GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun

Angkatan VIII - Waktu dan tempat akan ditentukan kemudian
(perkiraan akhir April 2014 di kebun binaan/mitra)
Pelatihan ini murni kita sharing/berbagi ilmu
tidak ada pesan sponsor penjualan produk seperti pupuk, obat2an, bibit, benih dll.



Para pemesan benih pepaya dari saya khususnya jenis pepaya california dan Hawaii yang dibudidayakan seputar Jawa Barat dsk. (Depok, Bekasi, Karawang, Tangerang, Bogor, Subang, Indramayu) bila sulit memasarkan, saya siap bantu. Juga untuk pemesan dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung saya siap memasarkan bila permintaan terus meningkat.

Nov 19 2009

Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis

Published by at 3:32 pm under Education,Entrepreneurship

menjadi trener di IESTerima kasih saya ucapkan kepada Indonesian Entrepreneur Society, bapak Bambang  Suharno selaku Direktur Indonesian Entrepreneur Society, telah memberikan kepercayaan pada saya untuk pertama kalinya mentraining dan menjadi mentor kepada para entrepreneur dan calon entrepreneur dari anggota Indonesian Entrepreneur Society (IES) khususnya bidang agribisnis.

Pada kesempatan tersebut saya mencoba memberikan motivasi kepada para entrepreneur dan calon entrepreneur yang ingin menekuni usaha di bidang agribisnis seperti yang sedang saya geluti saat ini. Konon katanya untuk jadi wirausahawan tidak ada sekolahnya, yang ada motivasi atau dorongan untuk mau atau berani melangkah untuk jadi usahawan. Mudah-mudahan dengan dorongan ini timbul keberanian untuk melangkah.

Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis

Meskipun perkembangan di sektor pertanian tidak sepesat di sektor lainnya, namun peluang pengembangan usaha di sektor agribisnis masih sangat terbuka lebar. Tidak saja dengan diuntungkannya oleh letak geografis Indonesia yang sepanjang tahun mendapat sinar matahari terus menerus, sehingga dapat menghasilkan produk pertanian sepanjang tahun, juga mata rantai usaha atau kegiatan di bidang agribisnis cukup panjang dan beragam serta sistem pemasarannya cukup kompleks.

Peluang kegiatan bidang agribisnis sangat potensial dikembangkan oleh para calon entrepreneur karena bisa di kerjakan dengan skala kecil, menengah atau besar, tergantung kemampuan yang dimiliki dan bisa memulai usaha dari yang terkecil hingga besar/industri. Seperti misalnya kegiatan-kegiatan usaha di bidang:

  • Usaha di bidang pembuatan benih,
  • Usaha di bidang penyediaan pupuk dan pestisida,
  • Usaha di bidang peralatan pertanian,
  • Usaha di bidang budidaya,
  • Usaha di bidang transportasi,
  • Usaha di bidang pengepakan,
  • Usaha di bidang penyimpanan,
  • Usaha di bidang pengolahan,
  • Usaha di bidang perdagangan:
    • pemborong,
    • pengepul,
    • bandar,
    • pemasok/supplier
    • pengecer.
  • Usaha di bidang keuangan (kerjasama pemberian modal).
  • dan masih banyak usaha di bidang lainnya seperti asuransi, jasa dll.

Di dalam sistem pemasaran produk pertanian relatif lebih kompleks dibanding komoditas lainnya, karena sifat produk pertanian tidak sama satu dengan lainnya seperti dalam hal penangan pasca panen. Demikian pula produk pertanian bisa masuk disegala lapisan pasar seperti pedagang eceran, toko, grosir, restoran, hotel, pasar tradisional, pasar swalayan sampai ekspor.

Kepada para calon entrepreneur bisa memilih bidang-bidang mana yang dirasakan mampu untuk digeluti, bisa pula memilih dengan memulai dari usaha kecil-kecilan/eceran dengan satu dua jenis komoditi sambil terus mengamati dan mempelajari hingga menjadi besar dan sambil terus berupaya menjadi pengusaha atau sebuah industri dengan skala yang besar.

Dan yang terpenting jangan pernah berhenti berusaha dan jangan menyerah karena gagal.

Salam sukses.

18 responses so far

18 Responses to “Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis”

  1. dzeamsyon 23 Nov 2009 at 1:42 pm

    Thanks for the great reference post..
    This is really a great stuff for sharing.keep it up .Thanks for sharing,

  2. Sugiana Hadisuwartoon 25 Dec 2009 at 4:14 pm

    Memang peluang di bidang agribisnis masih sangat terbuka lebar, namun jangan salah di tempat kita usaha di bidang agribisnis masih diliputi oleh risiko yang sangat tinggi. Memang berusaha dibidang apapaun risiko pasti ada, namun agribisnis sangat spesifik karena sebagian besar yang dikelola adalah mahluk hidup terutama jika kita terjun di sektor budidaya sementara itu jaminan risiko/asuransi dan lindung nilai masih belum ada. Mungkin itu pendapat saya, hanya sekedar share mudah-mudahan bisa menjadi bahan diskusi untuk pengembangan agribisnis.
    Salam sukses dan Bravo agribisnis Indonesia.

      Terima kasih atas share-nya, semoga sukses selalu untuk pa Sugiana H.
  3. Rumah Penyuluhon 25 Dec 2009 at 4:18 pm

    Postingan yang menarik, tanah air kita kaya akan sumber daya alam termasuk sumberdaya di bidang pertanian yang dapat kita maksimalkan untuk mendukung pembangunan agribisnis. Namun sayang kita masih mengalami berbagai kendala dalam pengembanganya. Tulisan ini mampu menambah wawasasn dan pengetahuan bagi saya.
    Trima kasih.

      Sama-sama terima kasih, salam sukses.
  4. Wawanon 17 Jan 2010 at 4:00 pm

    Assalamu’alaikum, Wr. Wb.
    Salam kenal pa’ Amir, semoga anda dan keluarga selalu dalam Rahmat dan Inayah Allah SWT, amin!
    Sebetulnya saya dalam perencanaan untuk berwirausaha, dan sedang mencari wirausaha apa yang cocok untuk saya. Saat ini saya masih bekerja di perusahaan swasta di Riyadh Saudi Arabia. Keinginan saya Agustus 2010 sudah punya sesuatu yang bisa dikerjakan di Tanah Air.
    Kelihatanya Agribisnis masih menjanjikan dan berpeluang sangat luas.
    Berkebun Pepaya adalah salah satu yang ingin saya jalankan ketika kembali ke Tanah Air.
    Oleh karena itu mohon kiranya Pa’ Amir bersedia memberikan masukan dan saran mengenai berkebun pepaya yang baik dan benar. jika tidak keberatan tolong kirimkan juga analisis dan prospek budidaya tanaman pepaya ke email saya.
    Di Indonesia saya sekeluarga tinggal di Bogor (satu istri dan tujuh orang anak, tiga putri dan empat putra. semuanya saat ini masih bersama saya di Riaydh). rencananya ingin membuka lahan perkebuanan pepaya ini di Sukabumi, Jawa Barat. karena pertimbangan biaya, mungkin sekitar 1 ha dulu insya Allah.
    Terimakasih dan mohon do’anya dari Pa’ Amir sekeluarga, agar saya berani berwirausaha.
    Wassalam,
    Wawan

      Walaikumsalam pa Wawan, salam kenal,
      Budidaya di daerah di Bogor dan Sukabumi untuk pepaya sangat cocok, banyak rekan-rekan saya yang membudidayakannya disana. Mengenai analisis usaha sedang saya buat mengingat banyak permintaan tentang analisis usaha. Sebagai gambaran umum 1 ha thn pertama biaya lk. 10 juta tahun berikutnya tidak besar hanya biaya perawatan saja. Tahun pertama atau dalam panen pertama numumnya modal sudah kembali bahkan bisa lebih tergantung harga jual di pasar. Insa Allah nanti saya bisa bantu teknis budidaya dan pemasarannya.
  5. Jenggoishon 25 Jan 2010 at 12:16 pm

    Untuk Pak wawan yg masih di Saudi;
    Pak, Bpk keluarganya ada di bogor kan, sy kmrn di tawari tanah di bogor di daerah leuwiliang permeter Rp. 7.800 kalo beli 1 hektar (10.000m )berarti 78jt. dan pasti mungkin ada yg lebih murah di daerah sana, kl memang bpk ada modal jauh2 hari bpk bs beli tanah disana mgkn titip sodaranya yg di bogor, mumpung harga tanahnya belumm naik…
    Hiks maaf ya pak, sy hanya berbagi info, sebenarnya sy juga kepingin sekali punya perkebunan pepaya di leuwiliang, tapi rasanya itu blm bisa terwujud, semoga nanti taon2 kedepan kita bisa jd tetanggaan di perkebunan ya pak he3x

  6. Wawanon 01 Feb 2010 at 3:33 pm

    Untuk Pa’ Jenggoish, terimakasih banyak infonya. Semoga saya bisa menindaklanjuti secepatnya saran anda (mumpung harga tanah belom naek hehe..). Boleh sharing contact nya pa?

    Untuk Pa’ Amir, mohon ma’af dan mudah2an anda tidak keberatan karena saya telah menggunakan blog anda untuk komunikasi dengan pa’ Jenggoish…
    Semoga anda sekeluarga selalu dalam lindungan Allah SWT, amiin!

  7. uchonon 01 Feb 2010 at 11:15 pm

    assalamualaikum
    saya tertarik budidaya pepaya california, ada yang juga bibit pepaya kwalitas super tidak??
    trs mw tanya.. seandainya saya ingin memulai.. harus tau pemborong nya dahulu.. atau pembelinya..
    kira- bapak tau tidak pemborong pepaya??
    ada kontak nya tidak??

      Kami bisa sediakan benih pepaya yang baik, dan sepanjang kualitas serta harga kita sepakati kami siap menerima seberapapun besarnya produksi yang bapak hasilkan.

  8. Novi Won 24 Mar 2010 at 11:17 am

    Assalammualaikum Pak Amir,

    Saya baru membeli sebidang tanah, kebun pepaya california organik di daerah Sukabumi. Tampaknya kurang terurus dan saya tertarik untuk meningkatkan produksinya melalui perawatan intensif yang tetap berbasis organik. Pertanyaannya kemana saya bisa pasarkan pepaya tersebut dan bagaimana mengetahui harga pasar saat kita panen/menjual. Terima kasih

      Bu Novi salam kenal
      Kalau boleh tau perkebunan Ibu ada di mana tepatnya. Saya juga ada kebun di Sukabumi dan mitra saya pun banyak di Sukabumi. Mengenai pemasarannya saya pada prinsipnya siap memasarkan hasil produksi dari perkebunsn bu Novi. Silahkan hubungi saya di HP 08128558258 atau 021-32072944
  9. istafianaon 09 Jun 2010 at 10:11 am

    Salam kenal, peluang agribisnis di Indonesia memang masih sangat luas, diharapkan dengan postingan Bapak semakin banyak yang tertarik untuk berkecimpung sebagai usahawan di bidang agribisnis, siapa tau suatu hari nanti Indonesia menjadi pemasok buah kalengan yang bermutu tinggi dan memiliki nilai tambah yang tinggi.

      Salam kenal kembali, terima kasih, mari kita doakan bersama agar pertanian kita semakin maju.
  10. bambang suharnoon 06 Jul 2010 at 8:58 am

    buat pak amir hamzah, semoga bisnis pepaya maupun yang lainnya tambah maju.
    Jangan bosan-bosan kalau diundang IES untuk sharing pengalaman berwirausaha.
    Materi pak amir di training sangat bagus dan menginspirasi.
    salam dahsyat!

      Yth, pa Bambang Suharno, salam dahsyat juga.
      Dipastikan PASTI hadir bila tidak ada halangan, karena saya sangat butuh shering dari para wirausahawan juga terutama dari suhu saya pa Bambang Suharno.
  11. ridwanon 09 Jul 2010 at 5:53 pm

    peluang memang terbuka lebar, tapi jarang sekali yang berminat sungguh-sungguh

      ini penyebabnya sangat banyak, al. dukungan pemerintah yang tidak terlihat, juga lembaga2 non pemerintan spt perbankan tuk membantu permodalan yg sulit didapat. Juga pengetahuan petani yang relatih rendah, dan yg tidak kalah penting justru kaum muda yang belajar ilmu pertanian tapi setelah ilmu didapat tidak diaplikasikan setelah lulus mencari pekerjaan bukan dibidangnya.
  12. wildanron 13 Jul 2010 at 5:45 am

    Lebih baik menggarap pasar lokal atau fokus ke ekspor ya?

      Kedua2nya masih terbuka peluang besar. Namun garap dulu saja yang dirasakan kita mampu melakukannya.
  13. Kojejeon 17 Jul 2010 at 9:20 am

    Salam sukses saja buat Anda :)
    Thanks buat artikelnya :)

  14. cherryon 24 May 2011 at 7:48 am

    Thanks buat artikelnya

  15. Romli Tamimon 28 Jul 2011 at 9:02 am

    Terima Kasih … Artikel-artikel yang Bapak tulis pada Blog ini sungguh sangat inspiratif dan membuat saya jadi sangat antusias banget untuk pindah haluan terjun membantu Bapak Mertua menjalani masa Pensiun dengan menjadi Petani Pepaya mengikuti jejak Bapak.
    Semoga Kami bisa belajar lebih dari seluruh pengalaman Bapak dan menjadi Sukses serta bermitra dengan Bapak.
    Sekali lagi Terima Kasih.

  16. viaon 27 Aug 2011 at 12:06 pm

    Ayah saya punya lahan di daerah Bogor dan kebetulan sedang ditanami oleh pepaya.. kira2 brp lama yg dibutuhkan dr benih pepaya tesebut untuk menjadi pohon pepaya yang menghasilkan buah?? terima kasih..

  17. Bramon 01 Apr 2012 at 8:11 am

    Salam Sukses,
    Bapak, mau tanaya, untuk daerah muntilan kab. magelang jawa tengah, apakah cocok untuk pembudidayaan pepaya california.
    Jika bisa, pertanyaan selanjutnya bagaimana pemasarannya ?
    Terima kasih atas informasinya.
    Salam
    Bram

      Pepaya sangat cocok di tanam di daerah tropis apalagi pulau jawa, namun untuk mendapatkan pepaya yang berkualitas sebaiknya di tanam di daerah dengan ketinggian tidak lebih dari 500 dpl (diatas permulaan laut).
      Pemasarannya bagaimana? ini pertanyaan klasik yang sering saya dengar, jawabnya… ya bapak jajakan/dagangkan ke pasar2, ke toko2 buah, ke para pengepul ke para suplier, atau sekarang orang banyak berdagang di internet, FB, dll. Bagaimana orang akan tau kalau bapak telah menanam pepeya, tanpa bapak beritahu mereka2 semua. Setelah mereka tau pasti berikutnya ada negosiasi.
  18. darjo santosoon 04 Dec 2012 at 12:36 am

    Assalamu’alaikum, Wr. Wb.
    Salam kenal pa’ Amir, semoga anda dan keluarga selalu dalam Rahmat dan Inayah Allah SWT, amin!
    Sebetulnya saya dalam perencanaan untuk berwirausaha, dan sedang mencari wirausaha apa yang cocok untuk saya. Saat ini saya masih bekerja di Abu Dhabi di kepolisian bagian emergency rescue,,,,sebetulnya latar belakang pendidikan saya dan istri saya adalah dibidang kesehatan tetapi Sebetulnya saya dalam perencanaan untuk berwirausaha, dan sedang mencari wirausaha apa yang cocok untuk saya. . Keinginan saya february 2014 sudah punya sesuatu yang bisa dikerjakan di Tanah Air karena saya akan reign jadi saya ingin perencanaan jauh sebelumnya
    Kelihatanya Agribisnis masih menjanjikan dan berpeluang sangat luas.
    Berkebun Pepaya atau lainya adalah salah satu yang ingin saya jalankan ketika kembali ke Tanah Air. karena orang tua saya adalah petani,tetapi selama ini orang tua kami hanya bertani sambilan artinnya tidak luas luas amat
    Oleh karena itu mohon kiranya Pa’ Amir bersedia memberikan masukan dan saran mengenai berkebun pepaya atau lainya yg cocok buat saya yang baik dan benar. jika tidak keberatan tolong kirimkan juga analisis dan prospek budidaya tanamanya ke email saya.
    Di Indonesia saya sekeluarga tinggal di tangerang dan rencana ingin membeli tanah di bogor rencananya ingin membuka lahan perkebuanan pepaya atau lainya ini di bogori, Jawa Barat. karena pertimbangan biaya, mungkin sekitar 1 ha dulu insya Allah.

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply


+ 1 = five

DAFTAR PEMBUDIDAYA PEPAYA DI SELURUH INDONESIA
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DIPEKARANGAN RUMAH
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DI LAHAN PERKEBUNAN
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California

Proses Pembuatan Bibit Pepaya California, Pepaya Thailand/Bangkok dan Pepaya Hawaii Sebanyak 5.000 Polybag lebih pesanan Pa Rusduan untuk ditanam/dikirim ke Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung
Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
Saya Bisa…
Yakin Anda pun Pasti Bisa
Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
Banyak SMS maupun email saya terima dari rekan2 khususnya yang baru memulai atau mencoba membudidayakan pepaya akan kegagalannya saat penyemaian atau membuat bibit/pembibitan. Dari SMS yang saya terima ada yang mencapai hanya 50% Continue Reading..... Terima kasih saya ucapkan kepada Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Indonesian Entrepreneur Society serta TRUBUS atas kepercayaannya pada saya untuk menyampaikan materi pada acara “Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Menghadapi Masa Pensiun” di lingkungan Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal, Continue Reading..... “Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan” ini adalah judul cover “Majalah Duit!” edisi spesial ulang tahun ke-5. No. 5/VI/MEI 2011. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Majalah Duit! telah mewawancarai dan dimuat dalam kolom LIPUTAN UTAMA, Continue Reading..... Saya sangat mengapresiasi program “Bosan Jadi Pegawai” yang ditayangkan oleh stasiun televisi TransTV pada hari Minggu pukul 12:00 s/d 12:30 WIB, tanggal 27  Maret 2011 menampilkan kegiatan saya untuk memaparkan budidaya pepaya california dalam episode “Cantik Pepayanya Menggiurkan Rasa dan Untungnya Continue Reading.....
Wawancara dengan Tabloid "Kontan" Kompas Gramedia
Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Tabloid KONTAN Kompas Gramedia telah mewawancarai saya dan kepeduliannya untuk memasyarakatkan buah-buahan tropis kita khususnya pepaya. Memang tidak disangsikan lagi manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Sehingga perlu didorong untuk dibudidayakan.. . Continue Reading »

Cukup banyak yang menggunakan benih dari saya, oleh karena itu timbul gagasan sangat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi pembudidaya pepaya yang mendapatkan benih dari saya. Dibawah ini dicantumkan nama dan alamat/daerah pemesan serta nomor yang dapat dihubungi, namun tidak dicantumkan lengkap dengan alasan privasi. Continue Reading »

Pada dasarnya budidaya pepaya sangat mudah, tebarkan biji pepaya dipekarangan dalam beberapa minggu sudah terlihat tunas atau pohon pepaya kecil, selanjutnya rutin disiram, dalam waktu 4-5 bulan akan keluar kembang atau bakal buah dan 5 bulan kemudian buah sudah dapat di panen, mudah kan. Continue Reading » Suatu kehormatan yang tinggi sekali saya diundang untuk live talkshow bersama-sama direktur Indonesian Entrepreneur Society (IES) Bapak Bambang Suharno di stasiun Radio Pelita Kasih (RPK FM) Jakarta pada pagi hari tadi (Jumat 30 Juli 2010, pkl.  07:00-08:00 wib). . Continue Reading »
Membuat Bibit Pepaya
Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
Terima kasih kepada semua yang telah mempercayai saya dengan memanfaatkan benih yang saya hasilkan baik jenis pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii, maupun pepaya redlady. selengkapnya ......

Meski semakin banyak jenis dan ragam buah impor, pepaya tetap populer di Indonesia. Selain murah, zat gizi yang dikandungnya pun lengkap. Biji, daun, batang, dan akarnya sangat bermanafaat sebagai obat. Pada tahun 1992, The Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington AS meneliti manfaat kesehatan dari 40 jenis buah. selengkapnya .......

Terima kasih saya ucapkan kepada Indonesian Entrepreneur Society, bapak Bambang  Suharno selaku Direktur Indonesian Entrepreneur Society, telah memberikan kepercayaan pada saya untuk mentraining dan menjadi mentor kepada para entrepreneur dan calon entrepreneur. selengkapnya...» Telah banyak berbagai benih pepaya baik pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii maupun red lady yang memesan kepada saya, terima kasih atas kepercayaannya kepada sahabat-sahabat di Aceh, Medan, Palembang, hingga papua. selengkapnya.......
Pemilihan Lokasi untuk Budidaya Pepaya
Bibit dan Benih Pepaya Unggul
Tabloid Nasari news Edisi No. 15 Tahun 2, Juni 2009
Wawancara dengan "Koran Jakarta" (03/12/2008)
Lokasi Lahan Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membudidayakan pepaya, penentuan lokasi perlu dilakukan dengan cermat, tidak saja lokasi itu harus baik dalam aspek membudidayakan pepaya tapi lokasi juga harus baik dalam aspek keamanan terutama dari tangan-tangan jahil selengkapnya ...........
Bibit dan Benih Pepaya Kesuksesan berbudidaya pepaya salah satunya diawali dengan memiliki benih yang baik, namun dalam prakteknya ternyata tidak saja cukup memiliki benih yang baik atau benih unggul, Perlu penanganan yang baik sehingga akan menghasilkan buah pepaya unggul. selengkapnya .......... Tabloid Nasari newsSekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada "Tabloid nasari news" atas kepeduliannya mengangkat profil beserta aktifitas saya di bidang agribisnis. Mudah-mudahan dapat memberikan motivasi bagi saya agar lebih giat lagi dalam menekuni dunia agribisnis meskipun diusia yang saat ini (1 Juni 2009)  genap berusia 53 tahun. selengkapnya ....... Koran JakartaBeberapa media seperti Kompas Cetak kami berikan apresiasi yang tinggi dengan banyak memuat berita tentang dunia pertanian kita terutama nasib para petani. Juga kami berikan apresiasi kepada "Koran Jakarta" yang mewawancarai saya. selengkapnya ..........

Recent Posts:

  1. Penyebaran Benih Pepaya
  2. Liputan ANTV: Budidaya Pepaya California di Kebun Binaan Milik Pa Yungki di Ciseeng Parung Bogor
  3. Kumpulan SMS Seputar Pertanyaan Budidaya Pepaya
  4. Memberikan Pembekalan Kewirausahaan Khususnya Budidaya Pepaya California Kepada PNS/KORPRI Pemprov Kalimantan Tengah
  5. SWA: “Mencetak Banyak Miliarder, Membangun Ketahanan Pangan”
  6. Keberhasilan Dit Pol Air Polda Banten Membina Nelayan Membudidayakan Pepaya California
  7. Pelatihan Budidaya Pepaya
  8. Buku Pertama Ku
  9. GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun
  10. Pemula Yang Berhasil
  11. Dua Jempol untuk Polisi Perairan Polda Banten
  12. Mengunjungi Kebun Pepaya Milik Pa Anton dan beberapa petani pepaya di Gianyar – Bali.
  13. si KRIBO (kritis dan heboh) dan Artis Dini nyasar ke kebun pepaya saya (akan tayang tgl. 28/09/2012 di MNCTV)
  14. Tunggu Tanggal Tayangnya di MNCTV (Lintas Pagi)
  15. Kunjungan Putri Indonesia ke Kebun Pepaya California Saya
  16. Bibit Siap Tanam untuk Memenuhi Keinginan Masyarakat Jakarta
  17. Program Unggulan Green Radio 89,2fm (Buah Lokal vs Buah Impor)
  18. Terima Kasih Kepada Majalah Ide Bisnis Kompas Gramedia (Analisa Usaha Pepaya)
  19. Kiranya Patut Ditiru Keberhasilan Pa Kasmari Membudidayakan Pepaya California
  20. Untuk Pemula yang Ingin Menggeluti di Agribisnis Pepaya
  21. Memenuhi Undangan Bapak Bupati Kebumen, Jawa Tengah
  22. Waspadai Menghadapi Awal Musim Penghujan Tahun Ini
  23. Pemberian Cuma2 Benih Pepaya California dan Orange Lady kepada SDN Wiyung I Surabaya
  24. Betik Bekal Pensiun (Majalah Trubus; 503 – Oktober 2011/XLII) liputan Majalah Trubus
  25. Konsultasi Langsung Selama Bazaar (18-19/08/2011)
  26. Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
  27. Saya Bisa… Yakin Anda pun Pasti Bisa
  28. Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
  29. Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
  30. Petani Pepaya Jadi Aktor Dadakan (saksikan tayangannya di TransTV 27-Mrt’11 pkl 12:00-12:30 wib)
  31. Mungkin Bermanfaat untuk Anda: Wawancara saya dengan Tabloid Kontan
  32. Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
  33. Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
  34. Kunjungan ke Kebun Pepaya California Milik Pak Kusnadi
  35. Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
  36. Membuat Bibit Pepaya
  37. Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
  38. Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
  39. Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
  40. Mengapa Sebaiknya Pilih Buah Lokal dari Impor
  41. Bentuk Buah Antara
  42. Pemilihan Lokasi
  43. Menanam Pepaya California Dipekarangan Rumah (I)
  44. Bibit dan Benih Pepaya
  45. Terima Kasih Tabloid “nasari news”
  46. Oleh-oleh dari mengikuti Seminar “Langkah Jitu Memulai Bisnis dari NOL”
  47. Mengelola Usaha Jarak Jauh
  48. Pemupukan Tanaman Pepaya (II)
  49. Pemupukan Tanaman Pepaya (I)
  50. Syarat Ideal Tumbuh Tanaman Pepaya
  51. Membuat Benih Sendiri
  52. Parpol Bingung petani Tidak Bingung
  53. Turun, Minat ke Fakultas Pertanian
  54. Jadi Petani
  55. Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur Melalui Juice
  56. Jus buah vs Soft Drink
  57. Panen Buah2an di Kota Jakarta
  58. Perhatian Media Cetak terhadap Petani Luar Biasa
  59. Mudahnya Berkebun Pepaya
  60. Menjadi Angan2
  61. Menghianati Agrikultur
  62. Suara Petani
  63. Definition of Agribusiness
  64. Papaya, Papaw, Paw Paw, Mamao
  65. Hari Pangan Sedunia dan Kemandirian Petani
  66. Dari mimpi dan keprihatinan sampai dengan bangkitnya semangat Baru
  67. Antisipasi Usaha Agribisnis di Era Global
  68. Minat Studi Pertanian Menurun?
  69. Manajemen Agribisnis
  70. Impian? ya….. tinggal Impian
  71. forum AGRO
  72. Lowongan Pekerjaan
  73. STABILO
  74. Pensiun? Kenapa Takut
  75. Benarkah buah lokal kurang diminati?
  76. Orang Bodoh yang Beruntung
  77. Ramuan Anti DBD
  78. Nutrisi Buah Pepaya
  79. Manfaat Getah Pepaya
  80. Pepaya Sebagai Obat Kanker, Jerawat dan Telapak Kaki pecah2
  81. Pepaya Sebagai Obat
  82. Berkebun Pepaya
  83. Pemanfaatan Pepaya
  84. Papaya – Pepaya – Kates – Gedang
  85. Takut Berwirausaha
  86. Keluarga Ku
  87. Selamat Datang!

Pertanyaan2 Anda dan jawaban saya seputar budidaya pepaya:




bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Visitor Sejak 01 Agustus 2009
free counters
lazada INA
Jasa komputer, pengetikan, setting, percetakan dll. Prima Electric: Perbaiki segala peralatan elektronik. Fresh Fruit Tropical. UD Prima Agro