkok, banyak hasil dari Jember yang masuk ke Jakarta. Analisis usaha untuk jenis California/Hawaii tidak jauh beda dengan Bangkok. California umumnya lebih cepat panen dibanding dengan Bangkok, 7-8 bulan sudah bisa mulai panen sedangkan Bangkok umumnya 9-10 bulan baru mulai panen. Untuk perawatan tidak jauh beda dengan Bangkok. Untuk jarak tanam California lebih rapat, jarak antara pohon umumnya 2m x 2m sedangkan bangkok 2,5m x 3m atau 3m x 3m. Sehingga setiap Ha jenis pepaya California bisa ditanam belih banyak dibandingkan pepaya jenis Bangkok.
  38. sutrisno, spon 23 Apr 2010 at 7:57 pm

    ketemu lagi dgn saya pak amir. alhamdulillah, setelah melalui proses yang agak panjang sekarang kami sudah membentuk kelompok tani yang rencananya akan membudidayakan pepaya callifornia. minta tolong kepada pak amir untuk menyiapkan bibit kira-kira 15 pack. dan gimana cara pembayaranya? kalau bapak berkenan hubungi saya di 08122770xxx. terima kasih

      Segera akan saya hubungi via email dan HP bapak
  39. wahyudion 28 Apr 2010 at 8:08 pm

    dear all

    Adakah yang mau invest di kaltim? soalnya biaya sewa tnah ssangat muah dan sy kira cocok untuk pepaya..

  40. Okion 22 May 2010 at 7:42 pm

    Salam kenal pak amir. sy saat ini tanam pepaya thailand daging merah 30rb btg (20ha) dilampung barat. dptkah hasil panen sy nanti ditampung (dibeli) oleh bapak? umur saat ini 1bulan (baru pindah tanam). mohon dibalas ke email saya. trmksh.

      Salam kenal kembali,
      Segera saya balas via email bapak.
  41. edi suhendraon 26 Aug 2010 at 10:46 am

    pak amir yth! saya edi, saat ini sy menanam pepaya 200 btg, ternyata separuhnya jantan, apa ada solusi utk merobah jd betina, tlg dibalas ke email saya, trmksh

      Termasuk langka juga bisa separuhnya jantan, pepaya jenis apa yang Anda tanam, tidak bisa dirubah dari jantan ke betina, Justru pohon betina harus dicabut/tidak di besarkan karena bentuk buahnya bulat.
  42. Zulharison 28 Aug 2010 at 8:17 am

    Yth. Pak Amir Hamzah. Saya Haris sedang menanam pepaya bangkok 180 btng di lahan 21×32, saat ini umur pepaya saya 3.5bln: untuk pertumbuhan dari awal pembibitan sampai umur 3 bln cukup bagus, sekarang kondisinya daun dan bunganya banyak menguning dan gugur dan di bagian bawah batang seperti membusuk. Saya mohon bantuan pak amir bagai mana penangnananya agar sehat kembali..
    Terimakasih banyak pak amir.

  43. adityaon 11 Sep 2010 at 11:35 am

    yth pak amir hamzah, saya adit, domisili tangerang, saat ini saya tertarik utk mencoba budi daya tanaman pepaya. saya ingin tau lebih banyak tentang analisis usaha budi daya pepaya yg telah bapak lakukan selama ini sebagai referensi saya. atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  44. Fahrion 11 Oct 2010 at 2:45 pm

    Salam sukses..
    Pak bagaimana kiat-kiat memasarkan pepaya ke gerai-gerai atau ke supermarket terdekat

      Tidak ada kiat khusus. datang dan tawari, yang utama tentunya kualitas.
  45. taufikon 20 Oct 2010 at 1:51 pm

    pak saya mau tanya. perlakuan apa saja yang dilakukan terhadap benih pepaya agar perkecambahannya seragam. terima kasih..

      Tidak ada perlakuan khusus, bila medianya baik dipastikan lk. 1 minggu semua benih akan menjadi kecambah.
  46. Amir Son 26 Oct 2010 at 4:49 pm

    Nama sama tapi beda nasib….ya pak….pak mau nanya kalo ditanam didaerah yang notabenya tanahnya tanah sirtu bisa nggak ??? terus daerah surabaya dan sekitarnya yang jual bibit pepaya hawaii dan california ada nggak ya Pak???kalo ada tolong infonya pak.
    atas informasinya terima kasih.

      Buatlah lubang yang besar, agar akar mudah menjalar. Di Surabaya persisnya saya tidak mengetahui ada-tidaknya yang menjual benih.
  47. rusdiyantoon 17 Nov 2010 at 5:27 pm

    Yth. Bapak Amir Hamzah

    Salam kenal Pak dari Saya rusdiyanto
    Saya Mohon uluran tangan dari Bapak untuk membantu kami dari daerah kabupaten Penajam Paser Utara agar dapat memperoleh bibit pepaya california walaupun dalam bentuk bijian untuk disemai. Karena didaerah saya sangat langka saat ini untuk memperoleh bibit tersebut.
    Tanpa mengurangi rasa hormat saya, mengenai financiil penyediaan bibit tersebut agar dapat Bapak konfirmasikan ke email saya deltabua@yahoo.com
    Atas bantuan dari Bapak sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.
    Hormat saya.
    rusdiyanto

      Salam kenal kembali pa Rusdiyanto, Secepatnya saya email
  48. rhioon 09 Dec 2010 at 11:37 pm

    pak boleh saya mita aanalisa peluang serta pemasaran pepaya

      Silahkan baca wawancara saya dengan tabloid KONTAN No. 10-XV Edisi 29 Nop – 5 Des 2010 halaman 18 kolom USAHA disana ada analisa peluang dan pemasaran pepaya.
  49. yunitaon 24 Dec 2010 at 6:08 pm

    as. pak, dimana tempat jualan kripik pepaya dibandar lampung?

      Maaf saya tidak ada info untuk kripik pepaya di B. Lampung.
  50. Andryon 02 Jan 2011 at 7:17 am

    Assalamu’alaikum,
    Beberapa waktu yang lalu saya telah membeli benih pepaya California dari Bapak Amir Hamzah.Sekarang ini lagi dalam proses penyemaian benih.Jika berkenan,mohon infonya bagaimana cara membedakan pohon pepaya betina,jantan,dan sempurna sejak dini.Saya sudah membaca artikel yang ada di blog ini,tetapi saya belum mendapatkan info yang mendetail tentang hal tersebut (atau mungkin saya yang kurang teliti :D).
    Terima kasih.
    Wassalam.

      Baru terlihat setelah usia lk 3-4 bulan tanam atau setelah berbunga. Dari bunga itu kita dapat melihat bahwa pohon tersebut adalah betina, jantan atau sempurna. Jadi kita tidak dapat mengetahui dari biji atau kecambahnya bahwa nanti akan menjadi pohon betina atau jantan atau sempurna.
  51. prana rohmanon 22 Jan 2011 at 9:51 am

    assalamualaikum

    salam kenal dari saya prana (jember)
    sya berminat untuk berkebun pepaya….
    sy sbgai pemula di bidang usaha ini….
    sy sblmnya jga bnyak denger ttg prospek usaha ini….
    tpi sya blum mngetahui rincian biaya yg pas untuk memulai usaha ini…
    untuk luas 1 ha mmbutuhkn biaya berapa…
    untuk masa tanamnya mmbutuhkan wktu brapa bulan hingga panen??(thailand & california/hawai)…….
    dn potensi hasil pnen untuk 1 ha itu brapa??(thailand dn california/hawai)
    klo harga untuk pepaya thailand dg california atau hawai lbih bgus mna??
    mohon bantuanya,trimakasih….

  52. nila permata sarion 01 Feb 2011 at 11:14 am

    pak… saya sangat tertarik dgn pepaya ini…. sepertinya di daerah saya cocok neh…. dan kebetulan saya ge pusing nyariin usaha yg bagus buat ortu saya…
    pak… bisa g’ bapak membantu saya yg dari 0 (awam) masalah ini lewat e_mail…. tolong kirimkan informasi tw langkah2 yg harus saya lakukan ke email
    makasih….

      Terima kasih, bu Nila. Saya akan bantu semampu saya agar ibu bisa berhasil membudidayakan pepaya. Silahkan dibaca tulisan saya di blog ini yg terkait budidaya pepaya. Bila kurang jelas silahkan tinggalkan pesan di email amir@agroprima.com atau HP saya 08128558258
  53. hadion 11 Feb 2011 at 2:22 pm

    jarak tanam yg idial utk pepaya california berapa pak ?
    utk mendapatkan bibitnya utk daerah sekitar solo dmn pak ?
    hadi tawangsari ,sukoharjo,solo

      Jarak antar pohon lk 2 meter.
      Di Solo saya tidak ada perwakilan penjualan benih. Bila butuh silahkan hub/tinggalkan pesan SMS di no. 08128 558 258
  54. hadion 11 Feb 2011 at 2:25 pm

    bgmn mendapatkan bibit pepaya california ?

      Pa Hadi,
      Silahkan hub/tinggalkan pesan di 08128 558 258
  55. Redyon 13 Feb 2011 at 11:03 am

    Selamat pagi Pak Amir,

    Salam kenal pak, saya Redy, domisili di Batam, Kepri sangat berminat sekali untuk budidaya tanaman pepaya, saya punya lahan sekitar 3 Ha.

    Boleh minta bantuannya pak untuk :
    1. Jenis pepaya apa yang cocok di Pulau Batam?
    2. Analisa biayanya sampai panen perdana?

    Demikian pak Amir, atas bantuannya saya haturkan terima kasih

  56. mufidon 19 Feb 2011 at 8:10 pm

    assalamualaikum.
    salam kenal pak, saya di madiun. saya saat ini kebetulan memegang kepengurusan disebuah koperasi. Koperasi saya ini berencana mengembangkan usaha di bidang angribisnis dengan bermitra/memanfaatkan lahan kosong milik anggota (dengan lokasi tersebar), setelah menimbang-nimbang, budidaya pepaya klihatannya cukup prospektif. Pertanyaan saya:
    1. Dalam seleksi lahan milik anggota ini, kriteria lahan yang baik yang bagaimana?, minimal yg mempunyai luasan berapa (yg memberi keuntungan ideal)?.
    2. Jika ini benar2 teralisasi, bersediakah bapak membantu pemasaran, jika pemasaran lokal madiun mengalami hambatan?
    3. Jika bermitra dengan bapak, kriteria apa saja yg harus dipenuhi?
    Demikian terima ksih atas tanggapan bapak.
    Wassalamualaikum wr.wb

      Salam kenal pa Mufid,
      1. Untuk lahan yg baik bisa dibaca artikel di blog saya. Yang ideal seorang petani tidak lebih menangani sekitar 400 pohon pepaya.
      2. Akan saya upayakan membantu pemasarannya.
      3. tidak ada kriteria khusus, yg utama bisa memproduksi jumlah dan kualitas sesuai permintaan pasar.
  57. teno haika, SEon 27 Feb 2011 at 5:02 pm

    assalamualaikum,
    salam kenal pak, saya di kab. OKI SUMSEL, saya kebetulan menanam pepaya california, saat ini saya sudah menanam sekitar 1000 batang diatas lahan 1 ha, karena proses penanaman bertahap separoh dari pohon pepaya saya sudah bisa di panen. namun saat ini saya kebingungan oleh pohon pepaya, saya secara bertahap ada yang layu dan mati. kebetulan senang sekali bergabung pada blog ini, pada kesempatan ini saya mohon petunjuk dan bimbingan bapak dalam perawatan pepaya california ini. trims sebelumnya kami ucapkan. wassalam.
    teno haika, SE

      Terima kasih pa Teno Haika, SE,
      Mari kita sama2 belajar, bertukar pengalaman, saya dapatkan pengetahuan ttg pepaya dari lapangan langsung dan bertukar pengalaman sesama petani pepaya. Oleh karena itu mungkin ada yang baik dan patut saya aplikasikan dari pengalaman pa Teno mari kita saling berbagi.
      Wassalam,
  58. AKHMAD NAILUL ADIBon 04 Mar 2011 at 6:24 pm

    salam sukses dr saya pa…
    pak saya mau beli bibit pepaya bangkok sama california. cara pembayaranya bagaimana pak.? trus perbungkusnya berapa.? Mohon informasinya. trmksih

      Salam kenal pa Akhmad Nailu Adib
      Saat ini saya sedia benih (biji) bukan bibit pepaya, saya bisa buatkan benih pepaya kangkok, pepaya california, pepaya hawaii, pepaya orange lady, pepaya red lady. Benih saya kemas per sashet isi lk. 250 biji. biaya pembuatan Rp 60.000,- per sashet belum termasuk ongkos kirim ketempat bapak.
  59. Nur Rachmanon 08 Mar 2011 at 8:33 am

    Assalamualaikum,..
    Saya dari kebumen, tempo hari udah ambil benih orange lady 10 sashet dari bapak, dan alhmdlh sekarang sudah tumbuh bagus hampir 100% tumbuh pak, sekarang sudah berbuah umurnya sekitar 5 bln dari usia tanam,terima kasih pak amir, semoga kita semua tambah sukses, namun skg buahnya ada yg kena hama buanhya ada titik hitam lama-lama lubang dan buah menguning padahal masih muda, tolong obat apa u/ mengatasinya pak soalnya sekarang lagi berbuah lebat,
    trims.

      Walailukmsalam,
      Itu kemungkinan karena curah hujan yg tinggi sehingga terkena antraknose. Semprot ritun dengan insektisida seminggu sekali.
  60. KSU.Mitra Sejahteraon 17 Mar 2011 at 9:16 pm

    Assalamualaikum Pak Amir….
    kami dapat input katanya untuk menjaga agar pepaya California tahan gesekan dan pembusukan, maka sebaiknya di semprot pakai lilin cair atau di wraping pakai plastik transparan, apakah ini tidak terlalu mahal pak?, sesuaikah dengan penghasilannya…? atau apakah pak Amir punya cara yang lebih simple dan irit, maklum… kami hanya Koprasi.
    Trimakasih kami tunggu jawabannya pak..

      Betul, untuk menjaga kualitas bila perlu hal tsb. diatas dilakukan, namun perlu pula diperhatikan dengan melakukan itu sudah pasti akan menambah biaya, bila masih masuk dalam kalkulasi silahkan di lakukan.

    Wassalam

    KSU Mitra Sejahtera

  61. KSU Mitra Sejahteraon 20 Mar 2011 at 8:40 pm

    Assalamualaikum wr wb…
    Trimakasih atas jwbannya pak Amir, oia pak ramai orang bicara katanya hrg pepaya Hawai itu lebih tinggi di banding dengan pepaya California, kalau boleh tahu berapa ya harga pepaya Hawai per kg nya pak..? apa bapak jual bibit atau benihnya? brp hrgnya? dan bagaimana cara kami memesannya?
    Salam sukses
    KSU “Mitra Sejahtera” Subang.

      Harga pepaya hawaii di tingkat konsumen memang lebih tinggi dibanting dengan jenis yang lain spt california, redledy, apalagi bangkot/thailand. Untuk benihnya bisa saya siapkan, silahkan tinggalkan pesan di HP 08128558258.
  62. ifanon 21 Mar 2011 at 10:44 pm

    Ass. Mohon bantuan bapak agar berkenan mengirimkan analisa lengkap tentang usaha budidaya pepaya california dari awal mulai penanaman hingga proses pemasaran, market2 mana yg bs dimasuki dan bagaimana memasarkannya melalui email saya ya pak. Terima kasih. Catt. Saya di bandung pak, namun ingin memulai bisnis tsb d subang jawa barat. Terima kasih banyak pak.

  63. Iwan Son 23 Mar 2011 at 4:53 pm

    Yth. Bapak Amir Hamzah
    Salam kenal Pak dari Saya Iwan S
    Saya Mohon uluran tangan dari Bapak untuk membantu kami dari daerah kabupaten lampung selatan agar dapat memperoleh bibit pepaya california atau hawai dalam bentuk bijian untuk disemai. Karena didaerah saya saat ini belum ada yang membudidayakan pepaya tersebut.
    Tanpa mengurangi rasa hormat saya, mengenai analisa budidaya dan produk yang berkualitas pepaya tersebut agar dapat Bapak konfirmasikan ke email saya
    Atas bantuan dari Bapak sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.
    Hormat saya.
    Iwan S

  64. Iwan Son 24 Mar 2011 at 7:46 am

    Yth. Bapak Amir Hamzah

    Saya Mohon bantuan dari Bapak untuk membantu kami dari daerah kabupaten lampung selatan agar dapat memperoleh bibit pepaya california atau hawaii dalam bentuk bijian untuk disemai.
    Tanpa mengurangi rasa hormat saya, mohon penjelasan kualitas pepaya yang bagus dan memenuhi persyaratan pasar, saya mohon agar dapat Bapak konfirmasikan ke email saya iwansuparyono@yahoo.com
    Atas bantuan dari Bapak sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.
    Hormat saya.
    Iwan S

  65. pak darwison 26 Mar 2011 at 2:10 pm

    ass,pak
    saya mau menanam pepaya thailand, tetapi sya belum memiliki bibitnya, dimana saya bisa mendapatkan bibit tersebut pak?
    terimakasih

      Pa Darwis, silahkan tinggalkan pesan SMS di 08128 558 258
  66. pak darwison 26 Mar 2011 at 2:18 pm

    dimana saya bisa meng-order bibit pepaya thailand,?
    saya ingin memesannya,
    saya tinggal di riau

      Silahkan tinggalkan pesan SMS di 08128 558 258, terima kasih
  67. Dewa Putu Agung Prebawaon 28 Mar 2011 at 4:22 pm

    dear pak amir
    saya ingin menanyakan, varietas pepaya apa saja yang bagus untuk di budidayakan secara ekonomi. karena saya cukup tertarik dengan budi daya pepaya ini.. apakah pohon pepaya bisa di tanam dekat dengan pohon durian pak.. karena saya sudah menanam pohon durian di lahan saya.. lokasi saya di bali pak, tepatnya di daerah tabanan.. kalau bisa minta tolong di email tentang varietas pepaya, cara memperoleh bibit serta perawatannya..
    terimakasih pak amir

      Pa Agung, Pepaya bisa ditumpangsari dengan durian sepanjang pohon pepaya masih bisa terkena sinar matahari langsung. Varietas pepaya yang bisa saya sediakan adalah pepaya california, pepaya bangkok/thailand, pepaya hawaii, pepaya redlady dan pepaya orangelady. Bila berminat silahkan SMS saya 08128 558 258. Terima kasih.
  68. cok wisnuon 30 Mar 2011 at 12:23 pm

    Yth. Pak Amir, salam sukses pak…. saya cok wisnu dr karangasem bali, berminat budidaya pepaya hawaii dan california. yang ingin saya tanyakan:
    1. bgm membedakan bunga jantan dan bunga betina pepaya california?
    2. mengenai pemasaran pepaya california di bali, dimana kami bisa kontak?
    3. bisakah kami di info berapa harga jual per kilogram pepaya california dan hawai di bali ataupun bila dijual ke pak amir?
    4. bgm perlakuan yang benar tehadap biji pepaya untuk benih?
    5. dimana kami bisa mendapatkan bibit F1 pepaya california dan hawai di bali?
    atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih dan tolong dibalas secepatnya…….

      1. Bunga betina akan menjadi buah yg bentuknya bulat sedangkan jantan umumnya tidak akan menjadi buah, yg biasa orang dibuat untuk sayuran/tumis.
      2. Pemasaran cukup bagus mengingat ukurannya yang sedang.
      3. Harga saya tidak bisa tetapkan karena berbagai faktor spt kualitas, kuantitas, dan lokasi.
      4. Biji simpan di suhu ruangan agar bisa betahan 5-6 bulan
      5. Untuk mendapatkan benih langsung bisa saya siapkan dari Jakarta.
  69. wawanon 31 Mar 2011 at 8:08 pm

    Yth Pak Amir,
    Saya ingin menanyakan bgmn menanam pepaya california tsb di lahan belas persawahan? Kebetulan jg disekeliling lahan tsb nantinya adalah sawah. Apakah memungkinkan Pak?
    Terima kasih
    wawan

      Salam pa Wawan. Saya tidak menganjurkan tanam pepaya californa di bekas sawah. Saya khawatir akar akan tergenang air yang mengakibatkan kematian
  70. tamion 01 Apr 2011 at 7:23 pm

    bisa minta analisis usaha tentang pepeya hawai,,

  71. viester dolleson 08 Apr 2011 at 9:18 pm

    Selamat malam
    Yth Bapak Amir, saya viester dari bogor. saya sangat apreciate dengan usaha yg anda jalankan. saat in saya juga menanam pepaya Calina (Pepaya IPB 9). sudah lebih dari 10 bulan saya menanam pepaya tersebut. tapi sampai saat ini masih belum dapat dipanen. karena hanya sekitar 20% berbuah. dan sisanya kerdil. yang saya ingin tanyakan apa saja yang dapat menyebabkan hal tersebut. dan kira-kira langkah apa yang tepat untuk kondisi tersebut. oh ya bila tidak keberatan. boleh saya menghubungi Anda? saya ingin menanyakan beberapa hal mengenai bisnis pepaya.
    Terima kasih

      Pa, viester dolles,
      Maaf, Saya tidak bisa mereka-reka penyebabnya, kalau boleh tau berapa banyak pohon pepaya di tanam dan tepatnya di daerah mana kebun bpk, mungkin dekat dengan staf ahli saya yang berdimisili di Bogor agar bisa mengunjunginya.
      terima kasih.
  72. kadek sulitraon 14 Apr 2011 at 10:14 am

    Dear Pak Amir
    Saya petani pepaya yang telah memili pohon pepaya seratusan pohon dan sedang berbuah. Mohon sudikiranya bapak memberikan alamat lengkap pengusaha atau pembudidaya pepaya di daerah saya yaitu di Bali. saya akan melakuakan studi banding. terimakasih

      Bila tidak keberatan saya mohon diberikan no HP pa Kadek, nanti akan saya sampaikan nomor bapak kepada yang bersangkutan yang membudidayakan di seputar Bali. Terima kasih
  73. puguh lukitoon 22 Apr 2011 at 11:53 am

    salam kenal pak amir hamzah, saya puguh pak di bali, saya tertarik dengan budidaya pepaya california yang bapak jelaskan di blog bapak. untuk benih siap tanam bisa sy dapat dimana pak…? terima kasih.

      Salam kenal kembali pa puguh, Saya bisa siapkan benih pepaya yg bapak butuhkan, silahkan tinggalkan pesan SMS di 0812 8558 258
  74. M. ZAINUDIN ASRORIon 22 Apr 2011 at 9:28 pm

    Yang Terhormat Bpk. Amir..
    saya berminat dan sangat tertarik untuk berbusi daya Pepaya…sekarang ini saya sudah mulai bertanam pepaya hawai…(pertanyaanya)
    1. saya mohon Ilmu dan Bimbingan Bapak, tentang bagaimana bertanam pepaya hawaii yang baik ?
    2. apabila berhasil… dimanakah pasar untuk penjualan pepaya hawai..?
    terima kasih..mohon bimbingan ilmunya…….

      Salam kenal pa Zainudin A,
      1. Mari kita sama2 belajar dan bertukar pengalaman pa zainudin, karena saya bukan ahli, saya pun masih terus belajar.
      2. Kebun pa zainudin di daerah mana?
  75. juprion 23 Apr 2011 at 8:09 pm

    salam kenal,
    Saya dari Palembang.
    saya salah satu penggemar makan pepaya yg rasanya manis.
    saya tertarik budidaya pepaya kebetulan ada lahan tetapi sekarang sudah saya tanam karet baru berumur 3 bulan.
    Apakah cocok ditanam tumpang sari dengan tanaman karet.
    Hama apa saja yang merusak tanaman ini.
    terimakasih, infonya saya tunggu.

      Salam kenal kembali pa Jupri,
      kemungkinan besar bisa di tumpangsari dengan pohon karet asalkan ditanam berbarengan, namun karet yang bapak tanam sudah berusia 3 bulan (saya tidak tahu kini tinggi pohon karet berapa?). Sarat utama pohon pepaya al. harus terkena sinar matahari langsung, ketinggian tdk lebih dari 500m dpl. pH normal, akar jangan tergenang air. Hama banyak tapi tidak perlu terlalu dihawatirkan asalkan dirawat setiap hari mudah2an akan terhindah dari hama dan penyakit.
  76. juprion 27 Apr 2011 at 9:17 am

    menyambung pertanyaan saya diatas, ketinggian karet antara 50-70 cm, untuk sementara saya sdh menyemai bibit pepaya saya beli dipasar, mmg sebelumnya saya sdh semai dipolybag skrg ada ketinggian 10 cm tp pepaya bangkok.
    Pertanyaan saya.
    1. Bgmana membedakan bibit pepaya california dg pepaya bangkok.
    2. apa ciri khusus pepaya california.
    3. bgmana kalau pupuk yg dipakai dari kotoran ayam potong sbb disekitar lahan saya banyak kandang ayam potong. (agar hemat biaya)
    4. apa ada bapak buku petunjuk khusus budibdaya pepaya california.
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih, selamat beraktivitas.

      1. Berhati2 dalam membeli bibit/benih, ini banyak dialami oleh para petani. karena sulit membedakan jenis pepaya dilihat dari bentuk bijianya. Biji pepaya california sedikit lebih kecil dari biji pepaya bangkok.
      2. Ukuran/bobot pepaya california umumnya lebih ringan dibanding pepaya bangkok/thailand, Pepaya california umumnya beratnya berkisar lk 1 kg, sedangkan bangkok diatas 1 kg perbuah.
      3. Didak masalah, silahkan diberikan pupuk bekas kotoran ayam potong.
      4. Buku ttg budidaya pepaya masih dalam proses, mudah2an segera bisa diterbitkan.
  77. adi st sinaroon 12 May 2011 at 5:58 pm

    assalamualaikum… slamat sore… salam kenal pak Amir,
    saya bener2 sgt berminat membudidayakan pepaya. saya berada daerah kab. tanah datar sumbar. mhn info tntng: pepaya apa yg paling cocok utk daerah saya dan bagaimana cara membedakan bibit pepaya yg jantan dan yg betina.

      Selamat pagi pa Adi, Jenis apapun dari pepaya yang ingin dibudidayakan relatif sama, bila jenis pepaya california cocok berarti jenis yang lainnya pun cocok spt. jenis pepaya bangkok, pepaya hawaii, redlady atau orangelady. Karena yang utama dalam budidaya pepaya adalah ketinggian yang baik tidak lebih dari 500 m dpl, pH tanah normal 6-7, dapat sinar matahari langsung sepanjang hari dan hati2 pemilihan benih yang berkualitas baik.
      Untuk mengetahui bahwa itu pohon pepaya jantan atau betina diketahui setelah pohon pepayanya berbunga yaitu setelah berusia tanam 3-4 bulan, karena diketahui dari bunganya.
  78. juprion 18 May 2011 at 8:13 pm

    jumpa lagi pak…
    Saya sudak beberpa minggu ini membibt pepaya skrg ketinggian 15 cm dan saya pakai polibag setiap pagi dan sore saya pantau berhubung pembibitan saya disekitar rumah.
    ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan :
    1. kenapa ada beberapa bibit nampak kuning sepertinya kurang sehat
    2. pertumbuhan bibit tidak sama padahal waktu dan media tanamnya sama, apa karena kena sinar matahari langsung..???
    3. apa pengaruhnya jika bibit kena matahari langsung dengan di beri pelindung.
    saya mohon info dan ilmu dari Bapak.
    trims. jupri.

      1. Medianya diupayakan selalu basah siram pagi dan sore hari rutin. Kalau masih juga tanaman kurang baik kemungkinan media dlm polybag komposisinya kurang baik, beri sedikit saja npk, jangan kebanyakan nanti justru bibit pepaya akan mati.
      2. Justru terkna sinar matahari langsung itu lebih baik ketimbang terhalang. Penghalang/plastik itu gunanya untuk melindungi dari gangguan hama, serangga dll.
  79. bambangon 21 May 2011 at 1:43 pm

    Assalammualaikum,,salam knal pak Amir,
    Saya tertarik ingin membudidayakan pepaya untuk menambah penghasilan saya sebagai karyawan swasta di aceh, saya di aceh singkil mempunyai lahan kosong 1 Ha, disini umumnya masyarakat menanam kelapa sawit, saya mohon tips dan sarannya, terima kasih atas bantuan dari bapak.

      Salam kenal kembali pa Bambang,
      Silahkan baca artilel2 saya di blog ini, bila ada yang perlu dipertanyakan silahkan ajukan pertanyaan di blog ini juga.
  80. aditya pratamaon 09 Jun 2011 at 2:10 pm

    pak, sy mau bertanya bbrp hal, mgkn saya langsung to the point saja =)

    1. pepaya jenis apa yg lbih mudah dijual jika lahan saya berada di lembang? karena stlh membaca saya lihat bahwa ppya bangkok lbih byk di pasaran drpd california, sdgkan clifornia lbih cepat panen.

    2. brp byk buah yg bisa dihasilkan per pohon ppya california maupun bangkok? dan biasanya dijual brpa per buahnya? atau jika mungkin ada sistem hitungan harga yg lain.

    3. apakah utk membuat pohon harus menggunakan polybag? dan apakah 1 bibit ppya pasti 100% menghasilkan 1 pohon atau bgmna analisisnya jika tidak?

    4. Sy baca jg bahwa kira2 1 tahun modal sudah bisa kembali, lalu setelah panen prtama dilakukan, kira2 bgmna perhitungan durasi panen2 selanjutnya?

    sekian dulu pertanyaan saya, nanti akan ditambhkan lagi jika ada yg kurang =D
    mohon bantuannya jawabannya dibalas ke email saya pak.

    sekali lagi terima kasih banyak pak, website ini sangat membantu sekali =)

  81. aditya pratamaon 09 Jun 2011 at 2:29 pm

    pak, mohon bantuannya saya mau brtanya bbrp hal:

    1. brpa harga pepaya california, bangkok maupun hawai per buah? bgmna perhitungannya pak jika kita menjual dgn harga perkebunan?

    2. saya membaca bahwa stlh panen I (lk. 1 tahun) kita akan mengalami balik modal, lalu bgmna perhitungan panen2 selanjutnya pak?

    3. brpa biaya yg dibutuhkan kira2 untuk pengolahan per 1ha lahan? dan apa kendala2 terbesar yg bapak pernah alami selama ini?

    4. apakah 1 bibit ppya pasti menghasilkan 1 pohon pepaya?? atau bgmna cara perhitungan penanamanya bibitnya pak? dan apakah harus menggunakan polybag??

    mohon balasannya dikirim ke email saya saja: adityapratama@windowslive.com

    sekali lagi terima kasih banyak pak, mohon maaf jika postingannya dobel, krna saya lihat tidak masuk jadi saya post lagi.

    Sukses terus perkebunan Indonesia,
    salam, Aditya =)

  82. aditya pratamaon 10 Jun 2011 at 9:48 am

    maaf karena posting sekali lagi, karena saya sudah membaca postingan bapak di tabloid Kontan, maka utk pertanyaan2 yang sudah ada jawabannya di sana tidak perlu dijawab lagi pak,
    bbeberapa yang lainnya saja =)

    makasih banyak Pak!! =D

  83. aryon 13 Jun 2011 at 10:54 am

    kalo di kudus cocok, saya bisa sediain lahan baik beli, sewa maupun bagi hasi dengan pemilik lahan, saya sendiri sudah berencana mau tanam pepaya california sebagai tumpang sari jabon, salam kenal dan sukses tuk bapak

      Terima kasih, salam kenal pa Ary.
  84. bazon 02 Aug 2011 at 10:00 am

    Yth. Pak Amir
    saya tertarik dgn budidaya pepaya yg bapa kembangkan dan saya ingin banyak belajar dari bapak. saya punya rancana untuk mengembangkan budidaya pepaya di daerah Banten.
    pertanyaan saya:
    1. saya ingin tau apakah permintaan pepaya untuk beberapa tahun kedepan masih banyak dan prosfeknya menjanjikan jika saya menanam saat ini?
    2. pepaya jenis apa yg banyak di minati pasar dan harganya relatif setabil?
    3. pepaya cocoknya tumpang sari dengan jenis tanaman apa?
    4. untuk 1 Ha idealnya di tanam berapa pohon? dan berapa biaya perawatan pepaya dari nol sampai berbuah untuk 1 Ha?
    5. saya minta analisa bisnis dan perawatan pepaya yang bapak ketahui.
    dengan tidak mengurangi rasa hormat saya, agar bapak dapat mengkonfirmasi ke email saya
    Terimakasih…

  85. souvenir Pernikahanon 04 Aug 2011 at 3:06 am

    salam Kenal Semuanya

  86. Wibion 11 Sep 2011 at 12:06 pm

    Yth, Pak Amir,
    sdh banyak pertanyaan dari penanya,
    mungkin ada tulisan yang sekaligus menjawab seluruh pertanyaan, agar kami sebagai pemula mudah memahaminya.mohon di informasikan.
    saya yakin pertanyaan saya dan pemula lainnya tdk jauh berbeda.
    terima kasih bapak sudah berbagi informasi berharga ini.

      Terima kasih, akan saya buat jawaban yg umum yg sering dipertanyakan bagi pemula.
  87. faisalon 14 Sep 2011 at 7:25 pm

    dear pak amir hamzah

    pak mohon petunjunjuk nya tnaman saya udah hampir 3 bulan tiba tiba kena hama putih di daun dan dibatang dan menyebabkan tanaman daun nya kriting dan lama besar nya saya udah semprotkan pestisida merek decis tapi hama nya masih ada pbk bagaiman cra menngulaginya :

    nama obatnya
    masa penyemprotan dilakukan dari penyemprotan pertama dan seterusnya

    maksih ia pak sebelum nya atas perhatian nya saya ucpkn terimakasih pak ………..

  88. Hariadion 27 Sep 2011 at 10:16 am

    Yth Bpk Amir Hamzah,
    Setelah saya membaca artikel yang termuat dalam blog Bapak ini saya jadi ikut tertarik untuk membudidaya Pepaya California dan Hawai. Domisili saya di Banjarmasin Kalimantan selatan, saya mempunyai lahan yang sepertinya sangat pontensif untuk ditanami Pepaya. Sejauh ini lahan milik saya produktif mengahsilkan sayaur-sayuran. Kebetulan disela-sela tanaman sayuran ada beberapa pohon pepaya, pohon tersebut tumbuh dengan subur dan berbuah cukup banyak. Jadi saya pikir lahan yang saya punya juga cocok untuk ditanami pepaya. Saya berminat mendapatkan bibit pepaya dari Bapak. Apakah mungkin saya bisa mendapatkan bibit pepaya california dan hawai yang Bapak Buat ? Kalo bisa bagaimana saya bisa medapatkannya pak ? Mohon tanggapannya pak.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

      Yth, pa Hariadi,
      Bila berminat silahkan tinggalkan pesan SMS di HP saya 08128 558 258
      Terima kasih.
  89. agus suparmanon 02 Oct 2011 at 4:44 pm

    Yth. Bpk Amir Hamzah
    Salam kenal pak amir. Saya sekarang sedang mencoba budidaya pepaya hawaii. Saat ini tanaman sudah berumur 3 bln. Tapi tanaman banyak yang terkena penyakit kemungkinan disebabkan oleh jamur. Ciri-ciri penyakit, pada daun awalnya terdapat bintik coklat, lama kelamaan bintik itu menjadi besar, sehingga daun menjadi kering. Dimulai dari daun bagian bawah, terus kemudian menyerang daun bagian atas. Saya sudah coba atasi dengan fungisida tapi belum berhasil. Mohon bantuan cara mengatasinya. Apakah tanaman yang sudah mulai berbuah kecil-kecil masih bisa bertahan terhadap penyakit tersebut. Terima kasih, dtunggu jawabannya.

      Kemungkinan bisa terkena jamur atau kemungkinan terkena tungau dan kekurangan pupuk sp36 kalau bisa semprot pohon dgn insektisida dinetoat dan lakukan penyemprotan pagi hari jangan siang hari. Juga amati kebasahan tanah bisa jadi kandungan air dlm tanah terlalu banyak, perdalam parit agar tidak terlalu becek juga mungkin ph tanah turun maka hrs diberi kapur pertanian.
      Oh… ya buah masih bisa bertahan. Juga hrs diingat penyembuhan itu, sama spt manusia, sakit lalu makan Obat atau pergi kedokter atau Kerumah Sakit, setelah pulang tidak langsung sembuh, pasti memerlukan waktu sesuai jenis penyakitnya, sama dengan tanaman pepaya.
  90. Waluyoon 10 Oct 2011 at 1:08 pm

    Ass. Wr Wb
    Bpk Amir Yth, saya benar2 sebagai pemula yang baru ingin memanfaatkan lahan kosong yang tidak seberapa luas untuk bertanam buah2an, khususnya buah pepaya. Kebetulan saya menjumpai web ini dan saya baca dan tertarik untuk mempelajarinya.
    Mungkin Bpk bisa tolong saya untuk mengirimkan via email tentang analisa usaha pepaya jenis california atau lainnya kepada saya untuk dapat saya pelajari lebih dalam, dan saya akan terus membaca tulisan/ulasan Bapak disini. Kalau boleh tahu alamat Bapak di Jakarta dimana, kebetulan saya berdomisili di Jakarta Cibinong, mungkin sewaktu2 saya bisa berkunjung ke rumah Bapak bila Bapak berkenan.
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    Wassalam,
    Waluyo

  91. gatoton 24 Oct 2011 at 9:23 am

    salam kenal, pak amir. Saya sekarang membudidayakan pepaya bangkok sekitar 1700 phn di banyuwangi tepatnya blimbingsari rogojampi. bisakah bpk membantu pemasarannya nanti ketika panen? Saya juga berminat menanam pepaya california. Bagaimana prospeknya di banyuwangi? Terimaksh atas masukannya.

      Salam kenal kembali pa Gatot,
      Bila dimungkinkan bisa saya minta nomor HP pa Gatot yang bisa saya hubungi, nanti staf saya yang di Sempu bila diperkenankan bisa melihat perkebunan bapak di blimbingsari rogojampi. silahkan tinggalkan pesan di HP saya 08128 558 258. Wassalam.
  92. doddyon 19 Dec 2011 at 12:08 am

    selamat malam pak. salam kenal.kebetulan saya ketua club motor phoenix asahan sumut. sy tertarik dan pingin bergelut di pertanian pepaya dan usaha ini pingin saya jadikan buat pendapatan klub kami dan memberikan pekerjaan buat anggota klub yang putus sekolah. karena keterbatasan lahan apakah saya bisa mendapatkan informasi lengkap tentang usaha ini. dan kl bisa diijinkan membeli biji 50 bangkok dan 50 california. terima kasih sebelumnya.

      Salam kenal kembali pa Doddy, silahkan tinggalkan pesan SMS di hp saya 08128 558 258.
  93. EDWARD K.Non 27 Dec 2011 at 4:06 pm

    Salam kenal Pak,

    Mohon maaf terlebih dahulu, saya mohon informasi pak mengenai penyakit pepaya california ini, saya punya pohon baru usia 2 bulan sebanyak 200 pohon. Akhir-akhir ini saya lihat ada beberapa yang mati karena pucuknya melingkar kebawah dan daun menguning sekarang aku bunging pak karena saya baru turjun menanam pepeaya selama ini yang saya pakai obat semprotan ke daun adalah fungisida serbuk, alfamex, gandasil, destan tetapi masih ada yang pucuknya melingkar dan daun menguning, mohon sarannya pak apa yang harus aku lakukan. Terimakasih sebelumnya. Edward (0813 8239 xxxx)

  94. agrofarma utamaon 09 Feb 2012 at 8:55 pm

    Salam Kenal Pak Amir,

    Tertarik mau tanam pepaya, untuk sewa lahan yang realistis per tahun berapa harganya? kalau per 1.000 m2 / tahun berapa harganya? Sesuai Analisa Usaha Tani yang baik…Lama sewanya berapa, 2 / 3 tahun ?.Saya mencari lahan disekitar Yogya. Sekian terimakasih.

      Untuk menjawan pertanyaan ini cukup panjang, mohon maaf bila berkenan silahkan baca Majalah Ide Bisnis disana di uraikan analisa usaha budidaya pepaya.
  95. Heri T Hon 09 Feb 2012 at 11:29 pm

    Selamat Pagi Pak Amir,

    Tertarik utk usaha Bapak, kalau utk sewa lahan per tahun real nya berapa kisaran harganya, mengingat Pepaya mulai berbuah 6 bulan, maka lama sewanya sampai berapa ya……sekian Terimakasih.

  96. yoyok Don 17 Mar 2012 at 10:03 am

    selamat kenelan Pak
    Apa ada pohon pepeaya farietas berdaun lebat tanpa buah untuk kami manfaatkan daunnya, klo ada beli bibitnya dimana dan berapa harganya?
    Terima kasih…

  97. agus parjitoon 17 Mar 2012 at 4:21 pm

    kami sudah mulai penanaman satu juta pohon pepaya california di Kabupaten Karanganyar. Dalam penanaman ini kami bekerja sama dengan petani, petani kami beri bibit dan nanti setelah panen hailny kami yang beli. selain pemberian bibit kami juga bekerja sama dengan FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA UNTUK PENDAMPINGAN. Kami masih mencari jaringan pemasaran yang lebih luas guna bisa menjamin panen raya. AGUS PARJITO HP 087 836 280xxx

      Wah…. sudah mulai ya… saya sambut gembira sekali Anda telah menanam satu juta pohon pepaya, berarti lk 500-700 ha cukup luas ya, persisnya di daerah mana? kalau diperkenankan dan ada waktu saya akan melihat langsung dan belajar bagaimana cara menanam dan mengelola pohon pepaya yang sangat banyak itu, bagaimana sistem irigasinya, pengendalian hama, dll hingga pasca panennya. Saya yakin ini sudah didisain sangat bagus oleh karena itu saya akan bawa anggota saya yang terhimpun di Asosiasi Petani Pepaya Indonesia untuk studi banding ke perkebunan pa Agus.
  98. eli sutiknoon 29 Mar 2012 at 7:43 pm

    saya p. Eli jember
    paK Amir. Kami tempo hari yang beli benih pepaya tailand sekarang sudah kami tenam kurang lebih 3 hetar kurangnya kami minta bantuan ke p Iswanto Genteng. sudah terlaksana. kami ingn bertanya. kalau mengamankan tanaman pepaya dari serangan jangkrik bagaimana caranya. sudah saya kasih pelindung gelas plastik Aqua. masih tetap di potong. bagaimana solusinya. terimakasih Eli sutikno jember.

      Terima kasih bu Eli, telah saya jawab via SMS, mudah2an teratasi masalahnya.
  99. yayaon 03 May 2012 at 11:31 am

    sy butuh ekstrak biji pepaya atau biji pepaya kering, boleh minta no telpon yang bisa sy hubungi sy mau menanyakan harga dan tempat pembeliannya di daerah sekitar jkt….

      Silahkan tinggalkan pesan (SMS) di 08128 558 258.
  100. ANITAon 19 May 2012 at 2:27 pm

    Pak saya tlg diajarin mengatasi buah pepaya yg gugur sebelum besar. Saya tanam hanya beberapa pohon di pekarangan rumah, air dan pupuk cukup, cepat berbuah, tetapi buah yang baru sebesar duku selalu kuning mengering lalau gugur.
    trims atas bantuannya.

      Bila dikatakan perawatan spt pupuk dan air cukup kemungkinan media atau tanahnya atau tingkat keasamannya pH tidak normal atau kuran mendapat sinar matahari atau dari benihnya yang kurang baik.
  101. heriyantoon 21 May 2012 at 11:44 pm

    saya baru tanam karet 3 minggu bisa nagak saya tumpangsari dengan pepaya? jarak tanam karet saya 4×4 meter di antara/ ditengah2nya saya tanam pepaya gimana menurut bapak mhn petunjuk

      Silahkan tumpangsari dengan apa saja sepanjang tidak saling ganggu, artinya persaratan tumbuh pepaya tidak dihalangi oleh jenis lain. Untuk diketahui pohon pepaya memerlukan sinar matahari penuh dan langsung.
  102. putu ngurahon 31 May 2012 at 11:03 am

    saya dari bali pak, ingin tahu kalo cari bibit pepaya california dimana? apa ada yang jual tolong nama tokonya ya pak! saya tinggal di gianyar Bali. terimakasih.

      Kantor perwakilan saya di Bali, Kuta, tidak menjual benih pepaya california maupun jenis pepaya lainnya, untuk pemesanan benih langsung saya kirim dari kantor pusat di Jakarta, untuk pemesanan bisa hub. SMS di no 08128 558 258.
  103. ayion 22 Jun 2012 at 11:45 am

    saya ayi mau memulai pembibitan pepaya calina di jambi daerah mendalo. apakah kira kira cocok di daerah sana? untuk jarak tanam dan perawatannya seperti apa ya pa? terima kasih.

      Saya belum bisa pastikan cocok tidaknya karena belum lihat langsung, namun sepanjang mendapatkan sinar matahari langsung, air cukup dan ketinggian tidak lebih dari 500 m dpl diperkirakan pepaya akan bisa tumbuh subur.
  104. Pahlevion 22 Jun 2012 at 11:49 am

    Assalamu’alaikum
    pak saya levi dari kabupaten serdang bedagai sumatera utara
    saya ingin tau bagaimana cara budidaya pepaya madu ini dari dasarnya.?
    karna saya baru ingin mencoba mencari pengahsilan tambahan di bidang pertanian.
    dan saya tertarik dengan pepaya madu ini.
    terima kasih.

      Cara budidaya pepaya pepaya madu sama dengan pepaya jenis2 lainnya, silahkan belajar dengan petani pepaya terdekat didaerah Anda.
  105. Syaiful Hadion 23 Jun 2012 at 9:41 am

    Assalamu’alaikum
    Salam kenal Pak,saya dari jambi mohon bantuaannya. Saya pernah nyoba tanam pepaya kalifornia, bibitnya beli di pasar tempat saya tinggal.Tapi tumbhanya hanya sedikit. Yang tumbuh saya tanam, awalnya bagus tapi setelah berbunga daunnya mulai bercak-bercak kuning.
    Akhir kuning semua dan gugur satu persatu.makin lama makin kerdil. sudah pernah saya semprot dengan insektisida tapi tak ada perubhan.
    Mohon bantunnya apa obat yang tepat?
    Trima kasih Pak atas bantunnya.
    Syaiful Hadi .Jambi

      Biji yang diambil dari buah yang dibeli dipasar sangat tidak direkomendasikan, hasilnya hampir dipastikan kurang optimal, kalau jadi ya… untung2an. Untuk membuat bibit tidak bisa diambil dari buah sembarangan, harus dari buah yang memang khusus untuk dijadikan benih. Jadi biji yg Anda tanam kurang baik wajar saja karena bukan dari biji yang khusus untuk dijadikan benih.
  106. jokoon 17 Sep 2012 at 11:39 am

    saya mau tanya, klo beli bibit pepaya siap tanam kwalitas bagus di daerah sumenep madura itu di mana, kami minta infonya,, terima kasih.

      Saya tidak tau persis ada atau tidaknya, kebanyakan dari madura membeli benih dari saya untuk ditanam sendiri.
  107. andreon 02 Oct 2012 at 8:16 am

    salam pak, sayamau tnya:
    1. apa beda pepaya california,bangkok, dan pepaya madu?
    2. mana yang lebih unggul? dan
    3. dimana saya bisa mendapatkan bibit pepaya madu, mengingat sangat jarang yang menjual.

  108. pak toharion 16 Oct 2012 at 11:41 pm

    dear Pak Amir Hamzah
    permisi pak saya mau bertanya ini pak.
    Bagaimana untuk mengatasi pada buah pepaya yang baru kembang setelah klopak buahnya melepas lalu buah itu menguning dan rontok?,kondisi tanah yg saya miliki hitam. pepaya yg ditanam jenis california dan thailand.
    mohon arahan untuk mengatasi problem itu. terimakasih atas realisasinya

      Faktornya sangat banyak, bisa mulai dari pemilihan benih yg kurang baik. Bisa dari perawatan spt pemberian pupuk obat2an. Bisa karena sistem pengairan yang kurang baik juga, dan bisa karena faktor cuaca yang ekstrim. Untuk lebih memahami silahkan bergabung diskusikan dengan rekan2 di FB grup APPI (Asosiasi Petani Pepaya Indonesia)
  109. dataon 17 Oct 2012 at 10:42 am

    Salam kenal pak, saya Data dr Baturraden, Purwokerto. Saya tertarik sekali utk menanam pepaya. Kebetulan ada lahan produktif yg nganggur, sayang blm dimanfaatkan. Blog bapak ini sangat informatif, terimakasih pak. Kalau boleh, sy mnt tlg diemailkan analisis usaha pepaya utk skala 1ha.
    Email saya : data_adwityo@yahoo.com
    Terimakasih.

  110. inggaron 01 Nov 2012 at 10:37 am

    sya mau taxa:
    1.apakah pepaya itu mempunyai penyakit kusus.
    2.cara pemupukan yg benar itu gmana pak.
    3.trus proses pengairanya itu terus menerus apa gmana pak.

      Yg disebut penyakit khusus itu saya kurang paham, sebagaimana umumnya setiap jenis tanaman punya penyakit sendiri2 meskipun pada dasarnya hampir sama saja. Oleh karena itu penanggulangannya pun relatif sama, maka obat2an untuk penyakit di jenis lain hampir bisa dipastikan juga untuk pepaya. Pemupukan umumnya setiap bulan dibrikan NPK secukupnya sesuai usia tanaman dan pupuk kandang umumnya diberikan setiap 3-4 bulan sekali yg benar2 sudah matang. Pengairan harus benar2 diperhatikan akar tidak boleh tergenang air, oleh karena itu buat irigasi atau parit yang baik shg air dpt mengalir dgn baik.
  111. Mardion 02 Nov 2012 at 8:45 pm

    Mohon Pencerahan
    Saya ingin budi daya pepaya california,namun saya melihat di beberapa tempat di daerah purwokerto dan bobotsari ,hasilnya tidak sesuai dgn harapan, terutama hasil panennya berbeda bentuk dari bentuk pepaya california yg standar, yg dihasilkan bentuknya bulat , padahal bibitnya di suplay sama rekanan..gmn nih,,apa ada solusinya,,, karena kita baru tahu setelah pepaya mulai berbuah…
    tks

      Oleh karena itu saya sering berbicara diberbagai kesempatan yaitu bila ingin mendapatkan benih dan atau bibit carilah atau dapatkan dari sumber yg bisa dipertanggungjawabkan atau paling tidak yang sudah mendapat sertifikasi.
  112. yoyo hidayaton 10 Nov 2012 at 4:46 pm

    assalamualaikum..sebelumnya saya ingin bertanya. saya punya kebun pepaya kalifornia luasnya kurang lebih 1/2 hektar tapi 30% tanaman pepya saya busuk di bagian batang pohon . .saya minta informasi akibat nya apa? bagaimana cara mengatasinya? terimakasih,, wasalamualaikum

      Penyebabnya tidak satu bisa lebih, bisa selama dalam perawatan yg kurang memperhatikan lingkungan spt pada saat hujan sistem irigasinya yg kurang baik. Juga mengontrol ph tanah. Atau dari pupuk yg kurang baik spt bila menggunakan pupuk kandang yang masih kurang matang. Dan masih banyak lagi. Coba diakusikan dengan rekan2 di FB di grup APPI Asosiasi Petani Pepaya Indonesia. Wass.
  113. Rohmanon 27 Nov 2012 at 7:08 am

    maaf pak saya kemarin mencoba menanam pepaya ada 130an bibit tapi baru berjarak 1 minggu tanaman saya mulai diserang sejenis ulat warna putih yang menyerang akar, tanaman tersebut satu persatu mulai mati, karena akarnya habis dimakan ulat tersebut hingga habis. apa ada solusinnya ya?

      Coba diberikan puradan ditabur diatasnya. Untuk selanjutnya bila pemberian pupuk kandang yang harus benar2 sudah matang, karena ulat tersebut biasanya terjadi akibat pemberian pupuk kadang yang belum matang benar.
  114. belitungon 20 Dec 2012 at 11:32 am

    salam kenal dari belitung

  115. marzukion 22 Mar 2013 at 3:27 pm

    salam kenal pak,
    saya berminat menanam pepaya california, saya berdomisili d lampung pak dengn lahan untuk ujicoba ini 2500 m2 berapa kebutuhan bibitnya ya pak?.. dan bagaiman menurut bapak prospek pepaya merah delima jika dibandingkan dengan pepaya california?

      Salam kenal kembali pa Marzuki,
      Jarak tanam 2m x 2m silahkan dihitung untuk lahan seluas 2500m2. Merah delima dan california di pasar atau di toko2 namannya sudah berubah jadi bermacam2 nama tergantung pemasoknya memberi nama, saya pun punya nama sendiri. Jadi sama antara california, merah delima calina dll. Itu orang aja memberi nama, bentuk dan ukuran juga kemanisan sama.
      Di toko atau konsumen umumnya hanya kenal 1 yaitu pepeya california dia tidak tau itu adalah IPB9, merah delima, callina dll.
  116. lukman hakimon 17 May 2013 at 7:39 pm

    salam kenal pak amir
    sy tinggal dibogor dan sy mempunyai teman yg meminta tolong untuk memasarkan pepaya bangkok miliknya,dlm sekali panen bisa mencapai 7ton,apakah bapak bisa membantunya pak?

  117. Rusdiantoon 15 Sep 2013 at 8:38 am

    Pa Amir Hamzah.. saya punya lahan hampir 1 ha, biasa ditanam ubi jalar dan padi, lokasi daerah linhgar jati kuningan jabar, apa cocok utk tanam pepaya california? Terima kasih, wass
    Pa Rusdianto,

      Pepaya bisa ditanam di lahan sawah maupun tegalan, namun perlakuannya tidak sama untuk tanam di persawahan dan di kebun. Ini dikarenakan akar pepaya rentang terhadap genangan air. Oleh karena itu bila tanam di bekas sawah harus diperhatikan pertumbuhan akarnya jangan sampai tergenang air.
  118. anthoon 03 Dec 2013 at 10:56 pm

    Assalamu’alaikum,….
    Salam kenal Pak Amir,….saya punya lahan 800 m, berapa banyak batang pohon yang ideal bisa di tanam pohon pepaya california agar hasilnya bisa maksimal, dan saya sangat tertarik untuk ikut pelatihan yang bapak adakan mohon kiranya dapat didaftarkan untuk angkatan VII, yang akan bapak adakan
    Wassalamu’alaikum,….
    Antho – Citayam

      Yth, Pa Antho,
      Silahkan ikut pelatihan, gratis, hanya kita patungan utk makan siangnya, namun untuk Angkatan VII yang akan datang saya belum bisa tentukan waktu dan tempatnya. Saran, ikuti perkembangan di blog ini, nudah2an awal atau akhir Januari 2014 bisa dilaksanakan.
      Wass.
  119. kang jajaon 07 Jan 2014 at 8:02 pm

    Assalamualaikum,..
    Kepada yth bpk amir,
    Kenalkan nama saya jaja,sy punya lahan di ketapang kalbara seluas +/- 5 Ha dengan isi 4000 pohon jabon umur 7 bulanan, Yg mw sy tanyakan,
    1. Bisa kah pepaya cania ini jadi tanman sela( tumpang sari ) guna memanfaatkan sisa ruang diantara pohon jabon??
    2. Ketika umur 7-8 bulan pepaya cania ini panen,maka untuk menunggu panen selanjutnya butuh berpa lama lagi?. Terimakasih
    Assalamualaikum
    Jaja

      Walaikum salam, kang Jaja
      Saya tidak tahu persis seberapa tingginya jabon dengan usia 7 bulanan. Sepanjang tidak menggangu pertumbuhan pohon pepaya silahkan tanam disela2 pohon jabon. Untuk diingat tanaman pohon pepaya agar menghasilkan buah yang optimal perlu penyinaran matahari langsung sepanjang hari.
      Pepaya tidak mengenal musim, setelah usia 6-7 bulan sudah mulai dipanen seterusnya bisa setiap hari, setiap minggu atau dipanen sesuai tingkat kematangannya sampai usia 3-4 tahun.
      Wass.
  120. nofianon 12 Jan 2014 at 4:18 am

    assalamualaikum pak amir dan bapak2 semua..
    Saya mau membuka perkebunan pepaya calina ini, tp blm pnya modal. Untuk itu saya membuat proposal yg ditujukan ke investor. Agar dpt dana dengan sistem bagi hasil.
    Tapi saya masih bingung pak ttg beberapa hal.
    1.Sebenarnya brp umur pohon calina dari awal tanam hingga panen terakhir? Ada yg bilang 2 tahun, ada jg yg blg 3 thun.
    2.Panen pertama katanya lgsg skitar 25kg per pohon. Apa benar ya pak? Lalu utk seterusnya, berapa kg kisaran panen per bulanya utk lahan 1hektar ya pak?
    3.Skrg ini apa msih bagus prospek usaha pepaya ini pak? Karena sya liat byk sekali yg beralih ke sini. Apa pasar tdk kebanjiran calina, atau malah masih kekurangan calina?

    Mohon dbantu penjelasannya ya pak, maaf kalau pertanyaanya byk. Semoga tetap mendapat berkah. Amiin.

      Walaikum salam pa Nofian,
      Untuk menjawab petanyaan diatas sebenarnya tidak bisa saya singkat, kalau dijawab singkat dikhawatirklan bisa menyesatkan. Apalagi bpk merencanakan membudidayakan pepaya dengan bantuan dana dari pihak ketiga, disatu sisi bpk sepertinya belum memahami betul cara membudidaykan pepaya dengan baik. Dan pada akhirnya gagal membudidayakan pepaya yang ujungnya gagal mengembalikan dana yg telah bpk gunakan, karena tidak sedikit dana dibutuhkan utk membudidayakan pepaya.
      Namun saya coba jawab pertanyaan bpk:
      1. Bila dirawat dengan baik dan benar pohon pepaya bisa terus berproduksi untuk skala usaha bisa mencapai 3 tahun bahkan ada yg bisa mencapai 4 tahun. Usia pohon pepaya itu sendiri bisa mencapai 10 tahun namun produktfitasnya sudah menurun/tidak berbuah lagi.
      2. Setelah 6-7 bulan biasanya buah pepaya sudah mulai bisa di panen dimulai dari buah yang paling bawah dan terus kebuah berikutnya atau buah diatasnya dan seterusnya sampai usia 3-4 tahun. Biasanya setiap minggu 1 pohon pepaya bisa dipanen 1-2 buah.
      3. Prospek masih cukup bagus, namun berpulang kepada bpk sendiri, bila bisa menghasilkan buah yang berkualitas dan harga jual bpk bersaing pasti para pengepul akan membelinya, namun sebaliknya meskipun bpk jual murah namun kualitasnya kurang baik, jangan berharap ada yang berminat dengan buah poduksi bpk.
      Terma kasih.
      Wassalam.
  121. wiwid hidayaton 05 May 2014 at 1:39 pm

    Ass. pak Amir
    sy menanam pepaya tailand sdh 3,5 bln ini dg luas -/+ 5 ha (sekitar 11.000 pohon) di daerah jember, pertumbuhannya cukup memuaskan dan skrg banyak yg sdh berbunga pak. Yg ingin saya tanyakan ttg pemasarannya dg kapasitas sekian itu kemana ya pak?
    terima kasih sharingnya
    Wass

      Silahkan dicoba/jajaki kirim ke Pasar Induk Kramat Jati, karena umumnya hampir seluruh produksi pepaya baik dari Jawa Tengah maupun Jawa Timur pasarnya adalah Pasar Induk Kramat Jati.
  122. Wiwid_hidayaton 05 May 2014 at 1:54 pm

    Ass. pak Amir
    sya sdh pnya tanam pepaya skitar 11.000 pohon, u/ pemasarannya kmana ya pak?
    trimaksih sharingnya
    Wass

  123. wiwidon 05 May 2014 at 1:57 pm

    Ass. pak Amir
    sy sdh tanam pepaya thailand +/- 11.000 pohon umur 3,5 bln, u/ pemasaran kemana ya pak?
    tks sharingnya
    Wass

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply


9 + five =


9 JURUS SUKSES BERTANAM PEPAYA CALIFORNIA


DAFTAR PEMBUDIDAYA PEPAYA DI SELURUH INDONESIA
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DIPEKARANGAN RUMAH
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DI LAHAN PERKEBUNAN
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California

Proses Pembuatan Bibit Pepaya California, Pepaya Thailand/Bangkok dan Pepaya Hawaii Sebanyak 5.000 Polybag lebih pesanan Pa Rusduan untuk ditanam/dikirim ke Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung
Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
Saya Bisa…
Yakin Anda pun Pasti Bisa
Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
Banyak SMS maupun email saya terima dari rekan2 khususnya yang baru memulai atau mencoba membudidayakan pepaya akan kegagalannya saat penyemaian atau membuat bibit/pembibitan. Dari SMS yang saya terima ada yang mencapai hanya 50% Continue Reading..... Terima kasih saya ucapkan kepada Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Indonesian Entrepreneur Society serta TRUBUS atas kepercayaannya pada saya untuk menyampaikan materi pada acara “Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Menghadapi Masa Pensiun” di lingkungan Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal, Continue Reading..... “Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan” ini adalah judul cover “Majalah Duit!” edisi spesial ulang tahun ke-5. No. 5/VI/MEI 2011. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Majalah Duit! telah mewawancarai dan dimuat dalam kolom LIPUTAN UTAMA, Continue Reading..... Saya sangat mengapresiasi program “Bosan Jadi Pegawai” yang ditayangkan oleh stasiun televisi TransTV pada hari Minggu pukul 12:00 s/d 12:30 WIB, tanggal 27  Maret 2011 menampilkan kegiatan saya untuk memaparkan budidaya pepaya california dalam episode “Cantik Pepayanya Menggiurkan Rasa dan Untungnya Continue Reading.....
Wawancara dengan Tabloid "Kontan" Kompas Gramedia
Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Tabloid KONTAN Kompas Gramedia telah mewawancarai saya dan kepeduliannya untuk memasyarakatkan buah-buahan tropis kita khususnya pepaya. Memang tidak disangsikan lagi manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Sehingga perlu didorong untuk dibudidayakan.. . Continue Reading »

Cukup banyak yang menggunakan benih dari saya, oleh karena itu timbul gagasan sangat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi pembudidaya pepaya yang mendapatkan benih dari saya. Dibawah ini dicantumkan nama dan alamat/daerah pemesan serta nomor yang dapat dihubungi, namun tidak dicantumkan lengkap dengan alasan privasi. Continue Reading »

Pada dasarnya budidaya pepaya sangat mudah, tebarkan biji pepaya dipekarangan dalam beberapa minggu sudah terlihat tunas atau pohon pepaya kecil, selanjutnya rutin disiram, dalam waktu 4-5 bulan akan keluar kembang atau bakal buah dan 5 bulan kemudian buah sudah dapat di panen, mudah kan. Continue Reading » Suatu kehormatan yang tinggi sekali saya diundang untuk live talkshow bersama-sama direktur Indonesian Entrepreneur Society (IES) Bapak Bambang Suharno di stasiun Radio Pelita Kasih (RPK FM) Jakarta pada pagi hari tadi (Jumat 30 Juli 2010, pkl.  07:00-08:00 wib). . Continue Reading »
Membuat Bibit Pepaya
Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
Terima kasih kepada semua yang telah mempercayai saya dengan memanfaatkan benih yang saya hasilkan baik jenis pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii, maupun pepaya redlady. selengkapnya ......

Meski semakin banyak jenis dan ragam buah impor, pepaya tetap populer di Indonesia. Selain murah, zat gizi yang dikandungnya pun lengkap. Biji, daun, batang, dan akarnya sangat bermanafaat sebagai obat. Pada tahun 1992, The Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington AS meneliti manfaat kesehatan dari 40 jenis buah. selengkapnya .......

Terima kasih saya ucapkan kepada Indonesian Entrepreneur Society, bapak Bambang  Suharno selaku Direktur Indonesian Entrepreneur Society, telah memberikan kepercayaan pada saya untuk mentraining dan menjadi mentor kepada para entrepreneur dan calon entrepreneur. selengkapnya...» Telah banyak berbagai benih pepaya baik pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii maupun red lady yang memesan kepada saya, terima kasih atas kepercayaannya kepada sahabat-sahabat di Aceh, Medan, Palembang, hingga papua. selengkapnya.......
Pemilihan Lokasi untuk Budidaya Pepaya
Bibit dan Benih Pepaya Unggul
Tabloid Nasari news Edisi No. 15 Tahun 2, Juni 2009
Wawancara dengan "Koran Jakarta" (03/12/2008)
Lokasi Lahan Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membudidayakan pepaya, penentuan lokasi perlu dilakukan dengan cermat, tidak saja lokasi itu harus baik dalam aspek membudidayakan pepaya tapi lokasi juga harus baik dalam aspek keamanan terutama dari tangan-tangan jahil selengkapnya ...........
Bibit dan Benih Pepaya Kesuksesan berbudidaya pepaya salah satunya diawali dengan memiliki benih yang baik, namun dalam prakteknya ternyata tidak saja cukup memiliki benih yang baik atau benih unggul, Perlu penanganan yang baik sehingga akan menghasilkan buah pepaya unggul. selengkapnya .......... Tabloid Nasari newsSekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada "Tabloid nasari news" atas kepeduliannya mengangkat profil beserta aktifitas saya di bidang agribisnis. Mudah-mudahan dapat memberikan motivasi bagi saya agar lebih giat lagi dalam menekuni dunia agribisnis meskipun diusia yang saat ini (1 Juni 2009)  genap berusia 53 tahun. selengkapnya ....... Koran JakartaBeberapa media seperti Kompas Cetak kami berikan apresiasi yang tinggi dengan banyak memuat berita tentang dunia pertanian kita terutama nasib para petani. Juga kami berikan apresiasi kepada "Koran Jakarta" yang mewawancarai saya. selengkapnya ..........

Recent Posts:

  1. 9 Jurus Sukses Bertanam Pepaya California
  2. Terima Kasih Majalah elshinta
  3. Penyebaran Benih Pepaya
  4. Liputan ANTV: Budidaya Pepaya California di Kebun Binaan Milik Pa Yungki di Ciseeng Parung Bogor
  5. Kumpulan SMS Seputar Pertanyaan Budidaya Pepaya
  6. Memberikan Pembekalan Kewirausahaan Khususnya Budidaya Pepaya California Kepada PNS/KORPRI Pemprov Kalimantan Tengah
  7. SWA: “Mencetak Banyak Miliarder, Membangun Ketahanan Pangan”
  8. Keberhasilan Dit Pol Air Polda Banten Membina Nelayan Membudidayakan Pepaya California
  9. Pelatihan Budidaya Pepaya
  10. Buku Pertama Ku
  11. GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun
  12. Pemula Yang Berhasil
  13. Dua Jempol untuk Polisi Perairan Polda Banten
  14. Mengunjungi Kebun Pepaya Milik Pa Anton dan beberapa petani pepaya di Gianyar – Bali.
  15. si KRIBO (kritis dan heboh) dan Artis Dini nyasar ke kebun pepaya saya (akan tayang tgl. 28/09/2012 di MNCTV)
  16. Tunggu Tanggal Tayangnya di MNCTV (Lintas Pagi)
  17. Kunjungan Putri Indonesia ke Kebun Pepaya California Saya
  18. Bibit Siap Tanam untuk Memenuhi Keinginan Masyarakat Jakarta
  19. Program Unggulan Green Radio 89,2fm (Buah Lokal vs Buah Impor)
  20. Terima Kasih Kepada Majalah Ide Bisnis Kompas Gramedia (Analisa Usaha Pepaya)
  21. Kiranya Patut Ditiru Keberhasilan Pa Kasmari Membudidayakan Pepaya California
  22. Untuk Pemula yang Ingin Menggeluti di Agribisnis Pepaya
  23. Memenuhi Undangan Bapak Bupati Kebumen, Jawa Tengah
  24. Waspadai Menghadapi Awal Musim Penghujan Tahun Ini
  25. Pemberian Cuma2 Benih Pepaya California dan Orange Lady kepada SDN Wiyung I Surabaya
  26. Betik Bekal Pensiun (Majalah Trubus; 503 – Oktober 2011/XLII) liputan Majalah Trubus
  27. Konsultasi Langsung Selama Bazaar (18-19/08/2011)
  28. Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
  29. Saya Bisa… Yakin Anda pun Pasti Bisa
  30. Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
  31. Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
  32. Petani Pepaya Jadi Aktor Dadakan (saksikan tayangannya di TransTV 27-Mrt’11 pkl 12:00-12:30 wib)
  33. Mungkin Bermanfaat untuk Anda: Wawancara saya dengan Tabloid Kontan
  34. Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
  35. Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
  36. Kunjungan ke Kebun Pepaya California Milik Pak Kusnadi
  37. Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
  38. Membuat Bibit Pepaya
  39. Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
  40. Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
  41. Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
  42. Mengapa Sebaiknya Pilih Buah Lokal dari Impor
  43. Bentuk Buah Antara
  44. Pemilihan Lokasi
  45. Menanam Pepaya California Dipekarangan Rumah (I)
  46. Bibit dan Benih Pepaya
  47. Terima Kasih Tabloid “nasari news”
  48. Oleh-oleh dari mengikuti Seminar “Langkah Jitu Memulai Bisnis dari NOL”
  49. Mengelola Usaha Jarak Jauh
  50. Pemupukan Tanaman Pepaya (II)
  51. Pemupukan Tanaman Pepaya (I)
  52. Syarat Ideal Tumbuh Tanaman Pepaya
  53. Membuat Benih Sendiri
  54. Parpol Bingung petani Tidak Bingung
  55. Turun, Minat ke Fakultas Pertanian
  56. Jadi Petani
  57. Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur Melalui Juice
  58. Jus buah vs Soft Drink
  59. Panen Buah2an di Kota Jakarta
  60. Perhatian Media Cetak terhadap Petani Luar Biasa
  61. Mudahnya Berkebun Pepaya
  62. Menjadi Angan2
  63. Menghianati Agrikultur
  64. Suara Petani
  65. Definition of Agribusiness
  66. Papaya, Papaw, Paw Paw, Mamao
  67. Hari Pangan Sedunia dan Kemandirian Petani
  68. Dari mimpi dan keprihatinan sampai dengan bangkitnya semangat Baru
  69. Antisipasi Usaha Agribisnis di Era Global
  70. Minat Studi Pertanian Menurun?
  71. Manajemen Agribisnis
  72. Impian? ya….. tinggal Impian
  73. forum AGRO
  74. Lowongan Pekerjaan
  75. STABILO
  76. Pensiun? Kenapa Takut
  77. Benarkah buah lokal kurang diminati?
  78. Orang Bodoh yang Beruntung
  79. Ramuan Anti DBD
  80. Nutrisi Buah Pepaya
  81. Manfaat Getah Pepaya
  82. Pepaya Sebagai Obat Kanker, Jerawat dan Telapak Kaki pecah2
  83. Pepaya Sebagai Obat
  84. Berkebun Pepaya
  85. Pemanfaatan Pepaya
  86. Papaya – Pepaya – Kates – Gedang
  87. Takut Berwirausaha
  88. Keluarga Ku
  89. Selamat Datang!

Pertanyaan2 Anda dan jawaban saya seputar budidaya pepaya:




bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Visitor Sejak 01 Agustus 2009
free counters
lazada INA
Jasa komputer, pengetikan, setting, percetakan dll. Prima Electric: Perbaiki segala peralatan elektronik. Fresh Fruit Tropical. UD Prima Agro