GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun

Angkatan VIII - Waktu dan tempat akan ditentukan kemudian
Pelatihan ini murni kita sharing/berbagi ilmu
tidak ada pesan sponsor penjualan produk seperti pupuk, obat2an, bibit, benih dll.



Bagi pemesan benih pepaya dari saya khususnya jenis pepaya california dan Hawaii yang dibudidayakan seputar Jawa Barat. (Depok, Bekasi, Karawang, Tangerang, Bogor, Subang, Indramayu) bila sulit memasarkan, saya siap bantu. Juga untuk pemesan dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung saya siap memasarkan bila permintaan terus meningkat.

Nov 17 2009

Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)

Published by at 1:31 pm under About Papaya,Education

penyemaian papaya californiaTelah banyak berbagai benih pepaya baik pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii maupun red lady yang memesan kepada saya, terima kasih atas kepercayaannya kepada sahabat-sahabat di Aceh, Medan, Palembang, Lampung, Jambi, Batam, Kaltim, Jatim, Jateng, Jabar, Bekasi dan daerah lainnya yang ingin membudidayakan pepaya. Meskipun saya tidak khusus membuat untuk diperjualbelikan, saya hanya gunakan untuk keperluan sendiri.

Mengingat cukup banyak yang berminat untuk membudidayakan sendiri sehingga saya upayakan semaksimal mungkin membuat benih yang baik agar dapat ditanama dengan baik pula sehingga menghasilkan buah yang optimal. Karena tidak sedikit yang mengeluh pada saya dengan membeli benih di pasaran ternyata hasilnya tidak optimal. Ini ada beberapa kemungkinan: Kualitas benihnya kurang baik; benih sudah kadaluarsa, atau cara penyemaian dan penanaman yang masih kurang dikuasai.

Saya yakin para pemesan benih telah cukup menguasai bagaimana menyemai benih agar bisa tumbuh maksimal, namun ada pula pemesan yang menyampaikan kepada saya belum menguasai bagaimana proses penyemaian yang baik hingga penanaman di perkebunan.

benih pepaya califirnia

Pada kesempatan ini saya ingin mencoba bagaimana mengolah benih yang telah Anda terima.  Sebenarnya benih bisa langsung kita tanam baik di pekarangan maupun di perkerbunan, namun pada umumnya para petani dan saya pun benih tidak langsung ditanam diperkebunan, dengan pertimbangan al: mempermudah perawatan dan menghindari gangguan-gangguan.

Sebelum benih dimasukan ke dalam kantong/polibag benih perlu di rendam 1 x 24 jam atau satu malaman. Terhadap benih yang telah lama disimpan sebaiknya perlu di berikan tambahan cairan bahan perangsang secukupnya agar cepat tumbuh menjadi kecambah. Bahannya mudah didapat di toko-toko tanaman, harganya pun relatif murah.

Setelah direndam semalaman langsung di bungkus dengan koran dan kain dan kaos basah pada bagian luaruya, lalu simpan ditempat sejuk. Dalam waktu kurang lebih 1 minggu sudah menampakan menjadi kecambah yang siap di pindahkan ke masing-masing polibag yang telah disediakan.  

benih californiabenih papaya california

BERSAMBUNG……… (Mempersiapkan Bibit)

nb: Saya mohonkan bagi yang telah menggunakan benih pepaya dari saya, bila tidak keberatan saya ingin mengetahui perkiraan persentage benih yang tumbuh menjadi bibit. tks.

118 responses so far

118 Responses to “Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)”

  1. Hj. Nanieon 19 Nov 2009 at 5:30 pm

    Assalamu’alaikum
    Yth.Bp Amir Hamza
    Waah….bravo pak Amir Budi daya Pepaya Californianya..!, kebetulan kami bersama rekan rekan dari Dinas Pertanian Subang lagi menanam type Orange Lady [DA 028 ], benihnya saya beli dari Toko Pertanian di Bandung, karena saya belum tahu kalau bp juga menjual benih nya.., prediksi panen Maret 2010 dg populasi 2000 pohon, seandainya hasil panen saya jual ke bp by Cash berapa harga /kg nya di Lokasi kami ?,dan dengan berat brp kg / butir nya ?,
    Terimakasih
    Salam,
    Hj.Nanie B,Sc.SRN
    Subang-JABAR.

      Walaikumsalam, bu Hj. Nanie B,Sc.SRN,
      Sebenarnya saya tidak khusus memproduksi benih untuk dijual, saya gunakan untuk sendiri, namun karena banyaknya permintaan maka saya buatkan sesuai permintaan.
      Insa Allah saya upayakan untuk menampung hasil produksi Ibu, namun untuk saat ini saya belum bisa memperkirakan harga belinya. Saya kira nanti mendekati panen saya akan memperkirakannya.
      Kembangkan terus budidaya pepayanya bu Hj. Nanie, saat ini pasar masih cukup besar.
      Wasalam,
      Salam sukses
  2. Tonny Spon 19 Nov 2009 at 9:00 pm

    Appreciate Pak Amir, karena menuliskan petunjuk penyemaian bibit pepaya. Semula saya kecewa sewaktu membeli bibit tetapi tdk ada sedikitpun petunjuk yang tertulis di kantong/bungkus bibitnya.
    Tapi kecewa saya sdh terobati dengan di-posting-nya petunjuk ini.
    Karena saya dan mungkin ada banyak lagi yang membeli bibit dari Bapak dan tidak mempunyai pengalaman sedikitpun.. Semoga sambungan tulisan selanjutnya bisa hadir dalam waktu yg tdk terlalu lama.. ditunggu..
    Terima kasih & Salam
    Tonny Sp

      Terima kasih pa Tonny Sp,
      Betul sekali pa Tonny, akan saya upayakan dalam kemasan nanti akan saya tulis petunjuk bagaimana mengolah benih untuk bisa menjadi bibit yang baik.
      nb:
      Mohon infonya bila telah dikerjakan berapa persen yang berhasil menjadi benih. Demikian pula kepada rekan2 lainnya yang mencoba memanfaatkan benih dari saya
  3. Henry Ron 25 Nov 2009 at 9:28 pm

    Salam ketemu lagi Pak !!!!!
    Boleh saya tau apa saja ini media untuk yang di dalam polybag ?
    Terimakasih

      Salam ketemu lagi juga pa Hennry R
      NNTI saya akan tulis media yang ada di dalam polybag.
      Yang utama adalah media harus dapat mempermudah cepat tumbuhnya benih dan perakarannya, sehingga harus diupayakan medianya bersifat gembur. Oleh karena itu media utama diutamakan berupa tanah yang bersifar gembur, kalau sulit didapat tanah yang gembur, tanah harus di campur dengan pasir. karena pada masa ini cukup rawan maka media tersebut perlu ditambah media lain berupa pupuk, biasanya berupa pupuk organik berupa kotoran sapi, kambing atau ayam. Perbandingan media umumnya 1:1:1 (satu bagian tanah, satu bagian pasir, dan satu bagian pupuk.) atau ada juga tanah, sekam dan pupuk
  4. mardinon 27 Nov 2009 at 2:32 am

    Salam kenal pak.saya mardin asal riau.saya mo tanya harga benih pepaya california berapa ya? terima kasih

      Salam kenal kembali pa Mardin,
      Harga persashet Rp60.000,- isi lk 250 butir, ongkos kirim saya gunakan TIKI, mohon alamat lengkap agar bisa dilihat besarnya ongkos kirim di tiki online
      http://www.tiki-online.com/tardom.asp, Mohon waktu untuk membuatnya lk 1 mg.
  5. Aguson 01 Dec 2009 at 9:54 pm

    Salam Kenal Pak Amir,
    Saya Agus di Surabaya, di Kampung, bapak saya ada sedikit lahan, yg mana kondisi lahan termasuk lahan tadah hujan, apa kira 2 lahan tersebut cocok untuk budidaya Pepaya? juga mohon informasi bagaimana cara untuk mendapatkan benih pepaya dari Pak Amir,
    jenis pepaya apa yg kira2 baik untuk di budidaya, yg betina atau yg banci,
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih
    Salam
    Agus

      Salam kenal juga pa Agus,
      Produksi pepaya terbesar di Indonesia menurut data adalah Jawa Timur, artinya hampir diseluruh wil. Jawa Timur baik untuk ditanami pepaya. Oleh karena itu bila Anda ingin membudidayaka pepaya di Surabaya kemungkinan di tempat Anda cocok untuk ditanami pepaya asalkan ketinggian tidak lebih dari 500m dpl, tanah gembur, dan air cukup, Atau sebagai patokan dasar bila disekirat lahan yang akan Anda tanami pepaya banyak orang/petani menanam palawija, sayur2an hampir dipastikan cocok untuk tanaman pepaya. Untuk jenis apa pepaya yang baik untuk di tanam, semua jenis baik tergantung segmen pasar mana yang akan Anda tuju. Benih mudah didapat di toko2 tanaman atau bisa saya buatkan benih.
  6. Aguson 02 Dec 2009 at 2:34 pm

    Pak Amir Hamza,
    Terima kasih untuk informasi yg anda berikan, kalau saya ingin memperoleh bibit dari anda untuk di kirim ke surabaya, bisakah di informasikan prosedurnya.
    Salam
    Agus

      Kebetulan saya baru selesai membuat benih pepaya california, mohon kirim saya alamat lengkap agar pengiriman mudah sampai, untuk pembayaran bisa di transfer melalui bank. mohon kirim SMS ke saya dengan nomor 08128558258 atau faks 021-5492670, Terima kasih
  7. asep heryanto.s.komon 03 Dec 2009 at 10:53 am

    salam kenal pak. saya asep dari sukabumi. saya tertarik sekali dg pepaya. sekarang saya menanam pepaya jenis red lady. sbnyak 400 phn. dg ukurn 2×2,5 m. umur bi2t dlm polly bag 1 buln. skrg baru brumur 2 minggu. sya mhn bimbingan perawatn dri bpk. krna skrg pertmbuhn bgus. sy sangat minim ilmu tani. sya juga brminat beli benih california dari bpk. brapa hrga brikt bea kirm ke sukabumi? trmakash pak.

      Kebetulan saya baru selesai membuat benih pepaya california, mohon kirim saya alamat lengkap agar pengiriman mudah sampai, untuk pembayaran bisa di transfer melalui bank. Mengenai harga, saya hanya minta ongkos tenaga kerja staf saya yang membuatnya sebesar Rp60.000,00 per sashet isi lk 250 butir, belum termasuk ongkos kirim, mohon kirim SMS ke saya dengan nomor 08128558258 atau faks 021-5492670, Terima kasih.
  8. Paulus Andariyawan Spdon 04 Dec 2009 at 10:18 am

    Salam sukses selalu Bpk/Ibu, saya ingin tanya dapatkah saya mendapat/membeli benih papaya dari Bpk/Ibu? nanti saya sms. terimakasih

  9. Poljoprivredaon 04 Dec 2009 at 11:24 pm

    salam kenal pak. saya asep dari sukabumi. saya tertarik sekali dg pepaya. sekarang saya menanam pepaya jenis red lady. sbnyak 400 phn. dg ukurn 2×2,5 m. umur bi2t dlm polly bag 1 buln. skrg baru brumur 2 minggu. sya mhn bimbingan perawatn dri bpk. krna skrg pertmbuhn bgus. sy sangat minim ilmu tani. sya juga brminat beli benih california dari bpk. brapa hrga brikt bea kirm ke sukabumi? trmakash pak.

      Kebetulan saya baru selesai membuat benih pepaya california, mohon kirim saya alamat lengkap agar pengiriman mudah sampai, untuk pembayaran bisa di transfer melalui bank. Mengenai harga, saya hanya minta ongkos tenaga kerja staf saya yang membuatnya sebesar Rp60.000,00 per sashet isi lk 250 butir, belum termasuk ongkos kirim, mohon kirim info ke saya http://www.agroprima.com/amir/index.php Terima kasih.
  10. Mahyudinon 13 Dec 2009 at 6:01 am

    Yth pak Amir, saya pemula yang mau coba tanam pepaya california, saya baca beberapa artikel, yang mengatakan harus mempertahankan bunga betina, tapi saya baca disini mempertahankan bunga jantan dan mencabut pohon yang berbunga betina, sebenarnya yang mana yang harus dipertahankan pak, terimakasih atas pencerahanua, Mahyudin Pondok Cabe – Pamulang

      Bila bunga pertama betina maka bunga selanjutnya adalah betina, ini buahnya akan berbentuk bulat dimana pepaya yang berbentuk bulat kurang diminati oleh konsumen meskipun rasanya sama dengan pepaya yang berbentuk panjang atau sempurna. Bila bunga pertama jantan maka bunga selanjutnya adalah bunga sempurna ini bentuk buahnya sempurna, ini yang kita pertahankan. Oleh karena itu ada beberapa petani akan mencabut pohon pepaya yang berbunga betina.
  11. willyon 29 Dec 2009 at 8:17 am

    Yth, Pak Amir
    pagi pak amir saya pemula dan tertarik untuk membeli bibit pepaya california sekaligus pedoman / buku tata cara berkebun pepaya.
    Saya berdomisili di jambi dengan dengan kondisi tanah ± 0 – 500 dpl apakah cocok untuk berkebun pepaya
    Salam
    willy

      Salam kenal pa Willy, benih bisa saya siapkan, untuk pedoman bisa di baca tulisan-tulisan saya di blog ini. Dari segi ketinggian tanah cukup bagus.
  12. HASAN BASRIon 04 Jan 2010 at 4:26 pm

    TOLONG BERAPA HARGA PERSASET PEPAYA KALIFORNIA ATAU BILA ADA ORANGE LADY, ATAU RED LADY.

  13. dewaon 18 Jan 2010 at 12:56 pm

    Salam kenal Pak Amir, sy ingin menanam pepaya calipornia seluas satu hektar, berapa jarak tanam yg bagus, berapa memerlukan benih, apa boleh ditumpang sarikan dgn tanaman lainya spt nanas,cabe dll. Terimakasih.

      Salam kenal kembali pa Dewa,
      Jarak tanam antar pohon lk. 2m. Boleh tumpang sari, yang pernah saya lakukang adalah dengan cabe dan kacang tanah sedangkan dengan nanas saya belum mencoba.
  14. suci nurul hidayaton 18 Jan 2010 at 5:03 pm

    salam kenal pak amir
    saya suci nurul hidayat, mahasiswa ekonomi sumberdaya dan lingkungan IPB semester 5.
    Saya tertarik dengan ulasan bapak tentang budiya pepaya california, kebetulan saya masih sangat awam dengan budidaya pepaya, untuk lokasi penanaman kira ada kriteria tertentu g?? Saya berasal dari daerah serang banten dan saya mendapat amanat oleh orang tua saya untuk mencari informasi tentang budidaya pepaya karena kami mempunyai lahan tetapi belum kami manfaatkan, kira2 untuk daerah serang banten pepaya jenis ini cocok apa tidak?? selain itu kira2 apa saja yang harus kita siapkan untuk budidya pepaya ini??
    terima kasih,

      Salam kenal kembali non Suci,
      Secara umum untuk membudidayakan pepaya (jenis apapun) tidak memerlukan kriteria2 yang khusus. Umumnya pepaya bisa ditanam dimana saja, hanya bila non Sici ingin menghasilkan kualitas pepaya yang kita inginkan atau kualitasnya baik/bagus dan sesuai selera pasar/konsumen, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain seperti ketinggian lahan akan sangat baik bila ditanam tidak lebih dari 500 dpl, Ph normal, pengairan mudah, dan penyinaran matahari langsung serta tekun dalam merawat. Justru yang sulit adalah dari segi keamanan yaitu terhindar dari pencurian. Jadi apakah daerah non Suci sudah cukup aman untuk membudidayakan pepaya. Sedangkan masalah tanah kurang baik sekarang sudah bisa direkayasa untuk menjadi baik.
      Terima kasih, segera saja realisir pasar pepaya masih cukup bagus.
  15. Wawanon 19 Jan 2010 at 7:01 pm

    Assalamu’alaikum, Wr. Wb.
    Semoga pa’ Amir sekeluarga selalu dalam rahmat dan inayah Allah SWT, amin!
    Berapa lama kira2 pa Amir bisa menyediakan benih2 pepaya ini. Saya berencana cuti pertengahan bulan Juli 2010, dan ingin sekali mendapatkan benih untuk berbagai macam pepaya yang anda kelola, terutama jenis Hawaii. Nanti saya kirimkan email pesanan saat mendekati waktu cuti tersebut. Insya Allah sambil main ke Pospengumben saya ambil benih2 tersebut.
    Terimakasih dan Wassalam,

  16. Yudha Bon 28 Jan 2010 at 2:22 pm

    Assalamualaikum,
    Pa’ Amir Yth, Mohon bantuan Pa’.
    Benih Red lady dan California ready stock ga pa? mohon info ya Pa’ :)

      Nanti bila benih telah siap akan saya kabari via email bapak

  17. lukman nur rahmanon 09 Feb 2010 at 6:03 pm

    Ass wr wb
    Semoga selalu sehat bersama keluarga dan kerjaan lancar.
    Wah Pak Amir, artikel-artikel pendeknya sudah banyak dan bisa dibukukan tu… Pasti temennya Pak Bambang sedia deh cetak n dijual he.he.. jadi budidaya buku deh…. tapi kan tetap isinya bisnis pepaya.
    Man Jadda wajada!
    Ada titipan salam dari Pak Sudjono, Pak. “Salam sukses”
    Suwun..
    Wassalam,
    Lukman NR

      Sama2 titip salam kembali tuk pa Sudjono, kapan nih pepaya di muat di majalah KA nih, agar penumpangnya kerasan di dalam PA.
      Salam sukses

  18. rikayogion 19 Feb 2010 at 2:22 pm

    salam kenal pak.
    saya dari palembang…setelah melihat blog tentang pepaya
    saya tertarik mengetahui lebih detil tentang pepaya california…mohon bimbingannya setelah saya membeli bibit benih pepaya california…

      Jangan segan-segan lontarkan saja pertanyaan seputar budidaya pepaya di sini.

  19. Mayastion 23 Feb 2010 at 9:15 am

    selamat pagi Pak Amir..salam kenal saya yasti 22th alumnus TP UGM. sebelumnya trima kasih Pak atas blog bapak yang sangat informatif ini, saya dapat belajar banyak dari blog ini ttg pepaya california. kmrn saya dipercayakan mengelola lahan di magelang. setelah saya pelajari lokasi tanahnya sepertinya cocok bagi pertumbuhan pepaya california. saya bertekad untuk mengembangkan lahan tersebut. untuk awalan praktek saya ingin memesan bibit. mohon bimbingannya nggih pak ttg budidaya dan pemasarannya. Semangat trs Pak..!
    Salam kenal non Mayasti,

      Saya yakin Anda tidak akan mendapatkan kesulitan untuk membudidayakan pepaya california, disamping memang tidak sulit dan Anda sedikit banyak memiliki dasar karena dari TP dibanding saya yang jauh api dari panggang. Modal utamanya adalah ketekunan, ulet dan rajin saya yakin pasti berhasil. Untuk yang belum pernah membudidayakan cobalah mulai dari tidak lebih 500 pohon dibudidayakan dan ikuti dengan cermat perkembangannya sampai lk 3 bulan, ini agar tidak mengalami kerugian yang cukup besar dan sebagai lahan belajar, setelah dilihal perkembangannya cukup baik baru dikembangkan lebih banyak lagi dan seterusnya.
      Untuk pemasarannya masih cukup besar permintaan pepaya california khususnya pasar-pasar modern dan mudah-mudahan saya akan membeli hasil produksi non Asti bila jadi membudidayakannya.

  20. sutrisno spon 27 Feb 2010 at 10:39 am

    assalamu’alaikum wr.wb.
    selamat siang pak. saya sutrisno, lulusan agribisnis pertanian Univ.Muh.Yogyakarta. saat ini saya msh blm ada pekerjaan tetap.jd msh suka kesana-kemari. tapi saya punya pemikiran untuk meningkatkan agrobisnis di daerah saya. salah satu yang sedang sy pelejari adalah budidaya pepaya callifornia. rencana saya akan mengembangkan di daerah sy, kab.wonosobo dg ketinggian 700dpl. skrg saya telah berhasil membentuk suatu kelompok yg nantinya akan bekerja bersama dlm rangka meningkatkan pendapatan ush tani. itulah misi saya,meningkatkan taraf hidup petani melalui komoditas yang mempunyai nilai ekonomi yg lebih bagus. sedangkan sementara ini petani disini pd umumnya msh sgt tradisional,kultural, dan cenderung lambat dlm menerima alih teknologi ataupun adopsi informasi. maka dr itu, saya mohon kpd bpk untuk membimbing kami dlm proses budidaya pepaya callifornia ini. kami sudah mempunyai lahan yang siap digarap utk lahan pepaya dg luas 2 ha.
    1. kira2 berapa pohon yg bs ditanam.
    2. kapan waktu yg pas utk mulai menyemai,menanam.
    3.apakah dr pihak bpk bs membeli panenan kami, apabila kami blm menemukan pemasaran yg tetep?
    sekian dr saya pak, terimakasih sebanyak2nya bila bpk berkenan menjwb permintaan saya. wassalam
    Saya sambut gembira upaya Anda untuk mengembangkan agrobisnis di daerah Anda, ini juga cita2 saya, namun saya sedikit terkendala karena lebih sering berada di Jakarta.

      Untuk 2 ha lahan bisa ditanam lk 3.000 – 4.000 pohon pepaya. Waktu yang pas untuk tanam ini sedikit mengundang perdebatan, banyak yang menganjurkan tanam pada saat awal musim hujan. Ini saya dapat pahami antara lain dari sudut pandang efisiensi karena pada masa awal tanam banyak membutuhkan air sehingga bila ditanama di awal musim hujan akan mengurangi tenaga/buruh untuk menyiram. Namun saya banyak menyarankan setiap saat bisa memulai tanam yang terpenting bagaimana kita bisa menekan efisiensi.
      Insa Allah saya siap memasarkan produksi Anda, karena permintaan hingga saat ini saya belum bisa mencukupinya terutama pasar Jakarta

  21. mayastion 27 Feb 2010 at 10:57 am

    selamat siang Pak.. saya yasti, jumpa lgi.. kmrn saya udah mempersiapkan polybag yg akan digunakan untuk ngipuk. persentase tanah di polibag yg baik tanah:pupuk kandang:pasir itu 1:1:1 ato 2:1:1 Pak? lokasi lahannya di Candi mulyo magelang.. daerah di sekitar sana ditanam sayuran&jagung jadi untuk gambaran awal kmungkinan cocok untuk budidaya california sperti info di blog bapak. sebagai awalan saya siapkan 500 polybag. tlng usahakan bibitnya nggih Pak.. saya juga ingin menanyakan kira2 untuk kapasitas produksi yg msh kecil pemasarannya dmn ya Pak? wduh maap nggih Pak Amir saya mrepotkan brtanya terus. trimakasih.

      Pembibitan di polybag sifatnya hanya sementara (1-2 bulan) yang utama buatlah media yang memudahkan sistem perakaran mudah bergerak/menjalar karena akar masih muda pakailah tanah yang gembur rajin disiram akar tetap basah dan lembab.
      Pemasaran jangan segan2 coba tawarkan ke toko2 buah karena pepaya california pangsa pasarnya toko2 buah, supermarket. Akan saya pertimbangkan bila memungkinkan akan saya pasarkan di Jakarta sekaligus mengangkut dari perkebunan saya di Banyuwangi.

  22. Lukman Nur Rahmanon 08 Mar 2010 at 5:28 pm

    Ass Pak Amir, ada temen yang nanya tentang bibit pepaya california, jadi ingat deh sama Bapak.
    Lahan temen saya ada di Sukabumi, kira-kira 2 ha. Bila ingin tanam pepaya california dari Bapak, butuh berapa kilo bibitnya. Maaf harganya berapa ya Pak, terima kasih
    Wassalam

      Pa Lukman bisa hubungi saya langsung di HP 08128 558 258 atau 021 32072944

  23. W Nugrohoon 10 Mar 2010 at 7:24 pm

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Yth. Bpk. Amir Hamzah
    Pak..saya seorang pns di sebuah kota kecil di Jawa Timur, yaitu Tulungagung. Sebenarnya sudah lama saya ingin mencoba menanam pepaya California/Red Lady/Hawaii, tetapi tdk tahu ke mana hrs beli benihnya. Alhamdulillah kira-kira 1 minggu yang lalu secara tidak sengaja saya menemukan blog Bapak, sehingga besar harapan saya untuk dapat membeli benih dari Bapak. Meski sebenarnya saya sedikit malu, karena saat ini ada lahan kebun milik orangtua yang kira-kira hanya mampu menampung 250 phn pepaya. Mohon maaf sebelumnya. untuk langsung menanam dalam skala besar saya belum berani, apa Bapak bersedia melayani pembelian benih pepaya California dengan jumlah minimal, mengingat untuk saat ini baru itu lahan yang bisa saya manfaatkan untuk belajar budidaya? Kalau bisa, mohon informasi no rekening BCA Bapak dan jumlah yang hrs saya tranfer (ke alamat email saya saja). Atas perhatian dan bantuan Bapak saya ucapkan terima kasih.
    Semoga hidayah dan inayah Allah SWT selalu terlimpah atas kita dan keluarga.
    Wassalam.
    W. Nugroho

      Salam kenal pa Nugroho,
      Segera saya balas melalui email bapak.

  24. a phengon 17 Mar 2010 at 11:45 pm

    pak amir, sy mesan benih california 6sst. hawai 2sst. tlg dikabarin, trmks

      Pa A Pheng, segera saya siapkan. Mohon saya di SMS nama dan alamat lengkap agar kiriman cepat dan mudah sampai.
  25. sarostha_farmon 19 Mar 2010 at 7:47 am

    Bapak Amir Hamzah yth,
    Saya melihat foto Bapak sedang memegang buah pepaya yg berada di pohonnya. Dan pohon itu sangat pendek, namun sudah berbuah banyak dan besar-besar.
    Saya terus terang rada tidak percaya, karena belum pernah melihat yang sungguhannya (not to offense).
    Dan yang paling ingin saya ketahui adalah:
    1. Pepaya jenis apakah itu
    2. Apakah Bapak juga menyediakan bibitnya.
    3. Susah atau susah sekali kah cara penanaman dan pemeliharaannya.
    4. Apakah dan dimanakah saya boleh dan bisa melihat pohon pepaya yang saya maksud tersebut.
    5. Bussiness talk — berapa harga bibit beserta pengirimannya, ke Jakarta atau ke Subang (Ja-Bar). Saya berminat untuk membeli dalam jumlah yang sedikit agak banyak.
    6. Saya coba mencari contact number Bapak tapi tak mampu menemukannya, jika di perkenankan saya mohon contact number tsb preferable Mobile number agar bisa SMS, kalau telephone call kemahalan Pak, saya saat ini sedang berada di Anchorage – Alaska.
    Terimakasih dan salam hormat.
    Perneth

      Salam kenal pa Perneth,
      Apakah Anda yang mengSMS saya dengan nomor +6597545xxx, SMS Anda sudah saya balas.

      Jawaban pertanyaan:
      1. Pepaya jenis california
      2. Benih bisa saya siapkan
      3. Tidak susah, yang susah adalah melawan kesabaran dan kerajinan untuk merawatnya
      4. Bisa di lihat di Banyuwangi Jawa Timur dan di Sukabumi.
      5. Benih gratis, Saya hanya minta upah untuk tenaga kerja buruh saya yang membuatnya Rp 60.000,- per sashet isi lk. 250 butir untuk segala jenis Pepaya (yang ada saat ini California, Bangkok, Redlady, Hawaii)
      6. Saya bisa dihubungi setiap saat di HP 08128558258; 021-32072944; fax. 021-5492670.

  26. A PHENGon 22 Mar 2010 at 5:03 pm

    pak amir, benih yg bapak kirimkan sudah sy terima dgn cukup dan kemasan kondisi baik, terima kasih. from; a pheng / tg. pinang.

      Saya berdoa agar berhasil, bila ada hal2 yang perlu dipertanyakan setiap saat sekemampuan saya akan saya bantu.
  27. riduansyahon 26 Mar 2010 at 3:04 pm

    Selamat siang pak,,
    akhirnya setelah sy browsing2 ketemu juga wadah tempat sy bertya ttg budidaya pepaya california. saya riduansyah dari kalimantan timur tepatnya di kec,sepaku kab.penajam paser utara.
    Sepertiya ada potensi besar di daerah sy pak, untuk mencoba mengembangakan pepaya california.namun untuk memulainya tentu saya harus megetahui panduan budidaya yg tepat dari pak amir yg sdh mempunyai pegalaman dalam budidaya ini.sebagai tahap awal rencana saya ingin membuka 1/2ha dulu pak..
    Jika berkenan pak, bisa di emailkan ke saya ( ridu_xxx@yahoo.com) semacam petunjuk atau cara memulai budidaya tanaman ini beserta analisa usahanya.
    kemudian untuk bi2tnya sekalian aja dari pak amir,mohon di informasikan via email juga ttg harga dan proses pengirimannya.
    oh iya pak untuk di wilayah kaltim sendiri apakah bapak pernah mengetahui pengembangan budidaya pepaya ini.
    Semetara ini dulu pak.trimakasih seblumya atas respon yg di berikan.
    Sukses selalu buat bapak dan salam agro..

      Segera akan saya sampaikan melalui email Anda
  28. Nugion 03 Apr 2010 at 7:16 pm

    Selamat Malam Pak,
    Saya tertarik untuk mencoba bertanam pepaya. Sebagai percobaan pertama saya akan menanamnya di pekarangan rumah. Dan saya tertarik dengan jenis pepaya california, saya pernah mencicipi rasanya beda dengan pepaya yg pernah saya cicipi. Tetapi saya kesulitan untuk memperoleh benihnya di tempat saya.
    Saya tinggal di kota purworejo, bagaimana caranya saya bisa memesan benih dari Bapak.
    Terima Kasih.

      Selamat malam Bp/Ibu Nugi,
      Silahkan hubungi saya atau tinggalkan pesan (SMS) di HP: 08 128 558 258
  29. fitra saharaon 19 Apr 2010 at 8:07 am

    Selamat Pagi pak amir,
    saya fitra tinggal di Depok sebelah barat kampus UI.
    saya tertarik dengan jenis pepaya yang bapak budidayakan. saya ada sedikit lahan. dan berminat untuk membudidayakan jenis pepaya bapak tampilkan di galery photo weblog bapak.
    dimana saya bisa beli langsung bibitnya? (yang terdekat dari tempat saya)
    terima kasih.

      Silahkan hubungi saya di HP 08128 558 258
  30. menzieson 19 Apr 2010 at 5:17 pm

    Salam kenal pak Amir..
    Saya adalah pendatang baru di dunia per-pepayaan. Saat ini saya sedang membudidayakan IPB 4 atau yang Kates Jene seluas 1 Ha, yang berwarna kuning seperti buah duku. Saya mohon bantuan teknologi atau informasi, bagaimana membuat buah kates tersebut menjadi besar, karena beratnya hanya 200-500 gr, padahal standardnya adalah 500 – 850 gr.

    Saya juga mohon informasi dan SOP penanaman California untuk tanah gambut, karena saya berencana untuk membuka lahan 1 Ha di Jambi, yang tanahnya tanah gambut dengan pH sekitar 3-4. Saya akan memesan bibit dari Pak Amir, setelah lahan saya persiapkan.

    Terimakasih, Wassalam
    Menzies

  31. yudhion 11 May 2010 at 11:10 am

    pak amir saya di palembang. berminat juga nih untuk berkebun pepaya, untuk palembang cocok gak yah? bs dibuat analisis usaha gak pak? harga bibit + ongkir ke plb brp ? thanks

      Ada beberapa rekan dari palembang yg sudah mencoba memanfaatkan benih dari saya, kalau masih di daerah dataran rendah lk 500m dpl hampir dipastikan bisa. Lengkapnya segera saya balas melalui email.
  32. Bruceon 21 May 2010 at 11:00 am

    Selamat Malam Pak,
    Saya tertarik untuk mencoba bertanam pepaya. Sebagai percobaan pertama saya akan menanamnya di pekarangan rumah. Dan saya tertarik dengan jenis pepaya california, saya pernah mencicipi rasanya beda dengan pepaya yg pernah saya cicipi. Tetapi saya kesulitan untuk memperoleh benihnya di tempat saya.
    Saya tinggal di kota purworejo, bagaimana caranya saya bisa memesan benih dari Bapak.
    Terima Kasih.

      Selamat malam Bp/Ibu Nugi,
      Silahkan hubungi saya atau tinggalkan pesan (SMS) di HP: 08 128 558 258
  33. taufikon 22 May 2010 at 9:38 am

    Assalamu’alaikum
    Salam kenal .Bp Amir Hamza
    saya taufik di Bangka Belitung….
    saya ingin tnya untuk semua jenis pepaya:
    1. berapa meter ukuran tanam
    2. berapa bulan pepaya sudah bisa di panen dihitung dari mulai penyemain
    3. berapa lama masa panen pepaya
    4. Bagaimana perawatan dari di tanam sampai panen

      Salam kenal pa Taufik.
      1. Ukuran tanam 3m x 3m untuk pepaya bangkok atau untuk pepaya california bisa 2m x 2m.
      2. Pepaya california 7-8 bulan sudah mulai dipanen, 9-10 bulan untuk pepaya bangkok.
      3. Masa panen 3 tahun tergantung perawatan.
      4. Bisa baca tulisan2 saya di blog ini.
  34. leoon 28 May 2010 at 1:40 pm

    salam kenal Bp. Amir,
    saya belum pernah budidaya pepaya, dan saat ini saya ada lahan kosong di daerah sukabumi. saya ingin membudidayakan pepaya california di lahan tersebut. saya ingin membeli benih pepaya california pak amir. tetapi saya belum mengerti untuk menanam bibit tersebut pak. apakah bisa di informasikan bagaimana caranya menanam benih tersebut kedalam polybag apa saja unsur yang harus saya gunakan untuk menanam di polybag? thx pak amir.. (leo_140xxx@yahoo.com)
    RGDS

      Salam kenal pa Leo,
      Tidak sulit. Banyak caranya: Bisa belajar dengan buruh tani di seputar lahan pa Leo di Sukabumi, karena medianya sama untuk benih apapun spt cabe atau tanaman apapun. Itu untuk sementara lk 1-1,5 bulan selanjutnya dipindahkan ke lahan. Kalau mau buat cukup tanah gembur campur kotoran sapi atau kambing atau ayam lk. 1 : 1. Kalau masih khawatir membuatnya bisa membeli yang sudah siap tanam karena banyak petani yang jual bibit yang sudah berusia lk 1 bulan di seputar sukabumi dan bogor.
  35. Singapore SEO Companyon 31 May 2010 at 5:19 pm

    Papayas are good for your digeestion, your tummy and your skin. Papaya contains a natural enzyme- called papayin (how do they come up with these names?) and plenty of other healthy stuff. I eat papaya and mango every chance I get, I’m 47 and I don’t look a day over 46 ;)

  36. ekotyoon 07 Jun 2010 at 12:56 pm

    Pak Amir,
    saya ingin menanam pepaya hawai di daerah magelang. saya masih awan. kalau luas lahan 1500 meter, berapa buah bibit yang harus disediakan pak? jarak tanam tiap bibit berapa meter?
    terimakasih. salam
    eko
    Salam kenal pa Eko,
    Jarak tanam antara pohon lk. 2m x 2m.

  37. zakkion 26 Jun 2010 at 5:23 pm

    keunggulan pepaya california emangnya apa ya?

  38. Davide@christian educationon 27 Jun 2010 at 1:16 pm

    Papayas may be very helpful for the prevention of atherosclerosis and diabetic heart disease.

  39. ardhanon 27 Jun 2010 at 3:48 pm

    baru tau klo ada yang namanya pepaya california, mang dmana bedanya?

  40. Arnoton 30 Jun 2010 at 12:52 pm

    Yth. Pak Amir Hamzah

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Bapak Amir.. Saya ini termasuk orang awam dalam hal pertanian, tapi setelah membaca rubrik Bapak.. Saya tertarik. Saya ingin tahu bagaimana untuk memproduksi papain dari pepaya? Dan bagaimana cara menanam pepaya yang yang baik / sesuai untuk tanah gambut seperti di Dumai? Dan berapa modal yang diperlukan untuk per hektar?
    terimakasih atas informasinya.

  41. Harlan Rukmanaon 02 Jul 2010 at 3:57 pm

    As.Wr.Wb Pak Hamzah .saya tertarik dan suka bertani jadi saya mohon dikirim bibit papaya california untuk lahan pekarangan rumah ukuran 6 x 6 M. uang pembelian bibit akan saya transfer ke rekening bapak. mohon diberitahukan no rekeningnya. Bibit dikirim ke Jln. Matraman Raya No 80-82 Jakarta Timur. No Telephone saya di 0813 86000xxx. terima kasih.

      Salam kenal pa Harlan,
      Berapa banyak benih yang dibutuhkan dan jenis apa?
  42. Edy Steafhenon 07 Jul 2010 at 2:21 am

    Terimakasih untuk infonya. saya di Batam dan mau mencoba menanam pepaya disini. Disini ikimnya panas dan posisi lahan saya kurang lebih hanya 2dpl. apakah jenis ini dapat tumbuh dengan posisi tersebut. mohon infonya. terimakasih.

      Melihat dari ketinggian lahan dan iklim yang panas sudah cukup bagus untuk ditanami pepaya jenis apapun. Mungkin tingkat keasaman tanah yang diketahui, untuk tanaman pepaya pH normal 6-7. Untuk mudahnya apakah diseputar lahan banyak ditanami sayur2an, palawija dll. bila tumbuh subur hampir dipastikan pohon pepaya dapat tumbuh dengan baik.
  43. grookon 09 Jul 2010 at 4:45 pm

    Terima kasih banyak :)

  44. Kojejeon 17 Jul 2010 at 9:19 am

    Wahh.. Pepayanya bagus nih..
    cantik keliatannya :)

  45. edyon 18 Jul 2010 at 7:15 pm

    saya tertarik dengan budidaya pepaya ini pak saya ingin memulai tapi saya belum tahu cara pemeliharaan struktur tanah dan cara pemupukan dan bagaimana cara pemasarannya apakah ada penadahnya mohon petunjuknya makasih.

      Salam kenal pa Edy, Sebagian tulisan ada di blog ini cara membudidayakan pepaya, untuk hal-hal yang belum saya tulis silahkan hubungi saya di http://www.agroprima.com/amir/
  46. Abu Mirz@on 03 Aug 2010 at 2:12 pm

    Salam kenal, saya tertarik akan budidaya pepaya ini, saya tinggal di bogor, ma’af pa mau tanya untuk pemasarannya apakah mudah, apa bapak menerima hasil panen juga, terima kasih, wasalam.
    Salam kenal kembali Abu Mirza,

      Saat ini pangsa pasar pepaya masih cukup besar dan saya siap menerima hasil panen pepaya Anda sepanjang kuantitas dan kualitasnya memenuhi ketentuan pasar serta kesepakatan harga jual Anda.
  47. leonyon 10 Aug 2010 at 1:44 pm

    klo panennya biasanya pagi sore pa malem ya??

      Pagi panen agar siang sudah sampe di pasar/konsumen. Kalau petik malam takut ditemani ……..he.. he…
  48. agungon 10 Aug 2010 at 1:52 pm

    Assalamualaikum….VIVA AgroPrima Slaam kenal
    Pak saya dari Blitar maaf telat mengakses info pepaya…. saya mohon analisa usahanya dan jenis pepaya apa yang permintaannya paling banyak serta harga benihnya berapa mohon a-z ini kalo tak keberatan di balas ke email saya.Bravo pak Amir dkk

  49. ari yantoon 11 Aug 2010 at 2:49 pm

    salam sukse untuk smuanya…trutma pa amir.
    Smoga trz brkmbang dan maju truz…amin.

  50. Hadion 12 Aug 2010 at 8:53 pm

    Salam kenal Pak Amir,

    Saya tertarik utk menanam pepaya california, dan saya telah mencobanya. Tetapi pada buah pertama, hasilnya tidak memuaskan. Daunnya berlubang-lubang serta buahnya ada busuk pd pangkal buahnya. Setelah saya cari dibuku, ternyata pepaya saya kena Antraknosa.
    Saya mohon bimbingan bapak, bagaimana menanggulanginya.

    Terima kasih,

    Hadi.

  51. rizaon 23 Aug 2010 at 1:32 pm

    padang,
    salam pak,saya tertarik untuk membeli bibit pepaya kalifornia bapak bagaimanakah caranya?

      Salam kenal pa Riza, Silahkan call/tinggalkan pesan singkat SMS ke HP saya 08128 558 258
  52. julion 29 Aug 2010 at 4:14 am

    ass pak ….
    saya dan ortu saya tertarik pak… cp bpk saya hubungi gak bisa.
    untuk pasarnya harga per kg brp.
    apa sama dg pepaya thailand.

      Silahkan hubungi saya di HP 08128 558 258
      Saya bingung jawabnya, Hrg pasar per kg pepaya? hrg yg mana? hrg pasar grosir, bandar, eceran, toko buah, pasar swalayan? ini semua berfariasi antara daerah berlainan juga antara pasar/toko satu dengan yg lainnya, juga waktu sangat membedakan harga, Untuk yakinnya, saya pikir Anda bisa survei sendiri ke pasar2 berapa harga pasar pepaya per kg-nya. Mudah kok… Anda tinggal tanya di toko buah atau Anda lihat label harganya.
  53. hendraon 30 Aug 2010 at 8:08 pm

    ass pak
    saya dan ortu lagi membudidayakan pepaya anggur (jenis ngak tau) di manado….
    kira kira yg sudah ditanam sekitar ,2000 siap panen untuk sekarang dan 8000 sdh umur 2 bulan…
    saya tertarik dengan pepaya california.bgmna saya mendapatkan bibit?
    saya juga ingin bertanya mengenai pasar, saya bisa mendistribusikan ke bapak atau tidak? mohon bantuannya

    pasar lokal kami sudah dapatkan,saya ingin mencoba pasar di beberapa daerah termasuk daerah bapak .apa saya bisa memasarkannya?
    untuk lebih jelas ini no hp saya 085756738xxx
    terima kasih sebelumnya

  54. sigit nur bayuon 22 Sep 2010 at 3:36 pm

    P. Hamzah, saya dari Sleman Yogyakarta mau coba tanam pepaya california tapi lahan saya cuma 1000m2, bisa pesan bibitnya? kira2 berapa pohon bisa ditanam? Mohon dibalas ya pak! Maturnuwun.

      Terima kasih, salam kenal P Sigit N.B,
      Jarak tanam untuk pepaya california antara pohon lk 2 m, jadi silahkan hitung untuk lahan seluas 1.000 m2. Benih bisa saya siapkan, silahkan SMS ke nomor HP saya 08128 558 258.
  55. Arif Nuron 28 Sep 2010 at 2:07 pm

    P. hamzah ysh, saya sangat tertarik dengan pepaya kalifornia dan ingin memulai menanam nya, kebetulan di blog Bapak banyak sekali informasinya , jadi bisa membantu. Lokasi saya ada di Ambarawa, Kab Semarang, Apakah di daerah saya cocok untuk ditanam pepaya kalifornia?
    Saya juga akan memulai dengan jumlah yg tidak terlalu banyak karena lahannya juga terbatas, Nah apakah bisa membeli benih/biji dari bapak sesuai dengan kebutuhan saya ( misal 500 biji atau 1000 biji) ?
    terimakasih

      Saya bisa sediakan benih pepaya california silahkan tinggalkan pesan (SMS) di nomor HP 08128 558 258.
  56. Menzieson 17 Oct 2010 at 12:50 am

    Assalamualaikum, Pak Amir..
    Pak, gimana kabarnya ??? Sibuk buanget kayaknya ya..???
    Ini mo ngabari ( baca desakan pengiriman bibit california ), kok belum di kirim2 juga ya..???
    Alhamdulilah, lahan saya sudah selesai gali lobang tadi sore.. Mohon dikirm secepatnya ya pak Amir.. Please.. Skalian no reknya..
    Sukses selalu.. Amien..
    Wassalam,
    Menzies Bustami – Magelang

      Maaf pa M Bustami,
      Bukannya saya sibuk, pembuatan benih banyak terhalang oleh cuaca, jadi baru siap senin besok (18 Okt’10) mudah2an selasa atau rabu benih siap saya kirim. Ini no rek saya di BCA 6000316294 atau BUKOPIN 0103005999 an Amir Hamzah. Mohon di SMS nama dan alamat lengkap agar kiriman mudah sampai ke 08128 558 258.
  57. agungon 04 Nov 2010 at 1:23 am

    malam pak amir, saya agung dari tegal, saya saat ini menanam pepaya silang (pepaya coklat) buahnya ada 3 jenis, 1. panjang dan warna merah, 2. panjang dan warna kuning, 3. bulat dan warna merah, diantara ketiganya yg paling di minati konsumen adalah yg pertama. pak amir apakah kalau saya beli bibit (biji) pepaya california dari bapak, akan menghasilkan buah yang serempak? maksud saya buah yg lonjong (panjang) dan warna merah?
    pak amir saya mohon tanggapanya, sebelumnya saya ucapkan trimakasih.
    pak amir kalau saya ingin pesen benih minimal pemesanan berapa sachet?
    adakah nomor yg bs saya hubungi?

      Salam kenal pa Agung,
      Kemungkinan besar benih yang Anda dapatkan sudah tercampur dengan berbagai jenis pepaya lainnya.
      Sudah pasti bila biji/benih seleruhnya adalah california maka dipastikan akan berbuah seragam california juga, namun bentuk tidak seragam, pasti ada beberapa pohon yang buahnya bulat tapi persentasenya tidak banyak.
      Bila menginginkan benih dari saya silahkan sms saya di 08128 558 258.
  58. jefrion 17 Nov 2010 at 9:54 pm

    Salam kenal pak, saya Jefri baru belajar tanam menanam buah2an, saya ingin mencoba menanam pepaya, kalo pesan bibit bisa dicampur gak pak? mis. 1 sashet 250 btr terdapat California, Redlady dan jenis lainnya. ^_^)
    kalo bisa harga nya brp? nyampe k palangkaraya totalnya brp? blz lwt emai ya pak. Trims

  59. Jefri S.on 18 Nov 2010 at 9:53 am

    Salam kenal pak, saya awam dalam berkebun, mau coba menanam pepaya, Pak kalo pesan bibit nya campur2? california/redlady/hawai/bangkok dll dalam 1 sanchet? kalo bisa biayanya brp? bls ke email aja pak. ^_^..trims

  60. Yudion 26 Nov 2010 at 11:26 pm

    Salam kenal Pak Hamzah
    Lumayan lama saya mengikuti posting-posting di web bapak, saya sangat tertarik untuk melakukan budidaya pepaya kalifornia.
    Saat ini lahan yang saya rencanakan untuk ditanami pepaya ~ 7000 m2 di daerah Cikeusal Serang Banten. Sekitar bulan january tanah tersebut akan siap ditanami, apakah dari sisi waktu penanaman di bulan january/february tidak ada masalah dari sisi cuaca? rencana benih akan saya pesan ke Bapak dalam waktu dekat.
    Saya belum tahu kondisi keasaman tanah di daerah tersebut, namun daerah tersebut sangat subur dan biasa ditanami palawija serta ada juga kebun pepaya sekitar situ. Kira-kira menurut bapak apakah diperlukan untuk melakukan pengecekan ulang PH tanah, caranya bagaimana?
    Untuk pemasaran, apakah saya bisa kerjasama dengan Bapak?
    Mohon tanggapannya, terimakasih sebelumnya

      Kalau memang sudah banyak palawija disekitar lahan, saya pastikan untuk pepaya sudah bisa ditanami. Mengenai kapan mulai menanam, kapanpun bisa dimulai. Untuk pemesanan benih silahkan tinggalkan pesan di 08128 558 258.
  61. mardiyuwonoon 02 Dec 2010 at 6:26 pm

    Salam kenal,
    mohon informasinya apakah budidaya pepaya bisa difungsikan sebagai tanaman sela untuk pohon jabon?
    tks

      Sangat bisa selama jabon masih rendah, yang utama pohon pepaya jangan terhalang untuk mendapatkan sinar matahari.
  62. Epinkon 09 Dec 2010 at 9:52 pm

    Salam Kenal,
    Pak saya ada mencoba untuk membuat Bibit Pepaya sendiri dengan langkah :
    1. Beli Buah Pepaya Ditoko
    2. Biji nya saya ambil untuk dijadikan Bibit
    3. Bibit Saya rendam didalam Air selama 1 malam (bibit yang mengapung saya sisihkan)
    4. Besoknya Bibit saya tiriskan, kemudian saya masukan kedalam koran, lalu bagian koran saya balut dengan kain basah.
    5. Bibit saya simpan di tempat yang sejuk.
    6. Setelah 1 minggu Kecambah belum Muncul juga.
    Apa ada yang salah ya cara saya tersebut?
    Trims atas bantuannya.

      1. Buah pepaya yang Anda beli di toko tidak bisa menjamin untuk hasil yang baik, karena umumnya pepaya yang di jual di toko dipetik belum masak benar (masih mengkal), sedangkan untuk pembuatan benih perlu pepaya yang benar2 matang di pohon.
      2. Tidak perlu mengikuti urutan2 seperti yang Anda uraikan di atas, biji yang telah dipisahkan dari buahnya bisa langsung anda semai atau Anda tanam langsung dipekarangan.
      3. Urut2an diatas 1 s/d 3 bila biji tidak untuk di tanam langsung, sedangkan 4 s/d 6 adalah bila ingin menyemai biji agar segera menjadi kecambah.
  63. aprion 10 Dec 2010 at 11:09 am

    mau tanya… saya kepengen nanem pepaya di depan rumah saya…. syaratnya apa biar bisa tumbuh … dan berbuah

      Tidak ada persyaratan khusus, yang penting rajin dan tekun memeliharanya, pasti akan berbuah dengan dengan sendirinya
  64. yudion 11 Dec 2010 at 11:02 pm

    Pak Hamzah terimakasih benih sudah saya terima, saat ini saya masih melakukan persiapan lahan.
    Rencana saya akan langsung melakukan penanaman biji tanpa menggunakan polybag, dari hasil pengamatan bapak, kira-kira apa kendala yang dihadapi dengan cara penanaman lagsung ini sehingga bisa saya antisipasi sebelumnya.

      Untuk tanam dalam jumlah tdk banyak dan dipekarangan rumah bisa langsung biji pepaya ditanam tanpa disemai terlebih dahulu dalam polybag. Sebenarnya di lahan pun untuk hasil yg baik juga bisa ditanam langsung tanpa melalui penyemaian. Namun ini akan mengalami berbagai kendala spt. 1) memonitoring pertumbuhan setiap pohon cukup melelahkan apalagi Anda tanam sebih dari seratus pohon dengan jarak tanam 2m x 2m, 2) Ditanam langsung di lahan pada usia s/d 1-2 bulan cukup rawan dari hama dan gangguan lainnya spt serangga, ayam, kambing, terinjang, dll.
  65. yudion 18 Dec 2010 at 10:16 pm

    Apakah sebelum penanaman bibit ke lahan diperlukan obat untuk rayap seperti puradan?

      Perlu diberikan untuk membunuh hama2 yg ada dalam tanah
  66. Dodi Krisnantoon 20 Dec 2010 at 10:06 am

    Assalamu’alaikum, Wr. Wb.
    Salam kenal Pak Amir, Saya hendak menanyakan, apakah setelah benih pepaya direndam semalaman langsung di bungkus dengan koran dan kain dan kaos basah pada bagian luarnya, lalu simpan ditempat sejuk.
    masih harus disiram kembali untuk tiap harinya, pak ????????

      Jangan disimpan ditempat sejuk, justru benih pepaya harus disimpan di areal terbuka dan terkena sinar matahari langsung, bila sudah nampak kering karena terkena sinar matahari maka perlu diberikan air kembali agar media tetap basah, lk 1 minggu sudah mulai berkecambah segera pindahkan ke polybag/pot/tanam langsung dipekarangan/kebun.
  67. yudion 21 Dec 2010 at 5:58 am

    Dari pengalamana bapak, apakah diperlukan obat anti rayap (puradan) saat awal penanaman?

      Perlu diberikan puradan, bisa berbarengan bisa juga setelah ditanam.
  68. NAZARon 21 Dec 2010 at 10:04 pm

    slmt malam pak amir, salam kenal dari saya nazar. saya mau tanya mengenai pepaya california. umumnya panen berapa bulan sekali ya pak?

      Panen terus menerus setelah 8-10 bulan tanam (tergantung jenis pepaya). umumnya setiap pohon dalam 1 minggu bisa di pertik 1-2 buah sampai usia produktif pohon pepaya (2-3 tahun).
  69. yudion 25 Dec 2010 at 10:49 pm

    Pak, saya melihat disela-sela pohon pepaya dimungkinkan untuk dilakukan tumpang sari, seya pernah dapat informasi bahwa tanaman cabe merah tidak baik untuk tumpang sari dengan pepaya, kira-kira menurut pengalaman, tanaman apa yang cocok? saya ada beberapa alternatif, diantaranya terung ungu/kacang tanah/kacang panjang/cabe rawit, mohon sarannya.

      Semua di atas bisa ditumpangsari dengan pepaya, saya pun melakukan hal yang sama spt diatas (cabe, kacang tanah).
  70. Pawiccangion 28 Dec 2010 at 10:18 pm

    Pak Amir yth, senang bisa bertemu dan bersilaturrahmi dgn bapak. Setelah membaca tulisan2 bapak saya jadi turut tertarik utk membudidayakan pepaya kalifornia ini, cuma pertanyaan saya apakah di Sulawesi Selatan sudah ada yang mengembangkannya dan kira2 bagaimana dengan pemasarannya. Untuk memasarkan pepeya ini apakah harus didukung dengan adanya perusahaan berupa CV atau UD. Untuk lahannya apakah perlu dibajak dulu atau cukup gali lobang kemudian tanaman dari polibag bisa langsung dimasukkan ke lobang tsb. Terima kasih ya pak atas jawabannya.

  71. Wahyuon 03 Feb 2011 at 10:27 am

    Yth, pak amir Hamzah saya sudah beli bibit dari bapak dan sudah saya semai sejak hari kamis tanggal 21 Januari 2011 jam.8.30 tetapi sampai sekarang pada tanggal 4 Februari 2011 (sudah 2 minggu) mau masuk 15 hari kok belum juga nampak trubus/hidup kira-kira berapa lama ya pak….mohon informasinya.Trima kasih

      Maaf baru di balas,
      Ada banyak cara penanganan benih. al.:
      1). Benih/biji bisa langsung di tanam dipekarangan/kebun,
      2). Benih/biji direndam dulu 1-2 malam lalu tanam dipekarangan/kebun,
      3). Benih/biji direndam spt point 2 lalu tanam di polybag setelah usia 1-1,5 bulan baru tanam dipekarangan/kebun,
      4). Benih/biji setelah direndam lalu bungkus dengan koran + kain basah jangan lupa disinari matahari langsung setelah berkecambah (lk 1 mg) pindahkan ke polybag atau langsung dipindahkan kepekarangan/lahan,
      5). dan masih banyak cara lain, yg utama adalah selama proses media harus selalu lembab dan terkena sinar matahari langsung. Untuk skala besar umumnya para petani menanam spt point 3 dan 4, karena mudah dalam kontrolnya.
  72. Dodi G. Pasaribuon 26 Feb 2011 at 10:56 am

    Saya awam di bidang pertanian, saya pegawai negeri, sedang membuka lahan sawit. apakah bisa pepaya california/hawaii di tumpang sari dengan kelapa sawit?
    Selain lahan sawit saya memiliki lahan 25 x 80 m yang saya manfaaatkan untuk menanam durian bangkok dengan jarak tanam 12 x 8 m, apakah lahan ini dapat saya tumpang sari dengan pepaya?
    saya menginginkan benih pepaya california, redlady dan pepaya hawaii, untuk tahap awal saya membutuhkan benih2 itu hanya untuk lahan 20 x 80 m saja dulu…. Berapa jarak tanam masing2 varietas pepaya tersebut.
    Jika saya ingin memesannya barapa harga dan kuantitas bibit /bungkusnya? mohon informasinya dan bantuan bimbingannya jika budidaya pepaya ini saya mulai nanti.
    Terimakasih atas bantuannya

      Prinsipnya pepaya dapat ditumpangsarikan dengan tanaman apa saja, yang terpenting pohon pepaya harus dapat terkena sinar matahari langsung, akar jangan tergenang air, pupuk cukup baik organik maupun non organik. Oleh karena itu bila ditumpangsari agar diperhatikan jarak tanam agar tidak berebut makanan. Bila tidak ditumpangsari jarak tanam berkisar 2m x 2m untuk jenis pepaya california, pepaya hawaii. Untuk jenis bangkok berkisar 2,5m x 3m.
      Benih bisa saya siapkan untuk jenis pepaya california, pepaya hawaii, pepaya thailand, pepaya redlady dan pepaya orangelady silahkan sms di 08128 558 258, benih saya kemas dalam bentuk sashet isi lk 250 biji.
  73. Dodi G. Pasaribuon 27 Feb 2011 at 9:39 pm

    Terimakasih atas respon bapak,
    saat ini saya sedang mempersiapkan lahan untuk pepaya, benih tersebut dapat disimpan berapa lama sebelum disemai? jika dapat disimpan cukup lama insyaallah akan segera saya pesan kepada bapak. Di pasaran Aceh, pepaya madu sengan digemari masyarakat apakah bapak juga menyediakan benih pepaya madu?. untuk pencegahan/penanggulangan hama dan penyakit secara organik apa yang harus di persiapkan?
    Mohon bantuan bapak agar dapat dikirimkan melalui email saya analisa usaha budidaya pepaya secara organik.

      Pa Dodi, benih akan saya kirim pagi hari ini via Kantor Pos
  74. Rizalon 01 Mar 2011 at 10:04 am

    salam pak amir..

    saya memiliki sedikit lahan +_ 1 haberlokasi di cilacap, mau saya coba untuk tanam pepaya california, mohon bimbingan dan teknis penyemaian dan penanaman berikut pemeliharaannya, dan dalam 1 sc bibit yag pak amir tawarkan kira2 berapa persen yang akan tumbuh baik ?

    lalu bagaimana kita bisa mengetahui bunga jantan dan bunga betina..

    terima kasih
    wassalam

  75. Dodi G. Pasaribuon 13 Mar 2011 at 1:40 am

    Benih pepayanya sudah sampai pak? terimakasih akan saya semai dalam waktu dekat.

      Kalau ada waktu saksikan tayangan saya di TransTV mudah2an minggu 3 April 2011 pkl 12:00-12:30 saya kupas budidaya pepaya california mulai dari pemilihan benih, pembuatan bibit, hingga panen.
  76. jontaon 20 Mar 2011 at 3:05 pm

    salam pak amir..
    saya sangat tertarik dengan tulisan anda, ditengah situasi mencari pekerjaan yang sangat sulit saat ini,
    saya dari Jambi sangat tertarik untuk membudidayakan pepaya California ini, tetapi saya masih sangat buta dalam budidaya ataupun prospek pasarnya, mohon bimbingannya pak.
    terima kasih..

      Pa Jonta,
      Kebetulan saya dipercaya oleh TransTV, saya bersama TransTV telah merampungkan tayangan tentang budidaya pepaya california mulai dari penyiapan benih, pembuatan bibit hingga panen. Mudah2an bisa ditayangkan pada hari Minggu 3 April 2011 pukul 12:00-12:30 wib. Silahkan saksikan.
  77. toty suparmanon 23 Mar 2011 at 11:33 am

    pak saya mw pesan bibitnya?

      Silahkan tinggalkan pesan singkat di 08128 558 258
  78. bastantaon 24 Mar 2011 at 12:25 pm

    salam Pak Amir…, bila Bapak berkenan saya mau konsultasi dengan Bapak, saya kebetulan lagi menanam pepaya dengan umur +/- 8 bulan, dan sudah berbuah, tetapi pada buah sekarang ada penyakit, dimana getah banyak keluar dari permukaan buah tersebut, jadi mohon informasi penyakit apa n obat untuk menyembuhkannya pakai apa Pak, kami menunggu informasi dari Bapak

  79. Indrijanion 26 Mar 2011 at 8:07 am

    Salam kenal,
    Saya berminat menanam pepaya california, di lahan bekas sawah dg ketebalan tanah sekitar 50 cm, karena dibawah lapisan tanah berupa padas, lokasi lahan di Wonosobo dg ketinggian kira kira 600 m dpl. Apakah kondisi tersebut memungkinkan untuk budidaya pepaya california ? Mohon informasi & masukan dari Pak Amir. Terima kasih.
    Salam,
    Indrijani

      Salam kenal kembali bu Indrijani,
      Melihat dari ketinggian lahan saya tidak menyarankan untuk di tanam pepaya, dari beberapa pengalaman hasilnya kurang optimal. Nantinya kekhawatiran saya produksi pepaya milik ibu akan kalah bersaing dengan produksi yang dihasilakan dari daerah yg ketinggiannya lebih rendah. Umumnya semakin tinggi lahan mempengaruhi kualitas spt tingkat kemanisan, besar buah.
  80. Aclon 26 Mar 2011 at 11:58 am

    Saya heran ketika Bibit Pepaya di pindahkan ke lahan, daun Pepaya habis di lahap oleh serangga….Bagaimana cara pencegahan / penanggulangan hama tersebut secara organik maupun non organik ?

    Terima kasih Sebelumnya….

  81. teguhon 27 Mar 2011 at 12:32 pm

    Assalamualaikum pak amir….
    Saya memerlukan info mengenai benih pepaya californianya…bagaimana saya bisa mendapatkannya
    Mohon infonya ke email saya atau pesan singkatnya di 08125790xxx. Terimakasih

      Silahkan tinggalkan pesan di 08128 558 258
  82. bibit jabonon 28 Mar 2011 at 1:03 pm

    saya juga menanam pepaya biasa di lahan kami, yang saya ingin tahu
    1. menangani hama kutu putih pada pepaya
    2. cara mendapatkan benih pepaya california
    terimakasih
    ardha p
    jabon-kendal.co.cc

  83. faisalon 08 Apr 2011 at 2:58 pm

    Ass.wr.wb.
    Salam kenal pak.
    Saya Faisal berencana menanam bibit pepaya ini di lahan saya yang masih kosong di tengah kota.
    Kalo boleh tahu bgmn caranya beli bibit pepaya california ini, n bagimana metode pemeliharaannya???.
    Makasih sebelumnya.———————————
    faisal_dakhu@yahoo.com

      Salam kenal kembali pa Faisal,
      Kalau tidak salah pa Faisal yang barusan SMS saya ya…? mengenai cara mendapatkan benih pepaya california telah saya jawab di SMS. Untuk metode pemeliharaan bisa di baca tulisan2 yang ada di blog ini, sementara buku ttg budidaya belum saya terbitkan masih dalam proses, bila kurang jelas bisa ajukan pertanyaan pada saya.
      Wass,
  84. Teuku.Auliaon 11 Apr 2011 at 10:48 am

    Assalamu’alaikum Pak Amir….
    untuk itu kalau Aulia ingin memesan bibit pepaya sekitar 600 biji target harga sampai berapaan….???
    karena Aulia ingin perkembangkan & budidayakan pohon pepaya….
    soalnya Aulia mempunyai lahan 5 hektar….
    jadi rekening mana yang harus saya transfer dana…
    Lalu tempat tinggal Aulia daerah Lhokseumawe (Aceh)….

      Walaikumsalam, bu Aulia,
      Kalau berminat akan benih pepaya silahkan tinggalkan pesan SMS di no 08128 558 258. Benih bisa segera saya siapkan sebanyak permintaan ibu. Benih saya kemas per sashet isi lk 250 biji/5 gram. Dana bisa di transfer melalui rek BCA atau BUKOPIN. Untuk jelasnya silahkan tinggalkan pesan SMS di no 08128 558 258.
      Wassalam.
  85. dede aron 14 Apr 2011 at 6:33 pm

    Assalamu’alaikum Pak Amir….
    salam kenal pak amir
    saya bertempat tinggal di daerah rangkas bitung, saya sangat tertarik budi daya tanaman pepaya california
    dan saya pun mencari sumber2 informasi untuk belajar secara teori namun untuk memulainya prakteknya masih saya masih dalam hal pemasarannya,..
    sekiranya bapak dapak membantu pemasarannya mungkin saya bisa mulai budi daya tanaman pepaya jenis ini.
    terima kasih
    dede abdu rosyid

  86. waluyoon 17 Apr 2011 at 5:33 am

    pak daerah saya banyumas perbukitan kalau musim kemarau tanahnya sampai berongga2 pecah kekurangan air,apa kira2 bisa untuk berkebun pepaya.terimakasih.

      Untuk hasil yang baik sarat utama adalah ketinggian yaitu tidak lebih dari 500m dpl. Bila kekurangan air bisa diupayakan dengan membuat sumur.
  87. widyaon 27 Apr 2011 at 9:05 am

    pak, mohon info untuk membeli enzim papain kasar dimana ? terimakasih

  88. SURYADIon 25 May 2011 at 10:04 am

    Asslm wr.wb…
    Pak, saya mahasiswa bangka belitung. Saya sangat tertarik untuk mengembangkan tanaman ini, namun permsalahannya di tempat kami pemasaran pepaya ini sangat susah, karena kalah saing dengan produk yang lain dan belum adanya pasar tetap tanaman ini. sekiranya apa yang perlu dilakukan terkait hal tersebut!!!!terimakasih pak sebelumnya.

      Pa Suryadi, salam kenal,
      Coba lakukan analisa pasar, tapi Anda sudah mengatakan pemasarannya sangat susah, apakah telah dilakukan analisa pasarnya? Coba jajagi potensi untuk dieksport ke negara tetangga spt. Singapura apakah berpeluang cukup bagus mngingat pasar lokal sangat susah. Tapi saya yakin pasar lokal (Bangka Belitung dsk.) masih cukup menjanjikan. Amati secara sederhana, lihat di pasar2 tradisional juga toko2 buah apakah selalu tersedia buah pepaya? bila tidak selalu tersedia kemungkinan besar permintaan masih cukup besar.
  89. rizalon 25 May 2011 at 3:28 pm

    Assalamu’alaikum pak Amir?
    Mau tanya, kelebihan pepaya jenis California jika dibandingkan dengan pepaya jenis yang lain apa saja ya? terutama soal ketahanan terhadap penyakit/ hama.
    Terimakasih.
    Wasalamualaikum

      Salam kenal pa Rizal,
      Seluruh jenis pepaya (Pepaya California, Pepaya Bangkok/Thailand, Pepaya Hawaii, Pepaya Orangelady, atau Redlady dan jenis pepaya lainnya) relatif sama dalam hal membudidayakan (hama/penyakit) yang membedakan bentuk dan ukuran serta pangsa pasarnya.
      Salam sukses
  90. yudion 04 Jun 2011 at 2:48 pm

    Pak Amir
    Salam jumpa kembali, pepaya saya saat ini sudah mulai berbuah, bunga mulai mucul di akhir februari jadi kurang lebih sudah 5 bulan lebih dari berbunga, dari pengalaman bapak berapa lama pepaya bisa dipanen sejak berbunga? rencana saya mau mencoba memasarkan di daerah serang, untuk pasar yang cukup dekat, apakah sebaiknya pepaya ditunggu sampai kulitnya menguning agak banyak atau sama seperti yang dilihat di super market dimana kulit yang menguningnya hanya sedikit? apakah bapak juga menampung bila saya ada kendala dalam distribusi di pasar lokal? kurang lebih ada 900 pohon.

      Selamat dan sukses pa Yudi,
      Mohon terus dirawat pohon pepayanya dan jangan lengah. Betul pa, asal sudah terlihat buah pepayanya semburat kuning sama seperti yang bapak lihat di supermarket sudah boleh pepayanya di panen. Saran, agar diupayakan pasarkan sendiri untuk meningkatkan hasil. Sekedar info kalau pa Yudi umumkan saat ini saya yakin sudah banyak yang antri, karena saat ini banyak supplier kekurangan barang/susah cari pepaya, tentunya kualitas pepayanya bagus ya..
      Sekali lagi, salam suskes pa Yudi.
      oh ya… lk. 7-8 bulan semenjak tanam, atau lk 3-4 bulan sejak berbunya sudah ada yang bisa di panen
  91. Yudion 11 Jun 2011 at 7:40 pm

    Pak Amir
    Minggu lalu saya coba menjajaki pasar tradisional untuk melihat response pedagang mengenai pepaya kalifornia, responnya cukup positip , malah mereka menanyakan kapan akan panen.
    Alhamdulillah saya lihat perkembangan buahnya cukup bagus mudah-mudahan sampai panen demikian. Mungkin saat panen saya akan offline minta komparasi harga ke bapak sebagai benchmark.
    Sukses buat para petani…

  92. Riyanto ARon 02 Aug 2011 at 2:18 pm

    Saya punya lahan tidak begitu luas masalahnya tanahnya keras karena dulu buat penampungan batu krakas saat pembuatan jalan baru depan rumah. Apakah kondisi seperti ini masih bisa untuk menanam pepaya california pak ?
    Saat ini lahan sudah saya tanam beberapa pohon jati dengan usia ±5 tahun, apakah pepaya bisa ditanam secara bersamaan dengan pohon jati ?
    Mohon dibantu juga perhitungan investasi yang harus disediakan bila akan budidaya pepaya california ini untuk luas tanah satu hektar, diluar biaya sewa tanah. Juga perkiraan penghasilannya hingga pohon sudah tidak produktip.
    Terima kasih, pak Amir

      Pohon pepaya akarnya tidak sekeras pohon jati, sehingga untuk dapat tumbuh dengan baik lahan atau tanah harus gembur, Oleh karena itu bila ingin menanam dibekas penampungan batu Anda harus membuat lubang yang cukup besar lk 1m x 1m x 1m.
      Saya tidak menyarankan untuk menanam disela2 pohon jati yang sudah besar, karena pohon pepaya memerlukan sinar matahari langsung.
      1 ha bisa ditanam antara 1500 – 2500 pohon tergantung kondisi lahan, jarak tanam yang ideal adalah 2m x 2m, silahkan Anda hitung sendiri sambil melihat kondisi lahan Anda. Bila dirawat dengan baik usia ekonomis bisa mencapai 4 tahun.
  93. ARIF RAHMANon 06 Aug 2011 at 10:09 am

    Asslm. Pak Amir. ini arif rahman hakim Ponorogo .Alhamdulillah bibit yang saya beli di bapak dulu (kira – kira awal 2011) dah tumbuh sekitar 1,8 meter dan dan mulai pentil (berbuah). jumlahnya kira- kira 700 pohon. saya mau nanyakan pak. ini beberapa pohon berbunga betina (bentuk bunga bulat, tidak ada benang sarinya, terus bentuk buah tidak lonjong. apakah pohon seperti ini perlu dipertahankan pak?

      Saya turut gembira atas keberhasilan pa Arif.
      Perihal bunga betina yg nantinya akan menjadi buah pepaya dengan berbentuk bulat, ini bisa pa Arif pertahankan namun bisa juga di buang/dicabut. kenapa boleh dipertahankan dan kenapa juga boleh di cabut.
      Buah pepaya dengan bentuk bulat umumnya kurang diminati oleh komsumen meskipun dari segi rasa tidak ada bedanya dengan pepaya yg memiliki bentuk panjang, ini sudah terbentuk image di masyarakat sudah sejak lama. Sehingga para pedagang enggan membeli buah pepaya yg berbentuk bulat dengan kekawatiran tidak akan dibeli oleh konsumen.
      Karena pedangan kekawatiran buah pepayanya tidak dibeli oleh konsumen, maka para pedagang tidak berminat terhadap buah pepaya yg berbentuk bulat, andaikan dibelipun para pedagang atau pengepul umumnya akan menawar kepada petani dengan harga lebih rendah dari buah pepaya yang berbentuk panjang.
      Oleh karena itu ada sebagian para petani dalam membudidayakan pepaya akan membuang pohon pepaya yang berjenis kelamin betina karena buahnya nanti akan berbentuk bulat. Namun ada pula para petani dibiarkan tetap hidup.
  94. Antonon 09 Aug 2011 at 8:31 pm

    harganya berapa ya pak? minimal order berapa? kirim ke luar pulau di Ende – NTT berapa ya pak Terimaksih.

      Pa Anton, Bila berminat, silahkan tinggalkan pesan SMS di no saya 08128 558 258
  95. Ichtiaron 17 Aug 2011 at 9:01 pm

    Ass.. Pak Amir. Mohon bantu saya info pucuk pepaya keriting, bibit kalifornia dari bapak. Trim’s

  96. Alion 07 Sep 2011 at 2:31 pm

    Mohon informasi : Bagaimana caranya saya mendapatkan bibitnya.? Karena saya di Solo Jawa Tengah, dan Apakah di Jateng khususnya Kota Solo sudah ada yang menjual Bibit tersebut.. atau kalau di kirim dari Jakarta hitungan biayanya bagaimana… di tunggu informasinya… sebelumnya kami ucapkan trimakasih…

      Pa Ali, untuk mendapatkan benih dari saya sangat mudah, mohon di SMS nama dan alamat lengkap agar kiriman mudah sampai, saya kirim biasa menggunakan TIKI atau Pos Kilat Khusus dari Kantor Pos, untuk pembayaran bisa di transfer via BCA atau BUKOPIN, ini no HP saya 08128 558 258, Terima kasih.
  97. Untungon 15 Oct 2011 at 6:42 pm

    Pak amir, salam kenal. Saya ada rencana untuk belajar budidaya pepaya california ini. Jika saya memiliki tanah ukuran 20m x 200 m, agar bisa maksimal hasilnya jenis pepaya apa yang cocok ? Dan saya juga ingin menanyakan untuk per pohon dibutuhkan berapa bibit ? terimakasih

      Salam kenal kembali pa Untung,
      Silahkan tanam pepaya california atau pepaya hawaii dengan jarak tanam 2m x 2m, silahkan hitung dibutuhkan berapa banyak bibitnya. Satu pohon ya… satu bibit namun alangkah baiknya dalam satu lubang ditanam 2 bibit untuk mengantisipasi bila bibitnya nanti berjenis pepaya jantan atau betina.
  98. baguson 25 Oct 2011 at 4:27 pm

    salam kenal pak amir,
    saya sangat tertarik dengan pembuddayaan pepaya califonia…bagaimana cara menperoleh bibit yang kualitas bagus…kalo pesan bibit di bapak bagaimana caranya…brapa hargany/diskripsi paketan benih tersebut…
    thx

      Salam kenal kembali pa Bagus,
      Cara pepesanan mudah pa. Silahkan tinggalkan pesan SMS di 08128 558 258. Saya tunggu, Terima kasih.
  99. supriyadion 14 Nov 2011 at 1:29 pm

    Slmat siang pak Amir..
    sy mo ikut berkonsultasi perihal cara menanam pepaya yang menghasilkan buah yang bagus.. mulai dari bibit sampai tanaman itu berbuah kira kira berapa tahun ya pak?? apa pupuk untuk mempercepat proses pembuahan?? bagauimana cara mengusir hama pada tanaman pepaya?? terimakasih banyak atas waktunya pak..
    salam hormat..

      Sdr. Supriyadi, salam kenal.
      Saya kira pertanyaan Anda sudah terjawab di beberapa tulisan dalam blog ini juga jawaban-jawaban atas comment orang terdahulu, silahkan dibaca. Terimakasih.
  100. ragilon 10 Dec 2011 at 9:40 pm

    pak mau pesan benih pepaya california dan dikirim ke madiun jatim bisa ndak ? Makasih
    Bisa saya kirim ke madiun, seperti teman2 lainnya yang dimadiun, silahkan kirim nama dan alamat lengkap agar kiriman mudah sampai ke HP saya 08128 558 258.

  101. Eli sutiknoon 23 Dec 2011 at 11:01 pm

    assalamualaikum pak amir
    kami punya lahan 1 hektar mau saya tanami pepaya thailand
    kami berdomisili di jember utara tepatnya lahansaya di ledok ombo
    kami ingin mendapatkan bibitnya yang sudah polibag. harganya berapa dan dimana kami dapatkan. dan mohon informasi alamat kebun bapak yang ada di banyuwangi tepatnya dimana dan kami menemui siapa disana? ingin konsultasi.
    terimakasih

      Bu Eli S. silahkan hubungi saya/SMS di no 08128 558 258 nanti akan saya berikan no staf saya yang di Banyuwangi.
  102. entit usdiation 03 Feb 2012 at 10:17 pm

    ass.wr.wb
    pak saya punya lahan 1/2 ha di daerah nagreg jabar..saya mau membudidayakan pepaya california mohon bimbingan, terus pemasarannya nanti ke mana? dan berapa harga minimal dan maksimal untuk pepaya kalifornia bagi kami yang baru mencoba mengawali?

      Harga jual di kebun sangat ditentukan kualitas buahnya, namun kisarannya antara 1500 s.d. 3000/kg
  103. rayaon 06 Feb 2012 at 8:56 pm

    aslmkm pak, saya raya, saya membutuhkan perkebunan pepaya dengan ketersediaan pepaya umur 2,5-3bulan untuk mengisolasi papain yang terkandung didlmnya. saya akan melakukan pepenelitian ttg penggunaan papain pada kulit, namun saya masih awam ttg pepaya, kira2 dmn perkebunan pepaya disekitar bandung atau jawa barat, dan bgmn ciri-ciri buah pepaya umur 2,5-3 bulan pak? terima kasih banyak pak, saya sgt membutuhkan informasi dr bapak.

      Banyak pembeli benih dari daerah Bandung, namun saya tidak mengetahui dengan pasti mereka dimana menanamnya. Namun untuk daerah Indramayu, bogor, subang, serang, tangerang bisa saya tunjukan. Untuk pohon pepaya yang berumur 2,5-3 bulan menghasilkan buah yang siap panen juga getahnya. Pada usia itu masih berbentuk bunga, juga buahnya buahnya masih kecil atau kira2 sebesar dua ibu jari.
  104. Gatoton 18 Feb 2012 at 12:50 am

    Assalamualaikum pak.

    Saya baru tahu blog pak Amir Hamza.bisa untuk berguru kalau bisa.
    Saya sudah baru menanam 100 pohon dan sekarang sudah berumur 21 hari sejak.memang benih bukan dari pak Amir.
    cuman sekarang ada permasalahan sudah ada yang mati 10 pohon.batang busuk,daunya banyak yg luka lubang2,sebagian kutu putih.untuk penaggulaganya bagaimana pak.kalau pak amir sudi berbagi ilmunya.

    untuk info saya tinggal di kecamatan Cisoka tangerang.
    Terimakasih

    Gatot Heru

    gatotheru78@gmail.com

    Coba semprot dengan insektisida dan fungisida secara rutin se minggu sekali dengan dosis rendah. Perhatikan kebersihan lahan.

  105. zulfikaron 28 Feb 2012 at 1:50 pm

    Ass……….Pak
    SAlam kenal………….
    Saya zulfikar dari Aceh ingin menanyakan bagaimana memilih bibit pepaya dari buahnya langsung sehingga menghasilkan sama seperti induknya?
    Mohon balasannya
    Terimakasih……..

      Gampang, pasti hasil akan sama bila buahnya jenis pepaya california bijinya ditanam pasti nanti buahnya akan menjadi buah pepaya california juga, tidak akam mungkin menjadi jenis lain spt pepaya bangkok. Begitu juga dengan jenis lainnya. Namun tidak dianjurkan membibitkan dari biji yang buah diperoleh dari buah yang dibeli di pasar.
  106. Muhammad Juainion 04 Mar 2012 at 1:23 am

    Ass.wr.wbr.kth.
    perkenalkan Sy petani asal Lombok Mataram NTB. Sy ingin budidaya pepaya tp sy masih menimbang pepaya yg seperti apa yg ingin Sy budidayakan? ke mana Sy akan menjual hasilny nanti? bisa gak Sy dibimbing/dibantu utk membudidayakan pepaya apa yg baik & ke mana Sy akan Sy pasarkan agar keraguan Sy berubah keyakinan?

      Walailkum salam pa M Juaini,
      Jenis apapun yg bpk budidayakan pada prinsipnya bagus dalam hal membudidayakan, yg membedakan adalah pangsa pasarnya, bila ingin membudidayakan pepaya bangkok pangsa pasarnya lebih banyak ke pasar2 tradisional dan rumah2 makan, restoran dan hotel2. Untuk jenis pepaya california, pepaya hawaii, redlady, orangelady umumnya dipasarkan di toko2 buah, mall, supermarket. Oleh karena itu silahkan pilih pangsa pasar mana yang ingin bpk sasar.
      Wassalam.
  107. camcam samsudinon 26 Mar 2012 at 9:44 pm

    selamat malam pak amir,saya sudah sms bapak untuk pesan bibit sebanyak 500 bijidan bagaimana cara pembayarannya berikut harganya.
    salam hormat, Camcam Samsudin

      Terima kasih pa Camcam S.
      Benih sudah saya kirim, semoga cepat sampai dan semoga berhasil, salam sukses.
  108. ahmad azharon 28 Mar 2012 at 10:34 am

    trimah kasih atas infonya ,,,,,untuk bertukar informasi kunjungi website kamihttp://www.unsri.ac.id/

  109. ridoon 04 Apr 2012 at 1:19 pm

    pak nanyspepaya bsa dikembangkan dlahan gambut yg dalam gak?

  110. arnots arinauon 09 Apr 2012 at 3:34 pm

    terimakasih infonya pak, saya sangat tertarik untuk mencoba membudidayakan pepaya…
    mohon informasi teknik budidaya lebih lanjut pak,
    oya, harga benih berapa per sachet? isi berapa? trimakasih

      Untuk pemesanan benih pepaya dan bibit pepaya california atau pepaya jenis lainnya (pepaya hawaii, pepaya redlady, pepaya orangelady dan pepaya bangkok/thailand) silahkan tinggalkan pesan SMS di 08128 558 258. Biaya pembuatan benih saat ini sebesar Rp 60.000,- per saschet isi lk. 250 biji atau 5 gram. Untuk biaya pembuatan bibit sebesar Rp 2.500,- per polybag isi 2 bibit dengan usia 1-1,5 bulan (siap tanam).
  111. tomyon 03 May 2012 at 11:40 am

    salam kenal buat teman2 sejawat,
    mohon bantuan informasi kebun pepaya di JABODETABEK,dikarenakan saya punya rencana membuka home industri salah satu bahannya adalah pepaya muda diperkirakan kebutuhan 10 ton per bulan. mohon bantuan dan informasinya, trims
    regards,
    tomy

  112. abdulhananon 16 Jun 2012 at 8:36 pm

    salam kenal pak, saya ingin memanfaatkan pekarangan rumah saya dengan membudidayakan pepaya california, yang menjadi pertanyaan,apakah saya bisa mendapatkaan/membeli benihnya dari bapak? mohon bantuannya. kirim ke email saya.

      Maaf pa Abdulhanan, untuk mudahnya silahkan tinggalkan pesan SMS di 08128 558 258. Saya tunggu
  113. cecilon 04 Jul 2012 at 7:40 am

    saya ingin ingi sekali mendpatkan benih pepeya california, kira-kira gimana untuk bisa mendatangkan benih, saya berada di luar pulau Jawa, mohon informasinya
    salam

      Untuk mendapatkan benih pepaya california silahkan tinggalkan pesan SMS di no 08128 558 258.
  114. KHARISMA SUSANTOon 13 Jul 2012 at 5:50 pm

    Salam agro pak!
    saya berminat untuk membudidayakan pepaya california pak, akan tetapi di daerah saya jarang sekali bahkan tidak kami jumpai tempat pembelian bibit pepaya yang berkualitas. saya dari sumbawa besar Nusa Tanggara Barat pak..apakah saya bisa memesan bibit dari bapak??
    wassalam..!

      Silahkan pa K. Susanto bila ingin mencoba membudidayakan pepaya, saya siapkan berbagai benih pepaya (dari jenis california, hawaii, red lady, orange lady dan thailand) dan biasa kirim keseluruh nusantara, silahkan tinggalkan pesan SMS di 08128 558 258.
      Wassalam,
  115. wayunon 04 Aug 2012 at 12:57 pm

    saya pingin skl dpt bibit yang bagus dimana bisa beli di denpasar pak ?

      Di Denpasar tidak ada yg menjual benih produksi saya, bila menginginkan bisa langsung saya kirim dari Jakarta, silahkan tinggalkan pesan di 08128 558 258.
  116. Bambang Sulistyantoon 22 Aug 2012 at 4:59 am

    Aww.,
    Saya butuh bibit unggul untuk jenis pepaya yang punya nilai jual tinggi di pasar.
    Rencananya mau saya tanam di lahan 1000m2 daerah Ciganjur Jakarta Selatan.
    Selain bibit apa bp bs bantu menyiapkan lahan sd pemeliharaan dalam 3 bulan. Kira2 berapa biaya investasinya?
    Mohon jawaban dan penjelasannya.

      Luas 1.000m2 hanya bisa ditanama lk 200 pohon. Sangat mudah… Silahkan dikerjakan sendiri saja karena hanya 200 pohon, investasinya pun tidak besar: 1) benih Rp 60.000,- (250 biji) pupuk organik gunakan dari rumah tangga Anda sendiri, kebutuhan pupuk NPK tdk banyak cari sendiri di toko2 pertanian terdekat.
      Bila ingin mengembangkan lebih dari 1 ha saya siap bantu hingga jaminan pemasarannya
  117. nafison 02 Oct 2012 at 9:54 am

    Asslkm, salam sukses pak amir, sy sgt senang bisa baca2 di situs ini, sy berencana bertani, insyaalloh nanti sy contact bpa ya, trmksh waslkm

  118. eko rikinantoon 04 Mar 2013 at 11:55 am

    selamat siang pak

    saya eko dari sragen, saya punya lahan 1000m2 ingin mencoba usaha pepaya california,mohon petunjuknya untuk tata cara penanaman dan perawtan, saya pemula belum pernah bercocok tanam rencananya saya akan memakai jasa pekerja untuk perawatan .
    mohon di emailkan ke saya untuk petunjuk budi daya epaya california.

    terima kasih

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply


2 × = eight


9 JURUS SUKSES BERTANAM PEPAYA CALIFORNIA


DAFTAR PEMBUDIDAYA PEPAYA DI SELURUH INDONESIA
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DIPEKARANGAN RUMAH
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DI LAHAN PERKEBUNAN
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California

Proses Pembuatan Bibit Pepaya California, Pepaya Thailand/Bangkok dan Pepaya Hawaii Sebanyak 5.000 Polybag lebih pesanan Pa Rusduan untuk ditanam/dikirim ke Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung
Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
Saya Bisa…
Yakin Anda pun Pasti Bisa
Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
Banyak SMS maupun email saya terima dari rekan2 khususnya yang baru memulai atau mencoba membudidayakan pepaya akan kegagalannya saat penyemaian atau membuat bibit/pembibitan. Dari SMS yang saya terima ada yang mencapai hanya 50% Continue Reading..... Terima kasih saya ucapkan kepada Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Indonesian Entrepreneur Society serta TRUBUS atas kepercayaannya pada saya untuk menyampaikan materi pada acara “Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Menghadapi Masa Pensiun” di lingkungan Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal, Continue Reading..... “Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan” ini adalah judul cover “Majalah Duit!” edisi spesial ulang tahun ke-5. No. 5/VI/MEI 2011. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Majalah Duit! telah mewawancarai dan dimuat dalam kolom LIPUTAN UTAMA, Continue Reading..... Saya sangat mengapresiasi program “Bosan Jadi Pegawai” yang ditayangkan oleh stasiun televisi TransTV pada hari Minggu pukul 12:00 s/d 12:30 WIB, tanggal 27  Maret 2011 menampilkan kegiatan saya untuk memaparkan budidaya pepaya california dalam episode “Cantik Pepayanya Menggiurkan Rasa dan Untungnya Continue Reading.....
Wawancara dengan Tabloid "Kontan" Kompas Gramedia
Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Tabloid KONTAN Kompas Gramedia telah mewawancarai saya dan kepeduliannya untuk memasyarakatkan buah-buahan tropis kita khususnya pepaya. Memang tidak disangsikan lagi manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Sehingga perlu didorong untuk dibudidayakan.. . Continue Reading »

Cukup banyak yang menggunakan benih dari saya, oleh karena itu timbul gagasan sangat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi pembudidaya pepaya yang mendapatkan benih dari saya. Dibawah ini dicantumkan nama dan alamat/daerah pemesan serta nomor yang dapat dihubungi, namun tidak dicantumkan lengkap dengan alasan privasi. Continue Reading »

Pada dasarnya budidaya pepaya sangat mudah, tebarkan biji pepaya dipekarangan dalam beberapa minggu sudah terlihat tunas atau pohon pepaya kecil, selanjutnya rutin disiram, dalam waktu 4-5 bulan akan keluar kembang atau bakal buah dan 5 bulan kemudian buah sudah dapat di panen, mudah kan. Continue Reading » Suatu kehormatan yang tinggi sekali saya diundang untuk live talkshow bersama-sama direktur Indonesian Entrepreneur Society (IES) Bapak Bambang Suharno di stasiun Radio Pelita Kasih (RPK FM) Jakarta pada pagi hari tadi (Jumat 30 Juli 2010, pkl.  07:00-08:00 wib). . Continue Reading »
Membuat Bibit Pepaya
Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
Terima kasih kepada semua yang telah mempercayai saya dengan memanfaatkan benih yang saya hasilkan baik jenis pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii, maupun pepaya redlady. selengkapnya ......

Meski semakin banyak jenis dan ragam buah impor, pepaya tetap populer di Indonesia. Selain murah, zat gizi yang dikandungnya pun lengkap. Biji, daun, batang, dan akarnya sangat bermanafaat sebagai obat. Pada tahun 1992, The Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington AS meneliti manfaat kesehatan dari 40 jenis buah. selengkapnya .......

Terima kasih saya ucapkan kepada Indonesian Entrepreneur Society, bapak Bambang  Suharno selaku Direktur Indonesian Entrepreneur Society, telah memberikan kepercayaan pada saya untuk mentraining dan menjadi mentor kepada para entrepreneur dan calon entrepreneur. selengkapnya...» Telah banyak berbagai benih pepaya baik pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii maupun red lady yang memesan kepada saya, terima kasih atas kepercayaannya kepada sahabat-sahabat di Aceh, Medan, Palembang, hingga papua. selengkapnya.......
Pemilihan Lokasi untuk Budidaya Pepaya
Bibit dan Benih Pepaya Unggul
Tabloid Nasari news Edisi No. 15 Tahun 2, Juni 2009
Wawancara dengan "Koran Jakarta" (03/12/2008)
Lokasi Lahan Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membudidayakan pepaya, penentuan lokasi perlu dilakukan dengan cermat, tidak saja lokasi itu harus baik dalam aspek membudidayakan pepaya tapi lokasi juga harus baik dalam aspek keamanan terutama dari tangan-tangan jahil selengkapnya ...........
Bibit dan Benih Pepaya Kesuksesan berbudidaya pepaya salah satunya diawali dengan memiliki benih yang baik, namun dalam prakteknya ternyata tidak saja cukup memiliki benih yang baik atau benih unggul, Perlu penanganan yang baik sehingga akan menghasilkan buah pepaya unggul. selengkapnya .......... Tabloid Nasari newsSekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada "Tabloid nasari news" atas kepeduliannya mengangkat profil beserta aktifitas saya di bidang agribisnis. Mudah-mudahan dapat memberikan motivasi bagi saya agar lebih giat lagi dalam menekuni dunia agribisnis meskipun diusia yang saat ini (1 Juni 2009)  genap berusia 53 tahun. selengkapnya ....... Koran JakartaBeberapa media seperti Kompas Cetak kami berikan apresiasi yang tinggi dengan banyak memuat berita tentang dunia pertanian kita terutama nasib para petani. Juga kami berikan apresiasi kepada "Koran Jakarta" yang mewawancarai saya. selengkapnya ..........

Recent Posts:

  1. 9 Jurus Sukses Bertanam Pepaya California
  2. Terima Kasih Majalah elshinta
  3. Penyebaran Benih Pepaya
  4. Liputan ANTV: Budidaya Pepaya California di Kebun Binaan Milik Pa Yungki di Ciseeng Parung Bogor
  5. Kumpulan SMS Seputar Pertanyaan Budidaya Pepaya
  6. Memberikan Pembekalan Kewirausahaan Khususnya Budidaya Pepaya California Kepada PNS/KORPRI Pemprov Kalimantan Tengah
  7. SWA: “Mencetak Banyak Miliarder, Membangun Ketahanan Pangan”
  8. Keberhasilan Dit Pol Air Polda Banten Membina Nelayan Membudidayakan Pepaya California
  9. Pelatihan Budidaya Pepaya
  10. Buku Pertama Ku
  11. GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun
  12. Pemula Yang Berhasil
  13. Dua Jempol untuk Polisi Perairan Polda Banten
  14. Mengunjungi Kebun Pepaya Milik Pa Anton dan beberapa petani pepaya di Gianyar – Bali.
  15. si KRIBO (kritis dan heboh) dan Artis Dini nyasar ke kebun pepaya saya (akan tayang tgl. 28/09/2012 di MNCTV)
  16. Tunggu Tanggal Tayangnya di MNCTV (Lintas Pagi)
  17. Kunjungan Putri Indonesia ke Kebun Pepaya California Saya
  18. Bibit Siap Tanam untuk Memenuhi Keinginan Masyarakat Jakarta
  19. Program Unggulan Green Radio 89,2fm (Buah Lokal vs Buah Impor)
  20. Terima Kasih Kepada Majalah Ide Bisnis Kompas Gramedia (Analisa Usaha Pepaya)
  21. Kiranya Patut Ditiru Keberhasilan Pa Kasmari Membudidayakan Pepaya California
  22. Untuk Pemula yang Ingin Menggeluti di Agribisnis Pepaya
  23. Memenuhi Undangan Bapak Bupati Kebumen, Jawa Tengah
  24. Waspadai Menghadapi Awal Musim Penghujan Tahun Ini
  25. Pemberian Cuma2 Benih Pepaya California dan Orange Lady kepada SDN Wiyung I Surabaya
  26. Betik Bekal Pensiun (Majalah Trubus; 503 – Oktober 2011/XLII) liputan Majalah Trubus
  27. Konsultasi Langsung Selama Bazaar (18-19/08/2011)
  28. Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
  29. Saya Bisa… Yakin Anda pun Pasti Bisa
  30. Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
  31. Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
  32. Petani Pepaya Jadi Aktor Dadakan (saksikan tayangannya di TransTV 27-Mrt’11 pkl 12:00-12:30 wib)
  33. Mungkin Bermanfaat untuk Anda: Wawancara saya dengan Tabloid Kontan
  34. Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
  35. Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
  36. Kunjungan ke Kebun Pepaya California Milik Pak Kusnadi
  37. Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
  38. Membuat Bibit Pepaya
  39. Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
  40. Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
  41. Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
  42. Mengapa Sebaiknya Pilih Buah Lokal dari Impor
  43. Bentuk Buah Antara
  44. Pemilihan Lokasi
  45. Menanam Pepaya California Dipekarangan Rumah (I)
  46. Bibit dan Benih Pepaya
  47. Terima Kasih Tabloid “nasari news”
  48. Oleh-oleh dari mengikuti Seminar “Langkah Jitu Memulai Bisnis dari NOL”
  49. Mengelola Usaha Jarak Jauh
  50. Pemupukan Tanaman Pepaya (II)
  51. Pemupukan Tanaman Pepaya (I)
  52. Syarat Ideal Tumbuh Tanaman Pepaya
  53. Membuat Benih Sendiri
  54. Parpol Bingung petani Tidak Bingung
  55. Turun, Minat ke Fakultas Pertanian
  56. Jadi Petani
  57. Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur Melalui Juice
  58. Jus buah vs Soft Drink
  59. Panen Buah2an di Kota Jakarta
  60. Perhatian Media Cetak terhadap Petani Luar Biasa
  61. Mudahnya Berkebun Pepaya
  62. Menjadi Angan2
  63. Menghianati Agrikultur
  64. Suara Petani
  65. Definition of Agribusiness
  66. Papaya, Papaw, Paw Paw, Mamao
  67. Hari Pangan Sedunia dan Kemandirian Petani
  68. Dari mimpi dan keprihatinan sampai dengan bangkitnya semangat Baru
  69. Antisipasi Usaha Agribisnis di Era Global
  70. Minat Studi Pertanian Menurun?
  71. Manajemen Agribisnis
  72. Impian? ya….. tinggal Impian
  73. forum AGRO
  74. Lowongan Pekerjaan
  75. STABILO
  76. Pensiun? Kenapa Takut
  77. Benarkah buah lokal kurang diminati?
  78. Orang Bodoh yang Beruntung
  79. Ramuan Anti DBD
  80. Nutrisi Buah Pepaya
  81. Manfaat Getah Pepaya
  82. Pepaya Sebagai Obat Kanker, Jerawat dan Telapak Kaki pecah2
  83. Pepaya Sebagai Obat
  84. Berkebun Pepaya
  85. Pemanfaatan Pepaya
  86. Papaya – Pepaya – Kates – Gedang
  87. Takut Berwirausaha
  88. Keluarga Ku
  89. Selamat Datang!

Pertanyaan2 Anda dan jawaban saya seputar budidaya pepaya:




bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Visitor Sejak 01 Agustus 2009
free counters
lazada INA
Jasa komputer, pengetikan, setting, percetakan dll. Prima Electric: Perbaiki segala peralatan elektronik. Fresh Fruit Tropical. UD Prima Agro