GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun

Angkatan VIII - Waktu dan tempat akan ditentukan kemudian
(perkiraan akhir April 2014 di kebun binaan/mitra)
Pelatihan ini murni kita sharing/berbagi ilmu
tidak ada pesan sponsor penjualan produk seperti pupuk, obat2an, bibit, benih dll.



Para pemesan benih pepaya dari saya khususnya jenis pepaya california dan Hawaii yang dibudidayakan seputar Jawa Barat dsk. (Depok, Bekasi, Karawang, Tangerang, Bogor, Subang, Indramayu) bila sulit memasarkan, saya siap bantu. Juga untuk pemesan dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung saya siap memasarkan bila permintaan terus meningkat.

Feb 24 2009

Membuat Benih Sendiri

Published by at 10:40 am under About Papaya,Education

Benih PepayaPerbanyakan pohon pepaya dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan cara sambung, cangkok, atau dengan biji. Namun dengan cara sambung dan cangkok jarang dilakukan orang karena dirasakan sangat sulit. Cara yang paling mudah untuk perbanyakan adalah dengan biji, ini menjadi alternatif untuk mengembangbiakan tanaman pepaya yang banyak dilakukan para petani pepaya saat ini.

Penyiapan Bibit

Benih pepayaSaat ini bibit sangat mudah didapat di toko-toko benih pepaya, namun demikian ini masih harus dibuktikan terlebih dahulu. Apakah bisa beradaptasi dengan iklim setempat, mengingat sifat tanaman pepaya sangat peka terhadap pengaruh suhu dan kelembaban. Oleh karena itu para petani lebih senang membuatnya sendiri benih pepaya atau paling tidak untuk pemuliaan membeli bibit yang terpercaya hasil penangkaran di balai penangkaran.

Cara Penyiapan Bibit

Benih pepayaBibit kita ambil dari pohon pepaya yang besifat unggul, produktif dan berkualitas serta dalam satu tahun berbuah pada dua kali musim terus menerus. Buah pepaya yang akan dijadikan benih adalah yang masak pohon atau yang telah tua betul dam dalam keadaan baik dengan bentuk bulat panjang. Makin tua atau makin masak ini akan mempercepat perkecambahannya.

Biji yang akan dijadikan benih diambil dari 2/3 bagian buah, 1/3 bagian pangkal tidak digunakan. Sebaiknya sebelum di potong buah pepaya diguncang-gunjangkan terlebih dahulu dan biji yang rontok tidak dipakai.

Benih PepayaAmbil biji-biji dari 2/3 bagian pepaya yang masih melekat pada buah dan letakkan pada wadah seperti waskom yang berisi air, Untuk mendapatkan benih yang baik, terhadap biji-biji ini masih perlu melakukan pemilihan kembali dengan memasukan biji pepaya kedalam wadah yang telah berisi air.

Di dalam wadah biji akan terlihat ada sebagian yang mengambang dan ada yang tenggelam. Maka kita lakukan pemisahan kembali, yang mengambang kita sisihkan atau dibuang karena tidak akan kita jadikan bibit. Terhadap yang tenggelam kita pindahkan ke sebuah wadah, inilah biji-biji pepaya yang nantinya kita akan jadikan benih.

Benih pepayaLangkah selanjutnya biji-biji hasil pilihan tersebut di bersihkan dari lapisan yang lunak dan berwarna putih bening dengan membiarkan 2-3 di tempat yang teduh (jangan langsung terkena sinar matahari) lalu dicuci dengan air sampai bersih.

Penyimpanan Bibit

Benih pepaya

Apabila biji-biji tadi tidak digunakan langsung maka perlu disimpan atau diawetkan dengan baik dengan cara: setelah dicuci dan dikeringkan biji dicampur dengan abu dapur secukupnya lalu disimpan dalam botol berwarna hijau/biru (warna gelap), atau kantong plastik dan masukan dalam kaleng yang tertutup rapat.

————————————————–

49 responses so far

49 Responses to “Membuat Benih Sendiri”

  1. Vladimiron 28 Feb 2009 at 1:33 am

    very nice and good and healthy information…
    I have a similar page too if you would like to see it then go here:
    http://seekthat.net/blog/2009/02/27/papaya-fruit-nutrients-and-benefits/

      Thanks
      I will see, and I’ll link from my blog
  2. budion 28 Feb 2009 at 9:37 am

    assalamualaikum pak saya berminat ingin budidaya pepaya.. saya ingin punya bibit dari bapak kira-kira gimana caranya pak… saya dari palembang. terima kasih sebelumnya. Wassalam.
    Walaikumsalam wr. wb.

      Salam kenal Pak Budi.
      Saya sambut gembira bapak berniat membudidayakan pepaya. Kami selama ini membuat bibit tidak untuk dijual belikan hanya untuk kami gunakan sendiri. Perlu uji coba terlebih dahulu apakah bibit yang kami buat (di Banyuwangi) akan cocok atau dapat beradaptasi untuk di tanam tempat bapak di daerah Palembang. Kami sarankan buat sendiri dari (karena sangat mudah) dari jenis pepaya yang dianggap bagus dari daerah bapak sendiri. Bagus dalam hal kualitas (memenuhi standar untuk dijadikan benih) dan yang tidak kalah pentinggnya bagus dari jenis pepaya apa yang cukup besar pangsa pasarnya di daerah bapak.
      Wassalam.
  3. budion 01 Mar 2009 at 9:10 pm

    terima kasih pak atas sarannya
    mudah-mudahan tambah banyak orang seperti anda di indonesia ini.
    wassalam.

      Sama-sama terima kasih,
      Salam sukses, wassalam
  4. dtrson 02 Mar 2009 at 9:15 pm

    wah, sayang ya… saya ga suka pepaya… :P

  5. ronion 28 Apr 2009 at 3:15 pm

    Salam Kenal Pak Amir.
    Blog Bapak sangat informatif & inspiratif, terima kasih.
    Saya suka sekali pepaya, namun akhir2 ini saya tidak mendapatkan pepaya yang buahnya dalamnya merah & benar2 manis, berbeda dengan beberapa tahun yang lalu.
    Saya ingin mencoba buah pepaya hasil produksi Bapak, dimana saya bisa dapatkan ?

    Salam

      Salam kenal pa Roni,
      Wah… suka dengan buah pepaya ya,
      Mungkin kebetulan mendapatkan pepaya yang kurang manis, sekarang pun bila pas mendapatkan yang baik, pasti manis rasanya. Beli atau pilih pepaya yang matang dengan warna kulitnya yang merah atau paling tidak kening ke merah-merahan, jangan yang kuning pucat. Ini hampir dipastikan manis.
      Pada umumnya pepaya yang masuk ke Jakarta telah di karbit, ini agar sesampainya di Jakarta buah pepaya menjadi matang, karena waktu petik/panen belum sepenuhynya matang dan ini dilakukan untuk menghindari kerusakan dalam perjalanan.
      Adapun saya selama memasok Jakarta (Pasar Induk Kramat Jati, Ps. Bekasi, Ps. Pulo Gadung atau Ps. Kebayoran Lama) tidak melakukan pengkarbitan.
      Untuk mencoba buah pepaya saya pada bulan-bulan ini tidak mensuplai Jakarta namun mensuplai ke Denpasar – Bali. Karena harga jual di sana saat ini cukup tinggi dibandingkan dengan Jakarta.
      Pa Roni domisili dimana? di Jakarta? Nanti ya… Kalau harga jual di Jakarta tinggi dan saya suplai ke Jakarta, saya kabari, saya kasih gratis, kalau mau merasakan manisnya buah pepaya saya. Oke!
  6. andreon 12 May 2009 at 7:04 pm

    salam,,
    saya hobiis asal Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, yang berminat membudidayakan pepaya. Karena awam, saya membutuhkan seseorang yang bisa membimbing saya. Saya menginginkan membudidayakan pepaya unggul, jenis california maupun yang lain, yang mampu berbuah dalam waktu yang singkat (pohon kerdil dan berbuah lebat). Bagaimana cara pembibitannya? apakah saya harus membeli pepaya unggul dipasaran lalu menyemai biji atau membeli bibit jadi (berupa benih kemasan atau berwujud tanaman baru semai) di penangkaran pepaya. Apalagi, di Tulungagung sepengetahuan saya tidak ada pembudidayaan pepaya skala besar.terima kasih
    mohon bantuannya.

      Salam kenal Sdr. Andre,
      Saya sambut gembira Anda memiliki keinginan membudidayakan pepaya. Untuk diketahui bahwa Jawa Timur adalah produsen terbesar pepaya di Indonesia. Dan Anda sebenarnya beruntung karena tinggal di Tulunggagung, Jawa Timur coba Anda jalan sedikit ke utara yakni ke daerah Kediri di sana saya kira cukup banyak perkebunan pepaya atau Anda jalan ke arah timur ke daerah Blitar, di sana pun banyak perkebunan pepaya atau kalau mau jauh sedikit yakni ke daerah Malang. Disana Anda bisa belajar langsung dengan para petani pepaya, bagaimana membudidayakan dengan baik.
      Untuk jenis pepaya yang akan Anda budidayakan, sebaiknya anda terlebih dahulu melakukan analisa pasar, karena setiap jenis pepaya memiliki pangsa pasar berbeda. Dan ini pun sebenarnya Anda bisa belajar dari para petani di daerah yang saya sebutkan diatas. Belajar membudidayakan maupun pemasarannya, untuk diketahui pula suplai dari daerah tersebut diatas ke Jakarta cukup besar disamping kualitasnya pun cukup baik.
      Selamat dan Salam sukses
      Amir Hamzah
  7. Cecep Azizon 08 Jun 2009 at 12:49 pm

    Yth. Pak Amir Hamzah,
    Terima kasih atas sharingnya di blog Bapak.
    Saya mempunyai lahan seluas +/- 3000 m2 di daerah Cianjur, dan akan saya coba untuk tanami Pepaya California, dan Bangkok.
    Mohon bantuan Bapak untuk memberi petunjuk mengenai peluang usaha tanaman tsb, dan cara bertanam pepaya yang baik.
    Terima kasih atas bantuan Bapak, semoga usaha Bapak sukses selalu.
    Hormat saya,
    Cecep Aziz.

      Yth. Pak Cecep Aziz, salam kenal.
      Budidaya pepaya tidak terlalu sulit, saya yakin benar pak Cecep pasti bisa, karena tanam pepaya tidak memerlukan perlakuan yang khusus hanya dibutuhkan kerajinan dalam hal perawatan spt. pemupukan, penyiraman dll.
      Namun ada satu hal yang sering dilupakan orang dan ini juga dialami oleh saya sendiri, yaitu masalah keamanan, siapa yang tidak “ngiler” melihat buah pepaya yang montok-montok ranum, besok mau panen sudah hilang yang siap penen. Jadi mohon pertimbangannya dalam segi keamanan.
      Salam sukses
      Amir Hamzah
  8. Dewa th.40.neon 15 Sep 2009 at 3:13 pm

    Yth, Pak amir Di Tempat
    Pak amir, bagaimana cara membuat pepaya agar panen jatuh di bulan oktober? mohon penjelasannya, dan trima kasih.

      Pepaya mulai dipanen atau panen pertama berkisar 9-10 bulan semenjak persemaian, ini untuk jenis pepaya Bangkok, sedangkan untuk jenis pepaya california berkisar 8-9 bulan sudah bisa dipanen. Oleh karena itu Anda bisa hitung mundur kapan mulai menanam pepaya bila hendak di panen pada bulan yang ingin Anda tentukan.
  9. Rudyon 23 Sep 2009 at 11:51 am

    pak Amir, bagaimana jikalau buah pepaya untuk bibit diperoleh dari pohon pepaya yang baru berumur satu tahun

      Pa Rudy….
      Pada dasarnya bisa dijadikan benih, namun Saya tidak berani merekomendasikan buah dari pohon yang baru berumur lk. 1 tahun. Ada banyak kehawatiran akan hasilnya yang tidak akan maksimal, karena belum teruji pertumbuhannya.
      Saya melakukan dari pohon sempurna yang telah berumur 3 tahunan, setelah melihat buahnya yang selama 3 tahun sangat bagus, pohonnya tidak pernah terkena hama penyakit, dan dikelilingi oleh pohon-pohon yang bagus pula (sempurna).
  10. arifaon 09 Oct 2009 at 3:44 pm

    assalamualaikum pak amir
    bgmn dng pemasaran di daerah bogor pak?

      Walaikumsalam bu Arifa,
      Produksinya di daerah Bogor sedangkan pemasarannya di Jakarta dan sekitarnya
  11. antoni syahon 09 Nov 2009 at 10:56 am

    pak amir, bagai mana cara pemberian pupuk yang baik, dan pupuk apa yang sebaiknya di berikan pada tanaman pepaya.

      Sebagaimana manusia untuk tumbuh sehat membutuhkan asupan seperti makanan, minuman dan vitamin, demikian halnya tanaman pepaya sangat membutuhkannya. Namun pada tanaman pemberiannya tidak seperti manusia yang harus setiap hari. Pada pepaya untuk pemberian pupuk khususnya NPK cukup diberikan setiap bulan sekali, namun bila dilakukan setiap bulan biasanya akan terkendala pada biaya tenaga kerja, bisa dibayangkan bila kita memiliki lahan yang cukup luas lebih dari 1 ha, sudah barang tentu membutuhkan biaya tenaga kerja untuk pemupukan tidak sedikit. Oleh karena masih bisa di tolerir minimal pemberian pupuk dilakukan 3 bulan sekali. Pemberian pupuk dilakukan dengan menggali diseputar tanaman pepaya ditaburkan dan ditutup kembali dengan tanah galiannya. Jarak galian kira-kira dibawah ujung daun pepaya.
  12. awankuon 22 Dec 2009 at 3:58 pm

    assalamualaikum pak amir,,
    saya minta sarannya, antara pepaya betina dan jantan mana yang harus dipertahankan, dan yang lebih bagus itu yang mana, makasih bantuannya,

      Bila bunga pertama jantan maka bunga selanjutnya adalah sempurna ini yang dipertahankan. Bila bunga pertama betina maka bunga selanjutnya akan betina,
      untuk pepaya yang bunga betina bisa di cabut dan diganti, karena bunga betina bentuk buahnya nanti agak bulat dan dipasaran harganya rendah meskipun dari segi rasa tidak ada berbedaan. Namun banyak juga petani mempertahankan buah yang bentuknya bulat/betina.
  13. iimon 23 Jan 2010 at 8:56 pm

    suami saya seneng banget yang namanya pepaya,…….bisa nich dijadikan alternatif berkebun…thanks ya

  14. Katrinon 11 Mar 2010 at 11:32 am

    Saya senang dgn tips nya.., mudah dimengerti…, mau coba.. soalnya papa saya senang dgn pepaya dan minta saya untuk menanamnya.

      Semoga berhasil

  15. jasriyantoon 13 Mar 2010 at 1:16 pm

    aslm
    Salam kenal pak amir..saya mau tanya pak, gimana cara buat bibit pepaya supaya betina semuanya, karena saya sudah coba tip dari pak amir, tapi kok banyak yang jantan pepaya nya yaa pak
    Terima kasih atas jawaban nya
    wslm

      Pepaya memiliki 3 macam bunga. yaitu betina (pistilate), sempurna (hermaphrodite) dan bunga jantan (staminate) ini diketahui setelah pepaya berusia lk 3-4 bulan.
  16. jasriyantoon 13 Mar 2010 at 1:23 pm

    Aslm
    Pak amir saya mau tanya apa obat untuk jamur pada pepaya dan juga gimana cara menghilangkan semut/serangga pada pepaya,,trus pak brapa kali pepaya harus di semprot
    terimakasih
    salam

      Banyak obat-obatan untuk membunuh semut dan serangga, yang penting ikuti dosisnya dan yang terpenting jangan terlalu sering. Yang baik lihat dahulu hasil penyemprotannya, baru diulang lagi setelah diketahui hasilnya.
  17. dedit suryaon 21 Mar 2010 at 6:15 am

    Assalamu’alaikum wr.wb.

    Salam kenal PAk Amir. Saya dedit, mau tanya prospek usaha pepaya california bagaimana dan BEP berapatahun modal kembali? saya juga mohon bagaimana cara buddayanya karena saya tinggal di daerah bali. terima kasih atas jawabannya. tolong hasil jawabannya dikirim ke email ini deditsuryajayadinata@yahoo.co.id

  18. Heru Prasetyaon 21 Mar 2010 at 10:17 pm

    Pak Amir Yth,
    Perkenalkan nama saya Heru dari Purwokerto, saya tertarik untuk budidaya pepaya california untuk itu mohon petunjuk/ cara tanam dan analisa bisnisnya.
    Apakah tanah bekas sawah dapat digunkan sebagai media tanam dan bagaimana cara mengolahnya?
    Apakah benar investasi awal hrs 3 ha ? Maaf pak 1 ha berapa m2?
    krn saya punya tanah sawah lk 1000m2.
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    Heru ++

      Petunjuk budidaya pepaya bisa di baca di blog ini. Tanah bekas sawah cukup baik namun harus hati-hati karena biasanya diatas permukasn tanah biasanya nampak kering namun di bawah tanah cukup basar ini bisa mengakibatkan kematian pada pohon pepaya. Jadi harus diperhatikan sistem pengairannya.
      Investasi tidak harus 3 ha. Indealnnya minimal 0,5 ha atau 5.000 m2, bibawah itupun bisa saja misalkan dengan 1.000 m2 (0,1 ha) ini berarti hanya bisa ditaman lk 200 pohon.
  19. suryadi umaron 24 Mar 2010 at 10:16 pm

    selamat malam pak Amir…. saya pak suryadi, saya mau Tanya… saya baru mencoba menanam pohon pepaya kalifornia, sebanyak 10 pohon. ketika sedang berbuah tiba – tiba 2 pohon mati. apa penyebabnya? dan bagaimana cara penangulanggan nya. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    tolong jawabannya di kirim ke email : suryadiumar36@yahoo.com.

      Segera saya jawab melalui email Anda
  20. YUGOon 27 Apr 2010 at 12:14 pm

    assalam
    pak mau nanya masalah pepaya california kalau gejala daun kekuning-kuningan dari tangkai daun dan menyebar ke seluruh daun dan di tandai dengan bintik-bintik hitam pada daun dan diikuti warna kuning dan menyebar ke seluruh daun. gejala di atas termasuk gejala apa ya pak??? mohon informasi selelengkapnya..

      Saya tidak tau persis terkena jenis penyakit apa, tapi yang saya alami hampir sama yaitu karena sistem pengairan yang kurang baik, sehingga akar tergenang air lama kelamaan akar membusuk.
  21. YUGOon 27 Apr 2010 at 12:57 pm

    assalam, pak pepaya california termasuk tanaman hibrida atau bukan? dan berapa kali pepaya california dapat di buat bibitnya sendiri 9sampai turunan berapa?? trims
    (contoh kasus di daerah saya sudah ada pepaya california yang berubah bentuk dari asalnya)

      Pepaya Californian bukan tanaman hibrida. Berubah bentuk biasanya terjadi penyilangan, mungkin disekitarnya ada pohon pepaya jenis lain.
  22. yugoon 02 May 2010 at 11:41 pm

    kalau begitu pepaya california dapat di kembangkan terus menerus tanpa ada perubahan bentuk walau sampai bertahun-tahun ya pak??? dan apakah umur tanaman untuk pembibitan di atas 6 tahun berturut-turut dapat membuat tanaman pepaya california mengalami penurunan kualitas??
    trims

      Saya bercocok tanam pepaya belum lama lk 5 tahun, selama ini dari bibit yang saya buat tidak mengalami penurunan kualitas. Ada penurunan kemungkinan besar bukan dikarenakan dari benih tapi karena lahan yang kurang baik juga karena perawatan yang tidak optimal.
  23. yugoon 04 May 2010 at 9:52 pm

    sebelumnya saya ucapkan terimakasih pak..
    pohon yang digunakan untuk pembuatan bibit dari bapak menggunakan pohon-pohon pepaya california yang dipilih atau bisa dari tanaman semuanya…? dan jika dari pohon yang dipilih apa pohon itu saja yang digunakan untuk pembibitan…? trims

      Sudah tentu dari pohon pepaya yang memang khusus untuk digunakan pembuatan benih agar dihasilkan buah pepaya yang baik. Pada dasarnya benih bisa didapat dari pohon pepaya atau buah pepaya mana saja asalkan buah pepayanya telah masak betul, namun pada akhirnya nanti hasilnya tidak maksimal baik kualitas maupun kuantitas. Oleh karena itu kita perlu memiliki pohon pepaya yang memang khusus untuk dijadikan benih.
  24. Heruon 18 Jun 2010 at 8:25 pm

    Assalamu’alaikum. Salam kenal pak amir. Trima kasih atas infonya. Saya tertarik ingin menanam pepaya jenis california. Di mana saya bisa mendapatkan bibitnya ?. Domisili saya d prov. Jambi. Bagaimana prospek pemasarannya di p. Sumatera ?. Mohon kirim infonya ke email.

  25. ardhanon 27 Jun 2010 at 4:05 pm

    membantu saya banget neh,, makasih om

  26. chairila06on 20 Jul 2010 at 5:56 am

    wah makasi byk pak buat cara pembibitannya…
    n_n

  27. suparjadion 22 Sep 2010 at 9:15 am

    Salam kenal pak? Saya mempunyai lahan kosong, rencana ingin saya tanami pohon pepaya dengan tumpang sari cabe dan kacang panjang. Saya saat ini agak kesulitan bmencari bibit pepaya. Bagaimana caranya agar saya dapat bibit pepaya dari bapak ongkosnya berapa? terimakasih. Suparjadi Desa megonten Kebonagung Demak jawa tengah. 085 225 543 xxx.

      Salam kenal kembali pa Suparjadi,
      Bila berminat akan benih pepaya california silahkan tinggalkan pesan SMS ke nomor HP saya 08128 558 258.
  28. Rikyon 08 Nov 2010 at 2:09 pm

    Pak, salam kenal, saya riky, saya dan istri sangat tertarik dengan usaha pepaya california tp sangat minim sekali akan pengetahuan apalagi pengalaman, saya sangat berharap bapak dapat memberikan bimbingan kepada saya dan istri, kemarin saya membeli bibit pepaya siap tanam tinggi sekitar 15 cm, tindakan apa yang yang harus dilakukan terhadap bibit tersebut? penyiraman dan pemupukan baiknya berapa hari sekali? kemudian penyimpanannya sebaiknya ditempat seperti apa? kemudian apabila ingin membuat bibit sendiri dari biji pepaya bagaimna caranya? terima kasih sebelumnya, semoga bapak berkenan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan….

      Salam kenal pa Riki,
      Bibit pepaya yang telah Anda beli dan segera tanam di lahan agar cepat tumbuh besar dan rawat dengan baik. Pada setiap lubang untuk penanaman bibit pepaya sebaiknya diberikan pupuk kandang lk. 20-40 kg, selanjutnya setiap bulan diberi NPK secukupnya.
  29. Danielon 26 Dec 2010 at 3:37 pm

    Salam kenal pak, terimakasih untuk info2nya di website. Sangat informatif dan inspiratif. Saya jadi semangat untuk menanam pepaya di halaman rumah. Mohon sarannya pak untuk beberapa hal pak:
    1. Saya baru saja memilah2 biji dari pepaya california yang akan saya jadikan bibit sesuai artikel bapak. Kalau sudah dikeringkan, apakah boleh saya tanam langsung di halaman rumah? Atau harus disemai di soil bag dulu?
    2. Luasan halaman rumah saya 1m x 4m. Berapa kira2 pepaya yang bisa saya tanam dan berapa jarak antara masing2 benih?
    Terima kasih banyak pak untuk pencerahannya.
    Daniel

      Boleh disemai dulu dalam polybag atau pot atau bekas gelas plastik air mineral atau boleh langsung di tanam dipekarangan rumah. Di polybang biasanya untuk penanaman dalam skala besar lebih ribuah pohon agar mudah memonitor pertumbuhannya, Anda bisa bayangkan bila tanam ribuah biji pepaya yg sangat kecil langsung di lahan yang sangat luas.
      Untuk jarak naman dipekarangan alangkah baiknya disesuasikan dengan kondisi pekarangan rumah yang penting pohon pepaya harus terkena sinar matahari langsung. Tidak perlu mengikuti aturan seperti tanam dilahan yang jaraknya harus memenuhi persyaratan yakni lk 2m x 2m untuk pepaya jenis california atau untuk jenis pepaya bangkok 2,5m x 3m.
  30. edy prasetiyoon 01 Feb 2011 at 11:39 am

    assalamua’alaikum
    salam kenal dan sukses selalu. saya edy umur saya 29 th dari jakarta. saya ingin mencoba budidaya pepaya. saya mempunyai lahan -+500 meter di daerah bojong gede, depok, bogor. yg mau saya tanyakan:
    1.kira2 berapa banyak pohon yg bisa saya tanam?
    2.bagaimana caranya supaya saya dapat bibit pepaya dari bapak?
    3.tolong tambahkan informasi lainnya pak…
    karena saya ingin sekali membuka usaha budidaya pepaya dan jadi mandiri.
    terimakasih pak atas kerja samanya yg baik. sebelumnya saya ucapkan terimakasih
    wassalamu’alaikum.wr.wb

      Walaikum salam pa Edy,
      - jumlah yg bisa ditanam untuk luas lk 500m2 adalah lk 125 pohon
      - Benih bisa saya siapkan silahkan tinggalkan SMS di no 08128 558 258
      - Info2 lainnya silahkan dibaca tulisan saya di blog ini mungkin ada yg bermanfaat.
  31. Dwi Junaedion 14 Feb 2011 at 11:31 pm

    assalamualaikum pak amir…
    Trimakasih pak, pesanan benih pepaya saya sudah sampai. saya ingin menanyakan tentang penyimpanan benih pepaya tsb, apakah cukup disimpan di tempat yg terhalang dari sinar matahari atau di lemari es?
    trus, untuk pembibitan di polybag apakah campuran media tanam yang baik?
    saya dapat masukan dari salah seorang petani pepaya yg cukup berpengalaman, beliau mengatakan bahwa ‘pohon pepaya yg masih berusia dibawah 3 bulan tidak boleh terkena pupuk kimia, karena akan mengakibatkan busuk akar dan busuk batang. apakah menurut pak amir pendapat ini benar?
    -trimakasih atas info nya pak, assalamualaikum-

      Sama2 terima kasih, semoga berhasil dalam membidudayakan.
      Penyimpanan benih kedua-duanya benar dan baik untuk menyimpan benih agar bisa bertahan lama.
      Media polybag bisa campuran tanah dengan pupuk kandang 1:1
      Kurang tepat pendapat kawan Anda, justru pada saat memasuki bulan ketiga pohon pepaya sudah mulai belajar berbunga sehingga dibutuhkaan asupan nutrisi sebagai penguat bunga agar kuat dan tidak mudah rontok. Betul,… kalau berlebihan memberikan pupuk kimia bahkan akan mengakibatkan kematian. Namun demikian pada saat ini banyak petani sudah mulai mengurangi bahkan tidak sama sekali menggunakan pupuk kimia selama pertumbuhannya untuk menjadikan buah organik yg harga jualnya cukup tinggi.
  32. primaon 24 Feb 2011 at 1:53 pm

    salam sejahtera,
    salam kenal pak, saya prima 28th dari jakarta, setelah membaca beberapa artikel bapak saya tertarik untuk memulai budidaya pepaya, menurut hemat bapak bagaimana propek pepaya california ini 1-3 tahun kedepan, dan untuk daerah, apakah sekitar parung panjang atau BSD cocok untuk dijadikan lahan pepaya dan apakah saya dapat menimba ilmu budidaya pepaya dengan bapak?
    terima kasih atas segala perhatian dan infonya

      Salam kenal dan salam sejahtera pa Prima.
      Perkiraan saya untuk prospek kedepan buah pepaya masih cukup bagus, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat mengkonsumsi buah2an termasuk pepaya yang saat ini jenis pepaya california banyak diminati disamping jenis2 lainnya seperti pepaya bangkok, pepaya hawaii juga pepaya orangelady dan pepaya redlady. Demikian juga perkiraan saya bahwa daerah parung panjang juga BSD cocok untuk ditanami pepaya yang penting tidak di lahan sawah, karena pohon pepaya tentang akan genangan air.
      Terima kasih.
  33. AKHMAD NAILUL ADIBon 28 Feb 2011 at 11:14 pm

    salam sukses…
    terimakasih atas semua informasinya pak. disini saya tertarik untuk mengikuti langkah bapak dalam hal budidaya pepaya. saya seorang mahasiswa tetapi kebetulan bapak saya mempunyai kebun, walaupun tidak terlalu luas tetapi aku berkeinginan untuk memanfaatkan lahan yg kosong ini supaya lebih bermanfaat. dan sebagai uji coba untuk memperdalam pengetahuan tentang budidaya pepaya, harapan saya tentunya mudah2han bisa saya kembangkan dengan lahan yg lebih luas lagi. maka dari itu saya bermaksud membeli benih pepaya jenis bangkok dan callifornia. sebagai pemula mungkin nanti saya sering bertanya kepada bapak amir. jd mohon maaf kalau sekiranya nanti saya mengganggu bapak. mohon sistem pengiriman, biaya yg saya keluarkan untuk membeli benih, dan cara pembayaranya bisa dikirimkan ke alamat Email saya.
    trimakasih.
    BRAVO PETANI INDONESIA……

  34. tonion 03 Mar 2011 at 10:38 am

    Salam kenal Pak..
    Saya berminat ingin membudidayakan Pepaya.. tapi saya memiliki lahan berair.. Saya mau tanya, bagaimana cara memanam pepaya, pada lahan yang berair..
    Terima kasih.

      Salam kenal kembali pa Toni,
      Lebih baik cari lahan yg tidak berair, hampir dipastikan pohon pepaya tidak akan tumbuh baik. Kecuali bisa pa Toni bisa mengatasi lahan tsb. spt membuat guludan yg tinggi sistem pengairan/irigasi yg baik. Pada prinsipnya akar pohon pepaya tidak boleh tergenang air, dia dipastikan akan mati.
  35. murodon 11 Mar 2011 at 8:02 am

    salam kenal pak, kemarin saya pesan bibit yang isi 500 biji dengan harga 125rb. tp katanya panduannya lagi dikopi jadi nunggu hari sabtu. kebetulan bank tutup. setelah hari ini belum ada kabar lagi. mohon bantuannya, saya di wonosobo.
    salam sukses selalu……..
    ALLEZ petani indonesia.

      Salam kenal kembali pa Murod,
      Benih pepaya saya kemas per sashet dengan isi lk. 250 biji. Adapun panduan saya tidak memiliki, sementara silahkan baca artikel yang berkaitan di blog ini. Buku ttg budidaya hingga pemasaran masih dalam penggarapan.
  36. veraon 25 Jul 2011 at 12:45 pm

    Pak saya punya pohon pepaya jenis hawai di pekarangan rumah di daerah banjarmasin, pohonnya udah tinggi dan daunya jg lebat sekali, pernah bbrp hari lalu ada satu bunga kecil trus jatuh dan sekarang gak ada tanda2 berbunga bahkan berbuah….kira2 kenapa ya pak?
    oia, benarkah memangkas daun yg baru tumbuh bisa mempercepat berbuah? makasih sebelumnya ya pak

      Ibu Vera,
      Tanam pohon pepaya sangat mudah, cukup buang bijinya dipekarangan hampir dipastikan akan tumbuh menjadi pohon asalkan medianya basah/lembab dan terkena matahari langsung. Namun hasilnya hampir dipastikan atau umumnya kurang optimal bila dari biji pepaya sembarangan atau dari buah pepaya yg Anda beli dipasar, karena buah pepaya yang dijual dipasar bijinya tidak baik untuk dibudidayakan meskipun bila ditanam bisa tumbuh.
  37. Pengepul Pepaya Yogyaon 23 Aug 2011 at 12:57 am

    Aslmkm..
    salam jumpa di dunia maya.
    mohon maaf bulan lalu kami tidak jadi memesan benih dari bapak.
    karena kami sering mampir ke blog bapak dan menemukan tip buat benih
    terutama pada isi
    artikel membuat benih….
    …Bibit kita ambil dari pohon pepaya yang bersifat unggul, produktif dan berkualitas serta dalam satu tahun berbuah pada dua kali musim terus menerus…..

    kami sudah punya pepaya unggul sudah umur 2 tahun lebih. pepaya california buahnya panjang2 semua dan pertumbuhanya lumayan bagus kami memberanikan diri mencoba membuat sendiri.
    untuk
    …biji yang rontok tidak dipakai…
    apa masalahnya pak haji.

  38. Pengepul Pepaya Yogyaon 23 Aug 2011 at 1:01 am

    Pak haji terimakasih ya kemarin saya dapat petani penanam pepaya yang infonya katanya dapat dari bapak.
    Rencananya jika sudah panen saya diminta untuk memasarkannya.

  39. jonoon 06 Sep 2011 at 11:01 am

    yth. bapak amir, saya punya pekarangan kosong, apakah dapat untuk budidaya pepaya? mohon agar dapat dikirimkan panduan tentang budidaya pepaya mulai dari pembibitan sampai perawatan dan pemanenan, saya di blora, jika kemarau lumayan sulit air,bagaimana solusinya, terima kasih

      Yth, Pa Jono,
      Saya kira sudah ada semua jawaban pertanyaan bpk yang saya tulis di blog ini. Bila ada yg kurang dipahami silahkan ajukan pertanyaan. terima kasih.
  40. fajril hardiansyahon 21 Sep 2011 at 8:10 pm

    yth, salam kenal
    saya punya lahan, rencananya akan ditanami pepaya jenis bangkok kurang lebih 5000 batang, kendalanya sekarang kami belum memiliki bibit pepaya bangkok yang kualitasnya bagus.
    Pertanyaannya :
    1. Dimana dapat kami peroleh bibit yang memiliki kualitas yang baik
    2. Bagaimana menentukan jenis atau kualitas bibit pepaya bangkok yang baik.
    3. Apa saja penyakit yang sering dialami budidaya pepaya bangkok dan bagaimana mengatasinya
    Terima kasih sebelumnya dan mohon informasinya

      Salam kenal pa Fajril H,
      Saya sangat gembira Anda berencana membudidayakan pepaya, itu harapan saya agar kita jangan selalu dibanjiri buah2 impor sedangkan buah kita pun tidak kalah baik.
      Sangat sulit untuk mengetahui bibit atau benih yang baik, bahkan kita tidak akan mengetahui pohon pepaya nantinya akan baik hanya dilihat dari biji/benih, akan diketahui setelah tubuh usia 3-4 bulan keatas, sedangkan dana yang dikeluarkan sudah cukup besar dibandingkan harga benihnya yang relatif murah seperti pupuk, buruh/tk dll.
      Untuk mendapatkan atau membeli benih pepaya atau biji pepaya sebenarnya sangat mudah karena sudah banyak di jual di toko2 pertanian bahkan di internet sudah marak dijual dengan harga yang terjangkau. Namun dari banyak pengalaman, ini sudah dibuktikan oleh banyak petani diseluruh tanah air, mereka membeli dari sembarang sumber yang tidak bisa dipertanggungjawabkan maka hasilnya sangat mengecewakan, Oleh karena itu untuk menghindari keraguan yang nantinya Anda akan mengharapkan hasil buah yang baik, belilah benih atau bibit dari sumber yang dapat dipercaya dan sudah terbukti keunggulannya.
      Hama dan penyakit pohon pepaya umumnya hampir sama dengan tanaman lainnya seperti sayur2an, untuk menghindarinya rawatlah secara teratur spt pemupukan, penyiraman, pemberian pestisida dll. Serta amati bila ada tanda2 yang tidak baik dari pohon pepaya. Selengkapnya silahkan baca2 artikel di blog ini ttg perawatan dll.
      Salam sukses.
  41. ANITAon 05 Oct 2011 at 5:26 pm

    Saya butuh informasi untuk mendapatkan bibit pepaya hawai yang bagus, mengingat saya tinggal di ujung selatan Jawa Tengah (cilacap) barangkali ada agen terdekat yang bisa Bapak rekomendasikan.
    Sebelumnya, terimakasih untuk informasinya…

      Yth., Bu Anita,
      Di Cilacap saya tidak memiliki agen penjual Benih Pepaya, pembeli cilacap umumnya langsung pada saya, bila memerlukan silahkan tinggalkan pesan di 08128 558 258, terima kasih
  42. anason 10 Oct 2011 at 10:03 am

    maaf pak… saya ada sedikit ganjalan soal tanaman pepaya, bisakah lahan bekas tanaman pepaya di tanami pepaya lagi (gadu) karena kabar yang saya dengar bila di sistem gadu hasilnya akan kurang bagus, bagaimana mengatasi hal itu pak? terimakasih.

      Tidak masalah, pa Anas bisa ditanam pepaya lagi asalkan jangan dibekas lubang yang sama. Jadi pa Anas bisa tanam diantara/ditengah-tengah pohon pepaya yang lama.
  43. AGUS SUPARMANon 03 Nov 2011 at 12:05 pm

    Ass. Pak Amir. Alhmdulillah, tanaman pepaya saya yang sempat kena penyakit udah pulih kembali. Tapi ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan lagi:
    1. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi busuk pangkal batang. Pada batang bagian bawah terlihat kehitaman, bau busuk dan keropos, semua daun tiba-tiba layu.
    2. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi bunga dan buah yang rontok.
    3. Cara membuat buah agar rasanya lebih manis.
    Terima kasih.

      Busuk batang sulit diobati, saran dicabut da musnahkan agar tidak mengenai pohon lainnya dan jangan tanam lagi di bekas lubangnya atau biarkan dalam waktu yang cukup lama. Bunga rontok banyak penyebabnya al. kurang pemupukan, cuaca yang ekstrim. Saran perbanyak komposisi NPK dengan unsur K yang cukup tinggi disamping untuk meningkatkan kemanisan juga menjaga bunga tidak mudah rontok bisa juga anda beri KNO3.
  44. okaon 13 Nov 2011 at 12:47 pm

    Salam kenal pak amir,
    Saya ingin tanyakan dapatkah pohon pepaya ini ditumpang sarikan dengan pohon sengon, dan idealnya brp pohon yg dapat ditanam dalam 1ha. Mana yg lebih kuat pohon pepaya bangkok atau california, mohon infonya pak, terimakasih.
    Salam
    Oka

      Pada prinsipnya pohon pepaya bisa ditumpangsari dengan apapun sepanjang tidak mengganggu tumbuh kembangnya pohon pepaya itu sendiri dan pohon tumpangsarinya. Jarak tanam minimal antar p0ohon adalah 2m x 2m. Lebih kuat apanya?
  45. ENDANG.Son 27 Apr 2012 at 11:15 pm

    Ass, Pa Amir, rencana saya, sya mau nanam pepaya california di lahan yang sudah ada albasia yang sekarang baru tingginya 5m dengan jarak 2mx3m, yang saya mau tanyakan
    1 apakah tidak perpengaruh untuk buah pepayanya?
    2 harus kemana saya memasarkan hasil produknya, klu bisa saya minta alamat penangkarnya (agenya)
    terima kasi mohon penjelasanya.wass

      Walaikum salam pa/bu Endang S.
      1. Jarak tanam pepaya california 2m x 2m, pohon pepaya memerlukan sinar matahari langsung sepanjang hari. Prinsipnya silahkan ditumpangsari dengan pohon apa saja sepanjang tidak menghalangi pertumbuhan pohon pepaya, spt tidak menghalangi untuk mendapatkan sinar matahari, air cukup.
      2. Memasarkan hasilnya ya… ke pasar2, ke toko2 buah, ke pengepul.
  46. bayuon 23 May 2012 at 1:06 pm

    Salam kenal pak. saya karyawan salah satu bumd di kabpaten temanggung Jawa Tengah. Kami selama ini sudah memulai taman pohon pepaya dilahan pemda seluas 5 ha. jenis pepaya yang kami tanam adalah california dan hawai. usia tanam baru kurang lebih 9 blan. Pepaya kami belom bisa panen secara maksimal karena bercak buah dan kena kutu sisik (kutu putih). selama ini banyak petik hijau dengan harga 500 /kg. Adakah cara untuk mengatasi hal ini? . selain itu kami juga berkeinginan untuk menggembangkan lagi mohon saran jenis apa yang nantinya prospeknya bagus? bibit beli dimana? harga berapa? terimakasih.

      Salam kenal kembali pa Bayu,
      Anda sudah tepat membudidayakan pepaya jenis california dan pepaya hawaii karena prospeknya saat ini dan kedepan saya kira cukup bagus. Sayang sekali ya.. dijual dengan harga Rp 500,- /kg. Untuk mengatasi penyakit sudah banyak obat2an dijual dipasaran. Untuk bibit atau benih sudah banyak dijual dipasaran, namun harus sedikit hati2 dalam membeli benih, apabila menginginkan produksi saya silahkan tinggalkan pesan SMS di 08128 558 258.
  47. AGUS SUPARMANon 22 Sep 2012 at 8:45 pm

    Ass.Pak Amir
    Saya ingin menanyakan,bisakah tanaman pepaya yang kita budidayakan,dilakukan peremajaan dengan memotong batangnya,lalu setelah tumbuh tunas kita pelihara kembali.Atau sebaiknya kita tanam bibit yang baru lagi.Kemudian saya ingin menanyakan,apabila dalam satu tangkai daun terdapat lebih dari satu bunga,apakah sebaiknya dilakukan perempelan dengan menyisakan satu bunga atau kita biarkan saja?Terima kasih atas jawabannya.

  48. Amir Hamzahon 23 Sep 2012 at 7:58 am

    Yth, Pa AGUS SUPARMAN,
    Peremajaan bisa dilakukan dengan memotong batangnya, namun ini tidak lazim dilakukan oleh paran petani juga oleh saya sendiri tidak pernah melakukannya, mungkin bila tanam 1 – 2 pohon di pekarangan rumah silahkan. Untuk tanam skala besar saya belum pernah melihat ada yg melakukannya dan saya tidak menganjurkan.
    Biarkan bunga tumbuh sebanyak2nya namun setelah menjadi buah bila bentuk buahnya tidak normal silahkan dibuang, pelihara bunga yang bagusnya saja.

  49. Akhiruddinon 04 Dec 2013 at 5:43 pm

    Pa, mau tanya mengenai pembuatan bibit pepaya dalam “Penyimpanan Bibit”.
    Berapa lama bibit tersebut disimpan setelah dicuci dan dikeringkan biji dicampur dengan abu dapur secukupnya lalu disimpan dalam botol berwarna hijau/biru?

      Pa Akhiruddin,
      Benih bisa tahan sampai 5-7 bulan bahklan lebih.

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply


6 + = nine

DAFTAR PEMBUDIDAYA PEPAYA DI SELURUH INDONESIA
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DIPEKARANGAN RUMAH
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DI LAHAN PERKEBUNAN
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California

Proses Pembuatan Bibit Pepaya California, Pepaya Thailand/Bangkok dan Pepaya Hawaii Sebanyak 5.000 Polybag lebih pesanan Pa Rusduan untuk ditanam/dikirim ke Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung
Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
Saya Bisa…
Yakin Anda pun Pasti Bisa
Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
Banyak SMS maupun email saya terima dari rekan2 khususnya yang baru memulai atau mencoba membudidayakan pepaya akan kegagalannya saat penyemaian atau membuat bibit/pembibitan. Dari SMS yang saya terima ada yang mencapai hanya 50% Continue Reading..... Terima kasih saya ucapkan kepada Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Indonesian Entrepreneur Society serta TRUBUS atas kepercayaannya pada saya untuk menyampaikan materi pada acara “Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Menghadapi Masa Pensiun” di lingkungan Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal, Continue Reading..... “Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan” ini adalah judul cover “Majalah Duit!” edisi spesial ulang tahun ke-5. No. 5/VI/MEI 2011. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Majalah Duit! telah mewawancarai dan dimuat dalam kolom LIPUTAN UTAMA, Continue Reading..... Saya sangat mengapresiasi program “Bosan Jadi Pegawai” yang ditayangkan oleh stasiun televisi TransTV pada hari Minggu pukul 12:00 s/d 12:30 WIB, tanggal 27  Maret 2011 menampilkan kegiatan saya untuk memaparkan budidaya pepaya california dalam episode “Cantik Pepayanya Menggiurkan Rasa dan Untungnya Continue Reading.....
Wawancara dengan Tabloid "Kontan" Kompas Gramedia
Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Tabloid KONTAN Kompas Gramedia telah mewawancarai saya dan kepeduliannya untuk memasyarakatkan buah-buahan tropis kita khususnya pepaya. Memang tidak disangsikan lagi manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Sehingga perlu didorong untuk dibudidayakan.. . Continue Reading »

Cukup banyak yang menggunakan benih dari saya, oleh karena itu timbul gagasan sangat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi pembudidaya pepaya yang mendapatkan benih dari saya. Dibawah ini dicantumkan nama dan alamat/daerah pemesan serta nomor yang dapat dihubungi, namun tidak dicantumkan lengkap dengan alasan privasi. Continue Reading »

Pada dasarnya budidaya pepaya sangat mudah, tebarkan biji pepaya dipekarangan dalam beberapa minggu sudah terlihat tunas atau pohon pepaya kecil, selanjutnya rutin disiram, dalam waktu 4-5 bulan akan keluar kembang atau bakal buah dan 5 bulan kemudian buah sudah dapat di panen, mudah kan. Continue Reading » Suatu kehormatan yang tinggi sekali saya diundang untuk live talkshow bersama-sama direktur Indonesian Entrepreneur Society (IES) Bapak Bambang Suharno di stasiun Radio Pelita Kasih (RPK FM) Jakarta pada pagi hari tadi (Jumat 30 Juli 2010, pkl.  07:00-08:00 wib). . Continue Reading »
Membuat Bibit Pepaya
Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
Terima kasih kepada semua yang telah mempercayai saya dengan memanfaatkan benih yang saya hasilkan baik jenis pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii, maupun pepaya redlady. selengkapnya ......

Meski semakin banyak jenis dan ragam buah impor, pepaya tetap populer di Indonesia. Selain murah, zat gizi yang dikandungnya pun lengkap. Biji, daun, batang, dan akarnya sangat bermanafaat sebagai obat. Pada tahun 1992, The Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington AS meneliti manfaat kesehatan dari 40 jenis buah. selengkapnya .......

Terima kasih saya ucapkan kepada Indonesian Entrepreneur Society, bapak Bambang  Suharno selaku Direktur Indonesian Entrepreneur Society, telah memberikan kepercayaan pada saya untuk mentraining dan menjadi mentor kepada para entrepreneur dan calon entrepreneur. selengkapnya...» Telah banyak berbagai benih pepaya baik pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii maupun red lady yang memesan kepada saya, terima kasih atas kepercayaannya kepada sahabat-sahabat di Aceh, Medan, Palembang, hingga papua. selengkapnya.......
Pemilihan Lokasi untuk Budidaya Pepaya
Bibit dan Benih Pepaya Unggul
Tabloid Nasari news Edisi No. 15 Tahun 2, Juni 2009
Wawancara dengan "Koran Jakarta" (03/12/2008)
Lokasi Lahan Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membudidayakan pepaya, penentuan lokasi perlu dilakukan dengan cermat, tidak saja lokasi itu harus baik dalam aspek membudidayakan pepaya tapi lokasi juga harus baik dalam aspek keamanan terutama dari tangan-tangan jahil selengkapnya ...........
Bibit dan Benih Pepaya Kesuksesan berbudidaya pepaya salah satunya diawali dengan memiliki benih yang baik, namun dalam prakteknya ternyata tidak saja cukup memiliki benih yang baik atau benih unggul, Perlu penanganan yang baik sehingga akan menghasilkan buah pepaya unggul. selengkapnya .......... Tabloid Nasari newsSekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada "Tabloid nasari news" atas kepeduliannya mengangkat profil beserta aktifitas saya di bidang agribisnis. Mudah-mudahan dapat memberikan motivasi bagi saya agar lebih giat lagi dalam menekuni dunia agribisnis meskipun diusia yang saat ini (1 Juni 2009)  genap berusia 53 tahun. selengkapnya ....... Koran JakartaBeberapa media seperti Kompas Cetak kami berikan apresiasi yang tinggi dengan banyak memuat berita tentang dunia pertanian kita terutama nasib para petani. Juga kami berikan apresiasi kepada "Koran Jakarta" yang mewawancarai saya. selengkapnya ..........

Recent Posts:

  1. Penyebaran Benih Pepaya
  2. Liputan ANTV: Budidaya Pepaya California di Kebun Binaan Milik Pa Yungki di Ciseeng Parung Bogor
  3. Kumpulan SMS Seputar Pertanyaan Budidaya Pepaya
  4. Memberikan Pembekalan Kewirausahaan Khususnya Budidaya Pepaya California Kepada PNS/KORPRI Pemprov Kalimantan Tengah
  5. SWA: “Mencetak Banyak Miliarder, Membangun Ketahanan Pangan”
  6. Keberhasilan Dit Pol Air Polda Banten Membina Nelayan Membudidayakan Pepaya California
  7. Pelatihan Budidaya Pepaya
  8. Buku Pertama Ku
  9. GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun
  10. Pemula Yang Berhasil
  11. Dua Jempol untuk Polisi Perairan Polda Banten
  12. Mengunjungi Kebun Pepaya Milik Pa Anton dan beberapa petani pepaya di Gianyar – Bali.
  13. si KRIBO (kritis dan heboh) dan Artis Dini nyasar ke kebun pepaya saya (akan tayang tgl. 28/09/2012 di MNCTV)
  14. Tunggu Tanggal Tayangnya di MNCTV (Lintas Pagi)
  15. Kunjungan Putri Indonesia ke Kebun Pepaya California Saya
  16. Bibit Siap Tanam untuk Memenuhi Keinginan Masyarakat Jakarta
  17. Program Unggulan Green Radio 89,2fm (Buah Lokal vs Buah Impor)
  18. Terima Kasih Kepada Majalah Ide Bisnis Kompas Gramedia (Analisa Usaha Pepaya)
  19. Kiranya Patut Ditiru Keberhasilan Pa Kasmari Membudidayakan Pepaya California
  20. Untuk Pemula yang Ingin Menggeluti di Agribisnis Pepaya
  21. Memenuhi Undangan Bapak Bupati Kebumen, Jawa Tengah
  22. Waspadai Menghadapi Awal Musim Penghujan Tahun Ini
  23. Pemberian Cuma2 Benih Pepaya California dan Orange Lady kepada SDN Wiyung I Surabaya
  24. Betik Bekal Pensiun (Majalah Trubus; 503 – Oktober 2011/XLII) liputan Majalah Trubus
  25. Konsultasi Langsung Selama Bazaar (18-19/08/2011)
  26. Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
  27. Saya Bisa… Yakin Anda pun Pasti Bisa
  28. Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
  29. Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
  30. Petani Pepaya Jadi Aktor Dadakan (saksikan tayangannya di TransTV 27-Mrt’11 pkl 12:00-12:30 wib)
  31. Mungkin Bermanfaat untuk Anda: Wawancara saya dengan Tabloid Kontan
  32. Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
  33. Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
  34. Kunjungan ke Kebun Pepaya California Milik Pak Kusnadi
  35. Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
  36. Membuat Bibit Pepaya
  37. Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
  38. Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
  39. Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
  40. Mengapa Sebaiknya Pilih Buah Lokal dari Impor
  41. Bentuk Buah Antara
  42. Pemilihan Lokasi
  43. Menanam Pepaya California Dipekarangan Rumah (I)
  44. Bibit dan Benih Pepaya
  45. Terima Kasih Tabloid “nasari news”
  46. Oleh-oleh dari mengikuti Seminar “Langkah Jitu Memulai Bisnis dari NOL”
  47. Mengelola Usaha Jarak Jauh
  48. Pemupukan Tanaman Pepaya (II)
  49. Pemupukan Tanaman Pepaya (I)
  50. Syarat Ideal Tumbuh Tanaman Pepaya
  51. Membuat Benih Sendiri
  52. Parpol Bingung petani Tidak Bingung
  53. Turun, Minat ke Fakultas Pertanian
  54. Jadi Petani
  55. Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur Melalui Juice
  56. Jus buah vs Soft Drink
  57. Panen Buah2an di Kota Jakarta
  58. Perhatian Media Cetak terhadap Petani Luar Biasa
  59. Mudahnya Berkebun Pepaya
  60. Menjadi Angan2
  61. Menghianati Agrikultur
  62. Suara Petani
  63. Definition of Agribusiness
  64. Papaya, Papaw, Paw Paw, Mamao
  65. Hari Pangan Sedunia dan Kemandirian Petani
  66. Dari mimpi dan keprihatinan sampai dengan bangkitnya semangat Baru
  67. Antisipasi Usaha Agribisnis di Era Global
  68. Minat Studi Pertanian Menurun?
  69. Manajemen Agribisnis
  70. Impian? ya….. tinggal Impian
  71. forum AGRO
  72. Lowongan Pekerjaan
  73. STABILO
  74. Pensiun? Kenapa Takut
  75. Benarkah buah lokal kurang diminati?
  76. Orang Bodoh yang Beruntung
  77. Ramuan Anti DBD
  78. Nutrisi Buah Pepaya
  79. Manfaat Getah Pepaya
  80. Pepaya Sebagai Obat Kanker, Jerawat dan Telapak Kaki pecah2
  81. Pepaya Sebagai Obat
  82. Berkebun Pepaya
  83. Pemanfaatan Pepaya
  84. Papaya – Pepaya – Kates – Gedang
  85. Takut Berwirausaha
  86. Keluarga Ku
  87. Selamat Datang!

Pertanyaan2 Anda dan jawaban saya seputar budidaya pepaya:




bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Visitor Sejak 01 Agustus 2009
free counters
lazada INA
Jasa komputer, pengetikan, setting, percetakan dll. Prima Electric: Perbaiki segala peralatan elektronik. Fresh Fruit Tropical. UD Prima Agro