GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun

Angkatan VIII - Waktu dan tempat akan ditentukan kemudian
Pelatihan ini murni kita sharing/berbagi ilmu
tidak ada pesan sponsor penjualan produk seperti pupuk, obat2an, bibit, benih dll.



Bagi pemesan benih pepaya dari saya khususnya jenis pepaya california dan Hawaii yang dibudidayakan seputar Jawa Barat. (Depok, Bekasi, Karawang, Tangerang, Bogor, Subang, Indramayu) bila sulit memasarkan, saya siap bantu. Juga untuk pemesan dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung saya siap memasarkan bila permintaan terus meningkat.

Jan 28 2009

Jadi Petani

Published by at 7:09 am under Education,Entrepreneurship

Petani Mantan PNSJadi petani?… Ah… masa saya harus jadi petani, bercita-cita itu misalnya jadi konglomerat, dipastikan hidup tidak akan susah dengan kekayaan yang melimpah, segala keinginan bisa terpenuhi.

Jadi petani? … dipastikan akan bergumul di ladang dengan berlepotkan tanah, mencangkul, kepanasan dan kehujanan serta apakah bisa dengan bertani dapat menafkahi istri dan anak serta hidup layak dapat mensekolahkan anak sampai ke perguruan tinggi.

Itulah segelintir keresahan saya menjelang pensiun dari Pegawai Negeri Sipil (PNS). Apa yang harus saya lakukan kelak pensiun nanti agar terus dapat menafkahi anak dan istri.

Banyak pelajaran dari orang-orang yang telah menjalani pensiunan, kebanyakan mereka bingung apa yang hendak diperbuat. Setelah pensiun baru memikirkan kegiatan apa yang akan dilakukan, sedangkan usia sudah hampir memasuki 60 tahun dan tenaga sudah dipastikan terus kerkurang, juga yang tidak kalah penting adalah dana, kegiatan usaha sekecil apapun sudah dipastikan memerlukan dana. Apakah sudah dipersiapkan jauh sebelumnya, kebanyakan mereka belum mempersiapkan apalagi seorang PNS jangankan menyisakan gaji untuk ditabung, untuk keperluan sehari-hari saja kebanyakan tidak mencukupi. Bahkan ada yang mengandalkan pada anaknya “Saya pensiun nanti, anak saya kan udah bekerja“.

Jadi petani!… Apa yang ada dibenak sebelumnya memang benar adanya, saya harus bergumul dengan tanah, mencangkul, merawat tanaman, membawa hasilnya ke pasar, berpanas-panasan dan adakalanya kehujanan. Ini sebuah keputusan yang pada awalnya berat namun setelah dilakoni ternyata “kenapa tidak dari dulu jadi pertani“, memang hasil dari bertani tidak bisa disamakan dengan penghasilan seorang konglomerat yang bisa terpenuhi segala keinginannya. Akan tetapi ada hasil yang tidak dapat diukur dengan uang adalah suatu kebanggaan tersendiri yang telah saya dapatkan yakni berhasil memberikan lapangan pekerjaan kepada para buruh tani, yang pada akhirnya memberikan nafkah para buruh tani itu sendiri beserta sanak keluarganya.

Pembuatan bibitPanen PepayaSiap di tanama di kebon

Jadilah petani… Diawali dengan kekhawatiran yang mendalam, sekarang justru menjadikan motivasi yang sangat kuat untuk terus menggeluti dunia pertanian. Memimpikan suatu saat kelak memiliki perkebunan yang luas, dapat menyerap tenaga kerja atau buruh sebanyak-banyaknya sekaligus dapat mensejahterakan buruh tani serta para sanak keluarganya, dan yang tidak kalah penting dapat bersaing dengan produk-produk luar/impor.

Kebun pepaya

Jadilah petani… Indah sekali bila kita melihat hamparan tanaman pepaya yang serba hijau, buah yang lebat-lebat dan udara sejuk yang jauh dari polusi, yang sebelumnya saya lihat hanyalah hampara hutan beton yang menjulang tinggi dan pemandangan kemacetan lalulintas di seluruh pelosok ibu kota. Kini dengan bertani menjadi suatu kebanggan dan menjadi pekerjaan yang menyenangkan, dikelilingi oleh pemandangan alam pegunungan yang serba hijau yang menyejukkan dan bercengrama dengan para buruh tani meskipun berpeluh dengan keringat, anak-anak saya riang bermain di kebun.

Untuk masa depan anakBergayaAnak petani

Namun… Sangat disayangkan petani masih saja sering dinomor terakhirkan duakan dalam berbagai hal. Celakanya lagi minat kaum muda memasuki perguruan tinggi di bidang pertanian dari tahun-ketahun terus merosot, telah hilangnya daya tarik pendidikan pertanian. Tidak heran bila hasil pertanian kita bisa dikalahkan dengan hasil pertanian negara lain baik dari segi harga maupun mutu. Demikian pula perhatian pemerintah terhadap petani yang kurang dan hanya dijadikan komoditas politik semata.

PepayaKu masuk pasarMasuk pasar PepayaKupanen

Inilah salah satu impian dan tantangan saya kedepan, saya harus lebih dapat lebih banyak lagi memberikan peluang lapangan pekerjaan sebesar-besarnya baik buruh tani, pedagang buah-buahan dan menjadikan produk pertanian kita unggul dalam segala hal.

Santai menikmati pepaya matang di pohonGenerasi penerusSantai ahPepayaku masuk pasarpepaya ku terjualpepayaku dipilih yang super

Nah…… Siapkah Anda jadi petani!? kenapa takut.

Petani Pepaya, 27/01/09

22 responses so far

22 Responses to “Jadi Petani”

  1. Bachtiar Rifa'ion 30 Jan 2009 at 11:04 pm

    100% agree!

  2. budiawanhutasoiton 04 Feb 2009 at 9:19 am

    Salam Sukses!

    Pertama2…salut pak dengan keputusan bapak utk menjadi petani di usia yg bapak sebutkan dimana tenaga sudah pasti berkurang. Two tumbs up!

    Kedua, nah ini dia pak..saya jadi terpacu atau malah termotivasi dengan blog bapak ini. dan ingin mengikuti jejak bapak menjadi petani. Siapa takut..benar ga pak..

    Mohon info email yang dapat saya hubungi pak..Thanks.

      Salam kenal dan salam sukses juga untuk Pa budiawanhutasoit,
      Bapak sudah serius jadi petani! dan sudah siap dengan segala konsekwensinya!, kalau sudah siap jangan terlalu lama dipertimbangkan, ingat! … waktu berjalan terus tidak ada yang bisa menyetopnya.
      Suskses untuk pak budiawanhutasoit.
      Amir Hamzah
      email saya: amir@agroprima.com atau primaagro@yahoo.co.id
  3. farchaon 10 Feb 2009 at 9:09 am

    Anda punya semangat yang sangat tinggi semoga sukses dengan semua harapannya. amin

      Salam kenal Farcha,
      Terima kasih atas doanya, juga semoga sukses selalu menyertai Anda, amin.
  4. Iputon 16 Feb 2009 at 4:40 pm

    Saya bangga masih ada orang seperti bapak. Saya sebenernya saat sama juga dengan yang sudah bapak lakukan. Saya bertani sayur organik di bogor. Namun demikian yang jadi keresahan saya saat ini setiap usaha yang kita lakukan dalam pertanian pasti membutuhkan banyak buruh tani tapi kita tidak bisa memberikan ekonomi yang layak. Maka sekarang saya bergerak untuk mengorganisir organisasi petani, konsekwensinya adalah waktu saya untuk bertani jadi tidak ada lagi. Pilihannya mau maju sendiri apa mau maju bersama dengan kebanyakan petani.

      Yth, Pak Iput, Salam kenal.
      Dimanapun kita berada sudah pasti dihadapkan pada pilihan yang sudah tentu mengandung konsekwensi pada masing-masing pilihan. Lebih baik segera menentukan pilihan ketimbang tidak yang justru akan menambah konsekwensi baru.
      Apapun yang kita pilih, lakukan dengan serius dan sungguh2 karena bukan jalan mulus yang nantinya akan kita temui justru semakin terjal, itu yang saya alami. (mis.: harga di pasar bagus, produk kita belum bisa dipanen. Produk kita melimpah, harga pasar anjlok. Dipusingkan kenaikan BBM, buruh, pupuk, dll. dll.).
      Maju terus pak Iput, saya sangat optimis setelah jalan terjal pasti kita temukan jalan tol eh.. jalan mulus. Dan sampai saat ini saya masih terus berupaya, jangan pernah berhenti berupaya dan jangan menyerah karena gagal.
      Salam sukses.
      Amir Hamzah
  5. Bunawi Sulaimanon 09 Mar 2009 at 2:18 pm

    Pak Amir,
    Saya tertarik dengan keputusan bapak menjadi petani dan sependapat bekerja di pertanian lebih enak pemandangannya, bebas macet & polusi. walaupun memang perlu kerja keras juga.
    saya juga sedang mencari budidaya pertanian, kebetulan ada tawaran teman untuk menggarap pepaya. boleh memberikan tips bagaimana merintis usaha pertanian pepaya … misalnya: pilihan lahan, pupuk, perawatan dll.
    Thanks
    Bunawi

      Yth, Pa Bunawi Sulaiman, salam kenal.
      Jangan sia-siakan tawarannya pa… Segera direaliris. Pada dasarnya tidak sulit atau mungkin tidak sesulit budidaya buah2an selain pepaya. Mungkin bapak pernah membuang sembarangan biji pepaya di pekarangan, tanpa disadari kurang dari satu minggu sudah menjadi pohon pepaya setinggi lk. 5-10 cm, mungkin bila terus disiram tidak mustahil jadi pohon pepaya yang besar dan menghasilkan buah.
      Nah baranjak dari sana, sebetulnya sangat mudah membudidayakan pepaya. Karena kita bertujuan untuk berwirausaha mulailah dengan perencanaan. Misalnya pemilihan lahan, menentukan jenis pepaya yang akan ditanam, perawatan, pemasaran dll.
      Pemilihan lahan umumnya di wilayah tanah air kita memungkinkan untuk ditanam pepaya asalkan tidak di dataran tinggi (inipun jadi tapi hasilnya tidak maksimal) juga jangan di daerah persawahan (akar tergenang air pohon pepaya akan mati).
      Penentuan jenis pepaya yang ditanama tentunya berkaitan dengan pasar yang nantinya akan kita garap (ekspor atau pasar lokal).
      Perawatan dan pemeliharaan tidak banyak kendala, pupuk organik dan non organik banyak dipasaran dan mudah didapat demikian pula cara perawatan sangat mudah.
      Nah…. Jangan dipikirkan sulit untuk membudidayakan pepaya. Dari pengalaman saya baik budidaya pepaya atau budidaya lainnya kesulitan hanya pada penentuan lahan yaitu dari segi keamanan. Ini yang harus diperhatikan baik-baik apakah lahan yang akan nanti kita tanam akan aman dari lingkungan/masyarakat sekitarnya. Sekali lagi ini yang pernah saya alami baik di pepaya maupun non pepaya.
      Pak Bunawi S, segera dimulai dan belajar sambil praktek, ini yang saya lakukan selama ini.
      Salam sukses,
      Amir Hamzah
  6. Alvius Nimin Darmaon 01 Apr 2009 at 2:16 pm

    Selamat sore Pak Amir,

    Membaca pengalaman Pak Amir, tentunya membuat saya tertantang untuk menekuni bisnis pepaya ini.
    Sekarang kami sedang menggeluti bisnis ini pak, kami sudah tanam sekitar 1500 pohon.
    Lumayan Pak Amir, sekarang sudah lumayan panen, walaupun belum semua pohon panen, saya ingin tanyakan beberapa hal Pak Amir.
    1. Apakah pupuk kandang dengan kambing dan dicampur pupuk kotoran ayam (potong) waktu pemupukan pertama ini bisa mempengaruhi hasil buah dari pohon tersebut?
    2. Saya memperhatikan ada jenjang antara periode buah dengan bunga buah selanjutnya? kenapa demikian ya? apakah ada hubungannya dengan pertanyaan saya no.1?
    3. Seharusnya berapa kali pemupukan dengan pupuk kandang dalam setahun?
    4. Bagaimana cara nya kita bisa mengekspor pepaya?

    Terima kasih banyak Pak Amir atas perhatiannya.

    Salam.

    Alvius Darma

      Salam kenal pak Alvius Darma,
      Untuk menjawab pertanyaan bapak kebetulan saya sedang mencoba menuliskan pengalaman saya sendiri ttg pemupukan maupun dari teman2 yang lainnya juga hasil kajian para ahli, dengan harapan bisa menjadi bahan perbandiingan bagi kawan2 yang ingin terjun di budidaya pepaya. Mudah2an dalam minggu2 ini akan saya muat.
      Khusus buah pepaya saya belum mengekspor karena untuk melayani lokal saja masih kekurangan
  7. Darmanon 27 May 2009 at 3:43 pm

    Benar pak Amir, enak jadi petani yach…. TAPI sekarang saya cari duit dulu dech soalnya jadi petani juga harus modal khan… he he… kecuali pilihan jadi buruh tani, modal otot….
    Ntar kalo ada cukup modal mau beli tanah and bertani dech… sekarang hanya bisa invest kecil-kecilan di bidang ini aja…. Apakah di tempat bapak ada peluang investnya???
    Maaf yaa, kalo pertanyaan ini kurang berkenan.
    Thanks

      Salam kenal pa Darma,
      Terima kasih. Inginnya sih… kalau ada yang mau berinvestasi di saya, dengan senang hati, karena akan terus dikembangkan mengingat permintaan masih belum bisa saya penuhi hingga saat ini, baik buah pepaya maupun buah lainnya juga sayuran impor maupun lokal, untuk diketahui tidak sedikit dana yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha ini. Tapi hingga saat ini saya belum terbiasa dan masih banyak kehawatiran dalam memegang tanggungjawabnya bila dibantu dengan pihak ketiga.
      Thanks.
  8. Aguson 13 Jun 2009 at 9:01 am

    Salam sukses pak…
    Gini pak, sekarang saya masih bekerja di perusahaan..tapi kenapa ya kok saya pingin banget menanam pepaya di kampung saya. awal mulanya saya sangat suka makan pepaya, trus kepikiran untuk menanam pepaya. saya ingin sekali punya usaha sendiri, umur saya baru 25 thn pak…
    mohon bimbingannya pak, untuk bisa bertanam pepaya :
    1. bagaimana cara mendapatkan bibit pepaya yang bagus?
    2. cara bertanamnya bagaimana?
    3. pemeliharaannya bagaimana?
    4. dan yang paling penting bagaimana pemasarannya? apakah bisa suplai ke bapak?
    terima kasih atas bantuannya pak…

      Pa Agus, salam kenal,
      Saya sambut gembira pa Agus yang masih muda berkeinginan membudidayakan pepaya.
      Sebelum menjawab pertanyaan ke4 diatas boleh saya tahu pa Agus tinggal di daerah mana dan ingin membudidayakan pepaya di daerah mana serta jenis pepaya apa yang ingin ditanam. Meskipun pada umumnya pepaya bisa tumbuh di daerah manapun, namun kualitasnya akan berbeda terhadap suatu daerah tertentu.

      1. bagaimana cara mendapatkan bibit pepaya yang bagus?
      Untuk mendapatkan bibit sangat mudah dan sebenarnya bisa pa agus buat sendiri tapi umumnya karena baru dan khawatir biasanya pada awalnya mendapatkan bibit dengan cara membeli, saya bisa sediakan namun harus pesan karena tidak ada persediaan jadi karena saya tidak khusus membuat bibit untuk di jual.

      2. cara bertanamnya bagaimana?
      3. pemeliharaannya bagaimana?
      Bertanam dan memeliharan sangat mudah hanya butuh ketukunan dan kerajinan saja, karena pepaya tidak memerlukan perlakuan khusus. Kalau mau baca dari buku banyak di toko2 buku cara membudidayakan pepaya, untuk hemat boleh saja baca tulisan2 saya di sini, karena terus saya update segalanya tentang pepaya, inipun sebenarnya saya sambil belajar.

      4. dan yang paling penting bagaimana pemasarannya? apakah bisa suplai ke bapak?
      Masalah pemasaran untuk sementara bahwa pepaya Bangkok/Thailand masih sangat mudah, seperti pa agus lihat dari penjaja buah2an dingin keliling, pasar tradisional, swalayan, supermarket banyak terdapat pepaya bangkok. Untuk di luar jenis itu pemasarannya masih terbatas. Memang sekarang orang rame2 banyak membudidayakan pepaya California dll. Untuk diketahui beberapa bulan yl. saya kekurang buah untuk memenuhi permintaan terhadap pepaya Bangkok, jadi akan saya upayakan menampung hasil produksi pa Agus bila panen nanti.

  9. Aguson 21 Jun 2009 at 10:07 am

    Terima kasih infonya pak..
    Sekarang saya masih berkerja di daerah karawang,
    namun saya ingin budidaya pepaya di daerah kebumen jawa tengah
    saya belum tau pepaya mana yang bagus, enak dan manis. pepaya california atau bangkok, mohon sarannya pak…
    kemudian untuk harga bibitnya kira-kira berapa ya pak? kalau di bawa ke kebumen kira-kira bagaimana?
    Mohon jawabannya dikirim ke alamat email saya juga ya pak..terima kasih.

      Segera akan saya jawab melalui email pa Agus
  10. Rosy Nur Apriyantion 21 Jul 2009 at 10:37 am

    Kpd Yth Bpk Amir Hamzah,

    Saya Rosy Nur Apriyanti, staf redaksi Majalah Trubus. Saya sangat tertarik dengan informasi bapak mengenai pepaya. Rencananya Trubus edisi mendatang, September 2009, akan menulis tentang pepaya. Apakah saya bisa wawancara dengan Bapak? Saya sangat menghargai apabila Bapak juga bisa memberikan kepada kami pekebun lain (kalau ada yang di luar kota, seperti Jawa Timur dan Jawa tengah) yang bisa diwawancarai tentang pepaya.
    Terima kasih banyak atas perhatiannya. Saya tunggu jawabannya ya pak Amir.

    Salam,

    Rosy

      Yth, Bu Rosy. Segera akan saya jawab melalui email.
      Salam,
      Amir Hamzah

  11. Edy Soeliantoon 03 Aug 2009 at 1:20 pm

    Kepada Yth Bpk. Amir Hamzah

    Membaca artikel tentang ramainya keinginan menjadi petani pepaya, saya jadi iri hati … bapak-bapak lain sudah bisa menikmati hasil kenapa saya masih tetap jadi penonton terus, hanya berkeinginan terus, belum bisa mewujudkan impian, masih mimpi terus…

    Pak Amir,
    seperti pak darman, saya masih berkutat mencari modal untuk dapat lokasi lahan dengan buka usaha non tani.
    semoga kelak bisa ketemu langsung dengan bapak, untuk berguru.

    Salam Hormat,

    Edy Soelianto

  12. Kusmantoro, PusTIon 19 Aug 2009 at 1:54 pm

    Assalaamu ‘alaikum Wr.Wb….

    Wah…. huebat eui…. Selamat Pak Amir…! tentunya tidak semudah merilis untuk menjadi profesi petani sukses seperti Boss nih…!.
    Kami ikut bersyukur kepada Allah Swt. seorang ikhwan kita sudah jadi petani sukses, semoga menuju ke cita2 semula jadi konglomerat tp tentunya Konglomerat yang istikomah, tawaddhu, dan semakin meningkatkan rasa syukur kepada Sang Khaliq atas segala karuniaNya….!.
    Selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan, maafkan kami sekeluarga bila ada hal-hal yang kurang berkenan dalam kebersamaan selama ini.
    SALAM UNTUK KELUARGA
    “Semoga kita masih diberikan umur yang penuh dengan ridhoNya dalam menjalankan SHAUM RAMADHAN 1430H dan mampu meraih INSAN YANG BERTAQWA …. Amin.
    Wassalaamu ‘alaikum Wr.Wb
    Regard;
    Kusmantoro,
    Keluarga besar PusTi, Perum BULOG

      Walaikum salam,
      Terima kasih pa Kusmantoro
      Dengan ucapan yang sama kami sekeluarga mohon maaf lahir batin dan selamat menunaikan ibadah puasa.
      Amir Hamzah dan keluarga
  13. Nu'manon 21 Dec 2009 at 12:06 pm

    Salam kenal pak…! Saya sepakat dengan apa yg Bapak sampaikan. Kebetulan Saya sekarang sedang memulai bertani pepaya di luasan 3 ha an. Pepaya yg saya tanam jenisnya thailand biasa dan belum berani ke jenis2 exclusive semisal hawaii, red lady, dll. Ke depan disamping menambah keragaman varietas saya sungguh sangat penasaran dengan papain hasil sadapan pepaya. saya pernah baca bahwa buah usia 1 bulan bisa di sadap dan dengan mengolesi cairan tertentu tidak meninggalkan luka sayat. Apakah saya bisa memperoleh info lebih lanjut tentang itu. Trimakasih sebelumnya….

      Salam kenal kembali pa Nu’man,
      Segera saya sampaikan melalui emai pak Nu’man.
  14. Aji Sumantoroon 25 Dec 2009 at 10:54 am

    Kepada
    Yth. Bp. Amir Hamzah
    Salam sukses!
    Saya salut atas usaha Bapak yang sedemikian sukses, meskipun latar belakang Bapak adalah seorang PNS, namun memutuskan untuk menjadi seorang petani, dan nyatanya berhasil.
    Begini Pak, saya itu terus terang punya cita-cita menjadi pengusaha muda, meskipun saya tidak punya modal apa-apa, hanya tekad saja. saya ini berumur 36 tahun, berdomisili di wilayah kabupaten Pekalongan, jawa tengah. Saya ingin mencoba menanam pepaya di pekarangan rumah saya yang tidak begitu luas.
    Saya ingin menanyakan beberapa hal kepada Bapak sebagai berikut :
    1.Apakah di daerah saya cocok untuk ditanami pepaya, jenis pepaya apa yang cocok ditanam di daerah saya?
    2.Dapatkah saya mendapatkan bibitnya dari Bapak?
    3.Apakah budidaya pepaya ini dapat dimulai dengan modal yang sangat terbatas dan bagaimana prospeknya di masa yang akan datang?
    Saya mohon bimbingan dari Bapak. Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih. Jika Bapak tidak berkeberatan saya mohon balasannya dikirim ke alamat email saya.
    Hormat saya,
    Aji Sumantoro

      Terima kasih kunjungannya ke blog saya. Segera akan saya jawab melalui emai Anda.
  15. Jonggoishon 25 Jan 2010 at 12:06 pm

    Bahagia banget bisa menemukan blog yang membahas cita2 dan impian sy…..sejak perusahan sy kena musibah dan akhirnya tutup sy terpuruk tanpa bisa berbuat apa2 krn menyesali musibah dan tak bisa berpikir lagi karena sama sekali tidak punya modal untuk memulai apa yg saya cita2kan.
    SEmoga Tuhan memberi sy rezeki yg halal supaya sy bisa beli tanah dan menjalankan cita2 sy mempunyai perkebunan pepaya di daerah Bogor Leuwiliang.Amin
    bantu doain ya Pak.
    Selamat dan sukses untuk Bpk dan keluarga

      Salam kenal pa Jonggoish,
      Saya doakan semoga cita-cita bapak dapat segera terlaksana.

  16. novieon 01 Feb 2010 at 11:36 am

    lam kenal pak… boleh sy tahu no hp bapk… mau belajar jadi petani pepaya di blitar neh. 08123384xxx. matur suwun

      Bu Novie bisa hubungi staf/penanggungjawab perkebunan kami yang agak dekat dengan daerah ibu yakni di Banyuwangi tlp/HP 081249269xxx. Karena saya berdomisili di Jakarta

  17. hakikion 19 Feb 2010 at 12:09 pm

    hidup petani!!
    yang ingin saya tanyakan bagaimanakah memperpanjang umur simpan pepaya? yang saya tahu pepaya termasuk buah yang cepat busuk?
    apalagi bila pepaya tersebut telah dikupas? bagaimana bapak menanggulangi masalah tersebut? resiko usaha bapak tentunya sangat besar sekali,,,

      Belum ada teknologi untuk memperpanjang umur simpan pepaya, oleh karena itu salah satu tuntutan utama adalah strategi pemasaran yang baik sehingga selepas panen pepaya harus segera sampai di tangan konsumen/pembeli.

  18. Irsyadon 23 Feb 2010 at 8:03 am

    AssalamMualaikum
    Salam kenal Pak Amir Hamzah, saya Irsyad dari Bali.
    Pak saya ingin tahu perhitungan bisnis pepaya apakah bapak bisa info ? terus apakah apakah bapak mengetahui berapa kebutuhan pepaya di Bali karena saya lihat di pasar-pasar pepaya sudah cukup banyak.
    Membaca blog bapak ini saya tertarik untuk mencoba kebetulan saya ada lahan milik orang tua.
    Terima kasih
    Wassalam

      Walaikumsalam pa Irsyad,
      Mengenai perhitungan bisnis pepaya sebetulnya tidak besar untuk 1 ha lk. Rp 40 juta tahun pertama apalagi lahan milik sendiri bisa dibawahnya. tahun berikutnya biaya bisa ditutup dari hasil penjualan hingga tahun ke tiga bahkan bisa sampai tahun keempat bila perawatannya cukup baik.
      Pepaya bukan buah musiman sehingga tidak akan ada istilah pasar “dibanjiri” buah pepaya yang mengakibatkan harga jatuh seperti buah mangga bila sedang “banjir” harga bisa mencapai lk. Rp2.500/kg. Di pasar yang ada adalah persaingan harga, nah bila pa Irsyad bisa efisien dalam memproduksi tentu akan kuat dalam persaiangan harga di pasarnya nanti. Salam sukses.
      Wassalam

  19. DADENG CHALID Son 19 Mar 2010 at 10:43 am

    SALAM KENAL PAK AMIR, NAMA SAYA DADENG CHALID S. SAYA TINGGAL DI BEKASI. SAYA MEMPUNYAI KEINGINAN UNTUK MENJADI PETANI PEPAYA DI DAERAH GARUT. BOLEHKAH SAYA BELAJAR LANGSUNG DENGAN BAPAK? TERIMA KASIH

      Tentu… boleh… Kebetulan saya ada rencana yang sebentar lagi akan membuka lahan baru di Sukabumi, nanti bisa belajar langsung di lapangan.
  20. DADENG CHALID Son 22 Mar 2010 at 2:59 pm

    ASS.WR.WB
    PAK AMIR, SAYA PESAN DONG 1 SACHET BIBIT PEPAYA CALIFORNIANYA.
    BERAPA HARGANYA + ONGKOS KIRIM DAN BAGAIMANA PEMBAYARANNYA PAK.KALAU SUDAH ADA MOHON DI INFOKAN KE SAYA YA PAK.TERIMA KASIH. WS WR.WB

      Benih pepaya california sudah saya siapkan. Harganya GRATIS, hanya saya minta upah untuk buruh/tenaga kerja staf saya yang membuatnya sebesar Rp 60.000,- per sashet isi lk 250 butir. ongkos kirim bisa di lihat di tiki online. Pembayaran via BCA. Mohon kirim nama dan alamat yang jelas agar kiriman mudah sampai ke HP 08128558258
  21. ipan irawanon 30 Mar 2010 at 1:58 pm

    pak amir hamzah, ini cuma umpama aja. saya di daerah sumatra. kalo pake benih pepaya bapak juga tanah di perkebunan bapak utk tanam di sumatera apakah hasil buah pepaya saya bisa sama dgn pepaya bapak? dari ipan irawan.

      Bisa sama bisa tidak.
      Bisa sama kalau unsur2 dalam tanah yang dikandungnya sama dengan diperkebunan saya.
      Dari pengalaman:
      1. buah yang dihasilkan dari dataran tinggi dan dataran rendah sangat berbeda baik rasa maupun bentuk meskipun dari bibit/benih yang sama.
      2. Dari jenis yang sama ( spt. pepaya Bangkok) setiap daerah memiliki perbedaan2, tidak sama pepaya bangkok yang dibudidayakan di Lampung dengan di Jawa Barat, juga tidak sama dengan yang di budidayakan di Jawa Tengan dan Jawa Timur dan daerah lainnya.
  22. ardion 25 Nov 2010 at 11:20 am

    Wah hebat ni Bapak…saya jadi ingin juga menjadi petani.
    Tapi bagaimana? lahan saja saya nggak punya.
    Pernah berfikir saya ingin menjadi transmigran, tapi saya masih dihantui ketakutan jangan-jangan daerah transmigrasi seindah yang kita harapkan. mohon solusinya pak.

      Pa Ardi, salam kenal.
      Kalau kita nabung uang maka dipastikan bunganya pun pasti uang.
      Kalau kita selalu dihantui ketakutan gagal pasti kita akan gagal.
      Jangan merasa dihantui dengan kegagalan orang lain yang bertransmigrasi, kan ada banyak yang berhasil, belajarlah dari yang berhasil, kenapa ia bisa berhasil. Ia bisa berhasil Anda pun pasti berhasil.
      Begitu pula orang bisa jadi entrepreneur saya yakin saya pun pasti bisa, padahal saya tidak punya lahan.

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply


2 × four =


9 JURUS SUKSES BERTANAM PEPAYA CALIFORNIA


DAFTAR PEMBUDIDAYA PEPAYA DI SELURUH INDONESIA
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DIPEKARANGAN RUMAH
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DI LAHAN PERKEBUNAN
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California

Proses Pembuatan Bibit Pepaya California, Pepaya Thailand/Bangkok dan Pepaya Hawaii Sebanyak 5.000 Polybag lebih pesanan Pa Rusduan untuk ditanam/dikirim ke Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung
Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
Saya Bisa…
Yakin Anda pun Pasti Bisa
Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
Banyak SMS maupun email saya terima dari rekan2 khususnya yang baru memulai atau mencoba membudidayakan pepaya akan kegagalannya saat penyemaian atau membuat bibit/pembibitan. Dari SMS yang saya terima ada yang mencapai hanya 50% Continue Reading..... Terima kasih saya ucapkan kepada Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Indonesian Entrepreneur Society serta TRUBUS atas kepercayaannya pada saya untuk menyampaikan materi pada acara “Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Menghadapi Masa Pensiun” di lingkungan Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal, Continue Reading..... “Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan” ini adalah judul cover “Majalah Duit!” edisi spesial ulang tahun ke-5. No. 5/VI/MEI 2011. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Majalah Duit! telah mewawancarai dan dimuat dalam kolom LIPUTAN UTAMA, Continue Reading..... Saya sangat mengapresiasi program “Bosan Jadi Pegawai” yang ditayangkan oleh stasiun televisi TransTV pada hari Minggu pukul 12:00 s/d 12:30 WIB, tanggal 27  Maret 2011 menampilkan kegiatan saya untuk memaparkan budidaya pepaya california dalam episode “Cantik Pepayanya Menggiurkan Rasa dan Untungnya Continue Reading.....
Wawancara dengan Tabloid "Kontan" Kompas Gramedia
Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Tabloid KONTAN Kompas Gramedia telah mewawancarai saya dan kepeduliannya untuk memasyarakatkan buah-buahan tropis kita khususnya pepaya. Memang tidak disangsikan lagi manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Sehingga perlu didorong untuk dibudidayakan.. . Continue Reading »

Cukup banyak yang menggunakan benih dari saya, oleh karena itu timbul gagasan sangat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi pembudidaya pepaya yang mendapatkan benih dari saya. Dibawah ini dicantumkan nama dan alamat/daerah pemesan serta nomor yang dapat dihubungi, namun tidak dicantumkan lengkap dengan alasan privasi. Continue Reading »

Pada dasarnya budidaya pepaya sangat mudah, tebarkan biji pepaya dipekarangan dalam beberapa minggu sudah terlihat tunas atau pohon pepaya kecil, selanjutnya rutin disiram, dalam waktu 4-5 bulan akan keluar kembang atau bakal buah dan 5 bulan kemudian buah sudah dapat di panen, mudah kan. Continue Reading » Suatu kehormatan yang tinggi sekali saya diundang untuk live talkshow bersama-sama direktur Indonesian Entrepreneur Society (IES) Bapak Bambang Suharno di stasiun Radio Pelita Kasih (RPK FM) Jakarta pada pagi hari tadi (Jumat 30 Juli 2010, pkl.  07:00-08:00 wib). . Continue Reading »
Membuat Bibit Pepaya
Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
Terima kasih kepada semua yang telah mempercayai saya dengan memanfaatkan benih yang saya hasilkan baik jenis pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii, maupun pepaya redlady. selengkapnya ......

Meski semakin banyak jenis dan ragam buah impor, pepaya tetap populer di Indonesia. Selain murah, zat gizi yang dikandungnya pun lengkap. Biji, daun, batang, dan akarnya sangat bermanafaat sebagai obat. Pada tahun 1992, The Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington AS meneliti manfaat kesehatan dari 40 jenis buah. selengkapnya .......

Terima kasih saya ucapkan kepada Indonesian Entrepreneur Society, bapak Bambang  Suharno selaku Direktur Indonesian Entrepreneur Society, telah memberikan kepercayaan pada saya untuk mentraining dan menjadi mentor kepada para entrepreneur dan calon entrepreneur. selengkapnya...» Telah banyak berbagai benih pepaya baik pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii maupun red lady yang memesan kepada saya, terima kasih atas kepercayaannya kepada sahabat-sahabat di Aceh, Medan, Palembang, hingga papua. selengkapnya.......
Pemilihan Lokasi untuk Budidaya Pepaya
Bibit dan Benih Pepaya Unggul
Tabloid Nasari news Edisi No. 15 Tahun 2, Juni 2009
Wawancara dengan "Koran Jakarta" (03/12/2008)
Lokasi Lahan Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membudidayakan pepaya, penentuan lokasi perlu dilakukan dengan cermat, tidak saja lokasi itu harus baik dalam aspek membudidayakan pepaya tapi lokasi juga harus baik dalam aspek keamanan terutama dari tangan-tangan jahil selengkapnya ...........
Bibit dan Benih Pepaya Kesuksesan berbudidaya pepaya salah satunya diawali dengan memiliki benih yang baik, namun dalam prakteknya ternyata tidak saja cukup memiliki benih yang baik atau benih unggul, Perlu penanganan yang baik sehingga akan menghasilkan buah pepaya unggul. selengkapnya .......... Tabloid Nasari newsSekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada "Tabloid nasari news" atas kepeduliannya mengangkat profil beserta aktifitas saya di bidang agribisnis. Mudah-mudahan dapat memberikan motivasi bagi saya agar lebih giat lagi dalam menekuni dunia agribisnis meskipun diusia yang saat ini (1 Juni 2009)  genap berusia 53 tahun. selengkapnya ....... Koran JakartaBeberapa media seperti Kompas Cetak kami berikan apresiasi yang tinggi dengan banyak memuat berita tentang dunia pertanian kita terutama nasib para petani. Juga kami berikan apresiasi kepada "Koran Jakarta" yang mewawancarai saya. selengkapnya ..........

Recent Posts:

  1. 9 Jurus Sukses Bertanam Pepaya California
  2. Terima Kasih Majalah elshinta
  3. Penyebaran Benih Pepaya
  4. Liputan ANTV: Budidaya Pepaya California di Kebun Binaan Milik Pa Yungki di Ciseeng Parung Bogor
  5. Kumpulan SMS Seputar Pertanyaan Budidaya Pepaya
  6. Memberikan Pembekalan Kewirausahaan Khususnya Budidaya Pepaya California Kepada PNS/KORPRI Pemprov Kalimantan Tengah
  7. SWA: “Mencetak Banyak Miliarder, Membangun Ketahanan Pangan”
  8. Keberhasilan Dit Pol Air Polda Banten Membina Nelayan Membudidayakan Pepaya California
  9. Pelatihan Budidaya Pepaya
  10. Buku Pertama Ku
  11. GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun
  12. Pemula Yang Berhasil
  13. Dua Jempol untuk Polisi Perairan Polda Banten
  14. Mengunjungi Kebun Pepaya Milik Pa Anton dan beberapa petani pepaya di Gianyar – Bali.
  15. si KRIBO (kritis dan heboh) dan Artis Dini nyasar ke kebun pepaya saya (akan tayang tgl. 28/09/2012 di MNCTV)
  16. Tunggu Tanggal Tayangnya di MNCTV (Lintas Pagi)
  17. Kunjungan Putri Indonesia ke Kebun Pepaya California Saya
  18. Bibit Siap Tanam untuk Memenuhi Keinginan Masyarakat Jakarta
  19. Program Unggulan Green Radio 89,2fm (Buah Lokal vs Buah Impor)
  20. Terima Kasih Kepada Majalah Ide Bisnis Kompas Gramedia (Analisa Usaha Pepaya)
  21. Kiranya Patut Ditiru Keberhasilan Pa Kasmari Membudidayakan Pepaya California
  22. Untuk Pemula yang Ingin Menggeluti di Agribisnis Pepaya
  23. Memenuhi Undangan Bapak Bupati Kebumen, Jawa Tengah
  24. Waspadai Menghadapi Awal Musim Penghujan Tahun Ini
  25. Pemberian Cuma2 Benih Pepaya California dan Orange Lady kepada SDN Wiyung I Surabaya
  26. Betik Bekal Pensiun (Majalah Trubus; 503 – Oktober 2011/XLII) liputan Majalah Trubus
  27. Konsultasi Langsung Selama Bazaar (18-19/08/2011)
  28. Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
  29. Saya Bisa… Yakin Anda pun Pasti Bisa
  30. Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
  31. Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
  32. Petani Pepaya Jadi Aktor Dadakan (saksikan tayangannya di TransTV 27-Mrt’11 pkl 12:00-12:30 wib)
  33. Mungkin Bermanfaat untuk Anda: Wawancara saya dengan Tabloid Kontan
  34. Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
  35. Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
  36. Kunjungan ke Kebun Pepaya California Milik Pak Kusnadi
  37. Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
  38. Membuat Bibit Pepaya
  39. Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
  40. Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
  41. Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
  42. Mengapa Sebaiknya Pilih Buah Lokal dari Impor
  43. Bentuk Buah Antara
  44. Pemilihan Lokasi
  45. Menanam Pepaya California Dipekarangan Rumah (I)
  46. Bibit dan Benih Pepaya
  47. Terima Kasih Tabloid “nasari news”
  48. Oleh-oleh dari mengikuti Seminar “Langkah Jitu Memulai Bisnis dari NOL”
  49. Mengelola Usaha Jarak Jauh
  50. Pemupukan Tanaman Pepaya (II)
  51. Pemupukan Tanaman Pepaya (I)
  52. Syarat Ideal Tumbuh Tanaman Pepaya
  53. Membuat Benih Sendiri
  54. Parpol Bingung petani Tidak Bingung
  55. Turun, Minat ke Fakultas Pertanian
  56. Jadi Petani
  57. Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur Melalui Juice
  58. Jus buah vs Soft Drink
  59. Panen Buah2an di Kota Jakarta
  60. Perhatian Media Cetak terhadap Petani Luar Biasa
  61. Mudahnya Berkebun Pepaya
  62. Menjadi Angan2
  63. Menghianati Agrikultur
  64. Suara Petani
  65. Definition of Agribusiness
  66. Papaya, Papaw, Paw Paw, Mamao
  67. Hari Pangan Sedunia dan Kemandirian Petani
  68. Dari mimpi dan keprihatinan sampai dengan bangkitnya semangat Baru
  69. Antisipasi Usaha Agribisnis di Era Global
  70. Minat Studi Pertanian Menurun?
  71. Manajemen Agribisnis
  72. Impian? ya….. tinggal Impian
  73. forum AGRO
  74. Lowongan Pekerjaan
  75. STABILO
  76. Pensiun? Kenapa Takut
  77. Benarkah buah lokal kurang diminati?
  78. Orang Bodoh yang Beruntung
  79. Ramuan Anti DBD
  80. Nutrisi Buah Pepaya
  81. Manfaat Getah Pepaya
  82. Pepaya Sebagai Obat Kanker, Jerawat dan Telapak Kaki pecah2
  83. Pepaya Sebagai Obat
  84. Berkebun Pepaya
  85. Pemanfaatan Pepaya
  86. Papaya – Pepaya – Kates – Gedang
  87. Takut Berwirausaha
  88. Keluarga Ku
  89. Selamat Datang!

Pertanyaan2 Anda dan jawaban saya seputar budidaya pepaya:




bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Visitor Sejak 01 Agustus 2009
free counters
lazada INA
Jasa komputer, pengetikan, setting, percetakan dll. Prima Electric: Perbaiki segala peralatan elektronik. Fresh Fruit Tropical. UD Prima Agro