GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun

Angkatan VIII - Waktu dan tempat akan ditentukan kemudian
Pelatihan ini murni kita sharing/berbagi ilmu
tidak ada pesan sponsor penjualan produk seperti pupuk, obat2an, bibit, benih dll.



Bagi pemesan benih pepaya dari saya khususnya jenis pepaya california dan Hawaii yang dibudidayakan seputar Jawa Barat. (Depok, Bekasi, Karawang, Tangerang, Bogor, Subang, Indramayu) bila sulit memasarkan, saya siap bantu. Juga untuk pemesan dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung saya siap memasarkan bila permintaan terus meningkat.

Aug 01 2008

Impian? ya….. tinggal Impian

Published by at 10:49 am under Education

Pagi ini saat saya membaca SK Kompas (Jumat, 01/08/2008) pada halaman pertama, hati saya sangat sedih melihat sebuah judul “2.894 Kursi Jurusan Pertanian Kosong” pada kolom SNPTN. Diberitakan bahwa, “Seleksi nasional masuk perguruan tinggi menyisakan 2.894 kursi kosong pada program studi pertanian dan peternakan di 47 perguruan tinggi negeri, ….. “.

Bagaimana tidak hati saya merasa terpukul, baru saja menyelesaikan pembuatan forum AGRO yang dibuat dengan kesadaran tanpa mengharapakan sesuatu imbalan tertentu, dibuat dengan segala keterbatasan, yang diharapkan sebagai wahana diskusi berbagi ilmu, pengalaman dan kerjasama bagi para petani, pedagang, pemerhati, akademisi, peneliti, pengusaha, birokrat juga bagi mereka yang ingin bergelut di dunia agribisnis. Ternyata lambat laun, mudah2an tidak, menurun minat kaum muda terhadap bidang pertanian.

Disisi lain ini menjadikan barometer bagi saya, kalau memang benar minat kaum muda sudah menurun tentunya forum ini juga akan kurang atau tidak diminat.

Impian saya? ya… tinggal impian. Mimpi saya, negara kita selalu disebut negara agrasis, pernah dikenal sebagai negara swasembada pangan, saya mantan PNS yang mencoba terjun didunia pertanian ingin layak hidup bisa mencukupi kehidupan keluarga anak istri.

Impian?…. Mimpi kali ye……

2 responses so far

2 Responses to “Impian? ya….. tinggal Impian”

  1. sarinaon 20 Sep 2008 at 9:33 am

    Salam kenal Pak,

    Saya baru mengenal situs pepaya beberapa hari terakhir ini, dikarenakan ketidaksengajaan pada waktu mencari info mengenai
    manfaat pepaya.

    Dulu saya juga pernah bermimpi untuk punya kebun buah sendiri, yang bermula dari kesukaan akan melihat buah2 yang bertumbuh sampai bisa dinikmati. Menurut saya sampai saat ini kebun buah, sayur dan bunga merupakan surga kecil di bumi ini. Bahkan saya sampai mengeluarkan statement, gak apa2 deh saya kerja jadi pemetik buah agar bisa menikmati tanaman2 tersebut.

    Pada saat saya menemukan situs-situs mengenai pepaya, impian yang sudah lama terpendam itu bangkit lagi. Tetapi saya tidak tahu dari mana saya harus memulai, dengan minimnya segala aspek baik dari segi pengetahuan, pengalaman, modal bahkan segala aspeknya.

    Begitu saya membaca artikel ini, saya merasa prihatin dengan kursi2 yang seharusnya menelorkan petani2 unggul malah kosong dan tidak diminati. Tetapi sebaliknya saya berminat tapi tidak ada kesempatan untuk itu, bahkan dengan minimnya pengetahuan saya masih tetap mempertahankan mimpi saya itu untuk direalisasikan sesegera mungkin begitu ada kesempatan dan kecukupan setidaknya dalam pengetahuan.

    Dengan adanya blog ini, saya mohon kebaikan dan kemurahan hati bapak dan rekan-rekan lain agar dapat berbagi pengalaman maupun pengetahuan bagaimana cara untuk memulai mengubah impian ini untuk menjadi nyata.

    Terima kasih,
    Sarina

      Salam Kenal juga Ibu Sarina,

      Keprihatinan Ibu sama juga dengan keprihatinan saya.
      Memang banyak yang bemula dari sebuah mimpi, sebagaiman mimpi ibu, juga mimpinya saya.
      Jadi, benar seperti yang ibu akan pertahankan terus mimpi ibu suatu saat mimpi itu menjadi kenyataan, tapi (mohon maaf) tidak akan “ujug-ujug” menjadi sebuah kenyataan, ini harus dilalui dengan berbagai upaya yang hampir dipastikan akan berhadapan dengan berbagai rintangan bahkan rintangan itu mungkin cukup berat. Dibeberapa tulisan saya sering saya sebut “jangan pernah berhenti berusaha dan jangan menyerah karena gagal serta harus berani melangkah” ini yang selalu saya coba tanamkan dalam diri saya meskipun cukup berat.

      Dengan berbagai keterbatasan baik ilmu maupun pengalaman, saya dengan tangan terbuka kepada ibu maupun siapa saja untuk berbagi dengan saya kapan saja, setiap saat saya dapat dihubungi baik langsung maupun tidak langsung.

      Terima kasih,
      Amir Hamzah

  2. Viliaon 15 Oct 2008 at 2:29 am

    Salam kenal Pak Amir :).

    Saya kebetulan bukan petani, dan kurang mengerti tentang pertanian. Tapi saya cukup mengerti keprihatinan Pak Amir tentang minat anak muda terhadap pendidikan pertanian. Saat ini memang bisa dikatakan hampir di seluruh bidang, semuanya memprihatinkan.

    Baik pendidikan dan moral bangsa ini sedang dikeduk dan sebagai gantinya dijejali dengan berbagai ilusi dan dogma yang berlebihan akan hal – hal yang sebetulnya tidak penting.

    Tapi apalah mau dikata, saat ini percuma untuk mengeluh dan mengkritik. Tidak pernah ada gunanya dan tidak merubah apapun :). Juga tidak ada gunanya menyalahkan peranan pemerintah atau siapapun, karena lagi – lagi tidak ada yg berubah.

    Karenanya memang hanya ini yg bisa dilakukan, masing – masing dari kita secara mandiri berusaha melakukan yg terbaik yg kita bisa, untuk saling berbagi dan saling membangun, minimal untuk orang – orang di sekitar kita. Intinya, lakukan saja. :)

    Dan satu lagi, jangan lupa menulis dalam bahasa Indonesia. Karena bagaimanapun saya yakin yg paling membutuhkan informasi justru adalah anak bangsa ini :).

    Saya jadi teringat sebuah artikel yg saya baca dari situs Anand Krishna. Salah satu solusi agar bangsa ini bisa berdiri tegak dan mandiri adalah dengan menghentikan konsumsi makanan import dan hanya memakan produksi lokal dari tiap daerah. Bangsa ini harus kembali ke akarnya, pertanian dan kelautan, di mana sebetulnya di sanalah kelebihan kita terletak. :) Menarik sekali ya Pak.

    Semoga sukses Pak Amir & keluarga. Jangan pernah patah semangat, bersama – sama pasti bisa membuat bangsa ini jadi lebih baik. :)

    – Vilia –

      Salam kenal juga Bu Vilia, Terima kasih atas support dan perhatiaan.
      Betul sekali apa yang dikatakan Ibu, saya coba lakukan yang terbaik menurut saya baik di alam nyata yang saya sebagai petani juga di dunia maya melalui blog ini. Mudah2 bermanfaat.

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.


9 JURUS SUKSES BERTANAM PEPAYA CALIFORNIA


DAFTAR PEMBUDIDAYA PEPAYA DI SELURUH INDONESIA
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DIPEKARANGAN RUMAH
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DI LAHAN PERKEBUNAN
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California

Proses Pembuatan Bibit Pepaya California, Pepaya Thailand/Bangkok dan Pepaya Hawaii Sebanyak 5.000 Polybag lebih pesanan Pa Rusduan untuk ditanam/dikirim ke Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung
Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
Saya Bisa…
Yakin Anda pun Pasti Bisa
Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
Banyak SMS maupun email saya terima dari rekan2 khususnya yang baru memulai atau mencoba membudidayakan pepaya akan kegagalannya saat penyemaian atau membuat bibit/pembibitan. Dari SMS yang saya terima ada yang mencapai hanya 50% Continue Reading..... Terima kasih saya ucapkan kepada Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Indonesian Entrepreneur Society serta TRUBUS atas kepercayaannya pada saya untuk menyampaikan materi pada acara “Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Menghadapi Masa Pensiun” di lingkungan Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal, Continue Reading..... “Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan” ini adalah judul cover “Majalah Duit!” edisi spesial ulang tahun ke-5. No. 5/VI/MEI 2011. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Majalah Duit! telah mewawancarai dan dimuat dalam kolom LIPUTAN UTAMA, Continue Reading..... Saya sangat mengapresiasi program “Bosan Jadi Pegawai” yang ditayangkan oleh stasiun televisi TransTV pada hari Minggu pukul 12:00 s/d 12:30 WIB, tanggal 27  Maret 2011 menampilkan kegiatan saya untuk memaparkan budidaya pepaya california dalam episode “Cantik Pepayanya Menggiurkan Rasa dan Untungnya Continue Reading.....
Wawancara dengan Tabloid "Kontan" Kompas Gramedia
Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Tabloid KONTAN Kompas Gramedia telah mewawancarai saya dan kepeduliannya untuk memasyarakatkan buah-buahan tropis kita khususnya pepaya. Memang tidak disangsikan lagi manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Sehingga perlu didorong untuk dibudidayakan.. . Continue Reading »

Cukup banyak yang menggunakan benih dari saya, oleh karena itu timbul gagasan sangat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi pembudidaya pepaya yang mendapatkan benih dari saya. Dibawah ini dicantumkan nama dan alamat/daerah pemesan serta nomor yang dapat dihubungi, namun tidak dicantumkan lengkap dengan alasan privasi. Continue Reading »

Pada dasarnya budidaya pepaya sangat mudah, tebarkan biji pepaya dipekarangan dalam beberapa minggu sudah terlihat tunas atau pohon pepaya kecil, selanjutnya rutin disiram, dalam waktu 4-5 bulan akan keluar kembang atau bakal buah dan 5 bulan kemudian buah sudah dapat di panen, mudah kan. Continue Reading » Suatu kehormatan yang tinggi sekali saya diundang untuk live talkshow bersama-sama direktur Indonesian Entrepreneur Society (IES) Bapak Bambang Suharno di stasiun Radio Pelita Kasih (RPK FM) Jakarta pada pagi hari tadi (Jumat 30 Juli 2010, pkl.  07:00-08:00 wib). . Continue Reading »
Membuat Bibit Pepaya
Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
Terima kasih kepada semua yang telah mempercayai saya dengan memanfaatkan benih yang saya hasilkan baik jenis pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii, maupun pepaya redlady. selengkapnya ......

Meski semakin banyak jenis dan ragam buah impor, pepaya tetap populer di Indonesia. Selain murah, zat gizi yang dikandungnya pun lengkap. Biji, daun, batang, dan akarnya sangat bermanafaat sebagai obat. Pada tahun 1992, The Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington AS meneliti manfaat kesehatan dari 40 jenis buah. selengkapnya .......

Terima kasih saya ucapkan kepada Indonesian Entrepreneur Society, bapak Bambang  Suharno selaku Direktur Indonesian Entrepreneur Society, telah memberikan kepercayaan pada saya untuk mentraining dan menjadi mentor kepada para entrepreneur dan calon entrepreneur. selengkapnya...» Telah banyak berbagai benih pepaya baik pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii maupun red lady yang memesan kepada saya, terima kasih atas kepercayaannya kepada sahabat-sahabat di Aceh, Medan, Palembang, hingga papua. selengkapnya.......
Pemilihan Lokasi untuk Budidaya Pepaya
Bibit dan Benih Pepaya Unggul
Tabloid Nasari news Edisi No. 15 Tahun 2, Juni 2009
Wawancara dengan "Koran Jakarta" (03/12/2008)
Lokasi Lahan Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membudidayakan pepaya, penentuan lokasi perlu dilakukan dengan cermat, tidak saja lokasi itu harus baik dalam aspek membudidayakan pepaya tapi lokasi juga harus baik dalam aspek keamanan terutama dari tangan-tangan jahil selengkapnya ...........
Bibit dan Benih Pepaya Kesuksesan berbudidaya pepaya salah satunya diawali dengan memiliki benih yang baik, namun dalam prakteknya ternyata tidak saja cukup memiliki benih yang baik atau benih unggul, Perlu penanganan yang baik sehingga akan menghasilkan buah pepaya unggul. selengkapnya .......... Tabloid Nasari newsSekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada "Tabloid nasari news" atas kepeduliannya mengangkat profil beserta aktifitas saya di bidang agribisnis. Mudah-mudahan dapat memberikan motivasi bagi saya agar lebih giat lagi dalam menekuni dunia agribisnis meskipun diusia yang saat ini (1 Juni 2009)  genap berusia 53 tahun. selengkapnya ....... Koran JakartaBeberapa media seperti Kompas Cetak kami berikan apresiasi yang tinggi dengan banyak memuat berita tentang dunia pertanian kita terutama nasib para petani. Juga kami berikan apresiasi kepada "Koran Jakarta" yang mewawancarai saya. selengkapnya ..........

Recent Posts:

  1. Kerjasama dengan Polda Banten Memberdayakan Nelayan Membudidayakan Pepaya California
  2. 9 Jurus Sukses Bertanam Pepaya California
  3. Terima Kasih Majalah elshinta
  4. Penyebaran Benih Pepaya
  5. Liputan ANTV: Budidaya Pepaya California di Kebun Binaan Milik Pa Yungki di Ciseeng Parung Bogor
  6. Kumpulan SMS Seputar Pertanyaan Budidaya Pepaya
  7. Memberikan Pembekalan Kewirausahaan Khususnya Budidaya Pepaya California Kepada PNS/KORPRI Pemprov Kalimantan Tengah
  8. SWA: “Mencetak Banyak Miliarder, Membangun Ketahanan Pangan”
  9. Keberhasilan Dit Pol Air Polda Banten Membina Nelayan Membudidayakan Pepaya California
  10. Pelatihan Budidaya Pepaya
  11. Buku Pertama Ku
  12. GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun
  13. Pemula Yang Berhasil
  14. Dua Jempol untuk Polisi Perairan Polda Banten
  15. Mengunjungi Kebun Pepaya Milik Pa Anton dan beberapa petani pepaya di Gianyar – Bali.
  16. si KRIBO (kritis dan heboh) dan Artis Dini nyasar ke kebun pepaya saya (akan tayang tgl. 28/09/2012 di MNCTV)
  17. Tunggu Tanggal Tayangnya di MNCTV (Lintas Pagi)
  18. Kunjungan Putri Indonesia ke Kebun Pepaya California Saya
  19. Bibit Siap Tanam untuk Memenuhi Keinginan Masyarakat Jakarta
  20. Program Unggulan Green Radio 89,2fm (Buah Lokal vs Buah Impor)
  21. Terima Kasih Kepada Majalah Ide Bisnis Kompas Gramedia (Analisa Usaha Pepaya)
  22. Kiranya Patut Ditiru Keberhasilan Pa Kasmari Membudidayakan Pepaya California
  23. Untuk Pemula yang Ingin Menggeluti di Agribisnis Pepaya
  24. Memenuhi Undangan Bapak Bupati Kebumen, Jawa Tengah
  25. Waspadai Menghadapi Awal Musim Penghujan Tahun Ini
  26. Pemberian Cuma2 Benih Pepaya California dan Orange Lady kepada SDN Wiyung I Surabaya
  27. Betik Bekal Pensiun (Majalah Trubus; 503 – Oktober 2011/XLII) liputan Majalah Trubus
  28. Konsultasi Langsung Selama Bazaar (18-19/08/2011)
  29. Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
  30. Saya Bisa… Yakin Anda pun Pasti Bisa
  31. Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
  32. Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
  33. Petani Pepaya Jadi Aktor Dadakan (saksikan tayangannya di TransTV 27-Mrt’11 pkl 12:00-12:30 wib)
  34. Mungkin Bermanfaat untuk Anda: Wawancara saya dengan Tabloid Kontan
  35. Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
  36. Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
  37. Kunjungan ke Kebun Pepaya California Milik Pak Kusnadi
  38. Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
  39. Membuat Bibit Pepaya
  40. Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
  41. Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
  42. Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
  43. Mengapa Sebaiknya Pilih Buah Lokal dari Impor
  44. Bentuk Buah Antara
  45. Pemilihan Lokasi
  46. Menanam Pepaya California Dipekarangan Rumah (I)
  47. Bibit dan Benih Pepaya
  48. Terima Kasih Tabloid “nasari news”
  49. Oleh-oleh dari mengikuti Seminar “Langkah Jitu Memulai Bisnis dari NOL”
  50. Mengelola Usaha Jarak Jauh
  51. Pemupukan Tanaman Pepaya (II)
  52. Pemupukan Tanaman Pepaya (I)
  53. Syarat Ideal Tumbuh Tanaman Pepaya
  54. Membuat Benih Sendiri
  55. Parpol Bingung petani Tidak Bingung
  56. Turun, Minat ke Fakultas Pertanian
  57. Jadi Petani
  58. Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur Melalui Juice
  59. Jus buah vs Soft Drink
  60. Panen Buah2an di Kota Jakarta
  61. Perhatian Media Cetak terhadap Petani Luar Biasa
  62. Mudahnya Berkebun Pepaya
  63. Menjadi Angan2
  64. Menghianati Agrikultur
  65. Suara Petani
  66. Definition of Agribusiness
  67. Papaya, Papaw, Paw Paw, Mamao
  68. Hari Pangan Sedunia dan Kemandirian Petani
  69. Dari mimpi dan keprihatinan sampai dengan bangkitnya semangat Baru
  70. Antisipasi Usaha Agribisnis di Era Global
  71. Minat Studi Pertanian Menurun?
  72. Manajemen Agribisnis
  73. Impian? ya….. tinggal Impian
  74. forum AGRO
  75. Lowongan Pekerjaan
  76. STABILO
  77. Pensiun? Kenapa Takut
  78. Benarkah buah lokal kurang diminati?
  79. Orang Bodoh yang Beruntung
  80. Ramuan Anti DBD
  81. Nutrisi Buah Pepaya
  82. Manfaat Getah Pepaya
  83. Pepaya Sebagai Obat Kanker, Jerawat dan Telapak Kaki pecah2
  84. Pepaya Sebagai Obat
  85. Berkebun Pepaya
  86. Pemanfaatan Pepaya
  87. Papaya – Pepaya – Kates – Gedang
  88. Takut Berwirausaha
  89. Keluarga Ku
  90. Selamat Datang!

Pertanyaan2 Anda dan jawaban saya seputar budidaya pepaya:




bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Visitor Sejak 01 Agustus 2009
free counters
Jasa komputer, pengetikan, setting, percetakan dll. Prima Electric: Perbaiki segala peralatan elektronik. Fresh Fruit Tropical. UD Prima Agro