GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun

Angkatan VIII - Waktu dan tempat akan ditentukan kemudian
(perkiraan akhir April 2014 di kebun binaan/mitra)
Pelatihan ini murni kita sharing/berbagi ilmu
tidak ada pesan sponsor penjualan produk seperti pupuk, obat2an, bibit, benih dll.



Para pemesan benih pepaya dari saya khususnya jenis pepaya california dan Hawaii yang dibudidayakan seputar Jawa Barat dsk. (Depok, Bekasi, Karawang, Tangerang, Bogor, Subang, Indramayu) bila sulit memasarkan, saya siap bantu. Juga untuk pemesan dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung saya siap memasarkan bila permintaan terus meningkat.

Oct 31 2007

Berkebun Pepaya

Published by at 7:23 am under Entrepreneurship

PepayaMenjelang pensiun pikiran banyak di pengaruhi rasa berbagai kehawatiran, apa yang dapat saya berikan kepada anak dan istri dengan uang pensiun yang minim sebagai PNS, ini bukan berarti tidak berterima kasih kepada Pemerintah yang masih memberikan apresiasi sebagai PNS dengan uang pensiunnya. Juga apa yang dapat dikerjakan setelah tidak bekerja yang biasa rutin mengerjakan sesuatu pekerjaan mulai Senin sampai dengan Jumat dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00. Nanti setelah tidak bekerja lagi hari-hari akan dihabiskan dirumah terus: pagi, siang, sore, malem, terus berganti, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu, Januari sampai Januari tahun berikutnya, dst, dst. Atau, Agar tidak bosan jalan-jalan mengunjungi kerabat, saudara, anak, mertua dll. Atau mengerjakan sesuatu untuk mendekatkan diri kepada sang Pencipta, atau melakukan aksi sosial dengan bergabung dengan lembaga sosial, LSM, dll. Yang tidak kalah penting masih kuatkah kita baik pikiran maupun tenaga kelak nanti. 

Memang selayaknya jauh sebelum memasukin usia pensiun perlu dilakukan upaya-upaya persiapan agar tidak menjadi beban pemikiran ditambah lagi dengan usia yang sudah memasuki 56 tahun dimana umumnya tenaga dan pikiran yang sudah menurun. Saya mengamati (ini perlu penelitian atau barang kali sudah ada hasil penelitiannya) diusia sekitar 50 tahun orang yang mau terus menggunakan otaknya untuk berpikir segala hal yang positif bahkan melipatgandakannya untuk memberdayakan otak dan fisiknya, sepenglihatan saya orang itu nanti dimasa usia pensiun dia tidak akan “loyo” dia justru akan tetap enerjik bahkan banyak inovasi-inovasi yang positif dikeluarkan. Sering kita lihat orang yang telah pensiun dia tidak bergairah alias nunggu ajal atau mendekatkan diri kepada Tuhan sang pencipta. Mendekatkan diri kepada Tuhan itu memang dianjurkan dan itu kewajiban sebagai umat yang beragama bahkan dari sejak usia dini atau akil baliq. Yang menjadi pertanyaan diusia pensiun apakan hanya melulu bersujut kepada Tuhan tapi tidak ada usaha sedikit pun atau kegiatan lain, saya yakin Tuhan pasti marah. 

Kebetulan disaan saya memulis tulisan ini, saya membaca di Surat Kabar Kompas Jumat tanggal 5 Oktober 2007 halaman 21 saya baca tulisan “Optimisme Orang Kaya” ada hal menarik yang saya baca yaitu ”Di Indonesia rata-rata masyarakat ingin pensiun diusia 50 tahun, tetapi umumnya mereka baru memulai membuat perencanaan persiapan pensiun pada usia 49 tahun. Berbeda dengan masyarakat di Singapura, mereka mulai menyiapkan masa pensiunnya diusia 33 tahun dengan target pensiun pada usia 60 tahun“. 

Pertanyaan kepada diri saya sendiri, apa yang akan dilakukan menjelang pensiun nanti, jawabnya …………… “Aku pilih jadi petani”


19 responses so far

19 Responses to “Berkebun Pepaya”

  1. Eddy Rizalon 18 Feb 2008 at 8:43 am

    Selamat Pak Amir telah menyiapkan diri dengan baik sebelum pensiun, mudah-mudahan terus berkembang sehingga dapat berbagi pengalaman dengan teman-teman yang mempunyai minat yang sama.

      Yth. Bp Eddy Rizal
      Terima kasih atas kunjungannya ke Blog saya.
      Mudah-mudahan informasi yang tersaji di Blog dan situs saya yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi Bapak.
      Amir Hamzah
  2. Markuson 27 Mar 2008 at 6:19 pm

    Pak Amir Hamzah,

    Saat ini saya dan teman-teman saya yang masih muda-muda (30-an thn) sedang merencanakan untuk membuat perkebunan Pepaya seperti yang bapak jalankan, rencananya dibuat di wilayah Bogor.
    saya belum seluruhnya membaca tulisan bapak, namun pasti saya akan segera membacanya dan ingin sekali sukses seperti bapak.
    kiranya bapak berkenan memberikan saran-saran kepada saya yang masih belum berpengalaman ini.

    Sukses selalu,

    Salam,
    Markus

      Terima kasih Pak Markus atas kunjungannya di blog saya.
      Saya sangat mendukung sekali Anda dan teman2 muda Anda mau terjun dalam budidaya khususnya pepaya, terus terang pangsa pasar buah2an khususnya pepaya masih sangat besar. Saat ini saja (minggu lalu s.d. sekarang 28 Maret 2008) saya tidak dapat memenuhi permintaan pasar khususnya Jakarta dan Bali, padahal harga yang ditawarkan jauh diatas rata2.
      Kalau Anda dan teman2 sudah memulai kita bisa berbagi pengalaman, karena saya yakin anak2 muda jauh mempunyai inovasi2 ketimbang saya yang telah beruasia diatas kepala 5.

      Salam Sukses
      Amir Hamzah

  3. rikoon 31 Mar 2008 at 11:04 am

    maaf pak boleh minta e mail mas markus, saya di bogor tertarik dengan rencana beliau…
    trims pak

  4. hidayaton 14 Apr 2008 at 1:05 pm

    isi dari blogs bapak sangat menarik..untuk di pelajari dan mudah-mudahan jadi motivasi untuk berwira usaha di bidang agrobis bagi kalangan muda, yang persoalannya cari kerja sekarang makin sulit ,,,ngono lho pak.

      Betul sekali… Ini tujuan saya, mari kita kembali ke basic sebagai negara agraria, jangan berbondong-bondong mencari pekerjaan di kota yang belum tentu dapat, disisi lain ladang kita (sawah dan kebun) ditelantarkan.
  5. totokon 02 Jun 2008 at 10:03 pm

    10 bulan lagi saya jg mau mpp. banyak orang takut menghadapinya, lain halnya saya masa pensiun tsb saya tunggu2 dan saya anggap masa kemerdekaan, bebas dr kewajiban. rencana saya akan pulang jg kekampung, didaerah Purbalingga, jadi petani/peternak ikan, kebetulan disana banyak air. cuma apa menguntungkan? perlu pendalaman. barangkali ada saran untuk saya?

      Yth, Pak Totok,
      Kalau ditanya apa mengutungkan? saya jamin pasti menguntungkan usaha dibidang pertanian/peternakan, namun keuntungan itu tentunya tidak datang begitu saja. Ini kita akan dapatkan dari berbagai usaha atau kerja keras yang harus/mutlak mendapat perhatian serius, antara lain penentuan lokasi, apakah cocok dilokasi tersebut untuk dibudidayakan ikan, buah atau sayur dll. Cocok disini dalam artian luas, cocok kultur tanah dan cocok dengan budaya masyarakat setempat.
      Saya disamping mengamati dan pernah membudidaya ikan lele dari unsur pembudidayaan sudah cocok dengan hasil yang baik, namun dari masalah lingkungan/masyarakat yang kurang bersahabat sering dijarah, karena disekitar saya tidak ada yang membudidayakan lele. Lain halnya yang sekarang saya budidayakan pepaya, disekitar kebun saya masyarakat banyak juga membudidayakan pepaya, sehingga tidak perlu diawasi pepaya saya aman tidak ada yang menjarah, karena kiri kanan mereka banyak pepaya, mereka juga tanam pepaya.

      Saya sarankan, kalau disekitar wilayah Pa Totok sudah banyak yang membudidayakan ikan, ikutilah mereka, ga usah takut dibilang latah. Belajar dengan mereka yang sudah lebih lama atau yang sudah berpengalaman, bapak masuk dilingkungan mereka juga pelajari pemasarannya, permasalahan/hambatan dll.

      Disamping hal tersebut diatas tentunya masih banyak lagi yang harus diperhatikan, namun langkah yang paling dan utama adalah keberanian, berani ambil keputusan untuk melangkah.

      Saya salut untuk pak Totok ga usah takut menghadapi pensiun, putuskan langsung saja terjun di dunia pertanian/peternakan disana nanti akan ketemu nikmatnya juga suka dukanya, untung rugi itu biasa didunia usaha sepanjang telah kita perhitungkan.

  6. Firmanon 18 Jul 2008 at 2:48 pm

    Pak Amir Hamzah Yth.

    perkenalkan saya Firman, sekarang saya masih bertugas di Departemen Pertanian. alhamdulillah saya mengurusi perbenihan tanaman buah.
    saya salut sama bapak yang sudah berani berwirausaha pepaya. dan alhamduliilah saya juga berwirausaha kecil – kecilan dibidang penyediaan benih tanaman buah. sekarang saya sedang konsentrasi di benih pepaya. kalau boleh tau dimana lokasi kebun bapak..? varietas apa saja yang bapak tanam.. ?
    kapan – kapan bolehkan saya datang ke kebun bapak..? kita saling sharing… kontak saya di 0813-82705371

    Terima Kasih.
    Firman

      Yth, Pak Firman,

      Alhamdullilah, saya bersukur sekali bisa berkenalan dengan bapak, mudah2an kita bisa terus bersilaturahmi.

      - Mengenai perkebunan saya ada di Daerah Banyuwangi, Jawa Timur.
      - Pepaya yang saya tanam saat ini adalah jenis Thailand/Bangkok, karena jenis ini sangat mudah untuk pemasarannya.
      - Rencana kedepan akan membudidayakan varietas lainnya, namun sebelumnya saya harus mengetahui pangsa pasarnya.

      Setiap saat kita/saya bisa ditemui, namun saya lebih sering berada di Jakarta.
      Untuk kontak saya bisa dilihat di SINI

      Pak Firman, pada kesempatan ini saya juga mohon bantuan bapak tentang Papain, karena saya ada rencana mencoba membudidayakan pepaya yang khusus diambil papainnya. Namun tentang hal tersebut saya masih banyak memerlukan informasi, seperti misalnya: – jenis/varietas pepaya yang baik untuk khusus diambil getahnya; – Daerah yg sangat cocok dimana; dll.

      Wassalamualaikum,
      Amir Hamzah

  7. Indraon 05 Sep 2008 at 8:31 pm

    Halo Pak Amir Hamzah,
    Saya Indra, saya mau minta mohon informasi pembelian bibit pepaya bangkok. dan contact person nya. saya ingin mencoba menanam di wilayah serang timur. sebelumnya saya mengucapkan terima kasih

  8. Firmanon 31 Oct 2008 at 2:39 pm

    Assalamulaikum wr wb.
    Pak Indra Yth.

    saya bisa bantu anda mendapatkan benih pepaya california, Hawaii dan pepaya pengahasil papain.
    silahkan kontak saya di 0817-782122

    Saya Tunggu Kontaknya..

    Firman

  9. heris susantoon 08 Jan 2009 at 5:21 pm

    Dear pak amir hamzah.,

    Salam kenal dari saya, sungguh luar biasa ilmu2 dan saran2 yang bapak share kan diweb ini.
    Nama saya Heris Susanto, saya seorang pegawai swasta berusia 28 thn. Saya sangat interest dengan apa yang bapak tuliskan dalam blog ini khususnya dunia agribisnis ini, ada sedikit yg mau saya konsultasikan nih pak.

    Saya memiliki lahan tanah kosong seluas 2000m2, memang ada niat slama ini untuk mengelola lahan tersebut menjadi lahan yg berguna dan tentunya bisa menghasilkan. Akan tetapi karena pengetahuan saya akan bidang agribisnis ini sangat minim maka itu belum bisa terealisasi.

    Setelah saya baca2 dari buku agri bisnis dan lihat website agribisnis seperti web bpk ini, ternyata pepaya yg cukup menyita perhatian saya. Ada keinginan saya juga memiliki perkebunan pepaya seperti bpk.
    Kira2 varian pepaya apa yg cocok untuk lahan saya didaerah depok?
    Dimana saya bisa memperoleh bibit yg bagus?
    Apa saja yg harus di persiapkan untuk bisa membudidaya pepaya agar provid?
    mudah2an niat saya bisa terealisasi, menghasilkan dan dapat membantu orang lain juga.

    Demikian dari saya, atas saran dan masukan bpk saya haturkan terimakasih.

    salam
    Heris Susanto

      Salam kenal pa Heris Susanto, saya sangat senang bapak tertarik di bidang agri bisinis.
      Bapak ga usah khawatir tidak memiliki dasar2 di bidang agri, karena saya pun tidak memiliki pengetahuan di bidang agri. Yang saya miliki hanyalah tekat untuk bisa melangsungkan hidup keluarga. Dan tekat satunya lagi yaitu kenapa orang bisa berati saya pun harus bisa.
      Untuk menjawab beberap pertanyaan bapak kebetulan saya sedang menulis sejalan dengan pertanyaan bapak [klik disini]. Dan untuk melengkapi tulisan saya bisa bapak klik pada tulisan2 lainnya di blog ini yang telah saya link ke sumbernya.
  10. KHamimon 14 Jan 2009 at 8:48 am

    keren pak!!

      Terima kasih,
      Rajin2 mengkonsumsi pepaya ya, buah yang murah dan meriah, mudah didapat, dimana saja dan kapan saja.
  11. hendraon 12 Mar 2009 at 4:14 pm

    dear Pak Amir Hamzah,
    Salam kenal Pak, saya salut dengan usaha yg bapak kerjakan. saat ini usia saya 32 th sejak lama saya ingin berwirausaha cuma masih mencari yg cocok maklum saya tidak punya pengalaman sama sekali dalam wirausaha&modal yg sangat terbatas. saya bekerja pada suatu BUMN di Jakarta & tertarik dengan budidaya Pepaya bapak. kalau berkenan apakah bisa bapak berikan estimasi perhitungan dari wirausaha pepaya tsb.
    misal: -dari luas tanah /hektar dapat ditanami berapa pohon..?
    -Harga bibit per Biji brp..?
    -kebutuhan pupuk per bulan berapa kg, plus biayanya..?
    -Masa dari ditanam sampai berbuah berapa lama..?
    -setiap hektar tanah dapat menghasilkan brp buah perhari/bulan..?
    -harga jual buah/kg brp..?
    -Biaya2 rutin yg lain kira2 apa&brp..?
    -Tips2 & Trik berwirausaha
    maaf Pak kalau saya nanyanya banyak, maklum saya masih sangat awam..
    Makasih banyak Pak
    Salam
    -Hendra-

      Salam kenal pa Hendra.
      Wah,,… saya harus dari mana dulu nih untuk menjawab pertanyaan pa Hendra.
      Tapi begini…. Saya salut pa Hendra sudah sejak dini memikirkan hal jauh kedepan. Orang lain atau saya sendiri baru terpikirkan berwirausaha sudah menjelang memasuki usia pensiun dimana tenaga dan pikiran sudah tidak seperti dulu, mungkin karena kepepet barang kali. Dan tidak mustahil suatu saat saya akan berguru dengan pa Hendra kelak nanti bila pa Hendra terjun di dunia wirausaha.
      Pa Hendra…. saya berangkat dari nol besar tidak mempunyai sedikitpun pengetahuan di dunia pertanian maupun wirausaha, yang ada saat itu, setelah pensiun harus tetap dapat menafkahi anak dan istri saya. Bersyukur sekarang meskipun belum besar tapi sudah bisa mensuplai buah dan sayur ke hotel di Bali dan berkebun pepaya di Banyuwangi. Dimana sebelumnya tidak terlintas sama sekali hal itu akan bisa saya jalankan. Saya bukan berasal dari keluarga yang senang berwirausaha dan juga keluarga petani, saya lahir dan dibesarkan di kota besar (Jakarta) hingga saat ini.
      Nah …. ini mungkin atau mudah-mudahan akan menjadi motivasi untuk pa Hendra yang jauh usianya di bawah saya. Jadi jangan terganjal oleh pikiran bahwa tidak punya pengalaman, tidak punya dasar berwirausaha, tidak punya dana dll. dll. Jangan pernah berhenti berusaha dan jangan menyerah karena gagal serta berani mengambil langkah, ini yang terus saya coba tanamkan didiri saya. Mudah-mudahan pa Hendra sependapat.
      Perihal budidaya pepaya awalnya saya tidak pernah menghitung-hitung seperti yang pa Hendra pertanyakan diatas, saya tidak memakai perhitungan-perhitungan. Hitungan saya saat itu adalah “kok orang lain bisa kenapa saya ga bisa, saya pun harus bisa” sedangkan orang lain itu umumnya hanya seorang petani di kampung/desa, maaf… seberapa tinggi sih pendidikannya?
      Setelah berjalan dan atau sambil berjalan, barulah saya hitung-hitung dan pelajari, serta mengambil pengalaman orang lain dan baca-baca buku yang berkaitan serta saya coba-coba kaitkan antara teori dan praktek.
      Mengenai hitungan yang pa Hendra tanyakan sangat relatif itu tergantung daerah dan lokasi serta sarana dan prasarana di daerah setempat. Umumnya per ha bisa ditanam lk 1.000-1.250 pohon. Harga bibit lk. Rp250-500/biji. Pupuk (pupuk kandang, urea, SP-36, KCL pestisuda) lk. Rp750.000,-/bulan untuk 1 ha. Masa tanam mulai dari benih sampai panen lk 9-10 bln. masa panen selama lk 3. Harga jual di kebon Rp700-1.500/kg. Biaya lain2 Rp 1-1,5jt.
      Mengenai tip bisnis/berdagang tidak susah, pertama2 ikuti saja dulu arus jangan coba2 malawan arus. Setelah mengetahui lebih dalam silahkan berimprofisasi.
      Gimana masih kurang jelas! jangan segan2, akan bantu semampu saya. Oke.
      Sukses selalu untuk pa Hendra.
      Amir Hamzah
      Petani Pepaya
  12. hendraon 07 Apr 2009 at 3:22 pm

    Dear Pak Amir Hamzah,
    Terima-kasih Pak atas informasinya yang sangat berguna, saya tertarik untuk berkebun pepaya. kalau boleh saya pengen nanya lagi tp ini lebih dari sisi bisnis. karena kesulitan saya adalah menemukan lahan yg cocok untuk penanaman pepaya & orang yg bisa diajak kerjasama dalam mengelola usaha tersebut. maklum rata2 temen2 saya dalam usaha gagal krn kurang pengalaman & mohon maaf “ditipu”.. oleh rekan kerjanya.
    saat ini bapak ada di Jakarta sedangkan usaha kebun pepaya kalau tidak salah ada di Banyuwangi:
    1.gmn cara melakukan pengelolaanya..? penanaman, panen & pengiriman ke Jakarta?
    2.Apa pertimbangan bapak kok berkebun pepaya di Banyuwangi, kenapa tidak disekitar Jkt saja..?
    3.pada waktu bapak terjun dalam berkebun pepaya, langkah2 apa aja yg mula2 bapak kerjakan..? (mulai dari penentuan area berkebun, partner kerja, budidaya, pengelolaan, pemanenan ,pemasaran)
    4.Apakah boleh saya minta nomor telp bapak & menghubungi bapak untuk bertanya seputar berkebun pepaya/berwirausaha..?
    makasih pak atas waktunya & maaf kalau ada kata yg tidak berkenan
    karena saya bener2 pengen serius dalam berwirausaha.
    Salam
    -Hendra-

      Wah… mampir lagi ke blog saya… serius nih mau jadi petani dan berwirausaha!

      Mengenai ditipu di dalam berbisnis saya pun bukan sekali dua kali ditipu. Tapi bersukur saya sampai saat ini tidak pernah menipu orang, tapi ditipu sering. Jadi kalau sudah terjun berwirausaha harus sudah siap dengan segala kemungkinan, termasuk kemungkinan ditipu, rugi dll.

      Untuk pengelolaan usaha antara domisili dan lokasi usaha serta lokasi perkebunan yang berjauhan bahkan menyebrang pulau (Jakarta – Banyuwangi – Bali), kalau saya ceritakan disini mungkin akan panjang, ada rencana akan saya tulis barang kali bermanfaat.

      Juga akan saya tulis bagaimana saya melakukan perdagangan mulai dari pemanenan di Banyuwangi sampai diangkut dan masuk pasar-pasar di Jakarta seperti Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Bekasi, Pasar Pulogadung dan Pasar Kebayoran Lama. Dengan segala aspeknya termasuk ditipu dll.

      Perihal bagaiman saya sampai terjun membudidayakan pepaya, saya pikir ada baiknya saya tulis juga agar bisa di ketahui oleh banyak orang.

      Setiap saat saya bisa dihubungi di 08128 558 258 atau 021 320 72944

  13. wiwiton 10 Jul 2009 at 8:45 am

    ..Salam Kenal..
    ..saya baru belajar mengenai pertanian,….ada investasi tanah 1,5 hektar, lokasi sekitar ciwidey bandung,..ketinggian 1250m dpl, bisa dibilang puncak bukit, miring 30*, hadap timur,…kalau kemarau kondisi agak susah, .mungkin krn posisinya dipuncak,…warna tanah merah bercampur pasir sedikit,…saat ini biasanya petani sekitar menanam sayuran, cabe/buncis terkadang tembakau,……tertarik dengan budidaya pepaya,..kiranya cocok tidak ya?…u/ bibit bisa didapat dimana?….terima kasih banyak atas masukan & sarannya….

    salam agro
    -wiwit-

      Salam kenal kembali sdr Wiwit..
      Sayang ya…. ketinggian 1.250 m dpl sangat kurang bagus untuk budidaya pepaya, kalau bisa upayakan di ketinggian tidak lebih dari 500 m dpl. Kalau dipaksakan buahnya kurang bagus terutama di tingkat kemanisannya kurang, juga bentuk atau besarnya tidak sesuai dengan harapan. Masalah bibit tidak menjadi hambatan karena mudah didapatkan atau mudah membuatnya.
      Salam sukses,
      Amir Hamzah
  14. Rusnoon 16 Oct 2009 at 10:38 am

    Assalamualaikum
    Teman-teman yang budiman
    Mungkin ada yang tahu dimana saya harus dapatkan bibit pepaya hawaii dan california f1. Saya tinggal di Pekanbaru Riau
    Terima kasih infonya
    Wassalam
    Rusno

      Yth. pa Rusno telah saya jawab memalui email
  15. Andrei Primaon 16 Nov 2009 at 10:33 pm

    Assalamu alaikum wr wb…
    Bapak Amir Hamzah yg saya kagumi. Semua tulisan anda dalam blog agroprima ini sungguh menginspirasi saya. Menginspirasi saya untuk menjadi entrepreneur tangguh yg tak mengenal putus asa, dan menginspirasi saya untuk menjadi petani buah2an lokal.
    Bisakah bapak membantu saya untuk mendapatan bibit pepaya red lady & california?
    Dan bisakah saya mendapatkan nomor telepon bapak agar saya dapat berdiskusi lebih intensif dengan bapak?
    Atas perhatian dan bantuan bapak saya ucapkan terima kasih
    Wassalam
    Andrei Prima

  16. Topoon 08 Dec 2009 at 3:18 am

    Salam kenal Pak Amir.
    Saya karyawan swasta pak. Sudah beberapa kali mencoba sambilan berwira usaha, tp sampai sekarang belum ada yg berhasil pak. Bahkan juga di bidang pertanian, seperti berkebun jagung dan budidaya lele. Saya sebenarnya ingin pensiun dini pak, tapi saya belum menemukan bidang usaha yang bisa menjadi gantungan hidup keluarga nantinya. Saya sangat tertarik dengan berkebun pepaya yang bapak lakukan. Kalau boleh tahu pak, hitung2an analisa usahanya bagaimana. Misalnya untuk lahan 1 hektar, totalnya perlu modal berapa dan nanti hasilnya berapa per periode waktunya. Untuk membandingkan dengan gaji saya sekarang pak. Kalau memang hasil per bulannya lebih besar, atau minimal sama, akan saya pertimbangkan serius untuk segera pensiun dini. Sudah jenuh jadi karyawan nih pak. Usia saya sekarang sudah 40 tahu, mudah2an belum terlambat ya pak. Terimakassih sebelumnya, mudah2an bapak berkenan membantu saya.
    Topo di Lampung.

      Salam kenal kembali pa Topo,
      Saya kira kita punya kesamaan, bahkan bapak mungkin sudah lebih awal terjun di dunia usaha. Dari beberapa pengalaman usaha yang saya geluti dari jasa komputer, ekspor perikanan, buah, furniture, perkebunan semuanya mendapatkan hasil atau mendapatkan keuntungan. Saya mendapat kesimpulan semua usaha apapun pada dasarnya akan menghasilkan keuntungan, yang menjadi pertanyaan kenapa ada orang atau perusahaan yang merugi, ini sebenarnya hanyalah masalah manajen, mereka tidak memanage dengan baik, sekecil usaha apapun sangat perlu dimanage dengan baik.
      Mengenai usaha pa Topo dibindang pertanian perikanan itu sudah baik, hanya bagaimana memanage dengan baik, saya pun pernah bertambak lele, hasilnya merugi tapi bukan rugi karena tidak mendapatkan keuntungan, tapi rugi karena tidak di kelola dengan baik.
      Di Lampung saya kira cukup baik berwirausaha dibidang pertanian mengingat pangsa pasar terbesar Jakarta cukup dekat. Saya pun sering dikalahkan (harga jual di tingkat grosir/bandar) oleh hasil produksi pepaya dari lampung yang cukup besar dengan perbedaan harga yang cukup besar. Oleh karena itu bila ingin membudidayakan pepaya pa Topo bisa belajar langsung dengan para petani pepaya di Lampung bagaimana hitung-hitungannya karena setiap jenis pepaya tidak sama.
  17. nanoon 04 Sep 2010 at 11:49 am

    Yth Pak Hendra,
    Pak, bagaimana kalau saya mau investasi beli tanah utk tanam pepaya. Bisa ngga bapak memberi saran lokasinya (saya tinggal di jkt) , tentunya dengan harga yg ‘miring’ kl bisa. Termasuk nantinya saya bisa ‘berkonsultasi’ mulai dari penanaman sampai pemasaran.
    Kami menunggu kabarnya , lewat email juga boleh.
    terimakasih
    NaNo

      Salam kenal pa NaNo,
      saya bisa Anda hubungi di HP 08128558258 kapan saja
  18. Radin HSon 07 May 2012 at 10:22 pm

    Assalamu’alaikum bapak Hendra.
    Semoga selalu sehat diantara aktivitasnya mengisi masa purna bhaktinya….saya sungguh tertarik dengan pemikiran bapak mengenai aktivitas dan rencana sebelum pensiun. Memang banyak orang bilang pensiun itu enak karena tidak kerja masih dapat uang….begitu banyak pendapat dari sebagian pensiunan,tapi apakah betul demikian adanya yaaa…..??? Saat ini saya seorang karyawan kontrak hampir 9 thn, usia 36 th berkeluarga dengan 1 anak laki2, saya sudah mulai mencoba berkebun (bantu ortu) salak Pondoh semasa sekolah di Jogja medio 1997 di kampung saya Lengkong, Rakit, Banjarnegara, Jawa Tengah. Alhamdulillah meski memanfaatkan pekarangan yang ada cukup membantu pemasukan ortu dan untuk terus berusaha mengembangkannya, hal ini karena setelah “tidak terpakai tenaga serta pikiran saya di perusahaaan” saya ingin kembali ke kebun sebagai petani salak pondoh sebagai penyambung perekonomian keluarga kelak…Mohon masukan serta saran bapak untuk harapan serta keinginan saya yang sederhana ini. Terima kasih. Salam untuk semua n semoga sukses selalu…Amin. Wassalam.

      Jadi karyawan atau jadi wirausahawan itu pilihan, semua baik sepanjang kita rencanakan dengan baik dan matang terutama untuk hari tua. Karena setiap pilihan punya kensekuensinya masing2. Oleh karena itu rancanglah dengan matang pilihan Anda, jangan setengah2 karena hasilnya pun akan setengah2 atau bahkan mungkin bisa gagal.
      Wassalam,
  19. […] diambil dari bahasa Belanda, “papaja“. Dalam bahasa Jawa pepaya disebut “katès” dan dalam bahasa Sunda […]

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply


nine + 7 =

DAFTAR PEMBUDIDAYA PEPAYA DI SELURUH INDONESIA
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DIPEKARANGAN RUMAH
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California
BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA DI LAHAN PERKEBUNAN
Papaya California Papaya California Papaya California Papaya California

Proses Pembuatan Bibit Pepaya California, Pepaya Thailand/Bangkok dan Pepaya Hawaii Sebanyak 5.000 Polybag lebih pesanan Pa Rusduan untuk ditanam/dikirim ke Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung
Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
Saya Bisa…
Yakin Anda pun Pasti Bisa
Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
Banyak SMS maupun email saya terima dari rekan2 khususnya yang baru memulai atau mencoba membudidayakan pepaya akan kegagalannya saat penyemaian atau membuat bibit/pembibitan. Dari SMS yang saya terima ada yang mencapai hanya 50% Continue Reading..... Terima kasih saya ucapkan kepada Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Indonesian Entrepreneur Society serta TRUBUS atas kepercayaannya pada saya untuk menyampaikan materi pada acara “Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Menghadapi Masa Pensiun” di lingkungan Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal, Continue Reading..... “Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan” ini adalah judul cover “Majalah Duit!” edisi spesial ulang tahun ke-5. No. 5/VI/MEI 2011. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Majalah Duit! telah mewawancarai dan dimuat dalam kolom LIPUTAN UTAMA, Continue Reading..... Saya sangat mengapresiasi program “Bosan Jadi Pegawai” yang ditayangkan oleh stasiun televisi TransTV pada hari Minggu pukul 12:00 s/d 12:30 WIB, tanggal 27  Maret 2011 menampilkan kegiatan saya untuk memaparkan budidaya pepaya california dalam episode “Cantik Pepayanya Menggiurkan Rasa dan Untungnya Continue Reading.....
Wawancara dengan Tabloid "Kontan" Kompas Gramedia
Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Tabloid KONTAN Kompas Gramedia telah mewawancarai saya dan kepeduliannya untuk memasyarakatkan buah-buahan tropis kita khususnya pepaya. Memang tidak disangsikan lagi manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Sehingga perlu didorong untuk dibudidayakan.. . Continue Reading »

Cukup banyak yang menggunakan benih dari saya, oleh karena itu timbul gagasan sangat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi pembudidaya pepaya yang mendapatkan benih dari saya. Dibawah ini dicantumkan nama dan alamat/daerah pemesan serta nomor yang dapat dihubungi, namun tidak dicantumkan lengkap dengan alasan privasi. Continue Reading »

Pada dasarnya budidaya pepaya sangat mudah, tebarkan biji pepaya dipekarangan dalam beberapa minggu sudah terlihat tunas atau pohon pepaya kecil, selanjutnya rutin disiram, dalam waktu 4-5 bulan akan keluar kembang atau bakal buah dan 5 bulan kemudian buah sudah dapat di panen, mudah kan. Continue Reading » Suatu kehormatan yang tinggi sekali saya diundang untuk live talkshow bersama-sama direktur Indonesian Entrepreneur Society (IES) Bapak Bambang Suharno di stasiun Radio Pelita Kasih (RPK FM) Jakarta pada pagi hari tadi (Jumat 30 Juli 2010, pkl.  07:00-08:00 wib). . Continue Reading »
Membuat Bibit Pepaya
Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
Terima kasih kepada semua yang telah mempercayai saya dengan memanfaatkan benih yang saya hasilkan baik jenis pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii, maupun pepaya redlady. selengkapnya ......

Meski semakin banyak jenis dan ragam buah impor, pepaya tetap populer di Indonesia. Selain murah, zat gizi yang dikandungnya pun lengkap. Biji, daun, batang, dan akarnya sangat bermanafaat sebagai obat. Pada tahun 1992, The Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington AS meneliti manfaat kesehatan dari 40 jenis buah. selengkapnya .......

Terima kasih saya ucapkan kepada Indonesian Entrepreneur Society, bapak Bambang  Suharno selaku Direktur Indonesian Entrepreneur Society, telah memberikan kepercayaan pada saya untuk mentraining dan menjadi mentor kepada para entrepreneur dan calon entrepreneur. selengkapnya...» Telah banyak berbagai benih pepaya baik pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii maupun red lady yang memesan kepada saya, terima kasih atas kepercayaannya kepada sahabat-sahabat di Aceh, Medan, Palembang, hingga papua. selengkapnya.......
Pemilihan Lokasi untuk Budidaya Pepaya
Bibit dan Benih Pepaya Unggul
Tabloid Nasari news Edisi No. 15 Tahun 2, Juni 2009
Wawancara dengan "Koran Jakarta" (03/12/2008)
Lokasi Lahan Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membudidayakan pepaya, penentuan lokasi perlu dilakukan dengan cermat, tidak saja lokasi itu harus baik dalam aspek membudidayakan pepaya tapi lokasi juga harus baik dalam aspek keamanan terutama dari tangan-tangan jahil selengkapnya ...........
Bibit dan Benih Pepaya Kesuksesan berbudidaya pepaya salah satunya diawali dengan memiliki benih yang baik, namun dalam prakteknya ternyata tidak saja cukup memiliki benih yang baik atau benih unggul, Perlu penanganan yang baik sehingga akan menghasilkan buah pepaya unggul. selengkapnya .......... Tabloid Nasari newsSekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada "Tabloid nasari news" atas kepeduliannya mengangkat profil beserta aktifitas saya di bidang agribisnis. Mudah-mudahan dapat memberikan motivasi bagi saya agar lebih giat lagi dalam menekuni dunia agribisnis meskipun diusia yang saat ini (1 Juni 2009)  genap berusia 53 tahun. selengkapnya ....... Koran JakartaBeberapa media seperti Kompas Cetak kami berikan apresiasi yang tinggi dengan banyak memuat berita tentang dunia pertanian kita terutama nasib para petani. Juga kami berikan apresiasi kepada "Koran Jakarta" yang mewawancarai saya. selengkapnya ..........

Recent Posts:

  1. Penyebaran Benih Pepaya
  2. Liputan ANTV: Budidaya Pepaya California di Kebun Binaan Milik Pa Yungki di Ciseeng Parung Bogor
  3. Kumpulan SMS Seputar Pertanyaan Budidaya Pepaya
  4. Memberikan Pembekalan Kewirausahaan Khususnya Budidaya Pepaya California Kepada PNS/KORPRI Pemprov Kalimantan Tengah
  5. SWA: “Mencetak Banyak Miliarder, Membangun Ketahanan Pangan”
  6. Keberhasilan Dit Pol Air Polda Banten Membina Nelayan Membudidayakan Pepaya California
  7. Pelatihan Budidaya Pepaya
  8. Buku Pertama Ku
  9. GRATIS: Pelatihan Budidaya Pepaya Langsung Praktek di Kebun
  10. Pemula Yang Berhasil
  11. Dua Jempol untuk Polisi Perairan Polda Banten
  12. Mengunjungi Kebun Pepaya Milik Pa Anton dan beberapa petani pepaya di Gianyar – Bali.
  13. si KRIBO (kritis dan heboh) dan Artis Dini nyasar ke kebun pepaya saya (akan tayang tgl. 28/09/2012 di MNCTV)
  14. Tunggu Tanggal Tayangnya di MNCTV (Lintas Pagi)
  15. Kunjungan Putri Indonesia ke Kebun Pepaya California Saya
  16. Bibit Siap Tanam untuk Memenuhi Keinginan Masyarakat Jakarta
  17. Program Unggulan Green Radio 89,2fm (Buah Lokal vs Buah Impor)
  18. Terima Kasih Kepada Majalah Ide Bisnis Kompas Gramedia (Analisa Usaha Pepaya)
  19. Kiranya Patut Ditiru Keberhasilan Pa Kasmari Membudidayakan Pepaya California
  20. Untuk Pemula yang Ingin Menggeluti di Agribisnis Pepaya
  21. Memenuhi Undangan Bapak Bupati Kebumen, Jawa Tengah
  22. Waspadai Menghadapi Awal Musim Penghujan Tahun Ini
  23. Pemberian Cuma2 Benih Pepaya California dan Orange Lady kepada SDN Wiyung I Surabaya
  24. Betik Bekal Pensiun (Majalah Trubus; 503 – Oktober 2011/XLII) liputan Majalah Trubus
  25. Konsultasi Langsung Selama Bazaar (18-19/08/2011)
  26. Kekhawatiran Bagi Pemula dalam Penyemaian/Pembibitan Pepaya
  27. Saya Bisa… Yakin Anda pun Pasti Bisa
  28. Ngantor, Iya. Bisnis, Iya. Jangan Takut Punya Bisnis Sampingan Asal Tahu Aturan
  29. Bosan Jadi Pegawai (TransTV) Budidaya Pepaya
  30. Petani Pepaya Jadi Aktor Dadakan (saksikan tayangannya di TransTV 27-Mrt’11 pkl 12:00-12:30 wib)
  31. Mungkin Bermanfaat untuk Anda: Wawancara saya dengan Tabloid Kontan
  32. Bersinergi dari Budidaya hingga Pemasaran
  33. Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar Budidaya Pepaya
  34. Kunjungan ke Kebun Pepaya California Milik Pak Kusnadi
  35. Talkshow di Radio RPK FM “Memulai Usaha Dari Nol”
  36. Membuat Bibit Pepaya
  37. Jangan Sepelekan Gizi Pepaya!
  38. Peluang Masih Terbuka Lebar di Bidang Agribisnis
  39. Budidaya Pepaya California di Lahan Perkebunan (I)
  40. Mengapa Sebaiknya Pilih Buah Lokal dari Impor
  41. Bentuk Buah Antara
  42. Pemilihan Lokasi
  43. Menanam Pepaya California Dipekarangan Rumah (I)
  44. Bibit dan Benih Pepaya
  45. Terima Kasih Tabloid “nasari news”
  46. Oleh-oleh dari mengikuti Seminar “Langkah Jitu Memulai Bisnis dari NOL”
  47. Mengelola Usaha Jarak Jauh
  48. Pemupukan Tanaman Pepaya (II)
  49. Pemupukan Tanaman Pepaya (I)
  50. Syarat Ideal Tumbuh Tanaman Pepaya
  51. Membuat Benih Sendiri
  52. Parpol Bingung petani Tidak Bingung
  53. Turun, Minat ke Fakultas Pertanian
  54. Jadi Petani
  55. Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur Melalui Juice
  56. Jus buah vs Soft Drink
  57. Panen Buah2an di Kota Jakarta
  58. Perhatian Media Cetak terhadap Petani Luar Biasa
  59. Mudahnya Berkebun Pepaya
  60. Menjadi Angan2
  61. Menghianati Agrikultur
  62. Suara Petani
  63. Definition of Agribusiness
  64. Papaya, Papaw, Paw Paw, Mamao
  65. Hari Pangan Sedunia dan Kemandirian Petani
  66. Dari mimpi dan keprihatinan sampai dengan bangkitnya semangat Baru
  67. Antisipasi Usaha Agribisnis di Era Global
  68. Minat Studi Pertanian Menurun?
  69. Manajemen Agribisnis
  70. Impian? ya….. tinggal Impian
  71. forum AGRO
  72. Lowongan Pekerjaan
  73. STABILO
  74. Pensiun? Kenapa Takut
  75. Benarkah buah lokal kurang diminati?
  76. Orang Bodoh yang Beruntung
  77. Ramuan Anti DBD
  78. Nutrisi Buah Pepaya
  79. Manfaat Getah Pepaya
  80. Pepaya Sebagai Obat Kanker, Jerawat dan Telapak Kaki pecah2
  81. Pepaya Sebagai Obat
  82. Berkebun Pepaya
  83. Pemanfaatan Pepaya
  84. Papaya – Pepaya – Kates – Gedang
  85. Takut Berwirausaha
  86. Keluarga Ku
  87. Selamat Datang!

Pertanyaan2 Anda dan jawaban saya seputar budidaya pepaya:




bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya bazaar pepaya

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Visitor Sejak 01 Agustus 2009
free counters
lazada INA
Jasa komputer, pengetikan, setting, percetakan dll. Prima Electric: Perbaiki segala peralatan elektronik. Fresh Fruit Tropical. UD Prima Agro