GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun

Angkatan VIII - Waktu dan tempat akan ditentukan kemudian
Pelatihan ini murni kita sharing/berbagi ilmu
tidak ada pesan sponsor penjualan produk seperti pupuk, obat2an, bibit, benih dll.



Bagi pemesan benih pepaya dari saya khususnya jenis pepaya california dan Hawaii yang dibudidayakan seputar Jawa Barat. (Depok, Bekasi, Karawang, Tangerang, Bogor, Subang, Indramayu) bila sulit memasarkan, saya siap bantu. Juga untuk pemesan dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung saya siap memasarkan bila permintaan terus meningkat.

Mar 04 2008

Manfaat Getah Pepaya

Published by at 11:34 am under Education,Health

Dari Bahan Kosmetik hingga Obat Cacing

Kebanyakan orang selama ini hanya mengenal buah pepaya (Carica papaya L) sebagai makanan pelengkap atau pencuci mulut jika sudah masak. Paling jauh, orang mengenal getah pepaya untuk pelunak daging dan belum banyak yang tahu bahwa tumbuhan itu mengandung banyak manfaat dan khasiat.

Batang, daun, dan buah pepaya mengandung getah berwarna putih yang mengandung enzim pemecah protein atau proteolitik dan populer dengan sebutan papain. “Enzim ini banyak digunakan dalam berbagai kegiatan industri, seperti industri farmasi sebagai bahan obat, kosmetik, tekstil, penyamakan kulit dan lainnya. Namun sayang, hanya sebagian kecil masyarakat kita yang melakukan budidaya pepaya tersebut,” kata staf pengajar Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin (Kalimantan Selatan) Supiyatna.

Di antara getah batang, daun, dan buah, kata Supiyatna, getah yang berasal dari buah lah yang paling berkualitas. Papain dari batang dan daun hanya memiliki aktivitas proteolitik sekitar 200 MCU/ gram (g) sementara dari buahnya jauh lebih banyak, sekitar 400 MCU/g. Sedangkan produksi papain dari buah bisa mencapai sekitar 440 kg/tahun/ hektar.

Ada tiga kategori papain yang dibutuhkan pembeli di luar negeri, yakni papain kasar (crude papain), papain bersih (refined papain), dan papain murni (pure papain). Di pasaran Amerika Serikat kini telah ditetapkan spesifikasi mutu papain oleh Botanical Derivatives Catalogue. Artinya, jika mutunya tidak sesuai dengan standar yang ditentukan, mereka tidak akan membeli. Dan, pada umumnya importir AS menyukai pengemasan dalam kantung plastik berisi gas nitrogen yang dimasukkan ke dalam kaleng. Sementara importir Inggris menyukai pengemasan dalam drum berlapis polietilen dengan kapasitas 20-25 kg.

Penggunaan enzim dalam berbagai kegiatan di Indonesia semakin meluas. Sementara badan usaha yang memproduksi enzim tersebut masih sangat sedikit karena bahannya harus diimpor. Padahal, di mana pun tanaman pepaya di Tanah Air bisa tumbuh dengan baik.

Ada beberapa keuntungan dalam penggunaan enzim papain ini, yakni tidak bersifat toksik, tak ada reaksi samping, tak ada mengubah tekanan, suhu dan pH yang drastis, dan pada konsentrasi rendah sudah bisa berfungsi baik.

Konon, produksi papain dunia sekitar 275 ton per tahun. Sri Lanka, Uganda, Tanzania, Meksiko, Brasil, dan Argentina justru melakukan perkebunan besar pepaya yang khusus memproduksi papain. Pasar papain mereka sudah tetap, yakni Amerika Serikat (AS), Inggris, Belgia, dan Belanda. Harga papain di Tanah Air saat ini sekitar Rp 300.000/kg.

***
MANFAAT pertama papain adalah pelunak daging. Daging dari hewan tua dan bertekstur bisa menjadi lunak. Pada pH, suhu, dan kemurnian papain, daya pemecahan protein yang dimiliki papain dapat diintensifkan lebih jauh menjadi kegiatan hidrolisis protein. Harga produk itu saat ini sangat mahal.

Papain juga banyak digunakan sebagai bahan aktif dalam preparat farmasi seperti obat gangguan pencernaan, dispesia, dan obat cacing. Dalam rangka pembedahan papain bisa digunakan sebagai obat pengendali oedema dan imflamasi.

Yang banyak digunakan saat ini adalah bahan aktif untuk krim, pembersih kulit muka. Sebab, papain bisa melarutkan sel-sel mati yang melekat pada kulit dan sukar terlepas secara fisik. Noda dan flek di wajah bisa dikikis oleh papain hingga menjadi mulus dan bersih. Papain pun bisa digunakan sebagai bahan pembuat pasta gigi, sebab bisa membersihkan sisa makanan apa saja yang melekat di gigi.

Manfaat lainnya adalah, bahan perenyah pada pembuatan kue kering seperti cracker, bahan penggumpal susu pada pembuatan keju, bahan pelarut glatin, dan bahan pencuci lensa.

Pada pembuatan bir yang diolah dengan cara fermentasi kecambah gandum dan jika didiamkan lama atau kondisi sekitarnya dingin, maka akan berubah menjadi keruh. Ini disebabkan dalam kecambah gandum terdapat senyawa polifenol-protein yang terbawa dalam bir akan terpisah dan mengendap, yakni berupa dispersi padatan yang sangat luas melayang di seluruh cairan bir.

Pektin juga dihasilkan dari buah pepaya tersebut. Menurut Supiyatna, industri makanan dan minuman telah menggunakan pektin sebagai bahan pemberi tekstur pada roti dan keju, bahan pengental dan stabilizer pada minuman sari buah, bahan pokok pembuatan jelly, jam, dan marmalade.

Sedang di industri farmasi, pektin digunakan sebagai emulsifier bagi preparat cair dan sirup, obat diare pada anak-anak, obat penawar racun logam, bahan penurun daya racun dan meningkatkan daya larut obat sulfa, memperpanjang kerja hormon dan antibiotika, bahan pelapis perban (pembalut luka) guna menyerap kotoran dan jaringan yang rusak serta bahan kosmetik, oral atau injeksi untuk mencegah pendarahan. (Kompas Cyber Media)

87 responses so far

87 Responses to “Manfaat Getah Pepaya”

  1. Dudi Aon 11 Mar 2008 at 4:18 pm

    Wah…. keren… Sejak kapan nih udah alih profesi jadi petani pepaya. Boleh juga tuh ajarin aku bercocok tanam pepaya. Salam untuk Keluarga semua.

    Dudi A.

  2. Yogi prayogion 05 Apr 2008 at 10:04 am

    Wah,bagus tuh sampean jadi tukang kebun! Ajarin gue dong! Trus ap manpa’at biji pepaya?

      Terima kasih Pak Yogi,
      Salah satunya adalah untuk menghitamkan rambut caranya:
      1. Pisahkan biji pepaya dalam sebuah wadah kecil.
      2. Sangrai (Panaskan dalam wajan tanpa minyak) sebentar.
      3. Tumbuk biji pepaya yang sudah disangrai sampai halus dan dicampur dengan minyak kelapa di wadah yang lain.
      4. Oleskan ramuan tersebut pada rambut dan kulit kepala secara merata.
      5. Setelah dioleskan ke rambut, maka bungkus dengan handuk dan biarkan selama lebih kurang 2 jam, kemudian bilas dengan air sampai bersih.
      6. Jika dilakukan rutin selama seminggu sekali, maka rambut akan tampak lebih hitam alami.
      Amir Hamzah
  3. jackon 25 Apr 2008 at 11:11 pm

    mohon penjelasan bagaimana cara pengambilan papain dari pepaya

      Terima kasih Pak Jack, Maaf kami tidak memproduksi papain, karena buahnya yang kami butuhkan.
  4. bennyon 08 Jul 2008 at 11:29 am

    Apakah Bapak dpt menginformasikan perusahaan lokal yang bersedia membeli papain kasar atau murni

      Ada, di Bandung dan di Yogja, dia pernah meng-email saya, dia siap membeli papain seberapapun banyaknya. Saat ini saya tidak memproduksi papain yang saya butuhkan sementara buahnya. Masih dalam rencana untuk memproduksi papain (masih dihitung2 mana yang menguntungkan diambil buahnya atau getahnya).
      Pak Benny, mudah2an alamat email yang di Bandung dan Yogya belum terhapus, kalo masih ada akan saya sampaikan ke Pak Benny.
  5. Kevinon 22 Jul 2008 at 8:24 am

    Mohon info untuk alamat pengepul/pembeli papain yg bersedia menerima crude papain dan pure papain, Thanx

      Segera akan saya sampai melalui email bapak, juga yang bersangtan saya harapkan dapat menghubungi bapak langsung
  6. rinaon 26 Jul 2008 at 6:32 am

    Pak, bisa minta rumus struktur kimia dari kandungan papain yang ada pada batang, daun dan buahnya.

      Waduh, petani biasa pegang pacul tiap hari diminta rumusan kimia, tapi tar aku cari tahu ya, Rina.
  7. TONYon 05 Aug 2008 at 7:23 pm

    saya punya lahan 5 ha di daerah tangerang, selama ini ditaman padi, saya mau coba tanam pepaya. apa bisa dibantu caranya? terima kasih.

      Usaha yang bagus berniat membudidayakan pepaya mengingat peluang pasar masih besar. Namun harus diperhatikan dalam pemilihan lahan, seperti lahan persawahan kurang tepat untuk ditanami pepaya. Untuk diketahui akar pepaya tidak boleh lama tergenang air ini akan menyebabkan akar akan membusuk dan akhirnya tanaman akan mati demikian pula sebaliknya tanaman pepaya akan layu/mati bila kekurangan air. Karena pada umumnya lahan persawahan bila musim hujan akan tergenang air dan tanah menjadi lembek.

      Sebaiknya pilih lahan jangan bekas areal persawahan Keadaan tanah yang paling baik untuk tanaman pepaya adalah pilih di lahan yang agak berat (latosal/laterit merah), gembur, subur (banyak humus) drainasenya baik (aliran air baik tidak menggenang), air tanah cukup setiap saat.

      Pada prinsipnya kami siap membantu mulai dari penanaman sampai pemasarannya.

  8. wawanon 09 Aug 2008 at 12:14 pm

    pak hamzah yg terhormat,
    saya mohon bapak bisa ngasih info detail cara2 menyadap getah buah pepaya pak..saya lihat ini peluang bagus, apalagi untuk saya yang sarjana pengangguran,.. mudah2an bisa sebagai peluang usaha. mohon info jg alamat bpk dimana ,.. saya ingin sekali langsung bertemu dengan bapak hamzah. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

    wassalam

    wawan

      Yth. Pak Wawan,
      Untuk sementara pepaya yang kami budidayakan hanya untuk dimanfaatkan pada buahnya, oleh karena itu kami tidak pernah menyadap getahnya.
      Akan tetapi bila saudara ingin bekerja sama atau ingin membantu kami dalam hal pemanfaatan getahnya atau papain akan kami rencanakan penanaman pepaya yang khusus akan diambil getahnya.
      Saya dapat dihubungi setiap saat, alamat kontak saya dapat di lihat di http://www.agroprima.com

      Wassalam,
      Amir Hamzah

  9. anoon 04 Sep 2008 at 8:03 pm

    assalam…

    makasih ya pak amir kemarin sudah mampir ke blog saya salam kenal lho pak. saya sedang mencari informasi tentang getah pepaya pak nanti saya hubungi lagi kalau sudah fix sekali.

    wassalam

      Terima kasih kembali, saya tunggu beritanya.
  10. Rahmadon 01 Nov 2008 at 7:09 pm

    Alhamdulillah informasi ini sangat bermanfaat. Pak Amir, mohon dikirimkan juga buat saya alamat penerima getah pepaya yang dapat menerima produk kami. Terima kasih banyak pak.

      Terima kasih Pak Rahman,
      Akan saya hubungi yang bersangkutan.
  11. Feryon 08 Jan 2009 at 7:31 am

    Wah, informasinya lengkap sekali pak. oh ya disekitar saya ada kebun pepaya, saya tertarik dengan usaha mengumpulkan getah pepaya. mungkin bapak bisa membantu info kronologis cara menderes getahnya pak. sekalian mau tanya pak, kalau pepaya yang sudah dideres selama 25 hari itu, kita petik atau biarkan tetap di pohon dan bisa kita deres lagi dengan siklus per 5 hari, atau bagaimana? terus untuk pohon yang 9-10 bulan, banyak literature yang menulis akan bisa dipanen setiap 10 hari, sebenarnya berapa lama sih pepaya itu berbuah, maksud saya, setelah dipetik dan dia muncul buah baru (maaf kalau pertanyaan saya seperti bodoh begini, karena saya benar-benar awam masalah pepaya)

    dan kalau tidak merepotkan saya minta alamat pengepol getah pepaya untuk wilayah jawa barat atau jawa tengah. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

      Yth. Pak Fery, Terima kasih atas perhatiannya.
      Wah pertanyaannya untuk sementara belum bisa kami jawab. Karena pepaya yang selama ini kami tanam dikhususkan untuk diambil buahnya mengingat permintaan pasar yang masih cukup besar, sehingga sampai saat ini (tgl. 2/1/’09 baru selesai menanam lk. 6.000 pohon) kami masih terus menambah lahan baru yang masih khusus diambil buahnya untuk memenuhi permintaan pasar. Memang kedepannya bila kami sudah dapat memenuhi seluruh permintaan pasar khusus buahnya, kami berencana menanam pepaya yang khusus untuk diambil getahnya.

      Dari pengalaman kami tanam, pepaya sudah mulai dapat dipanen pada bulan ke 9-10, masa panennya berkisar 3 bulan, dan masa tunggu panen berikutnya berkisar 2-3 bulan, dst.

      Khusus mengenai pengepul papain, beberapa waktu yang lalu kami mendapat beberapa SMS juga email dari pengepul papain dari Yogya dan Bandung, bila belum terhapus atau hilang kami akan infokan kepada bapak.

  12. ANTONon 20 Jan 2009 at 12:49 pm

    asslm,

    alhamdulillah saya sdah mendapat ilmu baru. di sekitar rumah saya cukup banyak kebun pepaya dan yang ingin saya tanyakan :
    1. saya ingin tahu bagaimana pasar buah pepaya untuk daerah sumatra khususnya sumatra bagian utara. dan apakah pasar daerah jawa bisa di pasok dari sumatera?
    2. bagai mana cara pemasaran buah pepaya yg baik dan pangsa pasarnya apa saja? apakah rumah tangga atau industri?
    mohon jawabannya.

      Salam kenal Pak Anton
      Untuk daerah Sumatra bagian utara bisa dipasok dari daerah Lampung, karena daerah Lampung adalah produsen pepaya cukup besar, setiap harinya pepaya Lampung memasok ke Jakarta cukup besar. Oleh karena itu pepaya yang berasal dari daerah jawa sulit memasok untuk wilayah sumatera bagian utara.
      Jenis pepaya bangkok/Thailand pemasarannya relatif sangat mudah dibandingkan dengan pepaya jenis lainnya.
  13. bambangon 03 Feb 2009 at 4:50 pm

    Bagaimana dan di mana (jatim) mendapatkan bibit buah pepaya unggul (komersial)??? terima kasih

      Pepaya yang kami tanam dari bibit hasil buatan sendiri yang dipilih dari pepaya yang kami angggap cukup bagus untuk dijadikan bibit. Di Jawa Timur petani umumnya membuat bibit sendiri. Khusus di daerah perkebunan kami di daerah Banyuwangi bisa bapak lihat bibit2 pepaya dibuat oleh para ibu rumahtangga, bapak bisa membeli darinya.
      Bila menginginkan bibit berbagai varietas bisa mendapatkan bibit di Pusat Kajian Buah-buahan Tropika IPB.
  14. wiraon 20 Feb 2009 at 10:08 am

    Halo..Nama saya Wira..Saya adalah mahasiswa Universitas Surabaya yang ingin meneliti lebih jauh tentang papain..Saya ingin tahu, dalam aplikasinya yang digunakan untuk mengempukkan daging itu crude papain, purified papain atau liquid papain?Terima kasih sebelumnya atas informasinya.

      Terima kasih sdr Wira, telah berkunjung ke blog kami.
      Perlu kami beritahukan bahwa selama ini kami hanya memanfaatkan buah pepaya untuk konsumsi sehingga kami tidak tahu persis pengolahan getah pepaya. Mengingat pangsa pasar buah pepaya masih belum bisa kami penuhi. Mungkin satu saat kami akan membudidayakan pepaya yang khusus di manfaatkan getahnya.
      Dari literatur yang kami peroleh dalam sekala besar papaian dalam bentuk larutan disuntikan menggunakan jarum suntik pada daging dengan dosis tertentu dan kedalaman tertentu.
  15. ari dharis setiyawanon 28 Feb 2009 at 8:32 pm

    salam kenal pak..
    saya tertarik akan budidaya getah pepaya… bisa ngak pak, bagi2 ilmu mengenai budidaya ini mulai dari awal pemilihan bibit sampai dengan perawatan tanaman.
    atau saya di kasih tau alamat atau makalah tentang budidaya ini?
    terima kasih sebeumnya,pak….

      Salam kenal kembali pak Ari Dharis Setiawan,
      Terima kasih atas perhatiannya.
      Mengingat pangsa pasar buah pepaya khususnya pepaya Thailand/Bangkok sampai saat ini masih cukup besar, bahkan kami masih mengalami kekurangan untuk memenuhi pasar baik Jakarta maupun Bali, maka untuk budidaya pepaya yang pemanfaatan getahnya kami sampai saat ini belum membudidayakannya. Namun pada dasarnya sama saja dengan membudidayakan pepaya yang pemanfaatan buahnya baik dari pembibitan sampai pemeliharaan, namun yang membedakan adalah dari jenis buah pepaya tertentu yang dapat menghasilkan getah cukup banyak.
      Masih dalam perencanaan kami membudidayakan getah pepaya, setelah kami dapat memenuhi pangsa pasar buahnya
  16. antoon 28 Feb 2009 at 9:12 pm

    salam kenal pak Amir
    Saya berdomisli di Jakarta dan ingin memulai usaha perkebunan pepaya california. Saya minta petunjuk daerah mana yang bagus untuk ditanami pepaya ini? dan dimana saya bisa mendapatkan bibit pepaya california?
    terima kasih.

      Salam kenal kembali pak Anto,
      Pepaya sangat muda di tanam baik di Jawa Timur (saya tanam di Jawa Timur), Jawa Tengah, juga Jawa Barat, asalkan tidak di dataran tinggi (maks. 1.000 dpl), Karena bapak berdomisili di Jakarta, bapak bisa mencoba atau pertimbangkan di daerah Cibinong dsk, atau jauh sedikit Bogor atau Sukabumi.
      Untuk bibit bapak bisa membeli di Pusat Kajian Buah-buahan Tropika IPB, Bogor.
  17. Amiruddin salimon 23 May 2009 at 1:09 pm

    Pak, saya tertarik untuk usaha papain, tapi saya gak tau pemasaranya, bisa bantu saya untuk penjualannya atau saya dikasih info alamat penerima getah papaya untuk wilayah jawa tengah Semarang. email saya amiruddinsalimxxx@yahoo.co.id, hp. 081905149xxx.

      Mohon maaf pa Amiruddin, sampai saat ini saya belum membudidayakan pepaya khusus untuk dimanfaatkan getahnya, karena untuk memenuhi permintaan terhadap buahnya saja hingga saat ini saya masih kekurangan. Oleh karena itu saya belum mengetahui secara pasti pasar papain.
  18. Jusnaenion 02 Jun 2009 at 8:31 am

    Minta tolng pak d kirimkan rumus struktrnya enzim papain dan kandungannya

      Saya sarankan untuk jelasnya Anda bisa langsung mengunjungi situs PUSAT KAJIAN BUAH-BUAHAN TROPIS, LP2M – IPB, dengan alamat: rusnasbuah.or.id
  19. Ji eson 02 Jun 2009 at 12:34 pm

    Pak, d mn dapat literatur struktur kimia enzim papain?

      Saya sarankan untuk jelasnya Anda bisa langsung mengunjungi situs PUSAT KAJIAN BUAH-BUAHAN TROPIS, LP2M – IPB, dengan alamat: rusnasbuah.or.id
  20. Tonion 03 Jun 2009 at 10:46 am

    Salam kenal Pak Amir…
    Saya tertarik dengan produsen papain… tlg Pak saya diberi alamat Pengepul yang bisa menerima hasil papain..
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

      Salam kenal kembali pa Toni,
      Saya akan kabari secepatnya, no Tlp/HP ybs sedang saya cari. Atau tinggalkan no HP Anda disini.
  21. kuswandion 06 Jul 2009 at 2:00 pm

    Salam kenal Pak Amir,
    Saya Kuswandi dari Bangka, saya tertarik dengan usaha papain untuk itu saya mohon Bapak memberikan alamat pengepul yang bisa menerima hasil papain..
    Atas bantuan Bapak saya ucapkan terima kasih..

      Salam kenal kembali pa Kuswandi,
      Maaf saya tidak banyak mengetahui dengan persis pengepul papain, karena saya saat ini hanya mengkhususkan buah pepaya untuk konsumsi mengingat permintaan pasar masih cukup besar dan belum sepenuhnya dapat saya penuhi.
  22. Rizki Pon 07 Aug 2009 at 1:08 pm

    Saalam Kenal pak,
    Saya ingin tahu khasiat dan kandungan dari bunga pepaya,,kira-kira sudah ada yang memanfaatkanya belum ya??

  23. adienon 22 Aug 2009 at 9:21 pm

    salam kenal pak hamzah saya sangat tertarik sekali dengan bisnis pepaya dan papainya pak tolong saya di kasih tau pengepul pepaya dan papain yang mau menerima hasil papain dan pepaya !!! sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  24. Bapeluh & KP HSSon 14 Sep 2009 at 11:12 am

    Salam kenal Pak ….…
    Kami dari Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kab. HSS – Kalsel membina petani produsen papain… tlg Pak kami diberi alamat Pengumpul yang bisa menerima hasil papain..(alamat dan nomor Telp./HPnya)
    sebelumnya kami ucapkan terima kasih..

      Salam kenal kembali…
      Mohon maaf sebesar2nya kami tidak memiliki alamat pengumpul papain, karena selama ini kami memproduksi khusus buah dan tidak memproduksi papain, mengingat permintaan akan buahnya yang masih belum dapat terpenuhi.
      Mungkin rekan2 ada yang mengetahui silahkan beritahu kami untuk segera kami sampaikan kepada Bapeluh & KP HSS
  25. hareyon 19 Sep 2009 at 1:15 pm

    Asskum….
    Pak mohon tanya, untuk memasarkan getah papain dimana ya? dan harga berapa?

    thanx,
    Harey

  26. Khalidon 22 Sep 2009 at 7:39 pm

    Nih no tlp pengepul papain 085228134940. mau setor berapapun diterima.

  27. Eko maryonoon 29 Sep 2009 at 3:07 pm

    Assalamu’alaikum
    Pak Hamzah saya dari CV. Papaya Nusantara Indonesia Mandiri, yang mengembangkan produk-produk dari enzyme papain. Saya titip aja kalau ada teman-teman di Sekitar Kediri mau suplay getah pepaya kepada kami. Kami siap menerima. Dan kunjungi pula blog saya : panindofood.blogspot.com
    Demikian Terima Kasih
    Wassalam
    Eko Maryono

  28. Lestarion 21 Oct 2009 at 10:08 pm

    Buat obat kaki pecah2 berarti bisa ya Pak ?

      Coba aja oleskan langsung getahnya.
  29. cahyoon 01 Nov 2009 at 4:13 pm

    wach… saya kebetulan ada pengalaman dengan buah pepaya ini, dulunya suka dengan pepaya karena harganya yang murah dan rasanya yang segar, dan kandungan vitaminnya yang banyak. tapi beberapa tahun ini saya tidak bisa memakan buah tersebut, karena setiap selesai makan pasti perut mules dan mencret-mencret (DIARE), hal tersebut apa karena getahnya yang bikin lunak daging ya sehingga lambungku tidak kuat ?

      Yang jelas…. kalau susah buang air besar hampir dipastikan makan pepaya pasti lancar BABnya. Tapi kalau sampai terus mencret… saya belum menemukan literaturnya, mungkin dokter internis yang bisa menjelaskan.
  30. Abdulon 01 Dec 2009 at 9:24 pm

    Assalamualaikum..
    Saya sangat tertarik untuk memulai bercocok tanam pepaya, untuk jenis pepaya penghasil getah, yaitu untuk produksi crude papain. Adapun pertanyaanya sbb :
    1. Analisis modal usaha, lahan saya luasnya hanya 1 ha? lokasi 100 mdpl.
    2. Varietas apa yang dibutuhkan?
    3. Alat apa saja yang saya butuhkan?
    4. Pemasaranya?
    Mungkin itu saja dulu,atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

      Walaikumsalam, salam kenal pa Abdul,
      Mohon maaf yang sebesar2nya pa Abdul, saya tidak berani memberikan jawaban yang pasti, karena saya belum menjadi pelaku langsung sebagai produsen papain, saya belum dan baru merencanakan untuk memproduksi getah pepaya, mengingat untuk kebutuhan buahnya saja saya masih sangat kekurangan untuk memenuhi pasar. Sedangkan untuk buah pepaya yang akan disadap getahnya tidak sama jenisnya untuk buah yang dikonsumsi, Jenis pepaya yang khusus dimanfaatkan getahnya karena cukup banyak produksi getahnya yang baik adalah jenis wulung bogor.
      Bila pa Abdul berminat membudidayakan pepaya yang khusus memproduksi getahnya sebenarnya cukup potensial di kembangkan, karena banyak industri komestik dll memasok papain dari luar.
  31. indraon 21 Dec 2009 at 9:04 pm

    pak saya mau beli buah pepayanya per kg berapa dan dimana alamatnya hubungi saya 031-60491xxx

  32. HANIAMon 24 Dec 2009 at 9:30 am

    pqk saya mau tanya pepaya apa sih yang paling enak,manis. besar n’ khasiatnya paling MAK NYOOOOOOOOOSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS??????????????????

      Pepaya matang
  33. jubaidillahon 05 Jan 2010 at 3:35 pm

    Terima kasih kepada pk Hamzah atas keterangannya tentang pepaya, saya sangat tertarik sekali dengan program ini, cuma saya bingung bagaimana cara menanamnya agar pepaya tersebut tumbuh dgn baik, terus 1hktr bisa mendapatkan berapa kg getah pepaya, bgmana cara proses kerjanya tolong beri kejelasan yg sejelas jelasnya, usia berapa lama buah tersebut getahnya diamabil,setelah getah dkumpul harus dibagaimanakan kembali apakah ada campuran dgn bahan yg lain, terus bagaimana dgn buah yg telah diambil getahnya apakah masih dpt dijual ??terus bagaimana dengan batangnya ?? masihkah bisa dimanfaatkan??terus kemana kita harus menjual getah tersebut, adakah perusahaan yg siap menampung??kemanakah saya harus ikut program ini apakah ada syarat2nya?? sekali lg banyak terima kasih atas program ini, mhn bls,

    salam sucses

    Jubaidillah

  34. Malitaon 28 Jan 2010 at 10:25 am

    Pak, saya ingin membeli papain, mohon info untuk nomor telepon dan alamat penjual papain dalam bentuk bubuk.
    Terima kasih.

  35. Noor Prasetyaon 01 Feb 2010 at 3:27 am

    Assalamualaikum..
    Mau nanya nih pak: saya pernah baca beberapa artikel tentang budidaya pepaya yang di ambil papainnya, tetapi produk utamanya tetap buahnya. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apa pepaya california bagus untuk di ambil papainnya (sebagai nilai tambah saja produk utama tetap buah pepayanya)?
    2. Kalau kurang bagus sebaiknya memakai jenis yang mana?
    3. Bagaimana penjualan buah pepaya hasil sadapan papain (kan agak rusak tuh)?
    Wassalamualaikum..

      Jenis pepaya yang diambil getahnya adalah jenis pepaya khusus karena produksi getahnya cukup banyak. Kalau diambil dari jenis2 yang biasa di jual seperti pepaya california, bangkok dll. sudah pasti pepayanya tidak akan laku dipasaran karena telah cacat bekas goresan-goresan untuk diambil getahnya. Pepaya bekas dasapan biasanya di jual ke pabrik2 untuk pembuatan saus dll.
      Jenis pepaya yang baik untuk diambil getahnya adalah dari jenis wulung bogor

  36. hartonoprasetyoon 25 Feb 2010 at 11:38 pm

    [...] Enzim ini membuat protein pepaya mudah diserap tubuh. Juga membantu mengurangi penumpukan lemak. Dalam industri, enzim papain digunakan sebagai bahan aktif krim pembersih kulit muka karena papain dapat melarutkan [...]

  37. indraon 12 Mar 2010 at 3:04 pm

    Selamat sore pak,
    saya termasuk yang telat informasi ini, tapi ngak apa, dari pada ngak tahu..ya kan..oh ya pak, papain itu dari buah yang terbaik (buah mentah ??), kalo mau jadi pemasok, dipisahkan ngak, papain dari buah, dan dari batang ?? trus penampungnya di bandung atao jogja, jakarta..kalo ada mohon infonya…
    Pa Indra, salam kenal

      Saya belum merambah kepengolah papain, mengingat permintaan yang cukup besar akan buahnya saja saya sudah cukup kewalahan. Untuk mendapatkan produksi papain yang baik tidak bisa diambil dari sembarangan jenis pepaya, harus dari jenis buah pepaya yang khusus untuk di sadap getahnya. Sedangkan penampungan papain di Bandung ada juga di Jogja, namun maaf untuk kontak person dan alamatnya saya tidak memiliki.

  38. andryon 23 Mar 2010 at 11:18 pm

    selamat malam pak,
    saya baru mulai perkebunan pepaya untuk diambil getahnya, saya mohon bantuanya dimana saya bisa menjual getah pepaya dan berapa no telpon yg bisa dihubungi, ini no tlp saya 08995025xxx, lokasi saya di pati jawa tengah. Terimakasih sebelumnya.

      Banyak yang meminta getahnya pada saya, namun saya tidak memproduksi getahnya, sayangnya tidak saya catat no tlpnya, nanti saya hubungi bila ada permintaan atau bisa menghubungi Anda langsung di nomor Anda diatas.
  39. yasiron 26 Mar 2010 at 9:29 pm

    assalamualaikum pak amir,salam kenal dari saya
    informasi dari bpk sangat berguna bagi semua yang ingin menggeluti dunia agribisnis,saya sangat tertarik dengan budidaya pepaya baik untuk produksi buah atau getah nya, kalau boleh saya minta analisa usaha pepaya buah konsumsi untuk skala 1 ha ,kontak person pengepul buah pepaya ada ga pak,atau bpk sendiri bisa menerima hasil usaha saya nanti nya,untuk harga buah biasanya per kg atau perbiji?dan berapa nominal harganya,dan bi la bpk ada kontak dengan pengepul getah /papain nya mohon infonya ya pak,karena saya masih kerja di jepang mohon info by email. putra_wonosobxxx@yahoo.com. maaf pak amir banyak pertanyaan,informasi dari anda sangat saya tunggu.
    terima kasih

      Segera akan saya jawab melalui email Anda
  40. imamon 07 Apr 2010 at 11:15 pm

    salam sukses pak
    pak saya mau tanya klu untuk pemasaran buah ataupun getah pepaya di yogyakarta dimana? saya tinggal dimagelang, dan harga untuk per kg pepaya berapa di pasaran
    terima kasih
    salam
    imam

      Maaf pa Imam, Yogyakarta bukan wilayah pemasaran saya, sehingga tidak mengetahui harga pemasaran di daerah setempat.
  41. desryon 12 Apr 2010 at 9:55 am

    salam pak saya ibu desry dari palabuhan ratu saya mempunyai kebun pepaya california hampir 1ha lebih dan kebetulan sekarang sudah panen hampir 2 bulan selama ini saya jual hasil panen kebun saya ketengkulak yang ada di daerah saya tapi sayangnya belakangan ini pembayaran hasil panenya agak kurang lancar (di hutang) pertanyaan saya kita pingin tau contac person buyer pepaya california. serta alamatnya wassallm.

      Salam kenal bu Desry
      Segera saya balas melalui email ibu
  42. adeon 01 May 2010 at 9:32 pm

    mau tanya pak..? kalau distributor untuk wilayah di jawa tengah di daerah mana ya pak….? soalnya saya mau memasarkan pepaya tersebut tetapi sulit mendapatkan alamatnya… sebelum dan sesudahnya terima kasih.

  43. Yulhaidiron 02 May 2010 at 8:36 pm

    Salam hormat ,sy pernah ada butiran tmbuh dikaki, kmdian tman sarankan dioles getah pepaya alhamdulillah sembuh wlw hari ke 3 trasa perih brnanah tp stlah itu hilang total gak prnah kambuh, tp intix pengen nanya mungkin ada tman tman yg bisa bantu sy pernah menyemai ratusan biji ppaya, ttp stelah besar knp banyak yg menjadi pepaya gantung,pdhl bijix sy ambil dr buah yg besar, trims ats bantuanx, tak lupa trims kpd yg punya blog, smg Allah mmbalas dgn phl yg mlimpah

      Untuk membuat benih yang baik bukan diambil dari besar kecilnya buah pepaya, tapi dibuat dari buah yang benar2 masak dipohon dan dari pohon pepaya yang memang dikhususkan untuk pembenihan dan dipelihara dengan sebaik2nya.
  44. kaka dens kon 01 Jun 2010 at 4:15 pm

    terimakasih banyak pak atas infonya, tapi saya ingin bertanya lagi secara detailnya pak?
    kemana saya harus menjual papain tersebut jika saya sudah memilikinya, apakah di tanahair sudah banyak yg bisa agen? apakah harganya stabil??? mohon dengan sangat untuk memberikan sedikit lagi infonya pak?? 085759863537
    “terimakasih”

  45. Masrini A. Lon 03 Jun 2010 at 2:19 pm

    salam kenal….
    saya baru tau kalo pepaya itu punya manfaat yang besar, soalnya selama ini saya ga suka makan pepaya karena baunya saya ga suka…. padahal saya punya masalah dengan pencernaan….
    saya punya lahan sekitar 4 hektar di pegunungan, saya ingin menanam pepaya untuk diambil getahnya tapi saya tidak tau akan menjual hasilnya kemana….
    saya minta tolong diberi informasi tentang siapa saja pelaku pasar papain di indonesia? apakah di daserah sulawesi juga ada?
    mohon banget pa bantuannya.

      Salam kenal,
      Mohon maaf saya tidak bisa merekomendasikan pelaku pasar papain, karena selama ini saya tidak mengolah papain, saya hanya memanfaatkan buahnya untuk konsumsi, mengingat permintaan masih cukup besar.
  46. sandy anggaron 08 Jun 2010 at 4:02 pm

    Tolong diberi informasi mengenai seluk beluk papain mulai dari mengolah sampai ke pemasaran termasuk analisis usahanya. saya ingin belajar mengolah dari nol sampai ke pemasaran. domisili saya di malang dan dimana saya bisa belajar. atas tanggapanya terimakasih

  47. Rinion 24 Jun 2010 at 9:32 am

    Yth. Pak Amir..
    SaLam kenaL Pak..
    SebeLumnya terima kasih atas infonya..sangat bermanfaat.
    Pak, saya ingin membeli getah pepaya kering (crude papain) daLam jumLah yang banyak untuk keperLuan peneLitian saya, mohon info untuk nomor telepon dan alamat penjual crude papain. Oh iya,,saya domisiLinya di kota MaLang, Jawa Timur. No. HP 085233337733
    Terima kasih.

  48. Adityaon 15 Jul 2010 at 5:28 pm

    Selamat sore Pak, saya sangat terbantu dengan membaca tulisan bapak. Saya mau bertanya pak, kira-kira getah pepaya per kg nya berapa ya pak?
    Terima kasih

      Mohon maaf saya tidak memproduksi getah pepaya.
  49. chaion 16 Jul 2010 at 12:56 am

    wah pak artikel yang bagus…
    makasi byk pak buat infonya, semoga bisa bermanfaat buat saya… n_n

  50. wildanron 16 Jul 2010 at 6:34 pm

    bermanfaat lah bar, buat ngurusin perut, hahaha..

  51. nanoon 21 Aug 2010 at 12:53 pm

    Rekans,
    Melihat respon dan berbagai ide, mungkinkan diantara kita lantas bergabung untuk bersama mengushakan ini menjadi usaha bersama ?
    Yang mau berkelompok membeli tanah..
    yang mau berkelompok menjadi pengolah
    saya mau ikutan…mari cari tanah (atau kalau yg sudah punya biar ngga rugi sendiri, disewakan aja ke teman lainya yg mau gabung tapi blm punya tanah?)
    Sok atuh….yang punya bayangan tentang tanah yang bisa dibeli ?
    salam
    nano

      Gagasan yang bagus, saya siap memfasilitasi
  52. pramono hadion 31 Aug 2010 at 9:27 pm

    saya pramono met kenal pak amir.
    mohon info tempat pengepul papain di daerah sekitar jogja – solo dimana ya ?trims sebelumnya ( ini alamat email saya: pram_cindelaras@yahoo.co.id )

  53. mochamad ayubion 24 Sep 2010 at 9:07 pm

    salam hormat Bpk. Amir saya minta tolong informasi yang menerima buah pepaya wilayah bali. saya berdomisili di lumajang JATIM HP: 081 2334 23xxx.

      P Mochammad A, silahkan hubungi P Iswanto no. HP 0812 4926 9070.
  54. Arion 29 Sep 2010 at 2:39 pm

    Selamat sore pak…
    Sebelumnya terimakasih informasinya, saya tertarik untuk usaha papain,
    mohon informasi dimana saya bisa mendapatkan bibit pepaya wulung bogor (kalau ada yang didaerah jogjakarta) dan analisis usahanya tks

  55. Arion 29 Sep 2010 at 2:43 pm

    Selamat sore pak…
    Sebelumnya terimakasih atas informasinya, saya tertarik untuk usaha papain, mohon informasi dimana saya bisa mendapatkan bibit pepaya wulung bogor (kalau ada di daerah jogjakarta) dan analisis usahanya
    terimakasih

      Kalau bibit/benih untuk jenis wulung bogor di daerah Jogjakarta saya tidak punya referensi, mohon maaf.
  56. arion 01 Oct 2010 at 6:27 pm

    Selamat malam pak…
    Kalau bapak punya bibit pepaya wulung bogor?
    terimakasih

      Salam kenal pa ari,
      Butuh berapa banyak, agar bisa saya siapkan.
  57. agustinon 07 Oct 2010 at 8:32 am

    Apakah dari Agro prima memproduksi papain ?
    terima kasih

      Saya tidak memproduksi papain
  58. sarie_dessyon 12 Oct 2010 at 12:27 pm

    bagUs bGt eaw ,,,,,GmaNa toch cRanya bWt ngRawat poHon pepaya ??

  59. arinon 13 Nov 2010 at 10:07 am

    salam knal pak
    …kalo pengen ikut gabung dalam menyetori papain pa bisa..?

      Maaf, untuk saat ini saya tidak bergerak di bidang papainnya.
  60. safrianion 18 Nov 2010 at 5:57 pm

    saya tertarik dengan potensi papain pepaya tapi apakah jenis pepaya malaysia bisa di sadap getahnya dan bagaimana cici pepaya yang menghasilkan banyak papain dan mutunya bagus. untuk wilayah sumut apa sudah ada agen pengumpulnya. trims

      Maaf Bu Safriani,
      Saya saat ini belum memanfaatkan pepaya untuk di olah papainnya sehingga kurang mengetahui secara persis apakah pepaya malaysia bagus untuk diambil getahnya. Juga apakah di Sumut ada pengepulnya saya belum mengetahuinya.
  61. Zina Loppon 24 Nov 2010 at 1:13 am

    It sure is interestng, I hope I know that before.

  62. adeon 10 Jan 2011 at 10:41 pm

    jarak ideal penanaman pepaya dan hingga usia brp tahun pepaya bereproduksi…..?
    terima kasih

      Jarak tergantung jenis pepayanya. Untuk jenis, pepaya california, hawaii lk. 2 m x 2 m. Untuk jenis bangkok/thailand, redlady, orangelady lk. 2,5 m x 3 m. Usia produksi sangat tergantung pemeliharaan. Umumnya lk. 3 tahun.
  63. rahmion 28 Jan 2011 at 11:34 pm

    ass.. oak saya mahasiswa poltekkes depkes.. boleh minta kontak yg jual papain kasar ??
    terima kasih

  64. fari rubanaon 31 Mar 2011 at 3:44 pm

    pak,

    saya ada permintaan dari jepang untuk papaya kering dan nanas kering, mohon informasi kalo ada produsen yang bisa supply.

    terima kasih

  65. dianaon 18 Apr 2011 at 9:04 am

    selamat pagi pak..
    mohon informasi harga pepaya untuk sekarang, dan pepaya yang paling banyak dibutuhkan jenis pepaya apa?? terimakasih

      Harga yang mana…?, jenisnya…? banyak, california, bangkok, hawaii, redlady, orangeladi dll. Harga dimana….? di kebun, dipengepul, bandar, grosir, eceran, pasar tradisional, supermarket, toko buah dll. Yang banyak dibutuhkan tergantung daerahnya. Mungkin didaerah Anda tdk sama dengan daerahya lainnya… silahkan survey sendiri di daerah Anda mana yang paling lasir.
  66. ida k hzon 29 May 2011 at 5:10 pm

    aku nanem sendiri pepaya california tuch

  67. udinon 18 Jul 2011 at 9:04 pm

    permisi pak saya mau tanya.
    pepaya jenis pa ya yang banyak di minati pasar ekspor ?
    soalnya saya mau nanam pepaya sekitar 100.000 pohon.,.,,

  68. stevion 19 Jul 2011 at 11:58 am

    selamat pagi pak…
    Saia tertarik untuk memulai menanam pepaya, apakah bapak tahu data tentang pemasaran daerah yogyakarta untuk pepaya jenis bangkok, california atau redlady???
    Terima kasih

      Maaf pa Stevi,
      Saya tidak mengetahui ttg pemasaran pepaya untuk daerah Yogyakarta dsk untuk jenis2 pepaya bangkok, pepaya california dan pepaya redlady. Mungkin bisa pa Stevi amati langsung pemasaran di wilayah Yogyakarta.
  69. romli tamimon 26 Jul 2011 at 12:38 am

    Saya sangat berminat sekali untuk berinvestasi pada papain pepaya, barangkali Bapak bisa memberi saya informasi lebih lanjut tentang papain pepaya?
    Disamping itu saya juga berencana untuk menanam tanaman pepaya california di wilayah Lampung Utara, untuk membantu Bapak Mertua saya saya yang baru saja Pensiun. Mohon bantuan informasi dan konsultasi jika nanti diperlukan.
    Saya bisa dihubungi pada nomor 08533124xxxx dan email. Makasih atas bantuannya Pak.
    Hormat saya,
    Romli Tamim

      Yth, Pa Romli Tamin.
      Mengenai pengolahan papain saya belum bisa memberikan informasi yang akurat sehubungan saya belum bergerak di bidang papain, mungkin kesempatan yang akan datang saya akan menekuni bidang papain.
      Perihal budidaya pepaya baik jenis pepaya california, Hawaii, Thailand, Redlady dan Orangelady saya bisa sediakan seluruh benihnya, namun biasanya pesan karena saya harus membuat benihnya terlebih dahulu agar benih bisa disimpan lebih lama. Untuk itu silahkan tinggalkan pesan singkat/SMS di 08128 558 258 atau hub saya di no tersebut. Terima kasih.
  70. fuadon 23 Aug 2011 at 10:23 am

    untuk menanam pepaya lahan yang dibutuhkan minimal berapa ya ? (hasilnya sebagai peghasilan pokok) dan untuk mendapatkan bibit yang asli dari bapak bagaimana caranya ?

      Pa Fuad,
      Bila membutuhkan benih, silahkan tinggalkan pesan SMS di 08128 558 258
  71. toto prayitnoon 13 Sep 2011 at 10:28 am

    pak bisa membantu saya toko/alamat yang menjual getah papain? terima kasih

      Maaf pa Toto, karena saya belum menggeluti ttg getah pepaya, maka saya tidak memiliki referensi ttg para penjual getah pepaya. Mudah2an bila ada yg membaca comment ini dan mengetahuinya biasanya mereka akan memberitahukan pada saya dan selanjutnya saya akan infokan pada pa Toto secepatnya.
      Terima kasih.
  72. pepayaon 14 Oct 2011 at 11:44 am

    wah, gak nyangka sebanyak itu manfaatnya, sampai2 getahnya pun ada manfaatnya juga.. terimakasih infonya…

  73. sri rahayuon 17 Nov 2011 at 8:38 pm

    salam kenal Pak Amir,,artikel ini sangat2 bermanfaat bwt saya Pak,,dr artikel ini saya mengangkat judul penelitian saya,,tp sekarang saya terkendala Pak,mohon bantuan Bapak, sya sedang membutuhkan papain kasar Pak, jika Bapak punya alamat dan nomor yg bisa saya hubungi tolong kirim k email saya y Pak (morindacitrifolia@ymail.com) atw 0852-7159-2052.. trm ksh
    bagi siapa saja yang punya usaha pengolah papain kasar, saya ingin membeli, tolong kasih info k email atw k handphone saya langsung..

  74. nananon 07 Dec 2011 at 10:46 am

    salam kenal pak
    Saya tertarik dengan produsen papain… tlg Pak saya diberi alamat Pengepul yang bisa menerima hasil papain..
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih..
    no Hp saya 081316404183

      Salam kenal kembali. Maaf saya belum berkecimpung di dunia papain, nanti saya cari pengepul papain.
  75. Dakwah Syariahon 13 Dec 2011 at 7:44 pm

    Alhamdulillah mendapatkan wawasan yang bermanfaat tentang resep getah pepaya, saya baru tahu saat ini, ternyata getahnya bis adimanfaatkan untuk kesehatan, o iya terimakasih ilmunya. salam ukhuwa.

  76. Niaon 25 Jan 2012 at 9:05 am

    Salam kenal pak
    Saya ingin membeli enzim papain buat penelitian saya, saya mohon infonya pak dimana saya dapat membeli crude papain dan pure papain, jika bapak punya alamt atau no. tlpon yang bisa saya hubungi, tlng kirim ke email saya ya pak (Nia.kania32@yahoo.com).
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  77. Taufikon 11 Feb 2012 at 7:41 am

    Article bermanfaat sekali,,Saya jg petani pepaya d daerah sukabumi.Apakah saya bisa bisa suplai k tempat Bapak?.. Hub 0856155xxx

      Saya sangat senang bila hasil produksi pa Taufik bisa saya pasarkan, silahkan hubungi saya di 08128 558 558 setiap saat
  78. innaon 17 Feb 2012 at 2:44 pm

    saya mendapatkan informasi ttg getah pepaya dapat menghindari stress pada udang, apakah btul?
    tlg d beri kejelasan dari infonya..
    trim’s..
    :)

  79. adamon 19 Feb 2012 at 2:27 pm

    jadi buat obat jerawat bisa
    terimah kasih pak

  80. indahon 29 Feb 2012 at 10:59 am

    like this!

  81. Utamion 02 Apr 2012 at 9:34 pm

    saya mau tanya,dimana saya bisa mendapatkan crude papain? dan berapa harga per 1 kg nya?? mohon infonya..terima kasih..

      Mohon maaf saya tidak mengolah crude papain
  82. arifon 03 Apr 2012 at 10:05 pm

    pak, pohon pepaya kami mulai berbuah, tapi kena penyakit sbb : daun menguning dan bintik bintik putih selanjutnya berjatuhan, batang mengecil pertumbuhan berhenti dan akhirnya mati, mohon petunjuk

  83. tussebardianon 18 Apr 2012 at 7:36 pm

    salam kenal pak Amir,, apakah bapak berminat membeli pepaya california dari para petani?

      Salam kenal kembali pa Tussebardian,
      Sepanjang kualitas dan harga ada kesepakatan saya siap membeli pepaya hasil budidaya Anda.
  84. anfalon 16 Jul 2012 at 7:41 pm

    Salam Pak….
    Informasinya sangat luar biasa pak..terimakasih,,
    Saya boleh minta tolong info penampung papain Pak..
    kalau ada tolong untuk di sms ke 081319033105 atau email saya (slashmusthofa@gmail.com )…saya sangat berharap untuk infonya..
    atas bantuannya saya ucapkan terimakasih…..salam wirausaha…

  85. Tofan Agus Ron 28 Sep 2012 at 11:41 pm

    Hai pak,
    salam kenal. saya dulu usaha papain (tahun 2004 – 2006) dan dengan banyak hal saya gulung tikar.
    baru-baru ini saya dikontak oleh salah satu langganan saya dulu untuk diminta mencari yang bisa support supply crude papain dengan kualitas tinggi serta bisa menjaga kualitas tersebut dengan kontinyu.
    apabila bapak ada bisa segera menghubungi saya.

  86. putrion 14 Jun 2013 at 7:08 pm

    ass pak
    saya sedang melakukan penelitian dari getah pepaya, mhon infonya untuk tempat pembelian crude papain dan harga per kg nya berapa??

      Maaf bu Putri,
      Saya mengolah getah pepaya juga saya tahu dimana untuk mendapatkan getah pepaya.
  87. evion 28 May 2014 at 6:45 am

    mohon infonya cara deres pepaya buat papain saya siap membayar utk yang bisa mengajari cara deres papain yang tidak merusak buahnya bisa hubungi ke no saya 082327597456.terimakasih banyak

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply


+ seven = 11


9 JURUS SUKSES BERTANAM PEPAYA CALIFORNIA


DAFTAR PEMBUDIDAYA PEPAYA DI SELURUH INDONESIA
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DIPEKARANGAN RUMAH
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DI LAHAN PERKEBUNAN
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California

Proses Pembuatan Bibit Pepaya California, Pepaya Thailand/Bangkok dan Pepaya Hawaii Sebanyak 5.000 Polybag lebih pesanan Pa Rusduan untuk ditanam/dikirim ke Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung
Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
Saya Bisa…
Yakin Anda pun Pasti Bisa
Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
Banyak SMS maupun email saya terima dari rekan2 khususnya yang baru memulai atau mencoba membudidayakan pepaya akan kegagalannya saat penyemaian atau membuat bibit/pembibitan. Dari SMS yang saya terima ada yang mencapai hanya 50% Continue Reading..... Terima kasih saya ucapkan kepada Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Indonesian Entrepreneur Society serta TRUBUS atas kepercayaannya pada saya untuk menyampaikan materi pada acara “Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Menghadapi Masa Pensiun” di lingkungan Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal, Continue Reading..... “Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan” ini adalah judul cover “Majalah Duit!” edisi spesial ulang tahun ke-5. No. 5/VI/MEI 2011. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Majalah Duit! telah mewawancarai dan dimuat dalam kolom LIPUTAN UTAMA, Continue Reading..... Saya sangat mengapresiasi program “Bosan Jadi Pegawai” yang ditayangkan oleh stasiun televisi TransTV pada hari Minggu pukul 12:00 s/d 12:30 WIB, tanggal 27  Maret 2011 menampilkan kegiatan saya untuk memaparkan budidaya pepaya california dalam episode “Cantik Pepayanya Menggiurkan Rasa dan Untungnya Continue Reading.....
Wawancara dengan Tabloid "Kontan" Kompas Gramedia
Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Tabloid KONTAN Kompas Gramedia telah mewawancarai saya dan kepeduliannya untuk memasyarakatkan buah-buahan tropis kita khususnya pepaya. Memang tidak disangsikan lagi manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Sehingga perlu didorong untuk dibudidayakan.. . Continue Reading »

Cukup banyak yang menggunakan benih dari saya, oleh karena itu timbul gagasan sangat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi pembudidaya pepaya yang mendapatkan benih dari saya. Dibawah ini dicantumkan nama dan alamat/daerah pemesan serta nomor yang dapat dihubungi, namun tidak dicantumkan lengkap dengan alasan privasi. Continue Reading »

Pada dasarnya budidaya pepaya sangat mudah, tebarkan biji pepaya dipekarangan dalam beberapa minggu sudah terlihat tunas atau pohon pepaya kecil, selanjutnya rutin disiram, dalam waktu 4-5 bulan akan keluar kembang atau bakal buah dan 5 bulan kemudian buah sudah dapat di panen, mudah kan. Continue Reading » Suatu kehormatan yang tinggi sekali saya diundang untuk live talkshow bersama-sama direktur Indonesian Entrepreneur Society (IES) Bapak Bambang Suharno di stasiun Radio Pelita Kasih (RPK FM) Jakarta pada pagi hari tadi (Jumat 30 Juli 2010, pkl.  07:00-08:00 wib). . Continue Reading »
Membuat Bibit Pepaya
Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
Terima kasih kepada semua yang telah mempercayai saya dengan memanfaatkan benih yang saya hasilkan baik jenis pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii, maupun pepaya redlady. selengkapnya ......

Meski semakin banyak jenis dan ragam buah impor, pepaya tetap populer di Indonesia. Selain murah, zat gizi yang dikandungnya pun lengkap. Biji, daun, batang, dan akarnya sangat bermanafaat sebagai obat. Pada tahun 1992, The Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington AS meneliti manfaat kesehatan dari 40 jenis buah. selengkapnya .......

Terima kasih saya ucapkan kepada Indonesian Entrepreneur Society, bapak Bambang  Suharno selaku Direktur Indonesian Entrepreneur Society, telah memberikan kepercayaan pada saya untuk mentraining dan menjadi mentor kepada para entrepreneur dan calon entrepreneur. selengkapnya...» Telah banyak berbagai benih pepaya baik pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii maupun red lady yang memesan kepada saya, terima kasih atas kepercayaannya kepada sahabat-sahabat di Aceh, Medan, Palembang, hingga papua. selengkapnya.......
Pemilihan Lokasi untuk Budidaya Pepaya
Bibit dan Benih Pepaya Unggul
Tabloid Nasari news Edisi No. 15 Tahun 2, Juni 2009
Wawancara dengan "Koran Jakarta" (03/12/2008)
Lokasi Lahan Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membudidayakan pepaya, penentuan lokasi perlu dilakukan dengan cermat, tidak saja lokasi itu harus baik dalam aspek membudidayakan pepaya tapi lokasi juga harus baik dalam aspek keamanan terutama dari tangan-tangan jahil selengkapnya ...........
Bibit dan Benih Pepaya Kesuksesan berbudidaya pepaya salah satunya diawali dengan memiliki benih yang baik, namun dalam prakteknya ternyata tidak saja cukup memiliki benih yang baik atau benih unggul, Perlu penanganan yang baik sehingga akan menghasilkan buah pepaya unggul. selengkapnya .......... Tabloid Nasari newsSekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada "Tabloid nasari news" atas kepeduliannya mengangkat profil beserta aktifitas saya di bidang agribisnis. Mudah-mudahan dapat memberikan motivasi bagi saya agar lebih giat lagi dalam menekuni dunia agribisnis meskipun diusia yang saat ini (1 Juni 2009)  genap berusia 53 tahun. selengkapnya ....... Koran JakartaBeberapa media seperti Kompas Cetak kami berikan apresiasi yang tinggi dengan banyak memuat berita tentang dunia pertanian kita terutama nasib para petani. Juga kami berikan apresiasi kepada "Koran Jakarta" yang mewawancarai saya. selengkapnya ..........

Recent Posts:

  1. 9 Jurus Sukses Bertanam Pepaya California
  2. Terima Kasih Majalah elshinta
  3. Penyebaran Benih Pepaya
  4. Liputan ANTV: Budidaya Pepaya California di Kebun Binaan Milik Pa Yungki di Ciseeng Parung Bogor
  5. Kumpulan SMS Seputar Pertanyaan Budidaya Pepaya
  6. Memberikan Pembekalan Kewirausahaan Khususnya Budidaya Pepaya California Kepada PNS/KORPRI Pemprov Kalimantan Tengah
  7. SWA: “Mencetak Banyak Miliarder, Membangun Ketahanan Pangan”
  8. Keberhasilan Dit Pol Air Polda Banten Membina Nelayan Membudidayakan Pepaya California
  9. Pelatihan Budidaya Pepaya
  10. Buku Pertama Ku
  11. GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun
  12. Pemula Yang Berhasil
  13. Dua Jempol untuk Polisi Perairan Polda Banten
  14. Mengunjungi Kebun Pepaya Milik Pa Anton dan beberapa petani pepaya di Gianyar – Bali.
  15. si KRIBO (kritis dan heboh) dan Artis Dini nyasar ke kebun pepaya saya (akan tayang tgl. 28/09/2012 di MNCTV)
  16. Tunggu Tanggal Tayangnya di MNCTV (Lintas Pagi)
  17. Kunjungan Putri Indonesia ke Kebun Pepaya California Saya
  18. Bibit Siap Tanam untuk Memenuhi Keinginan Masyarakat Jakarta
  19. Program Unggulan Green Radio 89,2fm (Buah Lokal vs Buah Impor)
  20. Terima Kasih Kepada Majalah Ide Bisnis Kompas Gramedia (Analisa Usaha Pepaya)
  21. Kiranya Patut Ditiru Keberhasilan Pa Kasmari Membudidayakan Pepaya California
  22. Untuk Pemula yang Ingin Menggeluti di Agribisnis Pepaya
  23. Memenuhi Undangan Bapak Bupati Kebumen, Jawa Tengah
  24. Waspadai Menghadapi Awal Musim Penghujan Tahun Ini
  25. Pemberian Cuma2 Benih Pepaya California dan Orange Lady kepada SDN Wiyung I Surabaya
  26. Betik Bekal Pensiun (Majalah Trubus; 503 – Oktober 2011/XLII) liputan Majalah Trubus
  27. Konsultasi Langsung Selama Bazaar (18-19/08/2011)
  28. Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
  29. Saya Bisa… Yakin Anda pun Pasti Bisa
  30. Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
  31. Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
  32. Petani Pepaya Jadi Aktor Dadakan (saksikan tayangannya di TransTV 27-Mrt’11 pkl 12:00-12:30 wib)
  33. Mungkin Bermanfaat untuk Anda: Wawancara saya dengan Tabloid Kontan
  34. Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
  35. Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
  36. Kunjungan ke Kebun Pepaya California Milik Pak Kusnadi
  37. Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
  38. Membuat Bibit Pepaya
  39. Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
  40. Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
  41. Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
  42. Mengapa Sebaiknya Pilih Buah Lokal dari Impor
  43. Bentuk Buah Antara
  44. Pemilihan Lokasi
  45. Menanam Pepaya California Dipekarangan Rumah (I)
  46. Bibit dan Benih Pepaya
  47. Terima Kasih Tabloid “nasari news”
  48. Oleh-oleh dari mengikuti Seminar “Langkah Jitu Memulai Bisnis dari NOL”
  49. Mengelola Usaha Jarak Jauh
  50. Pemupukan Tanaman Pepaya (II)
  51. Pemupukan Tanaman Pepaya (I)
  52. Syarat Ideal Tumbuh Tanaman Pepaya
  53. Membuat Benih Sendiri
  54. Parpol Bingung petani Tidak Bingung
  55. Turun, Minat ke Fakultas Pertanian
  56. Jadi Petani
  57. Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur Melalui Juice
  58. Jus buah vs Soft Drink
  59. Panen Buah2an di Kota Jakarta
  60. Perhatian Media Cetak terhadap Petani Luar Biasa
  61. Mudahnya Berkebun Pepaya
  62. Menjadi Angan2
  63. Menghianati Agrikultur
  64. Suara Petani
  65. Definition of Agribusiness
  66. Papaya, Papaw, Paw Paw, Mamao
  67. Hari Pangan Sedunia dan Kemandirian Petani
  68. Dari mimpi dan keprihatinan sampai dengan bangkitnya semangat Baru
  69. Antisipasi Usaha Agribisnis di Era Global
  70. Minat Studi Pertanian Menurun?
  71. Manajemen Agribisnis
  72. Impian? ya….. tinggal Impian
  73. forum AGRO
  74. Lowongan Pekerjaan
  75. STABILO
  76. Pensiun? Kenapa Takut
  77. Benarkah buah lokal kurang diminati?
  78. Orang Bodoh yang Beruntung
  79. Ramuan Anti DBD
  80. Nutrisi Buah Pepaya
  81. Manfaat Getah Pepaya
  82. Pepaya Sebagai Obat Kanker, Jerawat dan Telapak Kaki pecah2
  83. Pepaya Sebagai Obat
  84. Berkebun Pepaya
  85. Pemanfaatan Pepaya
  86. Papaya – Pepaya – Kates – Gedang
  87. Takut Berwirausaha
  88. Keluarga Ku
  89. Selamat Datang!

Pertanyaan2 Anda dan jawaban saya seputar budidaya pepaya:




bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Visitor Sejak 01 Agustus 2009
free counters
lazada INA
Jasa komputer, pengetikan, setting, percetakan dll. Prima Electric: Perbaiki segala peralatan elektronik. Fresh Fruit Tropical. UD Prima Agro