GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun

Angkatan VIII - Waktu dan tempat akan ditentukan kemudian
Pelatihan ini murni kita sharing/berbagi ilmu
tidak ada pesan sponsor penjualan produk seperti pupuk, obat2an, bibit, benih dll.



Bagi pemesan benih pepaya dari saya khususnya jenis pepaya california dan Hawaii yang dibudidayakan seputar Jawa Barat. (Depok, Bekasi, Karawang, Tangerang, Bogor, Subang, Indramayu) bila sulit memasarkan, saya siap bantu. Juga untuk pemesan dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung saya siap memasarkan bila permintaan terus meningkat.

Apr 06 2009

Pemupukan Tanaman Pepaya (I)

Published by at 1:55 pm under About Papaya,Education

PEMUPUKAN Bagian I

Pemupukan pepayaAda beberapa teman menanyakan, bagaimana cara pemupukan dan pemeliharaan tanaman pepaya yang benar agar dapat menghasilkan buah yang baik dan optimal. Pada kesempatan ini akan saya coba uraikan dari pengalaman sendiri selama berkebun pepaya dan dari beberapa teman/petani pepaya serta para ahli yang kami ambil dari buku-buku yang telah diterbitkan.

Tidak bisa dipungkiri produktivitas tanaman pepaya sangat bergantung pada kondisi pertumbuhannya, untuk menjaga kondisi pertumbuhannya agar tetap baik tanaman pepaya harus selalu dipelihara dan salah satu pemeliharaan tanaman pepaya adalah dengan melakukan pemupukan atau memberikan pupuk baik organik maupun an-organik dengan baik dan benar sehingga didapat hasil yang maksimal sesuai dengan harapan.

Pemukupan dimaksudkan untuk menambah zat hara dalam tanah agar tanah tetap subur karena zat hara sangat dibutuhkan oleh tanaman pepaya. Dalam pertumbuhannya tanaman pepaya sangat membutuhkan unsur N (Nitrogen), P (Phospor) dan K (Kalium).

Unsur N diperlukan untuk pertumbuhan vegetatif seperti akar, batang dan daun. Unsur N bisa diberikan dalam bentuk pupuk organik (pupuk kandang atau kompos) rabuk urea atau ZA. Unsur P untuk pertumbuhan generatif seperti pembentukan bunga, mempercepat terbentuknya buah dan masaknya buah. Juga unsur P sangat penting untuk pertumbuhan akar, unsur P diberikan dalam bentuk pupuk forfat (DS) dan super fosfat (TSP). Unsur K dibutuhkan untuk pembentukan zat karbohidrat/gula pada buah juga memberikan daya tahan tanaman terhadap kekeringan, oleh karena itu unsur K dalam tanah sangat penting, unsur K biasanya terdapat bersama dengan unsur P dalam pupuk organik. Pupuk lain yang mengandung unsur K yaitu ZK, abu dari sampah atau dari beberapa jenis kayu yang dibakar.

Pemberian NPK diusahakan harus dalam dosis atau jumlah yang seimbang juga pada waktu yang tepat. Ada yang mengatakan pada saat puncak produksi pemberian pupuk organik dikurangi karena akan menyebabkan pertumbuhan generatif (pembentukan bunga dan buah) terhambat.

Dari beberapa teman, literatus serta para ahli, saya pun melakukan hal sama namun sedikit disesuaikan dengan kondisi yang ada dilapangan/perkebunan. Pemupukan dimulai saat pembuatan lubang, lubang yang dibuat dengan ukuran lk 20 x 20 x 20 cm mengingat tanah yang digali cukup gembur (Tanah solum baik). Bila tanah solum keras baiknya digali dengan ukuran 75 x 75 x 75 cm. Setelah di gali taburkan pupuk kandang lk. 10-20 kg. dan dibiarkan 2-3 hari, setelah 2-3 hari tanam benih pepaya yang telah disemai.

Setelah berusia satu bulan berikan pupuk kembali dengan pupuk campuran Urea dan TSP sebanyak lk 3-5 g pada setiap batang pohon pepaya dan dibenamkan kedalam tanah. Ada yang menganjurkan setiap batang pohon pepaya sebesar 23 g Urea, 95 g TSP dan 1450 g KCL. Ada pula yang memberikan ZA 50 g, TSP 40 dan KCL 20 g.

Pada usia 3-4 bulan/berbunga pupuklah dengan pupuk kandang lk. 3-5 kg per batang pohon pepaya. Ada yang menganjurkan jangan kotoran sapi karena mudah tumbuh jamur yang dapat merusak tanaman pepaya. Akan tetapi saya sendiri menggunakan kotoran sapi (akan coba saya tulis pada bagian II). Adapula yang tidak menganjurkan pemberian pupuk kandang, cukup dengan 69 g Urea, 190 g TSP dan 50 g KCL. atau ZA 130g, TSP 90 dan KCL 40. Ini terus dilakukan setiap 3 bulan sekali ada pula yang menganjukan setiap 6 bulan sekali.

38 responses so far

38 Responses to “Pemupukan Tanaman Pepaya (I)”

  1. alungon 17 Jul 2009 at 6:02 am

    dimana bisa beli bibit pepaya ? balasan ke alamat email

      Telah saya balas ke alamat email saudara
  2. don fondraon 11 Aug 2009 at 9:10 pm

    Salam sukses pak…saya saat ini sedang menanam pepaya bogor di daerah saya di Payakumbuh SUMBAR… pertanyaan saya.. pupuk yang cocok untuk bikin buah pepayanya sesubur itu .. gimana caranya pak….

      Salam kenal don fonda,
      Sebagaimana yang kami lakukan untuk mendapatkan buah yang baik, tidak lain adalah perawatan yang kontinyu terutama pemberian pupuk minimal 3 bulan sekali, bila dimungkinkan setiap bulan, namun biasanya terbentur tenaga kerja dan biaya. Berikan pupuk NPK, terutama bila ingin mendapatkan buah yang baik berikan unsur Kalium (K) tinggi pada saat pembentukan buah. Juga penyiraman jangan sampai terlambat.
      Salam sukses.
  3. miftachul ulumon 12 Aug 2009 at 6:09 am

    saya berdomisilo di kab. Batang Jawa Tengah…mohon informasi di mana membeli bibit pepaya tersebut…..terima kasih.
    mohon di balas ke email saya…

      Salam kenal pa Miftachul Ulum,
      Segera akan kami infokan kepada anda melalui email.
  4. mochamad ayubion 24 Aug 2009 at 1:57 pm

    saya mohon informasinya bibit pepaya red lady product PT.know you see asal taiwan dan alamat ,nomer telephon PT.sewu segar nusantara yang dapat saya hubungi ? terima kasih atas informasinya . email:ayubi_center@yahoo.com/hortikultura.nusantara@gmail.com

      Maaf saya tidak memiliki no kontak alamat di atas.
  5. Bandriyoon 14 Sep 2009 at 10:36 pm

    Mohon informasi untuk tanaman pepaya sebanyak 4 ribu pohon
    umur 6 bln membutuhkan pupuk apa dan berapa kebutuhan pupuknya
    Sebelumnya terima kasih.

      Kebutuhan akan jenis pupuk diusia 6 bulan sama seperti yang bapak berikan di saat usia 3 bulan demikian pula terhadap jumlahnya yang diberikan pun sama. Sebenarnya pemberian pupuk seyogyanya diberikan setiap bulan, namun para pembudidaya dalam menekan efisinsi biasanya dilakukan per 3 bulan.
  6. sumalion 04 Oct 2009 at 10:14 am

    slm knal pak..
    Sy tgl d tarakan kaltim
    Saya sangat berminat utk mngembankan pepaya d trakan.
    Bgmn cra mendapatkan bibitnya, &harganya brp sampe t4 saya?
    Mohon bls lwt email saya, saya tunggu jwbanya..
    Kl bleh minta no yg bs d hubungi.

      Salam kenal kembali pa sumali
      Segera akan kami balas melalui email saudara
  7. is jangkaon 21 Dec 2009 at 10:28 pm

    ASS. sy dari ACEH, BIERUN KEC JANGKA. yg ingin sy tanyakan bagaimana cara memilih bibit yg bagus utk jenis pepaya madu. terimakasih wassalam

      Saya belum banyak mengetahui jenis pepaya madu, namun untuk jenis apapun untuk dijadikan bibit umumnya haruslah dari pohon yang sudah berumur dan yang tumbuh bagus dari sejak awal baik pertumbuhan pohonnya maupun hasil buahnya juga tidak pernah terserang hama penyakit.
  8. riza lubuk alungon 25 Dec 2009 at 7:58 pm

    pepaya saya telah berumur 5 bln, baru mulai berbungan tetapi bunganya banyak yang rontok, apa yang musti saya lakukan dan pupuk apa yang paling tetat saya berikan.

      Wah… sayang betul ya… Itu kemungkinan bukan dari kekurangan pupuk, mungkin kerontokan bunga juga akibat cuaca yang akhir-akhir ini tidak menentu. Nah… mungkin perlu diberikan kalsium agar bunga-bunganya tidak mudah rontok.
  9. antoni dson 09 Jan 2010 at 11:20 pm

    salam kenal pak, saya bertanam pepaya california. kebun pepaya saya baru berumur 2,5 bulan namun tiba2 diserang penyakit keriting daun (antranoksa). mohon petunjuk, bagaimana cara yg tepat untuk dapat mengatasinya. terimakasih.

  10. Deddy lesmanaon 22 Jan 2010 at 12:28 pm

    Selamat Siang Pak. Pesanan bibit california sudah sampai, Terimakasih. Saya juga ingin bertanya utk pemupukan N dari KS apakah sudah mencukupi atau perlu ditambah urea lagi ? Apakah ada beda rasa yg significant kalau kita menggunakan NPK mutiara 16 dan NPK phonska 15 ? Lalu untuk sumber K, apakah KCL canada, ZK atau KCL biasa yang dianjurkan utk mempertajam rasa manis?
    Hormat saya
    Deddy

      Terima kasih, pa Deddy semoga berhasil membudidayakan pepayanya.
      Dari pengalaman saya tanam pepaya tingkat kemanisan banyak dipengaruhi dari ketinggian lahan. Semakin tinggi lahan tingkat kemanisan agak berkurang. Untuk jenis2 pupuk saya belum mengamati secara cermat dengan pasti mana yang baik, coba pa Deddy bereksperimen mana yang baik. Yang penting adalah kesimbangan pemberian NPK bila pH tanah normal. (Hati2 katanya banyak beredar pupuk palsu, saya pun belum tau/lihat bentuknya spt apa).

  11. deddy lesmanaon 04 Feb 2010 at 8:34 pm

    Selamat Malam.
    Saya ingin menanyakan apakah pepaya hibrida dan non hibrida mempunyai perbedaan rasa dan kesegaran dlm buahnya, sebab ada opini dari seed dealer yg mengatakan kalau pepaya hibrida lebih tahan lama dalam rasa dan kesegaran. mungkin kalau pendapat saya mengenai opini tsb adalah “tergantung penanganan, pemupukan di lahan” apakah pendapat saya itu benar menurut bapak, sebagai papaya expert? Mohon explanation.
    Hormat saya
    deddy

      Maaf juga nih, saya tidak begitu expert tentang budidaya buah-buahan, dengan hibrida diharapkan mendapat hasil yang maksimal atau hasil yang lebih baik dari persilangan karena dipilih dari kualitas atau jenis yang memang baik. Namun dalam masa pertumbuhannya sangat-sangat dipengaruhi dari penanganannya. Oleh karena itu benar apa yang pa Dedy utarakan diatas. Bisa saja justru hasilnya jadi kurang baik.

  12. basiton 17 Feb 2010 at 8:55 am

    salam hormat,
    mohon bantuannya untuk penjual bibit pepaya california, taiwan dan hawaii dimana? lokasi saya di jakarta selatan. thanks

      Bisa saya bantu, silahkan mengubungi saya di tlp/hp 021-32072944; 08128558258

  13. mustain syahon 17 Feb 2010 at 10:44 am

    untuk tanah dataran rendah yang basah tamanam pepaya jenis apa yg cocok.makasih

      Semua jenis pepaya cocok

  14. ianteaon 18 Feb 2010 at 1:59 pm

    salam pa…. saya ian dari serang-banten, saya mau nanya, dimanakah lokasi terdekat dari tmpat saya tinggal (saya tinggal di daerah Kab. Serang-Banten), agar saya bisa mendapatkan bibit(biji) pepaya california ? jika tidak keberatan mohon alamat tersebut di kirim melalui email saya ianxx_oct@yahoo.com, emailnya sangat saya tunggu, atas perhatiannya terimakasih… salam

      Segara saya sampaikan melalui emai Anda.

  15. arekon 23 Mar 2010 at 12:30 am

    Salam Kenal Bapak,

    Nama saya Eric, berasal dari Medan, saya sangat tertarik dengan papaya Red lady / pepaya Taiwan ini. Apakah saya bisa mendapatkan sedikit informasi ttg cara mulai bercocok tanam pepaya ini, brapa banyak bibit yang diperlukan dan brapa harganya, contoh: hitungan per hektar, sudah termasuk ongkos kirim sampai di Medan.

      Cara bercocok tanam pepaya bisa di baca artikel2 di blog ini yang berkaitan dengan budidaya. Benih bisa saya sediakan. Kebutuhan benih/bibit per ha adalah lk 1.500-2.000 pohon atau jarak tanam antara satu pohoh dengan pohon lainnya adalah 2 meter. Ongkos kirim bisa di lihat di tiki online, karena saya biasa kirim menggunakan tiki. Harga benih gratis, hanya saya minta untuk upah tenaga kerja staf saya yang membuatnya sebesar Rp 60.000,- per sashet isi lk 250 butir untuk segala jenis pepaya.
      Mohon bantuan informasinya. Terima kasih banyak.
  16. keziaon 18 Jul 2010 at 7:59 pm

    salam hormat
    pak, saya mencari bibit pepaya yang berkualitas dmn belinya, tlg kshn tau tlpn & alamat lgkap, sy berdomisli disunter, jakarta utara. trima kasih, artikelnya sangat bagus dan banyak membantu, tks

  17. Domo prasojoon 12 Aug 2010 at 9:24 pm

    Salam kenal pak, saya petani asal boyalali, saat ini saya tanam pohon pepaya 400 pohon jenis taiwan, umur 1,5 bulan, saya sudah pupuk dgn pupuk kandang asal kotoran sapi. Dan pupuk buatan sendiri campuran kotoran sapi, kotoran puyuh, abu sekam, dan sedikit urea yg sy tutup terpal sehingga terfermentasi sempurna, sy mau tanya, apa unsur cl dan dan posfat yg terdapat di alam agar dapat meningkatkan kualitas pupuk saya. Apakah pemupukan sy sudah tepat, Krn pertumbuahannya nampak baik. Trims atas tanggapannya.

  18. andrion 12 Dec 2010 at 11:18 am

    Pak kalo pepaya panennya berapa lama, trus brp kali dalam setahun… penyakitnya apa saja dan cara mengatasinya secara sederhana baghaimana. makasih

      7-8 bulan sejak tanam sudah siap panen untuk jenis pepaya california, pepaya hawaii atau 9-10 bulan untuk jenis pepaya bangkok/thailand, dan terus bisa di panen setiap minggu sampai 2-3 tahun, tergantung merawatnya. Penyakit dan perawatan serta mengatasinya sama seperti tanaman buah dan sayuran pada umumnya.
  19. Yudion 12 Jan 2011 at 6:43 am

    Pak, untuk pemupukan kalo kita menggunakan pupuk NPK yang sudah mix di pasaran dosisnya bagaimana? dosis 1 bulan dan yang tiap 3 bulan?

      Berikan secukupnya bila untuk pupuk NPK, kecuali pupuk kandang boleh berlebihan. Sebenarnya orang sudah mulai meninggalkan penggunaan pupuk kimia, mereka ingin mengarah pada buah dan sayur organik menyesuaikan permintaan buah dan sayur organik terus meningkat. Oleh karena itu coba sedikit demi sedikit kurangi penggunaan pupuk kimia, kecuali memang benar2 dibutuhkan seperti buahnya kurang manis, bunga mudah rontok, dll.
      Selamat semoga sukses
  20. panglimaon 26 Feb 2011 at 12:09 am

    salam,
    saya petani dari tegal (dataran rendah < 20 m dpl), saya tertarik dg agribisnis pepaya tp blm byk tahu ttg komoditas ini
    bila tak keberatan, mohon informasi mengenai :
    1. jenis (varietas) y cocok dikembangkan d daerah saya
    2. analisis usaha tani pepaya
    3. kebutuhan benih utk lahan 1500 m2, harga dan dmn saya bs mendapatkannya (termudah/terdekat)
    4. prospek pasar dan pemasarannya
    terima kasih sebelumnya
    salam

      Semua jenis cocok, karena apapun jenis pepayanya baik pepaya california, pepaya thailand, pepaya hawaii, pepaya redlady, pepaya orangelady atau yang lainnya umumnya perlakuannya sama. Jumlah pohon yg bisa ditanam di lahan tergantung jenisnya, karena setiap jenis berbeda jarak tanamnya. seperti jenis California jarak lk. tanam 2m x 2m, thailand 2,5m x 3m.Analisis akan saya terbitkan dalam buku budidaya hingga pemasaran. Prospek pasar dan pemasaran masih cukup bagus. Namun saya ingatkan prospek itu sangat tergantung bagaimana kita menghadapinya. Banyak prospek bagus tapi orang sering tergelincir.
  21. fadlion 02 Mar 2011 at 2:25 pm

    salam,
    saya baru memulai menanam pohon pepaya Red lady, disini saya mau menanyakan obat hama penyakit dimana tanaman tersebut berumur 8 bulanan dan sudah memulai panen, masalahnya pada buah pepaya tersebut adanya bercak-bercak putih seperti sarang kepompong,
    demikian atas perhatian bapak saya ucapkan trimakasih

  22. wahyudion 21 Mar 2011 at 10:21 am

    Salam kenal pak, 7 bulan ini saya membudidayakan pepaya bangkok…
    dari sekitar 400 pohon,sekarang mulai berbuah….
    kalau sudah saatnya panen nanti….bagaimana cara penjualan yang optimal?mengingat tengkulak selama ini membelinya dengan harga yang terlalu rendah menurut saya….
    sudikah bapak kiranya memberikan solusinya….
    terima kasih..

      Tanaman Bapak di daerah mana?
  23. wahyudion 27 Mar 2011 at 10:14 am

    Terima kasih pak atas responnya,
    kebun kami terletak di daerah bogor.

  24. uchaon 28 May 2011 at 10:05 am

    salam kenal pak
    saya menanam pepaya california di padang, pupuk yang saya gunakan cukup banyak. pupuk kandang (kotoran ayam) dosis 5 kg/ tanaman setiap 3 bulan. pupuk organik (petroganik) dosis 1 kg/tanaman setiap 4 bulan. pupuk anorganik (campuran urea, ZA, TSP, NPK ponska, NPK impor dari jerman, KCl, sp36) dosis 250 gr/tanaman. saya mau tanya apakah penggunaan pupuk ini sudah benar atau terlalu berlebihan?? karena saya bisa panen 2 x seminggu dengan rata-rata panen 0,7 kg/tanaman.

      Pemupukan sebenarnya adalah untuk memperkaya unsur kandungan tanah sebagai asupan untuk meningkatkan pertumbuhan pohon pepaya. Sehingga ukuran atau takaran serta interval pemupukan maupun jenis pupuk yang digunakan sangat dipengaruhi dari tingkat kesuburan tanah itu sendiri. Kalau kandungan tanah/lahan sudah sangat subur pemupukan sebenarnya tidak perlu berlebihan. Memang ada ukuran yg umum digunakan, namun sekarang sebaliknya cenderung mengurangi pemakaian pupuk kimia sehingga akan dihasilkan buah organik yang sekarang mulai diminati konsumen yaitu buah dan sayur organik dan harganya berbeda cukup tinggi. Inilah peluang bagi para petani.
  25. brianon 01 Sep 2011 at 12:03 am

    pada saat pembibitan di polybag, apakah tanaman pepaya tidak boleh terkena sinar matahari langsung? karna saya menaruh polybag di dalam rumah. terima kasih

      Harus terkena sinar matahari langsung sepanjang hari, oleh karena itu setiap hari Anda harus menyiramnya pagi dan sore hari agar media tetap basah/lembab.
  26. nasikhudinon 04 Sep 2011 at 9:37 pm

    pak saya mau tanya,saya tanam pepaya california sebanyak 800btg namun sebagian di daunnya ada yang keluar bercak kuning dan akhirnya bercak itu menjadi gosong dan ada juga sebagian yang menjadi kriting daunnya.pertanyaan saya pepaya tersebut terserang penyakit atau kekurangan pupuk ?bagaimana cara penanggulangannya umur pepaya saya sekarang baru 2bln dan sudah mulai berbunga namun sebagian rontok.
    mohon petunjuknya terimakasih

  27. sukarmion 13 Sep 2011 at 3:46 pm

    Bapak saya mau tanya ? saya punya pepaya red lady ,saya sudah panen
    buahnya sangat enak ,dan saya sendiri yang langsung memasarkan ke pasar, 1 butir pepaya bisa seharga Rp 10.000 tapi sekarang pohonnya banyak yang mati pucuk, saya mohon saran dari bapak bagaimana cara merawatnya, trimakasih banyak saya minta saranya

  28. eeng hendarsoon 21 Sep 2011 at 12:06 am

    salam kenal pa
    saya dari subang
    saya sedang mencoba mmbudidayakan pepaya califo tpi saya msh bngung tentang cara pengolahannya dri awal hingga panen
    mhon petunjuk dan informasinya

      Salam kenal kembali pa Eeng H.
      Budidaya pepaya bukanlah hal yang sulit, hanya membutuhkan ketekunan dan kesabaran serta kerajian. Rajin memberikan pupuk setiap bulan merawat bila terkena penyakit. Dipastikan akan berhasil. Salam sukses.
  29. wenny rilatupaon 12 Oct 2011 at 1:35 pm

    salam kenal, saya berdomisili disamarinda kaltim, dimana saya bisa beli bbibit dan benih pepaya unggul, apakah ada cabang yang dijual di daerah samarinda? mohon info,tq

      Salam kenal kembali Ibu Wenny R.
      Maaf saya tidak mempunyai cabang dimana2 juga di Samarinda, bila ibu membutuhkan benih bisa saya siapkan dan kirim, silahkan tinggalkan pesan SMS di 08128 558 258. Benih pepaya yang sedia saat ini: Benih pepaya California, Hawaii, Orange Lady, dan Thailand. Terima kasih.
  30. Budiantoon 07 Jan 2012 at 8:22 pm

    salam kenal Pak.
    sy baru perdana mencoba budidaya pepaya red lady di daerah Blora jawa tengah dan skrg usia pepaya yg sy tanam sdh masuk 3bln dan muncul bunga kecil2 seukuran puntung rokok. yang mau sy tanyakan di dekat bunga2 tumbuh daun2 kecil apa perlu dibuang atau dibiarkan sj Pak ?
    pertanyaan sy yang lain apa perlu pemakaian pupuk extra untuk tanaman yg mulai tumbuh bunganya.
    trus red lady katanya termasuk pepaya berjenis kelamin bunga betina lalu penaganan waktu mulai berbunga gmn ya Pak ? mohon panduanya.
    terimakasih banyak

      Salam kenal kembali pa Budiarto,
      Tumbuhnya daun2 kecil boleh dibuang boleh tidak itu nantinya akan lepas dengan sendirinya.
      Untuk mempertahankan bunga agar tidak rontok silahkan berikan pupuk yg mengandung unsur kalium.
      Benar termasuk jenis betina (lady), sehingga buahnya banyak yang berbentuk bulat.
  31. joelon 10 Feb 2012 at 4:14 pm

    salam kenal pak……….
    saya pengen tau berapa jarak tanam yang bagus untuk pepaya dan berapa lama umur pepaya untuk ditnam mulai dari bibit.thanks

      Salam kenal kembali, jarak tanam tergantung jenis pepayanya, spt. pepaya california lk 2m x 2m sedangkan untuk jenis thailand 2,5m x 3m. Bibit dalam polybak upayakan jangan lebih dari 1 bulan segera pindahkan kelahan.
  32. Heri T Hon 14 Feb 2012 at 9:04 pm

    Salam kenal Pak Amir,
    Untuk membedakan antara bunga yang hermaprodit dan yg betina itu bentuknya spt apa… yang nanti jika berbuah disukai konsumen yg dari bunga jenis apa?

      Buah yg disukai konsumen adalah hermaprodit yg buahnya berbentuk kapsul sedangkan betina buahnya berbentuk bulat, konsumen kurang menyukainya meskipun rasanya sama.
  33. aguson 22 Mar 2012 at 8:05 am

    pak sebaiknya bulan apa kalau mau nanam pepaya pak?

      Semua bulan baik, yang penting kesiapan Bapak untuk memulainya.
  34. Ekoon 09 Jul 2012 at 1:35 pm

    Saya mau tanya pak, kalo lahan bekas ditanami tebu kalo ditanami pepaya bagus engga ya…. Mohon bantuannya…
    Makasih…

      Bisa, silahkan ditanami pepaya.
  35. Budion 24 Jul 2012 at 2:42 pm

    salam kenal pak Amir,
    saya coba2 tanam pepaya California di halaman rumah, saat ini sudah berbunga, tapi bunga2 itu setelah mekar langsung gugur, jadi tidak ada yg menjadi buah. kira2 apa penyebab dan bagaimana mengatasinya ya pak?
    terima kasih pak.

      Penyebabnya banyak, bisa karena kekurangan pupuk, atau tanahnya kurang baik atau perawatan spt penyiraman atau karena akibat perubahan cuaca yg ekstrim, karena pepaya sangat rentang terhadap perubahan cuaca. Coba secara rutin berikan pupuk setiap bulan brikan pupuk NPK secukupnya dan 3 atau 4 bulan sekali berikan pupuk kandang. Jangan lupa penyiraman serta buat irigasi yang baik.
  36. Ronnyon 26 Jan 2013 at 3:36 pm

    salam kenal Pak…
    bisa nda kalu ada tumpang sari antara pepaya california dengan tanaman lain. contohnya menanam kacang tanah atau jagung disela-sela pohon california..
    terima kasih pak..

      Salam kenal kembali pa Ronny.
      Silahkan ditumpangsari dengan tanaman lain sepanjang tidak saling ganggu, spt dengan kacang tanah boleh.
  37. antoon 25 Mar 2013 at 4:49 pm

    aslm. salam kenal pak AMIR HAMZAH..
    wah bapak yg luar biasa…pensiun berbuah lebat, bermanfaat bagi sesama…
    saya PNS juga pak..sangat tertarik budidaya pepaya, meskipun sepertinya sudah booming..tp tidak ada terlambat kan pak?..mohon bantuan untuk mendapatkan bibit siap tanam di daerah solo dimana pak ya? sekalian kalau ada kontak personnya yg sudah budidaya dan berkembang sampai sekarang…mohon dikirim ke email saya.
    terima kasih.
    wass.

      Walaikum salam, pa Anto,
      Maaf masih belum booming, sya masih kekurangan buah pepaya untuk mengisi toko2 langganan saya, jadi masih belum terlambat, meskipun saya sudah menyalurkan ribuah sachet keseluruh indonesia, kata orang saya termasuk yang terbesar menyalurkan benih tapi saya masih kekurangan buah untuk mengisi langganan2 saya di jakarta dan sekitarnya.
      Di Solo tidak ada kontak, mereka semua umumnya membeli benih langsung dari saya dikirim dari jakarta.
      Wass.
  38. suyitnoon 29 Dec 2013 at 8:22 pm

    ass wr wbr
    saya peserta pelatihan angkatan 6 pak.
    pepaya saya ada 600 pohon di daerah bitung Tangerang .
    usia tanam pepaya saya 55 hari pak, tapi sudah mulai berbunga, apa ini tidak masalah?
    Terus pada usia tersebut pupuk apa yang cocok pak?
    Sekian terima kasih atas segalanya.

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply


+ one = 6


9 JURUS SUKSES BERTANAM PEPAYA CALIFORNIA


DAFTAR PEMBUDIDAYA PEPAYA DI SELURUH INDONESIA
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DIPEKARANGAN RUMAH
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DI LAHAN PERKEBUNAN
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California

Proses Pembuatan Bibit Pepaya California, Pepaya Thailand/Bangkok dan Pepaya Hawaii Sebanyak 5.000 Polybag lebih pesanan Pa Rusduan untuk ditanam/dikirim ke Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung
Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
Saya Bisa…
Yakin Anda pun Pasti Bisa
Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
Banyak SMS maupun email saya terima dari rekan2 khususnya yang baru memulai atau mencoba membudidayakan pepaya akan kegagalannya saat penyemaian atau membuat bibit/pembibitan. Dari SMS yang saya terima ada yang mencapai hanya 50% Continue Reading..... Terima kasih saya ucapkan kepada Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Indonesian Entrepreneur Society serta TRUBUS atas kepercayaannya pada saya untuk menyampaikan materi pada acara “Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Menghadapi Masa Pensiun” di lingkungan Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal, Continue Reading..... “Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan” ini adalah judul cover “Majalah Duit!” edisi spesial ulang tahun ke-5. No. 5/VI/MEI 2011. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Majalah Duit! telah mewawancarai dan dimuat dalam kolom LIPUTAN UTAMA, Continue Reading..... Saya sangat mengapresiasi program “Bosan Jadi Pegawai” yang ditayangkan oleh stasiun televisi TransTV pada hari Minggu pukul 12:00 s/d 12:30 WIB, tanggal 27  Maret 2011 menampilkan kegiatan saya untuk memaparkan budidaya pepaya california dalam episode “Cantik Pepayanya Menggiurkan Rasa dan Untungnya Continue Reading.....
Wawancara dengan Tabloid "Kontan" Kompas Gramedia
Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Tabloid KONTAN Kompas Gramedia telah mewawancarai saya dan kepeduliannya untuk memasyarakatkan buah-buahan tropis kita khususnya pepaya. Memang tidak disangsikan lagi manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Sehingga perlu didorong untuk dibudidayakan.. . Continue Reading »

Cukup banyak yang menggunakan benih dari saya, oleh karena itu timbul gagasan sangat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi pembudidaya pepaya yang mendapatkan benih dari saya. Dibawah ini dicantumkan nama dan alamat/daerah pemesan serta nomor yang dapat dihubungi, namun tidak dicantumkan lengkap dengan alasan privasi. Continue Reading »

Pada dasarnya budidaya pepaya sangat mudah, tebarkan biji pepaya dipekarangan dalam beberapa minggu sudah terlihat tunas atau pohon pepaya kecil, selanjutnya rutin disiram, dalam waktu 4-5 bulan akan keluar kembang atau bakal buah dan 5 bulan kemudian buah sudah dapat di panen, mudah kan. Continue Reading » Suatu kehormatan yang tinggi sekali saya diundang untuk live talkshow bersama-sama direktur Indonesian Entrepreneur Society (IES) Bapak Bambang Suharno di stasiun Radio Pelita Kasih (RPK FM) Jakarta pada pagi hari tadi (Jumat 30 Juli 2010, pkl.  07:00-08:00 wib). . Continue Reading »
Membuat Bibit Pepaya
Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
Terima kasih kepada semua yang telah mempercayai saya dengan memanfaatkan benih yang saya hasilkan baik jenis pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii, maupun pepaya redlady. selengkapnya ......

Meski semakin banyak jenis dan ragam buah impor, pepaya tetap populer di Indonesia. Selain murah, zat gizi yang dikandungnya pun lengkap. Biji, daun, batang, dan akarnya sangat bermanafaat sebagai obat. Pada tahun 1992, The Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington AS meneliti manfaat kesehatan dari 40 jenis buah. selengkapnya .......

Terima kasih saya ucapkan kepada Indonesian Entrepreneur Society, bapak Bambang  Suharno selaku Direktur Indonesian Entrepreneur Society, telah memberikan kepercayaan pada saya untuk mentraining dan menjadi mentor kepada para entrepreneur dan calon entrepreneur. selengkapnya...» Telah banyak berbagai benih pepaya baik pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii maupun red lady yang memesan kepada saya, terima kasih atas kepercayaannya kepada sahabat-sahabat di Aceh, Medan, Palembang, hingga papua. selengkapnya.......
Pemilihan Lokasi untuk Budidaya Pepaya
Bibit dan Benih Pepaya Unggul
Tabloid Nasari news Edisi No. 15 Tahun 2, Juni 2009
Wawancara dengan "Koran Jakarta" (03/12/2008)
Lokasi Lahan Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membudidayakan pepaya, penentuan lokasi perlu dilakukan dengan cermat, tidak saja lokasi itu harus baik dalam aspek membudidayakan pepaya tapi lokasi juga harus baik dalam aspek keamanan terutama dari tangan-tangan jahil selengkapnya ...........
Bibit dan Benih Pepaya Kesuksesan berbudidaya pepaya salah satunya diawali dengan memiliki benih yang baik, namun dalam prakteknya ternyata tidak saja cukup memiliki benih yang baik atau benih unggul, Perlu penanganan yang baik sehingga akan menghasilkan buah pepaya unggul. selengkapnya .......... Tabloid Nasari newsSekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada "Tabloid nasari news" atas kepeduliannya mengangkat profil beserta aktifitas saya di bidang agribisnis. Mudah-mudahan dapat memberikan motivasi bagi saya agar lebih giat lagi dalam menekuni dunia agribisnis meskipun diusia yang saat ini (1 Juni 2009)  genap berusia 53 tahun. selengkapnya ....... Koran JakartaBeberapa media seperti Kompas Cetak kami berikan apresiasi yang tinggi dengan banyak memuat berita tentang dunia pertanian kita terutama nasib para petani. Juga kami berikan apresiasi kepada "Koran Jakarta" yang mewawancarai saya. selengkapnya ..........

Recent Posts:

  1. 9 Jurus Sukses Bertanam Pepaya California
  2. Terima Kasih Majalah elshinta
  3. Penyebaran Benih Pepaya
  4. Liputan ANTV: Budidaya Pepaya California di Kebun Binaan Milik Pa Yungki di Ciseeng Parung Bogor
  5. Kumpulan SMS Seputar Pertanyaan Budidaya Pepaya
  6. Memberikan Pembekalan Kewirausahaan Khususnya Budidaya Pepaya California Kepada PNS/KORPRI Pemprov Kalimantan Tengah
  7. SWA: “Mencetak Banyak Miliarder, Membangun Ketahanan Pangan”
  8. Keberhasilan Dit Pol Air Polda Banten Membina Nelayan Membudidayakan Pepaya California
  9. Pelatihan Budidaya Pepaya
  10. Buku Pertama Ku
  11. GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun
  12. Pemula Yang Berhasil
  13. Dua Jempol untuk Polisi Perairan Polda Banten
  14. Mengunjungi Kebun Pepaya Milik Pa Anton dan beberapa petani pepaya di Gianyar – Bali.
  15. si KRIBO (kritis dan heboh) dan Artis Dini nyasar ke kebun pepaya saya (akan tayang tgl. 28/09/2012 di MNCTV)
  16. Tunggu Tanggal Tayangnya di MNCTV (Lintas Pagi)
  17. Kunjungan Putri Indonesia ke Kebun Pepaya California Saya
  18. Bibit Siap Tanam untuk Memenuhi Keinginan Masyarakat Jakarta
  19. Program Unggulan Green Radio 89,2fm (Buah Lokal vs Buah Impor)
  20. Terima Kasih Kepada Majalah Ide Bisnis Kompas Gramedia (Analisa Usaha Pepaya)
  21. Kiranya Patut Ditiru Keberhasilan Pa Kasmari Membudidayakan Pepaya California
  22. Untuk Pemula yang Ingin Menggeluti di Agribisnis Pepaya
  23. Memenuhi Undangan Bapak Bupati Kebumen, Jawa Tengah
  24. Waspadai Menghadapi Awal Musim Penghujan Tahun Ini
  25. Pemberian Cuma2 Benih Pepaya California dan Orange Lady kepada SDN Wiyung I Surabaya
  26. Betik Bekal Pensiun (Majalah Trubus; 503 – Oktober 2011/XLII) liputan Majalah Trubus
  27. Konsultasi Langsung Selama Bazaar (18-19/08/2011)
  28. Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
  29. Saya Bisa… Yakin Anda pun Pasti Bisa
  30. Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
  31. Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
  32. Petani Pepaya Jadi Aktor Dadakan (saksikan tayangannya di TransTV 27-Mrt’11 pkl 12:00-12:30 wib)
  33. Mungkin Bermanfaat untuk Anda: Wawancara saya dengan Tabloid Kontan
  34. Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
  35. Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
  36. Kunjungan ke Kebun Pepaya California Milik Pak Kusnadi
  37. Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
  38. Membuat Bibit Pepaya
  39. Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
  40. Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
  41. Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
  42. Mengapa Sebaiknya Pilih Buah Lokal dari Impor
  43. Bentuk Buah Antara
  44. Pemilihan Lokasi
  45. Menanam Pepaya California Dipekarangan Rumah (I)
  46. Bibit dan Benih Pepaya
  47. Terima Kasih Tabloid “nasari news”
  48. Oleh-oleh dari mengikuti Seminar “Langkah Jitu Memulai Bisnis dari NOL”
  49. Mengelola Usaha Jarak Jauh
  50. Pemupukan Tanaman Pepaya (II)
  51. Pemupukan Tanaman Pepaya (I)
  52. Syarat Ideal Tumbuh Tanaman Pepaya
  53. Membuat Benih Sendiri
  54. Parpol Bingung petani Tidak Bingung
  55. Turun, Minat ke Fakultas Pertanian
  56. Jadi Petani
  57. Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur Melalui Juice
  58. Jus buah vs Soft Drink
  59. Panen Buah2an di Kota Jakarta
  60. Perhatian Media Cetak terhadap Petani Luar Biasa
  61. Mudahnya Berkebun Pepaya
  62. Menjadi Angan2
  63. Menghianati Agrikultur
  64. Suara Petani
  65. Definition of Agribusiness
  66. Papaya, Papaw, Paw Paw, Mamao
  67. Hari Pangan Sedunia dan Kemandirian Petani
  68. Dari mimpi dan keprihatinan sampai dengan bangkitnya semangat Baru
  69. Antisipasi Usaha Agribisnis di Era Global
  70. Minat Studi Pertanian Menurun?
  71. Manajemen Agribisnis
  72. Impian? ya….. tinggal Impian
  73. forum AGRO
  74. Lowongan Pekerjaan
  75. STABILO
  76. Pensiun? Kenapa Takut
  77. Benarkah buah lokal kurang diminati?
  78. Orang Bodoh yang Beruntung
  79. Ramuan Anti DBD
  80. Nutrisi Buah Pepaya
  81. Manfaat Getah Pepaya
  82. Pepaya Sebagai Obat Kanker, Jerawat dan Telapak Kaki pecah2
  83. Pepaya Sebagai Obat
  84. Berkebun Pepaya
  85. Pemanfaatan Pepaya
  86. Papaya – Pepaya – Kates – Gedang
  87. Takut Berwirausaha
  88. Keluarga Ku
  89. Selamat Datang!

Pertanyaan2 Anda dan jawaban saya seputar budidaya pepaya:




bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Visitor Sejak 01 Agustus 2009
free counters
lazada INA
Jasa komputer, pengetikan, setting, percetakan dll. Prima Electric: Perbaiki segala peralatan elektronik. Fresh Fruit Tropical. UD Prima Agro