GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun

Angkatan VIII - Waktu dan tempat akan ditentukan kemudian
Pelatihan ini murni kita sharing/berbagi ilmu
tidak ada pesan sponsor penjualan produk seperti pupuk, obat2an, bibit, benih dll.



Bagi pemesan benih pepaya dari saya khususnya jenis pepaya california dan Hawaii yang dibudidayakan seputar Jawa Barat. (Depok, Bekasi, Karawang, Tangerang, Bogor, Subang, Indramayu) bila sulit memasarkan, saya siap bantu. Juga untuk pemesan dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung saya siap memasarkan bila permintaan terus meningkat.

Apr 14 2010

Membuat Bibit Pepaya

Published by at 3:11 pm under Education

Terima kasih kepada semua yang telah mempercayai saya dengan memanfaatkan benih yang saya hasilkan baik jenis pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii, maupun pepaya redlady.

Dan saya pun menghapakan respon balik perkembangan lebih lanjut dari benih pepaya yang telah dibudidayakan, saya sangat gembira dari banyak respon mengatakan berhasil dan tumbuh dengan baik serta berbunga dan berbuah cukup bagus.

Namun ada beberapa yang  masih awam dan belum menguasai dalam membuat bibit khususnya mengkecambahkan. Bagi yang telah biasa memang tidak menjadi masalah, benih yang telah diterima di rendam dalam air lk. 1 malam bisa ditambahkan cairan perangsang pertumbuhan namun ini biasanya untuk benih yang telah lama disimpan (lebih dari 6 bulan), untuk benih dari saya tidak harus diberikan cairan perangsang karena benih masih baru. Setelah direndam selanjutnya …… klik [baca tulisan sebelumnya].

Bagi yang masih awam tidak usah khawatir, karena dikeluhkan benihnya setelah lk. 1 minggu tidak juga menjadi kecambah atau tidak seluruhnya menjadi kecambah atau tidak keluar bakal akar yang berwana putih seperti gambar di atas. Sebenarnya biji tersebut bisa langsung di tanam di pekarangan atau di kebun tanpa melalui proses prendaman dan pembibitan di dalam polybag yang akan memakan waktu lk. 1-1,5 bulan.

Namun untuk skala besar dan untuk alasan efisiensi biji perlu diproses terlebih dahulu mulai dari perendaman dan dikecambahkan hingga disemai dalam polybag. Bayangkan kalau kita tanam 1 ha atau lebih dan langsung biji kita tanam di lahan seluas itu, berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk merawatnya dan berapa tenaga kerja yang dibutuhkan juga kekahawatiran akan gangguan-gangguan karena pohon masih kecil2 bisa kemungkinan terinjak2 dan gangguan hama. Oleh karena itu untuk skala besar perlu di tanam di polybag. Seperti gambar di bawah ini.

Bibit pepaya

Untuk penanaman di halaman rumah

Bagi yang ingin menanam di pekarangan rumah atau menanam tidak banyak, biji bisa langsung Anda ditanam di halaman  rumah atau biji di tanam terlebih dahulu di pot atau polybag atau di bekas gelas aqua, dan setelah usia lk. 1 bulan pindahkan kehalaman, Ingat… jangan lupa siran setiap hari atau yang penting  media tanam harus selalu tetap basah/lembab.

Beberapa yang dikeluhkan pada saya, biji/benih tidak menjadi kecambah setelah 1 minggu, ini tidak usah dikhawatirkan, benih tersebut masih bagus dan benih tersebut langsung saja tanam di polybag yang telah diisi media sedalam lk. 1cm. Dalam satu polybag juga bila ada alasan efisiensi media, maka dalam 1 polybag bisa di tanam 1-3 butir.

56 responses so far

56 Responses to “Membuat Bibit Pepaya”

  1. HM. Syarief Nawawieon 18 Apr 2010 at 8:30 pm

    menarik, moga dari tulisan bapak, saya dapat mencoba. moga berhasil dan trims

  2. Boku no Blogon 22 Apr 2010 at 6:39 pm

    Wah artikel agrobisnis yang patut tuk disimak..
    Terimakasih info dan sharenya
    Good Luck!

  3. yugoon 23 Apr 2010 at 11:03 am

    assalamu’alaikum
    salam kenal…
    saya terterik dengan budidaya pepaya california dan pertumbuhan di sini baik, tetapi bibit yang ada masih relatif sedikit…
    boleh minta no tlp agar dapat bertanya lebih luas tentang pembibitan pepaya california…
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
    no hp saya 087897370xxx

  4. Bunglonon 24 Apr 2010 at 12:35 am

    salam kenal sob..
    wah seger disini sejuk banyak pepaya dimana2..
    kren nech jadi pingin pepaya hehe..
    Sukses Slalu!

      Terima kasih atas kunjungannya, sama2 salam sukses selalu.
  5. karjonoon 11 May 2010 at 5:01 pm

    saya ingin pesan benih pepaya hawai dimana alamatnya

      Pa Karjono Anda bisa Hub: 08128 558 258
  6. dJumTKS Weblogon 16 May 2010 at 10:00 pm

    salut…spesialis agrobisnis dominan pepaya :-) bisa belajar disini juga nampaknya nih pak.

      Terima kasih, mari kita sama2 belajar.
  7. arison 17 May 2010 at 10:51 pm

    aslmkm,
    halo pak, wah tambah sukses bisnisnya tambah banyak nih rejeki jadi narasumber.
    saya berharap anak-anak muda seperti saya bisa tertular ilmu bisnis bapak.

      Terima kasih, salam sukses.
  8. Backlinkon 29 May 2010 at 3:44 am

    salam kenal .. webnya sangat bagus sekali penuh dengan informasi,saya harap blog ini dapat membantu para agro bisnis lainya :D untuk promosi blog anda lihat di sini seo-backlink-maker.blogspot.com atau dari url yang ini juga http://seo-backlink.blogspot.com/ salamkenal semoga sukses

      Salam kenal kembali
  9. Amyon 05 Jun 2010 at 11:00 am

    salam kenal sob..
    wah seger disini sejuk banyak pepaya dimana2..
    kren nech jadi pingin pepaya hehe..
    Sukses Slalu!

      Salam kenal juga.
      Terima kasih atas kunjungannya, salam sukses selalu juga.
  10. blognya dian sahidon 09 Jun 2010 at 1:10 pm

    menarik sekali budidaya pepaya ini, btw ane di rumah ga ada tanah kosong, apa bisa menanam pepaya di pot dan apa yg perlu diperhatikan, thx.

      Bisa tapi tidak bisa sesuai dengan yg diharapkan hasilnya.
  11. Arif Imam Surosoon 10 Jun 2010 at 2:34 pm

    Wah terimakasih informasinya, saya bis memanfaatkan pekarangan rumah saya dengan tanaman pepaya.

  12. utarion 15 Jun 2010 at 11:06 am

    salam kenal..
    terima kasih infonya

  13. mutiaraon 15 Jun 2010 at 12:06 pm

    bener2 serba pepaya..^_^

  14. Arun Thakuron 15 Jun 2010 at 1:56 pm

    Papaya is very yummy and healthy too n cheap also.
    And helps in stomach prob’s, so eat as much possible.

  15. aanon 16 Jun 2010 at 7:25 am

    sangat menarik bagi saya yang suka pepaya :D

  16. yohanon 16 Jun 2010 at 6:05 pm

    keren banget dag infonya :) thanks

  17. Tamzil. Hon 21 Jun 2010 at 8:24 pm

    Salam !
    saat ini saya sedang mempersiapkan lahan untuk budidaya khusus pepaya hawaii. mohon bantuannya, jika Anda menyediakan benih yang dapat saya beli, secepatnya saya dikabarkan.
    terima kasih sebelumnya !
    Wassalam
    T.H

  18. Saung Tanion 23 Jun 2010 at 12:12 pm

    Mau nanya untuk cairan perangsang yang biasa dipakai untuk aplikasi saat persemaian memakai apa biasanya? Trima kasih sebelumnya.

      Maaf saya tidak bisa menyebutkan merk, namun cairan yang dimaksud mudah didapat dan banyak dijual di toko-toko pertanian.
  19. Saung Tanion 23 Jun 2010 at 12:15 pm

    Pengen mengembangkan pepaya khususnya untuk lahan dataran rendah pasang surut.

  20. arieffon 23 Jun 2010 at 1:03 pm

    ternyata ada yaa pembenihan pepaya..nice info :)

  21. Character Educationon 24 Jun 2010 at 2:05 pm

    I can’t understand the language of the post, since language is strange for me. I would like to request to administrator of this blog to post the translated version of this post.

  22. sakura chanon 25 Jun 2010 at 2:17 pm

    wah ok punya nich usahanya acungin jempol dech..
    semoga suksess
    salam sakura

  23. niningon 25 Jun 2010 at 2:34 pm

    terima kasih yah infonya,, saya suka sekali pepaya,,

  24. Achmad Fachruddinon 27 Jun 2010 at 1:05 pm

    Boleh bertanya, iklim apa yang paling cocok dengan tanaman pepaya?

  25. Achmad Fachruddinon 27 Jun 2010 at 1:13 pm

    Bagaimana dengan penyinaran di halaman rumah? baiknya di tempat teduh atau langsung terkena sinar matahari?

  26. davide@christian educationon 27 Jun 2010 at 1:25 pm

    The enzymes contained in papaya have been shown to help lower inflammation and to improve healing from burns.

  27. sanon 08 Jul 2010 at 7:12 pm

    menarik juga,,

    makasih ya informasinya.. :)

  28. rioon 09 Jul 2010 at 4:17 pm

    wah infonya bagus pak.

    tu kalau jenis pepayanya mempengaruhi g pak..?
    saya ingin mencobanya..

  29. ridwanon 09 Jul 2010 at 5:32 pm

    saya akan coba di rumah

  30. wildanron 12 Jul 2010 at 5:39 am

    Bagaimana cara mencegak kelelawar pas pohon pepaya kita udah rada gede? Apakah buah-buahnya dibungkus pake polybag juga???

  31. dorison 14 Jul 2010 at 7:04 pm

    Wah terimakasih informasinya, saya bis memanfaatkan pekarangan rumah saya dengan tanaman pepaya.

  32. ranggaw0636on 15 Jul 2010 at 2:45 pm

    infonya bagus sekali pak, kiran-kira kalau untuk menanam di rumah, jenis pepaya apa yang bagus ya?
    terus butuh waktu berapa lama sampai pepayanya menghasilkan buah, berapa banyak buah yang dihasilkan, dan berbuah berapa kali dalam setahun?

      Semua jenis bagus tanam di pekarangan rumah, karena pohonnya tidak jauh berbeda dari setiap jenis pepaya hanya bentuk buahnya yang berbeda. Hasilnya pun tidak berbeda dengan penanaman di perkebunan bila diperlakukan sama bisa produktif hingga usia 3 tahun. Usia tanam 8-9 bulan sudah mulai dapat dipanen.
  33. ericon 16 Jul 2010 at 12:51 am

    wah info menarik nih tentang pepaya…
    saya suka banget sama pepaya… :)

  34. royon 17 Jul 2010 at 9:05 pm

    terimakasih atas infonya. semoga blog ini tambah maju.. dan memajukan pertanian indonesia

      Terima kasih kembali pa Roy. Mohon dukungannya. Mungkin ada hasil penelitian baru di IPB ttg budidaya yang bisa saya aplikasikan.
  35. wijon 19 Jul 2010 at 1:07 pm

    wah, terima kasih atas infonya Pak,
    artikel yang menarik..

  36. tedtedon 20 Jul 2010 at 2:43 pm

    thanks infonya pak. tulisannya bagus

  37. tedtedon 20 Jul 2010 at 2:47 pm

    waahhhh pepaya. i like it. thank infonya pak. semoga blognya tambah maju dengan info pertanian lainnya

  38. Life Coachon 21 Jul 2010 at 3:57 pm

    Penanaman bibit bisa menjadi bisnis yang besar. Modal hanya banyak kesabaran dan kerja keras. Nice blog, sangat membantu.

  39. Hendra Hardantoon 26 Jul 2010 at 3:21 pm

    Dh Pak, dari artikel yang Anda tulis saya mendapat informasi bahwa ada pohon betina, pohon jantan, dan pohon hermaprodit. Ketika benih sudah tumbuh, hanya disisakan yang hermaprodit aja. Apa bisa kita tanam benih langsung bisa keluar pohon yang hermaprodit aja?
    Terima kasih.

      Belum ada penelitian atau kita tidak bisa melihat dari bentuk biji pepaya, karena bentuk biji pepaya tidak membedakan mana yang akan menjadi pohon pepaya jantan, betina atau hermaprodit. Hanya dari percobaan-percobaan bahwa biji pepaya yang terletak di tengah2 buah pepaya umumnya akan menjadi pohon pepaya yang buahnya hermaprodit.
      Oleh karena itu ada beberapa petani menanam pohon pepaya dalam 1 lubang ditanam 2-3 benih, bila nanti ada yang pohon yang berjenis betina akan dicabut, karena buahnya akan berbentuk bulat dan ini kurang diminati pasar meskipun rasa tidak berbeda dengan buah yang normal/hermaprodit. Namun banyak juga petani yang menanam dalam 1 lubang 1 bibit, oleh karena kita sering lihat di pasar2 ada dijual buah pepaya yang bentuknya bulat.
  40. Hendra Hardantoon 29 Jul 2010 at 12:47 pm

    Melanjutkan dari pertanyaan saya tentang jenis kelamin pohon pepaya. Mana yang ideal untuk penanaman pepaya di lahan. Tanam satu2, tanpa ada seleksi jenis kelamin pohon, atau tanam 2-3? Untuk penyerbukan ketika berbunga, apa harus dibantu atau bisa alami lewat angin (untuk jenis kelamin tunggal)?
    Terima kasih.

      Sebaiknya tanam satu lubang dua pohon, setelah diketahui jenis bunganya maka salah satu harus dicabut, pilih yang bunga sempurna, jangan keduanya di biarkan tumbuh meskipun keduanya berbunga sempurna, karena nanti pertumbuhanya biasanya kurang baik akibat kekurangan unsur makanan dalam tanah kecuali diberikan pupuk yang lebih banyak porsinya karena dalam satu lubang Anda tanam 2-3 pohon.
  41. handouton 16 Nov 2010 at 10:49 am

    terima kasih banyak sudah berbagi,.
    moga sukses selalu.
    jika ingin tau profil saya silahkan kunjungi..
    click this

      Sama-sama, segera saya hadir disana. Salam sukses.
  42. physiotherapiston 16 Nov 2010 at 7:51 pm

    If you could e-mail me with a few suggestions on just how you made your blog look this excellent, I would be grateful.

      I will email you as soon as possible
  43. how to grow hair faston 24 Nov 2010 at 10:13 am

    Thanks , Good Info Admin how to grow hair fast

  44. Yuzi Haspandion 07 Jan 2011 at 4:47 pm

    Pak, saya sangat tertarik untuk berkebun buah pepaya, terutama pepaya dari luar Indonesia. Saat ini didaerah saya (Bengkulu) belum banyak yang berkebunnya. Jadi saya pingin tahu dan sangat ingin sekali untuk mendapatkan bibit dan petunjuk agar saya bisa berkebun pepaya didaerah saya.

      Pa Yuzi Haspandi di Bengkul.
      Tidak sulit untuk membudidayakan pepaya, hanya butuh kesabaran, ketekunan, dan rajin dalam merawat saya yakin Anda bisa dan berhasil. Petunjuk membudidayakan pepaya silahkan baca tulisan saya di blog ini. Untuk benih bisa saya sediakan silahkan tinggalkan pesan SMS ke HP saya 08128 558 258.
  45. United Country Real Estateon 24 Jan 2011 at 11:23 am

    Your blog is really attractive.This article was extremely fascinating. I am sincerely admiring your capability to respond in a short time with such constructive advices. Best wishes to my favorite writer. Thanks again.

  46. Bayu Prawirodihardjoon 01 Apr 2011 at 2:50 pm

    Salam kenal Pak Amir,

    Saya tinggal di Bogor dan tertarik untuk menanam pepaya (red lady) di halaman rumah. Dapatkah Bapak membantu saya untuk mendapatkan benih atau bibitnya, sekitar 50 benih.?

    Terimakasih banyak atas bantuan Bapak

    Salam,

    bayu

  47. adibon 16 May 2011 at 3:55 pm

    saya berusia 23 tahun asal bumiayu brebes dan berminat menanam pepaya california bagaimana cara mendapatkan benih dari bpk amir.. tlng beri sya no hp org bmiayu yg sudah mencoba terlebih dlu,,,makasih

      Bila berminat membudidayakan pepaya california silahkan tinggalkan pesan SMS di 08128 558 258 dan akan saya sampaikan no hp yang telah membudidayakan di daerah Anda Bumiayu, Brebes.
  48. rasyid hadion 11 Jul 2011 at 1:43 am

    bagai mana cara mendapatkan bibit dari bpk..
    sebelum nya termakasih…
    saya mencari bibit pepaya california..

      Pa Rasyis Hadi,
      Silahkan tinggalkan pesan SMS di 08128 558 258
  49. buy gaia goldon 28 Aug 2011 at 12:51 am

    Very Nice Post. I very much liked it!

  50. saurlinaon 25 Apr 2012 at 12:14 pm

    pak dimana bisa kita dapatkan bibit yang bagus, dimedan? salam kenal dr medan

      Di Medan tidak ada yang menjual benih produksi saya, bila menginginkan silahkan tinggalkan pesan di 08128 558 258
  51. untungtanion 22 May 2012 at 12:33 am

    salam kenal pak…jenis pepaya apakah yang optimal di tanam di lahan ketinggian antara 800-1000 dpl..

      Saya tidak menyarankan untuk menanam di ketinggian diatas 800m dpl kecuali untuk kebutuhan sendiri. Bila untuk dipasarkan dikhawatirkan akan kalah bersaing dipasar mengingat kualitasnya kurang optimal bila dibandingkan pepaya yang dihaslkan di ketinggian dibawah 500 dpl.
  52. abdulhananon 16 Jun 2012 at 8:24 pm

    salam kenal, pak..saya ingin pesan bibit pepaya california dari bapak. apakah bapak bisa mengirimkan langsung ke alamat saya?

      Pada prinsipnya bisa saya kirim ke alamat bapak, namun untuk mudahnya silahkan hub saya di 08128 558 258.
  53. gepetoon 22 Jun 2012 at 2:15 pm

    Asslmkm…pak Amir Hamzah
    setelah beli benih 8 bungkus dari bapak, masing2 bungkus isi 225 biji di hitung satu persatu, tapi setelah satu bulan di deder di polibag sesuai aturan di brosur, kenapa yang tumbuh sekitar 250 pohon aja?
    mohon masukannya
    karena saya merasa sungkan, karena benih tersebut saya kasihkan teman yg nanam yg pgn usaha budidaya pepaya…
    trmksh..

      Banyak cara pembibitan pepaya bisa dilihat/baca di blog ini, ada yg harus dikubur, ada yg langsung masukan di polybag, ada yg di kecambahkan dll, namun yang utama adalah : 1) media harus bagus, umumnya terdiri dari tanah, pupuk kandang, pasir dan sekam bakar. Pupuk harus yang sudah matang betul. 2) selama pembibitan harus terkena sinar matahari langsung sepanjang hari. 3) Jangan lupa setiap hari harus disiram pagi sore.
  54. lampungphotoon 27 Jun 2012 at 9:08 am

    ada yang tahu perangsang benih agar cepat tumbuh? apa namannya? merek apa?
    terimakasih sebelum dan sesudahnya

      Ditoko2 pertanian banyak dijual, maaf saya disini tidak bisa menyebut merk.
  55. toko buku online murahon 04 Feb 2014 at 4:48 am

    Wow, wonderful blog layout! How long have you
    been running a blog for? you made blogging glance easy. The entire
    look of your site is wonderful, as neatly as the content material!

  56. sovrumon 04 Jul 2014 at 2:16 am

    I am really inspired along with your writing skills and also with the format on your weblog.

    Is that this a paid subject or did you modify it yourself?
    Either way stay up the nice quality writing, it is rare to look a nice
    weblog like this one today..

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply


seven − = 3


9 JURUS SUKSES BERTANAM PEPAYA CALIFORNIA


DAFTAR PEMBUDIDAYA PEPAYA DI SELURUH INDONESIA
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DIPEKARANGAN RUMAH
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DI LAHAN PERKEBUNAN
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California

Proses Pembuatan Bibit Pepaya California, Pepaya Thailand/Bangkok dan Pepaya Hawaii Sebanyak 5.000 Polybag lebih pesanan Pa Rusduan untuk ditanam/dikirim ke Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung
Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
Saya Bisa…
Yakin Anda pun Pasti Bisa
Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
Banyak SMS maupun email saya terima dari rekan2 khususnya yang baru memulai atau mencoba membudidayakan pepaya akan kegagalannya saat penyemaian atau membuat bibit/pembibitan. Dari SMS yang saya terima ada yang mencapai hanya 50% Continue Reading..... Terima kasih saya ucapkan kepada Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Indonesian Entrepreneur Society serta TRUBUS atas kepercayaannya pada saya untuk menyampaikan materi pada acara “Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Menghadapi Masa Pensiun” di lingkungan Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal, Continue Reading..... “Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan” ini adalah judul cover “Majalah Duit!” edisi spesial ulang tahun ke-5. No. 5/VI/MEI 2011. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Majalah Duit! telah mewawancarai dan dimuat dalam kolom LIPUTAN UTAMA, Continue Reading..... Saya sangat mengapresiasi program “Bosan Jadi Pegawai” yang ditayangkan oleh stasiun televisi TransTV pada hari Minggu pukul 12:00 s/d 12:30 WIB, tanggal 27  Maret 2011 menampilkan kegiatan saya untuk memaparkan budidaya pepaya california dalam episode “Cantik Pepayanya Menggiurkan Rasa dan Untungnya Continue Reading.....
Wawancara dengan Tabloid "Kontan" Kompas Gramedia
Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Tabloid KONTAN Kompas Gramedia telah mewawancarai saya dan kepeduliannya untuk memasyarakatkan buah-buahan tropis kita khususnya pepaya. Memang tidak disangsikan lagi manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Sehingga perlu didorong untuk dibudidayakan.. . Continue Reading »

Cukup banyak yang menggunakan benih dari saya, oleh karena itu timbul gagasan sangat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi pembudidaya pepaya yang mendapatkan benih dari saya. Dibawah ini dicantumkan nama dan alamat/daerah pemesan serta nomor yang dapat dihubungi, namun tidak dicantumkan lengkap dengan alasan privasi. Continue Reading »

Pada dasarnya budidaya pepaya sangat mudah, tebarkan biji pepaya dipekarangan dalam beberapa minggu sudah terlihat tunas atau pohon pepaya kecil, selanjutnya rutin disiram, dalam waktu 4-5 bulan akan keluar kembang atau bakal buah dan 5 bulan kemudian buah sudah dapat di panen, mudah kan. Continue Reading » Suatu kehormatan yang tinggi sekali saya diundang untuk live talkshow bersama-sama direktur Indonesian Entrepreneur Society (IES) Bapak Bambang Suharno di stasiun Radio Pelita Kasih (RPK FM) Jakarta pada pagi hari tadi (Jumat 30 Juli 2010, pkl.  07:00-08:00 wib). . Continue Reading »
Membuat Bibit Pepaya
Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
Terima kasih kepada semua yang telah mempercayai saya dengan memanfaatkan benih yang saya hasilkan baik jenis pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii, maupun pepaya redlady. selengkapnya ......

Meski semakin banyak jenis dan ragam buah impor, pepaya tetap populer di Indonesia. Selain murah, zat gizi yang dikandungnya pun lengkap. Biji, daun, batang, dan akarnya sangat bermanafaat sebagai obat. Pada tahun 1992, The Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington AS meneliti manfaat kesehatan dari 40 jenis buah. selengkapnya .......

Terima kasih saya ucapkan kepada Indonesian Entrepreneur Society, bapak Bambang  Suharno selaku Direktur Indonesian Entrepreneur Society, telah memberikan kepercayaan pada saya untuk mentraining dan menjadi mentor kepada para entrepreneur dan calon entrepreneur. selengkapnya...» Telah banyak berbagai benih pepaya baik pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii maupun red lady yang memesan kepada saya, terima kasih atas kepercayaannya kepada sahabat-sahabat di Aceh, Medan, Palembang, hingga papua. selengkapnya.......
Pemilihan Lokasi untuk Budidaya Pepaya
Bibit dan Benih Pepaya Unggul
Tabloid Nasari news Edisi No. 15 Tahun 2, Juni 2009
Wawancara dengan "Koran Jakarta" (03/12/2008)
Lokasi Lahan Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membudidayakan pepaya, penentuan lokasi perlu dilakukan dengan cermat, tidak saja lokasi itu harus baik dalam aspek membudidayakan pepaya tapi lokasi juga harus baik dalam aspek keamanan terutama dari tangan-tangan jahil selengkapnya ...........
Bibit dan Benih Pepaya Kesuksesan berbudidaya pepaya salah satunya diawali dengan memiliki benih yang baik, namun dalam prakteknya ternyata tidak saja cukup memiliki benih yang baik atau benih unggul, Perlu penanganan yang baik sehingga akan menghasilkan buah pepaya unggul. selengkapnya .......... Tabloid Nasari newsSekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada "Tabloid nasari news" atas kepeduliannya mengangkat profil beserta aktifitas saya di bidang agribisnis. Mudah-mudahan dapat memberikan motivasi bagi saya agar lebih giat lagi dalam menekuni dunia agribisnis meskipun diusia yang saat ini (1 Juni 2009)  genap berusia 53 tahun. selengkapnya ....... Koran JakartaBeberapa media seperti Kompas Cetak kami berikan apresiasi yang tinggi dengan banyak memuat berita tentang dunia pertanian kita terutama nasib para petani. Juga kami berikan apresiasi kepada "Koran Jakarta" yang mewawancarai saya. selengkapnya ..........

Recent Posts:

  1. 9 Jurus Sukses Bertanam Pepaya California
  2. Terima Kasih Majalah elshinta
  3. Penyebaran Benih Pepaya
  4. Liputan ANTV: Budidaya Pepaya California di Kebun Binaan Milik Pa Yungki di Ciseeng Parung Bogor
  5. Kumpulan SMS Seputar Pertanyaan Budidaya Pepaya
  6. Memberikan Pembekalan Kewirausahaan Khususnya Budidaya Pepaya California Kepada PNS/KORPRI Pemprov Kalimantan Tengah
  7. SWA: “Mencetak Banyak Miliarder, Membangun Ketahanan Pangan”
  8. Keberhasilan Dit Pol Air Polda Banten Membina Nelayan Membudidayakan Pepaya California
  9. Pelatihan Budidaya Pepaya
  10. Buku Pertama Ku
  11. GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun
  12. Pemula Yang Berhasil
  13. Dua Jempol untuk Polisi Perairan Polda Banten
  14. Mengunjungi Kebun Pepaya Milik Pa Anton dan beberapa petani pepaya di Gianyar – Bali.
  15. si KRIBO (kritis dan heboh) dan Artis Dini nyasar ke kebun pepaya saya (akan tayang tgl. 28/09/2012 di MNCTV)
  16. Tunggu Tanggal Tayangnya di MNCTV (Lintas Pagi)
  17. Kunjungan Putri Indonesia ke Kebun Pepaya California Saya
  18. Bibit Siap Tanam untuk Memenuhi Keinginan Masyarakat Jakarta
  19. Program Unggulan Green Radio 89,2fm (Buah Lokal vs Buah Impor)
  20. Terima Kasih Kepada Majalah Ide Bisnis Kompas Gramedia (Analisa Usaha Pepaya)
  21. Kiranya Patut Ditiru Keberhasilan Pa Kasmari Membudidayakan Pepaya California
  22. Untuk Pemula yang Ingin Menggeluti di Agribisnis Pepaya
  23. Memenuhi Undangan Bapak Bupati Kebumen, Jawa Tengah
  24. Waspadai Menghadapi Awal Musim Penghujan Tahun Ini
  25. Pemberian Cuma2 Benih Pepaya California dan Orange Lady kepada SDN Wiyung I Surabaya
  26. Betik Bekal Pensiun (Majalah Trubus; 503 – Oktober 2011/XLII) liputan Majalah Trubus
  27. Konsultasi Langsung Selama Bazaar (18-19/08/2011)
  28. Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
  29. Saya Bisa… Yakin Anda pun Pasti Bisa
  30. Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
  31. Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
  32. Petani Pepaya Jadi Aktor Dadakan (saksikan tayangannya di TransTV 27-Mrt’11 pkl 12:00-12:30 wib)
  33. Mungkin Bermanfaat untuk Anda: Wawancara saya dengan Tabloid Kontan
  34. Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
  35. Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
  36. Kunjungan ke Kebun Pepaya California Milik Pak Kusnadi
  37. Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
  38. Membuat Bibit Pepaya
  39. Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
  40. Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
  41. Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
  42. Mengapa Sebaiknya Pilih Buah Lokal dari Impor
  43. Bentuk Buah Antara
  44. Pemilihan Lokasi
  45. Menanam Pepaya California Dipekarangan Rumah (I)
  46. Bibit dan Benih Pepaya
  47. Terima Kasih Tabloid “nasari news”
  48. Oleh-oleh dari mengikuti Seminar “Langkah Jitu Memulai Bisnis dari NOL”
  49. Mengelola Usaha Jarak Jauh
  50. Pemupukan Tanaman Pepaya (II)
  51. Pemupukan Tanaman Pepaya (I)
  52. Syarat Ideal Tumbuh Tanaman Pepaya
  53. Membuat Benih Sendiri
  54. Parpol Bingung petani Tidak Bingung
  55. Turun, Minat ke Fakultas Pertanian
  56. Jadi Petani
  57. Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur Melalui Juice
  58. Jus buah vs Soft Drink
  59. Panen Buah2an di Kota Jakarta
  60. Perhatian Media Cetak terhadap Petani Luar Biasa
  61. Mudahnya Berkebun Pepaya
  62. Menjadi Angan2
  63. Menghianati Agrikultur
  64. Suara Petani
  65. Definition of Agribusiness
  66. Papaya, Papaw, Paw Paw, Mamao
  67. Hari Pangan Sedunia dan Kemandirian Petani
  68. Dari mimpi dan keprihatinan sampai dengan bangkitnya semangat Baru
  69. Antisipasi Usaha Agribisnis di Era Global
  70. Minat Studi Pertanian Menurun?
  71. Manajemen Agribisnis
  72. Impian? ya….. tinggal Impian
  73. forum AGRO
  74. Lowongan Pekerjaan
  75. STABILO
  76. Pensiun? Kenapa Takut
  77. Benarkah buah lokal kurang diminati?
  78. Orang Bodoh yang Beruntung
  79. Ramuan Anti DBD
  80. Nutrisi Buah Pepaya
  81. Manfaat Getah Pepaya
  82. Pepaya Sebagai Obat Kanker, Jerawat dan Telapak Kaki pecah2
  83. Pepaya Sebagai Obat
  84. Berkebun Pepaya
  85. Pemanfaatan Pepaya
  86. Papaya – Pepaya – Kates – Gedang
  87. Takut Berwirausaha
  88. Keluarga Ku
  89. Selamat Datang!

Pertanyaan2 Anda dan jawaban saya seputar budidaya pepaya:




bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Visitor Sejak 01 Agustus 2009
free counters
lazada INA
Jasa komputer, pengetikan, setting, percetakan dll. Prima Electric: Perbaiki segala peralatan elektronik. Fresh Fruit Tropical. UD Prima Agro